Menu

Minggu, 27 November 2016

/

Assalammualikum Wr. Wb

Hai, apa kabar teman-teman semua. Seperti biasa, setiap bulan khususnya pada ahad terakhir setiap bulannya Blogger Bengkulu atau yang kita sebut dengan nama BoBe mengadakan kopidarat atau kopdar. Tema kopdarnya macam-macam. Tergantung diskusi sebelumnya dengan pengurus dan anggotanya.

Kebetulan saya saat ini ditunjuk sebagai ketua komunitas Blogger Bengkulu. Bersama dengan teman-teman lainnya yang berasal dari Bengkulu. Sama-sama ingin memajukan dunia perbloggingan khususnya bagi teman-teman Bengkulu. Syukur-syukur nanti bisa berperan aktif untuk memberikan kontribusi terhadap kemajuan Bengkulu.

Harapannya gak ketinggian kan ya, doain aja deh BoBe bisa tetap eksis dan bisa memberikan manfaat bagi perubahan khususnya bagi Bengkulu.

Kali ini kopdar BoBe akan diisi dengan acara workshop dengan tema Percatik Blog Versi Gue. Sebenarnya workshop ini adalah lanjutan dari bulan sebelumnya yang membahas Cara Asik Bikin Blog Ala Newbie. Jadi rata-rata peserta yang hadir adalah yang ikut workshop sebelumnya.

Namun di banner informasi workshop ini, bagi yang baru mau ikutan diperbolehkan dengan syarat sudah punya blog. Jadi tinggal dipercantik supaya menarik.

Kegiatan ini, dilakukan di lantai 3 gedung Bengkulu Ekspress. Di ruang redaksinya, disediakan wifi juga. Lalu asiknya juga semua peserta diberikan kaos seragam dari Luwak White Koffi. Meski bukan sponsornya, tapi gakpapa ya dapat baju kaosnya. 

Kemurahan hati, teman-teman dari Bengkulu Ekspress...

Untuk workshop kali ini yang akan sharing adalah Relinda Puspita yang menjelaskan bagian wordpress sedangkan Beni Sumarlin menjelaskan bagian Blogspot. Kebanyakan para peserta menggunakan platform blogspot. Mereka menyampaikan materinya secara bergantian. Dimulai dari Relinda, lalu lanjut oleh Beni.

Memang kalo pengurus BoBe, hanya empat orang, tetapi BoBe banyak memiliki staff ahli, hehehe. Orang-orang yang mapan dibidangnya. Khususnya yang mengerti dunia blogging dibanding teman-teman yang lain. Sistemnya saya rolling, secara bergantian mereka diberdayakan. Supaya ilmunya juga bisa bermanfaat dan mengalir sampai jauh.

Metode sharing yang santai dan bersahabat membuat para peserta juga nyaman dan bisa langsung bertanya atau langsung mengikuti dan menerapkan cara atau tips yang disampaikan oleh pembicara. Jadi memang setelah dijelaskan langsung dicobain langsung di blog masing-masing. Langsung praktik. Peserta memang membawa laptopnya masing-masing.


Selama dua jam, peserta melakukan beberapa hal, bisa dirincikan sebagai berikut
1. Bagaimana membuat favicon
2. Membuat label 
3. Memasang widget
4. Menambah atau memasang backlink
5. Membuat header blog
6. Mengatur tata letak
7. Memasang jump break
8. Membuat daftar menu
9. Mengatur stelan entri
10.Menambah gadget

Dan lain sebagainya bagaimana membuat tampilan blog versi pemula menjadi lebih baik. Ya, perlahan namun pasti, lama-lama akan sadar blog juga sehingga akan menjadi bagus dengan sendirinya. Maksudnya akan muncul semangat untuk belajar ilmu blog dan mempercantik blognya dengan sendirinya. Apalagi jika sudah gabung komunitas boBe, pasti tambah semangat. Idih, dasar Kompor!

Kegiatan ini akan dilanjutkan pada kopdar bulan Desember untuk membahas soal seluk-beluk domain. Jadi teman-teman yang  sudah bisa memperbaiki atau membuat tampilan blognya lebih menarik. Mengatur template blognya supaya lebih manis. Lebih responsif. Maka mereka juga ingin segera ganti domain. Supaya lebih semangat ngeblognya.

Ciye yang gak mau lagi blognya gratisan, hehehe

Tetap semangat ya teman-teman BoBe, semoga bulan depan kopdarnya bisa terwujud dengan tema yang kalian inginkan tersebut.

Alhamdulillah, karena kegiatannya di gedung harian Bengkulu Ekspress. Besoknya langsung diterbitkan , diliput ama Mas Rewa beritanya. Terima kasih ya BE. Senang deh ada yang meliput, karena biasanya kita yang meliput, hihihi.

Oh,ya ada yang beruntung mendapatkan satu buah buku untuk peserta yang pertama kali datang. Kali ini yang beruntung adalah pak Elvi Ansori.

Di akhir acara , disepakati seperti biasa untuk #NulisSerempak untuk bulan Desember. tema yang dibahas adalah Pantai Bengkulu. Jadwal postingannya tanggal 18 - 22 Desember 2016. teman-teman hayuuk buruan daftar dan ikutan program ini ya. 

Bagi yang belum datang kopdar bulan ini semoga bulan depan bisa datang ya. Kita kumpul bareng dan belajar bersama, saling diskusi serta menginspirasi.

Cara mau gabung grup Facebook BoBe, klik di sini 

Salam, semoga bermanfaat


21 comments

waa, di bengkulu juga ada blogger eksis ya mbak. salam dari sumatera selatan :)

Reply

Aku belum lihat korannya, mau ku gunting gunting dan kliping.

Reply

keren banget nih acaranya...pengen gitu bisa ikutan acara workshop blogger gini buat upgrade ilmu

Reply

BOBE memang oke, banyak ilmu dan pencerahan yang didapat, semoga selalu jaya..hehehehhehe, terima kasih bukunya, bukunya semakin menambah motivasi

Reply

ada, alhamdulillah, mari gabung, hehehe. Di Palembang juga ada kok

Reply

Hihihi, alhamdulillah, ini sebenarnya saya bingung itu foto profil pak Anshori ya, tapi namanya Ikram, apa sudah potong kambing, ganti namna, hihihi

Reply

bisa dimulai dari tempat mba, ajak teman2nya aja gabung

Reply

hayooo, berburu koran, hihihi

Reply

alhamdulilah ada mbak, hehehe sama sama anak sumatera . semoga bisa kopdar sesama blogger anak sumatera

Reply

Mbak Milda asyik banget ya bisa ada kumpul-kumpulan blogger daerah dengan aktivitas bermanfaat seperti ini :)

Reply

Salut sama blogger-blogger di daerah yang semangat belajarnya tinggi sampai bikin workshop sendiri dan masuk koran.

Reply

iyap, kontak aja, saya ada rencana juga mudik ke palembang

Reply

iya mb, soalnya blogger kota semua udah ada, nunggu diundang aja ya

Reply

bener, buat nambah teman dan semangat baru

Reply

keren deh, sukaaa dengan belajar sambil praktek seperti ini :D

Reply

Asiiiik masuk koran :)))) belom liat tapi.

Reply

Salam kenal yaaaa Blogger Bengkulu, dari Blogger Semarang nih :)

Reply

Sukses mba untuk program selanjutnya 😀

Reply

sukses selalu buat mbak Milda ... memang top blogger indonesia

Reply

Terima ksih sudah mampir dan komen di blog saya. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.