nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Persiapan Persalinan Normal





Kontraksi adalah saat-saat yang ditunggu oleh Mama ketika masa kehamilan memasuki minggu ke 40. Bagi Mama yang ingin melahirkan secara normal, bertambahnya hari bertambah juga kadar kecemasan karena batas waktu untuk mendapatkan kontraksi alami hanya 14 hari atau sampai usia janin  42 minggu. 

Pada masa ini pula biasanya orang-orang di sekitar Mama yang hamil tua bergantian memberikan saran untuk melancarkan proses kelahiran. 

Beberapa saran seperti minum minyak goreng, minyak jarak, atau minyak zaitun sepertinya agak jauh dari logika kedokteran. Karena mengkonsumsi minyak secara berlebihan akan mengakibatkan diare. 

Bila Mama diare maka kemungkinan mengalami dehidrasi sangat tinggi. Lebih dari itu mengkonsumsi minyak sebanyak apapun tidak akan membuat jalan lahir menjadi licin dan memudahkan proses persalinan.

Meskipun tidak adasaran paling jitu – kecuali saran dokter – untukmembujukbayi segera keluar dari kandungan, namun beberapacara berikut ini bisa Mama lakukan untuk merangsang kontraksi. Akan tetapi tidak ada salahnya untuk berkonsultasi ke dokter sebelum Mama melakukan induksi alami seperti yang berikut ini.

Jalan kaki
Aktivitas sederhana seperti berjalan kaki selama kehamilansedikit banyak akan membantu janin masuk ke dalam jalan lahir. Logikanya, gravitasi dan goyangan pinggul akan menarik bayi ke dalam panggul Mama. Tekanan bayi pada panggul Mama inilah yang akan membantu mempercepat terjadinya kontraksi. 

Selain itu berjalan kaki juga akan melatih fisik dan otot Mama yang nantinya akan berguna dalam proses melahirkan. Dengan berjalan kaki Mama juga bisa melakukan latihan pernafasan jika saat hamil tua, nafas Mama pendek-pendek atau susah bernafas.

Seks
Seks adalah salah satu cara yang paling terkenal ampuh untuk memancing kontraksi karena dalam cairan semenbanyak terdapat prostaglandin. Hormon tersebut akan menyebabkan matangnya leher rahim, melunakkannya, danmelebarkanleher rahim

Saat menggunakan cara ini, sebaiknya Mama tidak segera bangun atau angkat pinggul Mama supaya cairan semen tetap berada di leher rahim.

Stimulasi puting
Daripada Mama duduk diam dalam kondisi tegang dan cemas, tidak ada salahnya jika Mama mencoba menginduksi diri dengan cara menstimulus puting. Memijat dan memutar puting susu Mama selama beberapa menit sehari bisa mengeluarkan banyak hormon oksitosin. 

Jika cara tersebut dirasa terlalu vulgar, Mama bisa meletakkan handuk kering yang hangat di atas payudara sekitar satu atau dua menit. Tidak disarankan untuk menstimulasi puting terus-menerus. Jika dalam 20 menit tidak terjadi kontraksi sebaiknya Mama melakukannya lagi pada esok harinya.

Santai
Hal terbaik yang dapat Mama lakukan untuk mendapatkan induksi alami adalah bersantai. Meditasi atau memusatkan pikiran untuk tidak cemas adalah salah satu caranya. 

Cara yang lain yang bisa membantu Mama untuk santai adalah keyakinan bahwa jika bayi sudah siap untuk lahir maka secara alami dia akan melakukan tugasnya. Jika Mama ingin melahirkan secara normal, inilah kuncinya, percayalah kepada bayi Mama.

Baca Juga

Related Posts

1 comment

  1. Terima kasih atas informasinya..
    sangat bermanfaat terutama bagi yang baru pertama hamil

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin