Menu

Sabtu, 20 Agustus 2016

/



Assalammu'alaikum Wr. Wb

Salam, hello apa kabar. Hari ini saya mau berbagi cerita mengenai salah satu teman saya yang juga seorang penulis dan blogger. Kita akan mengulik rahasia beliau sebagai copywriter. Tau gak sih apa itu copywriter, kalo saya sih masih remang-remang belum paham seratus persen, hehehe.

Nah, kebetulan sekali teman saya yang kece ini dia juga seorang copywriter loh. Keren kan. Jadi sekalian kita kenalan dan sekalian belajar. Memudahan setelah kenalan ama Acha kita bisa menajdi lebih paham ya seputar copywriter itu apaan sih. 

Jiaaap, nama  penanya  Akarui Cha, dan lebih suka dan katanya merasa sangat nyaman jika disapa dengan sebutan Acha. Tapi Acha bukan berasal dari India loh. Jangan disapa Acha...Acha..Acha



Menurut Acha yang alumni dari Universitas Gunadarma jurusan Ekonomi Manajemen ini hal yang paling dia sukai adalah menulis. Dan dengan alasan tersebut makanya dia bersedia menerima pekerjaan sebagai seorang Copywriter pada media Digital dan Social Media.  Pekerjaannya sangat berkaitan dengan dunia tulis menulis, klop banget dah!

Menurutnya menjadi copywriter bukan hanya menyusun copy print ads, program di social media, tetapi yang paling dia sukai adalah  jika diminta menulis artikel atau listicle untuk sebuah brand. Meski terkadang Acha harus lembur dan merasa capek mengejar target pekerjaan ini. Itu tantangannya.

Karena Acha seorang Copywriter yang pastinya suka menulis. Tak heran kalo Acha juga sudah melahirkan buku. Karya beliau dapat kita baca di buku-buku antologi di bawah ini.  Hayo, apakah ada yang sebuku dengan Acha? Kalo saya sih belum, semoga suatu saat nanti bisa sebuku ya.

  • Perempuan Itu ... Sesuatu (Universal Nikko, 2012)
  • When ... I Miss You (Universal Nikko, 2012)
  • Senyum (Universal Nikko, 2012)
  • Loveable & replaceable (Diva Press, 2013)
  • How To Script A Kiss (NulisBuku, 2016)
Ini merupakan salah satu buku yang memuat karya Acha. Saya sangat suka melihat desain kovernya. menurut saya sangat cocok bahkan sesuai banget ama nama blog Acha yang penuh rahasia. Coba perhatikan dengan seksama, bikin penasaran gak sih bukunya. Lagi-lagi kalo aku sih yes, bikin pengen baca dan pengen tahu.




Nah, kalo yang ini sih asli pilihan saya sendiri. Yup, sebagai penyuka warna hijau. Setiap lihat yang berwarna ijo, mataku gak bisa berkedip. Udah jatuh cinta aja, apalagi pas lihat desai kovernya bentuk love pula. Jadi deh, aku makin cinta ama buku ini. Pasti tulisan Acha bikin aku makin jatuh cinta ama buku ini, hehehe. Kutebak aja sih, soalnya belum baca bukunya. Pengen deh, dikirim ama Acha buku ini, maunya .



Oh, ya saya hampir lupa memperkenalkan blog si copywriter yang kece ini. Siapa tahu ada yang mau berkenalan lebih jauh, ciye! Ini alamat blognya ya, hayuuk buruan kepoin aja, cari tahu. Apa sih, rahasia si Acha.
 Blognya Taman Rahasia Cha

Jadi Acha ini sebelum tamat kuliah dia sudah suka menulis termasuk menulis blog. Nah, selepas kuliah dia menjadi copywriter. Kalo ditanya mau milih jadi blogger apa copywriter. Bagi Acha yang saat saya wawancara sedang berada di NTB. Kepengen dua-duanya. Gak mau memilih. Alasannya karena batasannya berbeda. Kalo menjadi copywriter batasannya adalah untuk mempelajari taste brandnya sedangkan menjadi blogger batasannya ya diri sendiri. Makanya Acha kepengen menjadi keduanya, ya blogger ya copywriter. Oke deh, saya sepakat, jangan dipisahkan ya, ntar ada yang sakit, hiiiks

Berikut ini adalah jejak karir Acha sebagai copywriter di berbagai brand. Tambah keren deh si Acha ini, jadi kepengen juga. Duh, kok saya jadi kepengen melulu ya apa-apa yang berkaitan ama Acha.
  • www.sidomuncul.com (2014 – sekarang)
  • www.tolakangin.co.id (2015 – sekarang)
  • www.kukubimaenergi.com (2015 – sekarang)
  • www.servispedia.com (2015)
  • www.sidomunculstore.com (2016 – sekarang)

Kalo kamu gimana, tertarik kah menjadi copywriter. Kalo iya, ini ada tips kece dari Acha untuk menjadi seorang copywriter yang baik. Harus kreatif, penuh imajinasi, pekerja keras dan gak cepat bosan. Karena menurutku  pekerjaan ini sangat berkaitan dengan kepuasaan, jadi wajar saja jika nanti akan banyak diskusi, revisi atau perbaikan demi suatu rasa yang istimewa.

Udah dulu ya cerita saya soal cewek kece ini, kalian bisa berkenalan ama beliau melalui sosial medianya di bawah ini ya. Kepoin aja, supaya gak penasaran.

Facebook            : Akarui Cha
Twitter                 : @Akarui_Cha
Instagram            : @akarui.cha

Udah jelas kan copywriter itu pekerjaan kayak apa, semoga ya kalian paham : D
Dada, tetap semangat ya. Acha, tetap semangat ya menulisnya. 
Diberdayakan oleh Blogger.