nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

WISATA AIR TERJUN DI BENGKULU UTARA





 https://www.google.com/imgres?imgurl=http://2.bp.blogspot.com/-67nopk9VAwQ/VJfF6wJtouI /AAAAAAAAAFg/NotuM9HJRv8/s1600/ikan%25252Bnila.jpeg&imgrefurl=




Lokasi wisata air terjun kepala Siring ini, sering juga disebut Kemumu. Nama tersebut diambil dari nama daerah tempat lokasi air terjun. Ketinggian air terjun ini sekitar 30 meter dan tempat wisata bendungan peninggalan Belanda. Saat anda masuk ke lokasi wisata ini anda diharuskan menapaki anak tangga menurun sebanyak lebih kurang 200 anak tangga, kemudian anda dapat menuju lokasi air tenjun yang jaraknya lebih kurang 500 meter dari tangga tersebut untuk seterusnya turun lagi menuju lokasi iar terjun, atau anda dapat meneruskan perjalan menuju 700 meter lagi ke bendungan kolonial Belanda. Sementara itu sembari berjalan pada musim penghujan anda dapat menjumpai bunga Rafflesia Arnoldi di kiri-kanan jalan tersebut.




Bagaimana menuju ke sana :

Kita dapat menuju tempat wisata tersebut dengan menggunakan kendaraan pribadi atau umum. Jaraknya hanya sekitar 10 km dari pusat pemerintah kabupaten. Atau 70 km dari bandara Fatmawati. Fasilitas wisata berupa jalan aspal menuju ke lokasi, Shelter, tangga menuju lokasi, halaman parkir dan area perkemahan.







Air terjun Sembilan Tingkat, Curug Sembilan, Bengkulu Utara
        Air terjun ini terletak di Desa Padang Jaya,  Kecamatan Padang Jaya Korotidur, Kabupaten Bengkulu utara. Atau sekitar 120 kilometer dari Bandara Fatmawati Bengkulu. Jika ingin berkunjung ke lokasi wisata ini sebaiknya pada saat musim panas sekitar bulan Juli sampai Agustus.  Hal ini untuk menghindari jalan licin dan becek menuju lokasi wisata.

Menurut Antara News.com Air terjun ini terletak di hutan belantara. Terletak di dalam kawasan hutan lindung yang alami, sangat cocok dikunjungi para wisatawan pencinta alam dan senang petualangan di alam bebas. Di dalam kawasan hutan sekitar air terjun itu, kata dia, banyak terdapat flora dan fauna langka.Keunikan air terjun ini adalah  air yang mengalir dari atas bukit membentuk sembilan tingkatan, oleh karena itu masyarakat sekitar lokasi memberi nama air terjun ini curug 9 yang artinya 9 tingkatan. Sangat berbeda dengan air terjun di tempat lain yang airnya jatuh lurus dari atas ke bawah. Air terjun yang yang jatuh membentuk tingkatan hanya terdapat di Bengkulu Utara.Menariknya lagi dari masing-masing tingkatan itu juga membentuk beberapa air terjun sehingga memberikan pemandangan alam yang luar biasa.

Add caption


Bagaimana menuju ke sana:

Untuk menuju ke lokasi itu, sudah dibangun jalan yang dapat dilalui kendaraan roda empat. Namun untuk masuk menuju lokasi wisata, kita harus berjalan kaki selama kurang lebih dua- tiga jam. Sebaiknya para pengunjung disarankan untuk memakai jasa pemandu wisata yang ada di desa terdekat sebelum lokasi wisata. Sangat disarankan memulai aktivitas ini sejak pagi hari sehingga pengunjung tidak kemalaman dan menginap di hutan. Sehingga selepas siang, pengunjung dapat langsung dapat melanjutkan perjalanan pulang.


Air Terjun Batu Layang, Bengkulu Utara

Air terjun Batu Layang merupakan objek wisata di Kabupaten Bengkulu Utara. Air terjun tersebut berlokasi di Desa Batu Layang. Air terjun Batu Layang cukup banyak dikunjung pengunjung, terutama warga setempat dan  daerah sekitar Bengkulu. Banyak pengunjung yang datang ke lokasi itu, terutama pada hari libur. Para pengunjung yang berkunjung ke objek tersebut selain dapat menyaksikan keindahan air terjun juga dapat menikmati keindahan panorama alam yang ada disekitarnya. Air terjun tersebut berlokasi di Desa Batu Layang,  Kabupaten Bengkulu Utara. 

https://www.google.com/imgres?imgurl=https://picture.triptrus.com/image/2014/06/air-terjun-batu-layang-1.jpeg&imgrefurl=https://www.triptrus.com/destination/662/air-terjun-batu-layang&h

Bagaimana menuju ke sana

Jarak tempat ke lolaksi dari Bandara Fatmawati Kota Bengkulu sekitar 70 Km dengan menggunakan kendaraan umum atau kendaraan rental yang banyak terdapat di Bandara Fatmawati.



Baca Juga

Related Posts

9 comment

  1. Rafflesia Arnoldi di kiri-kanan jalan. Bagus banget. :D

    BalasHapus
  2. iya, kal sedang beruntung... pas ke sana pas pulak ada yang mekar

    BalasHapus
  3. Air terjunnya tantiiikkk... wah beruntung banget bisa liat bunga yang langka itu mekar yah

    BalasHapus
  4. iyap, hayuuk maen kemari, mudahan beruntung bisa sekalian liat bunganya

    BalasHapus
  5. Ah, air terjun sembilan tingkatnya epik banget, Mbak!

    BalasHapus
  6. serius, hehehe. kalo liat dari fotonya aja emang elok ya. segar lagi

    BalasHapus
  7. raflesia arnoldi banyak ya di Bengkulu? air terjunnya cakep.

    BalasHapus
  8. Iya Mb, kalo lagi musim mekar banyak banget, pengunjung yg dtg juga rame, meski harus heking dulu.

    rerata, air terjun di sini masih asli dan banyak yg belum terakses dg baik

    BalasHapus
  9. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai "WISATA AIR TERJUN DI BENGKULU UTARA".
    Indonesia memang mempunyai berbagai tempat wisata yang menarik

    Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Pariwisata Indonesia yang bisa anda kunjungi di Informasi Seputar Pariwisata

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin