Menu

Sabtu, 29 April 2017

/

.Assalammualaikum Wr.Wb

Ada yang pernah berkunjung atau tidur di Apartemen. Gedungnya memang mirip hotel. Akan tetapi ruang di di dalam aparteman memang lebih besar daripada hotel. Untuk membedakan antara apartemen atau hotel bisa kita baca pada penjelasan berikut ini. Biar lebih paham, apartemen itu hunian seperti apa.
Apartemen adalah
Apartemen, flat atau rumah pangsa merupakan sebuah model tempat tinggal yang hanya mengambil sebagian kecil ruang dari suatu bangunan. Biasanya bentuknya vertikal. Sering juga disebut orang-orang hunian vertikal. Suatu gedung apartemen dapat memiliki puluhan bahkan ratusan unit apartemen.
Apartemen merupakan sebuah hunian layaknya rumah pada umumnya, hanya saja jika di perumahan-perumahan, unit-unit kavlingnya, ditata horizontal tersebar di seluruh lahan yang tersedia, sedangkan apartemen, unit-unit kavlingnya ditata vertial sehingga tercipta sebuah massa bangunan tinggi yang berisi unit-unit hunian. Biasanya ditiap lantianya terdiri antara 4-8 tergantung perencana apartemen tersebut.
Istilah apartemen digunakan secara luas di Amerika Utara, sementara istilah flat digunakan di Britania Raya dan negara-negara persemakmuran.

Perkembangan Apartemen di Indonesia

Jumlah apartemen di Indonesia terus naik. Pada 2013 ada 15,068 apartemen baru di Jakarta, 2014 ada 20,889 dan 2015 ada 24,854 apartemen baru di Jakarta. Dari tahun 1981-1999 jumlah apartemen yang terbangun mencapai 25,000 unit. Tahun 2007 diperkirakan jumlahnya akan melonjak hampir 2 kali lipatnya yaitu sekitar 40,000 unit (data Pusat Studi Properti Indonesia). Karena semakin banyaknya pilihan, maka pertimbangan memilih agen properti / agent property apartemen menjadi lebih komplek.

Pantai Mutiara
Saat ini di kota-kota besar. Apartemen sudah banyak kita temukan. Bahkan junlah unitnya terus bertambah setiap tahunnya. Istilah kata apartemen saat ini sudah menjadi pilihan banyak oran untuk berinvestasi atau untuk digunakan sendiri. Sudah banyak juga agen property, hampir di setiap wilayah yang ada di Indonesia khususnya kota besar. Mulai banyak unit apartemen yang masih ditawarkan kepada masyarakat.

Pertimbangan Dalam Memilih Apartemen
Pertimbangan utama adalah soal lokasi dan harga. Mempertimbangkan lokasi, efektifitas, efisiensi, rasa aman dan nyaman. Selain itu yang juga menjadi pertimbangan untuk memilih aparteemen sebelum akhirnya membeli atau menyewanya adalah mengenai, fasilitas di dalam apartemen, luasan unit, serta agen properti atau agent property yang mengatur warga didalam apartemen tersebut

hal lain yang juga tak kalah penting yang dipertimbangkan adalah mengenai Meski pun hal ini bukanlah pertimbangan yang utama..

Tren Desain Apartemen Indonesia

Desain Apartemen, khususnya apartemen di Indonesia,cenderung menggunakan  arsitektur maupun desain interiornya gaya minimalis modern. Jika sebelumnya lebih berkembang dengan gaya klasik, modern, atau mediterania.
Namun sekarang dengan kemajuan digital, arus informasi dan teknologi. Gaya minimalis lebih banyak disukai Memang pengaruh globalisasi juga  membawa dampak terhadap gaya arsitektur bangunan apartemen.


Desain minimalis lebih disukai karena  kesan bersih, simple dan lega. Apartemen dengan gaya minimalis biasanya fasadenya menggunakan bahan kaca dan bahan metal seperti baja atau alumunium. Bahan-bahan ini lebih mudah dibersihkan dan jika kotor, tidak terlalu kelihatan
Jual dan Sewa Apartemen
Jika kita atau ada suadara yang ingin memiliki aparteman. Saat ini sangat mudah, banyak juga pilihannya dan juga bisa kita akses informasinya secara cepat lewat internet. Jadi jika kita ingin membeli atau menyewa atau menjual apartemen. Saat ini sangatlah mudah. Kita bisa menggunakan sistem Saleshack. Untuk cara cepat sewa dan jual apartemen.
Saleshack adalah sebuah paket jasa penjualan/penyewaan apartemen anda. Rykamen akan membantu  dalam semua kebutuhan dan informasi yang  butuhkan dalam menjual properti anda secara online. untuk informasi jual apartemen atau sewa apartemen. Rukamen memutus hubungan perantara atau agent properti, yang bisa menghemat uang komisi hingga ratusan juta. Salehack digagas oleh RUKAMEN.

Rukamen adalah situs Iklan listing dan database apartemen terlengkap di Indonesia.Rukamen dapat membantu kita dalam memaksimalkan iklan apartemen jika ingin kita jual dalam waktu singkat. Jika kita ingin menggunakan cara cepat jual apartemen.


Cara Cepat Jual atau Sewa Melalui Rukamen

1..Rukamen  akan menyebar iklan  di lebih dari 15 channel online, termasuk website properti, forum, website marketplace  hingga media sosial.
2. Kami akan memberikan Competition Report  dan merekomendasikan semua informasi secara lengkap agar iklan apartemen anda menarik di pasaran
3. Dengan sistem SMS dan Call Center yang terintegrasi, Rukamen memberikan opsi agar nomor pemilik apartemen tidak di publish di channel online yang Rukamen  sebarkan demi menjaga privasi pemilik apartemen.
4.Semakin cepatnya apartemen  tersewa, maka  akan menghemat banyak pengeluaran setiap bulannya dan bahkan mendapat pemasukan dengan tersewa/terjualnya apartemen tersebut!

Mengapa RUKAMEN

Seiring dengan bertumbuhnya sektor properti di Indonesia, semakin banyak pula situs listing properti. Banyak muncul situs-situs yang  menyediakan informasi yang memudahkan konsumen mencari properti untuk mereka tinggali.  Namun sayangnya, kebanyakan situs properti yang sudah ada tidak berfokus pada jenis properti yang spesifik, terutama apartemen. Inilah yang menginspirasi lahirnya Rukamen, situs listing jual dan sewa apartemen di Indonesia.
Ketahui kapan saat yang tepat untuk menjual/menyewakan apartemen. Sebagai contoh:  ingin menjual apartemen yang masih berstatus PPJB, sedangkan dalam waktu dekat sudah akan diproses sertifikat AJB.  dapat menunggu sertifikat AJB tersebut keluar dan baru memasarkan apartemen  Selain harga menjadi lebih tinggi, peminat menjadi lebih banyak karena mereka dapat memproses pembayaran dengan KPA.
 
Kelebihan Rukamen 

Menyajikan informasi lengkap
Rukamen tidak hanya sebatas listing, tetapi menyajikan semua informasi yang dibutuhkan pengguna. Misalnya, pengguna bisa mengetahui seputar lokasi aparteman, gedungnya seperti apa, developernya siapa, dan kapan gedung tersebut bisa ditempati dan lain sebagainya.

"Dengan adanya informasi-informasi tersebut, calon pembeli atau penyewa apartemen akan merasa lebih happy dan yakin apa yang harus mereka lakukan selanjutnya," ujar Pauliady Widjaja, Business Developement Rukamen.
Rukamen ingin memberikan user experience yang sesimpel mungkin. Pengguna hanya cukup melakukan pencarian nama apartemen yang ingin mereka ketahui. Setelah hasil pencarian muncul, pengguna bisa memfilternya dengan pilihan `Dijual` atau `Disewa`. Nantinya, lanjut Paul, setiap listing akan menampilkan berbagai informasi secara lengkap. Memang rukamen memberikan solusi cara cepat sewa apartemen ataupun menjualkannya.

Sematkan fitur Google Street View
Rukamen sudah menyematkan fitur Google Street View sehingga pengguna bisa melihat langsung bentuk fisik dan lokasi aparteman secara detil.

"Bukan itu saja, tim Rukamen juga telah melakukan proses pembuatan video tentang listing apartemen yang disuguhkan. Istilahnya seperti video tour," pungkas Kristian, CEO Rukamen

Kristian mengklaim, hingga saat ini Rukamen sudah menyediakan puluhan ribu listing apartemen. Untuk sementara ini, sebagian besar listing diambil dari situs lain. Dalam hal ini, ia menegaskan bahwa pihaknya tidak menyalahi aturan, karena sudah mematuhi term and condition yang berlaku.

Antara Penjual dan Pembeli Sama-sama Untung
Tidak seperti pada situs listing properti lainnya yang sebagian besar diisi oleh para agen, Rukamen memungkinkan para pemilik properti menampilkan sendiri informasi apartemen mereka. Dengan cara ini, pemilik apartemen akan lebih diuntungkan, karena mereka tidak harus memberikan komisi kepada para agen. Menurut CEO Rukamen, Kristian Bunjamin, komisi agen properti di Indonesia bisa mencapai 5 persen, angka yang tentunya tidak kecil melihat harga sewa apartemen yang relatif mahal.

Dari sisi konsumen, mereka bisa langsung menghubungi pemilik, tanpa harus melewati agen terlebih dahulu. Tentunya ini akan mempercepat negosiasi dan proses penyewaan. Bagaimanapun, Rukamen tidak menutup kesempatan bagi agen properti untuk menampilkan listing mereka di platform ini.

Bagi yang ingin mencari apartemen, kamu hanya perlu menuliskan nama apartemen pada filter pencarian. Setelah hasil pencarian muncul, pengguna bisa memfilternya lagi dengan pilihan Dijual atau Disewa. Nantinya, setiap listing akan memberikan berbagai informasi seperti foto ruangan, harga, fasilitas, lokasi, serta informasi penting lainnya. Jika tertarik, pengguna bisa langsung menghubungi pemilik atau agen apartemen yang menawarkan listing tersebut.
Berikut Ini Cara Kerja Saleshack Rukamen Dalam 
 Menjual-Menyewakan Apartemen

Menentukan harga
Pasang harga sewa atau jual properti sedekat mungkin dengan batas harga terendah . Harga yang menarik di pasaran akan langsung menjadi incaran orang-orang yang mencari hunian.

Ingat opportunity cost & fixed cost
Semakin lama properti  tidak tersewa/terjual, semakin besar opportunity cost . Sebagai contoh: kita ingin menyewakan apartemen seharga 15juta/bulan. Semakin lama tidak tersewa, maka berpotensi kehilangan 500ribu/hari yang seharusnya masuk ke kantong  (15juta dibagi 30hari). Bahkan lebih parahnya lagi, kita masih harus membayar fixed cost seperti service charge dan utilities (listrik, air, dll) yang tetap harus dibayarkan walaupun apartemen kita sedang dalam kondisi tidak berpenghuni.

Always  Open For Negotiation
Terbuka untuk negosiasi dengan calon penyewa/pembeli properti  sangatlah penting. Meskipun menurut secara teori masih banyak orang lain yang berminat dengan properti , jangan langsung menolak untuk bernegosiasi dengan calon penyewa/pembeli di depan mata yang sudah serius tertarik dengan properti . Sebagai contoh: apabila memasarkan apartemen  dengan harga sewa 15juta/bulan,  jangan langsung mengabaikan tawaran harga 12juta/bulan. Ingat opportunity cost! Lebih baik properti  tersewa sekarang dengan harga 12juta/bulan daripada tersewa dengan harga 15juta/bulan tetapi menunggu 6 bulan (opportunity cost  adalah 72 juta (6 bulan x 12juta)).

Sangat Penting untuk memperhatikan hal-hal teknis seperti:
Kondisi dan dekorasi interior apartemen  menjadi faktor yang sangat penting dalam menentukan cepat atau tidak tersewa/terjualnya unit apartemen . Pada umumnya apartemen dengan interior yang bagus akan lebih menarik. Namun demikian, tentukan terlebih dahulu apakah akan menjual/menyewakan unit apartemen dengan kondisi unfurnished/semi-furnished/furnished dan siapa market yang dituju? Sebagai contoh: ingin menjual apartemen tipe 3 kamar, sebaiknya  menjual dalam kondisi unfurnished karena market untuk apartemen tipe 3 kamar biasanya adalah keluarga. Banyak dari mereka lebih memilih untuk mendesain sendiri interiornya untuk disesuaikan dengan kebutuhannya. Lain halnya jika ingin menyewakan apartemen tipe studio atau tipe 1 kamar. Ada baiknya  mendekorasi dengan lengkap(fully furnished), karena market apartemen tersebut seringkali adalah expatriate,karyawan, pasangan muda, ataupun mahasiswa yang mana memerlukan hunian yang siap untuk langsung ditinggali.

Foto unit apartemen  dengan bagus. Foto adalah hal pertama yang dilihat oleh para pencari hunian. Foto yang bagus akan membuat mereka lebih tertarik dan melihat lebih lanjut informasi tentang apartemen.

La Grande

Berikan informasi yang benar dan lengkap mengenai apartemen. Hal ini akan memudahkan para pencari hunian dalam menentukan apartemen seperti apa yang mereka cari. Juga membantu nantinya, tidak membuang-buang waktu dan tidak perlu mengingat-ingat lagi karena semuanya sudah tertulis dengan jelas.

Tunjukan nilai lebih yang dimiliki unit apartemen . Sebagai contoh: ingin menjual apartemen  yang nantinya akan dilalui oleh jalur MRT. Hal ini dapat menjadi nilai lebih yang dapat diinformasikan ke para pencari hunian. Mereka akan memperoleh banyak keuntungan salah satunya capital gain yang didapat saat MRT sudah jadi nantinya.

Gunakan Stacking Method - Selling Hack.
Adalah cara ter-CERDAS dalam memasarkan apartemen . Stack atau menumpuk adalah metode pemasaran dengan menggunakan SEMUA tool dan media yang tersedia seperti:

        Classifieds Ads baik Offline maupun Online
        Forum
        Social Media,
        Email Blast,
        Sms Blast,
        dan Media lainnya.
Tahukah  bahwa menentukan waktu (timing) untuk memasang iklan sangatlah penting. Iklan menjadi lebih efektif apabila memasang iklan pada saat target market yang diinginkan sedang aktif online.
Jika belum paham mengenai cara kerja saleshack Rukamen ini. Bisa dilihat di video bagaimana cara Rukamen   menjual atau menyewakan apartemen tanpa menunggu lama



Nah, jika sudah mengetahui cara kerja saleshack dari Rukamen itu seperti apa. Buat yang mau membeli atau menyewa apartemen. Tidak perlu ragu-ragu dan bingung. Silakan hubungi saja langsung Rukamen.

Salam, semoga beruntung soal apartemennya ya !!

Referensi, 
wikipedia, website Rukamen
42 comments

Asik nih kalau beli atau sewa apartemen menjadi lebih mudah :)

Reply

iya mba, jadi lebih mudah

Reply

Makasiih sharingnyaa mbaak :D Jadi lebih gampang kalau mau sewa apartment pakai saleshack Rukamen :D

Reply

wahh berarti kalo mau nyari atau jual, gak perlu keliling2 ngabisin bensin lagi dunk mb, secara djekartah panas dan padet

Reply

nice infoo mba, ngebantu banget buat yang sibuk dan ga punya waktu untuk memasarkan unitnya.

Reply

iya dong kalo ada yang mudah kenapa harus repot2

Reply

Wiiihhh mantab ya Rukamen mb
Bisa bantu buat jual dan sewa apartemen. Pengin coba, eh tapi aku nggak punya apartemen huaaaaaa

Reply

di Bau-Bau belum ada yang punya apartemen Mbaa :)

Reply

Mimpi banget bisa punya apartemen. Tapi cuma buat kerja aja pengennya. Jadi kaya kantor pribadi.

Reply

Semurah2nya apartemen ttp aja mahal haha..

Reply

iya, apalagi buat yang sibuk , rukamen emang solusinya

Reply

bisa diinfokan ke teman yang lain ya say

Reply

ya, siapa tau ntar ada sodar yang butuh info apartemen ya sudah suruh ke rukamen ajah

Reply

aamiin, saya doian ya say moga tercapai. kepoin aja rukamen sapa tau ada promo

Reply

tergantung juga say, maunya yang seperti apa

Reply

Pingin punya apartemen.
Semoga terwujud impian besar ini.

Menghubungi Rukaman adalah solusi cerdas masa kini.

Reply

Wah asyik, jadi cepat dan mudah jual sewa apartemen ya.

Reply

belum pernaaah.. ada sih sodara yang tinggal di apt tapi belum sempat2 ksananya..

sekarang apartemen banyak berinovasi y mb

Reply

Wah enak nih udah ada aplikasinya. Thank you infonya mbak!

Reply

Artikel yang sangat bermanfaat untuk pengusaha property . .

Reply

Salah satu impianku adalah punya apartemen. Kalau di Rukamen kita jg bisa sewa apartemen ya mbak? Atau khusus buat pemilik properti yang mau nyewain jual aja?

Reply

Terima kasih infonya mbak 👍

Reply

bisnis properti rumahan ini butuh uit banyak mabk,. lagi berusaha menjadi ber-uang...

Reply

Waah, jadi ingat cita2 si sulung yang pengen punya apartemen

Reply

aamiin, semoga terkabulkan ya mba,

Reply

iya mba, solusi bnaget ni rukamen

Reply

iya, bnayak pilihannya tapi gak perlu pusing, ada rukamen kok kalo mau beli atau sewa

Reply

buat kita juga ding yang mau jual beli apartemen

Reply

bisa say, pilih aja mau di lokasi apa, harga berapa

Reply

iyap, butuh modal yang banyak

Reply

semoga terkabulkan ya bude wati

Reply

Baru tahu ada Rukamen.
Siapa tahu mau sewa. Jadi tahu deh mau cari kemana.

Reply

Wah.. bisa sewa apartemen di rukamen.

Ah semoga bisa terwujud punya impian bisa berinvestasi di dunia properti.

Reply

Wow.. Baru tau ada perantara utk jual beli dan sewa apartament ya. Jadi makin mudah milih2 mau sewa aparteen dimana aja ya, mba?

Reply

Investasi dengan beli apartemen udah makin marak. Masalahnya saat punya apartemen dan ga dipake bakal sayang banget kan.harus bayar biaya ini itu. Mau sewa ke orang, belum tentu dapat penyewa yang tepat.

Reply

Terima ksih sudah mampir dan komen di blog saya. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.