Menu

Senin, 26 September 2016

/

Assalammu'alaikum Wr.Wb

Pengen ngeblog tapi gak tau mau mulainya dari mana? mau bertanya ama teman, sungkan tapi lebih pasnya malu. Takut juga ada, yap takut merepotkan orang-orang. Masa gak tau atau belum tahu soal seputar ngeblog. padahal kepengen banget tahu dan belajar soal ngeblog, tapi gimana caranya? ada gak ya yang mau mengajari :D

Nah, dengan dasar masalah itu. Akhirnya saya dan teman-teman yang tergabung di komunitas Blogger Bengkulu, yang biasa kami sebut BoBe, mengadakan workshop ngeblog buat pemula. Maksud dari kegiatan ini adalah untuk mengajak teman-teman yang merasa sungkan dan malu tersebut untuk belajar seluk beluk dunia ngeblog. Ya, mulai dari yang mendasar banget.


Kegiatan ini , kami adakan di salah satu rumah sahabat BoBe, Sebut saja Eky di jalan Kalimantan. Sengaja dipilih rumah karena konsep workshopnya adalah santai dan personal banget. Ya, sesuai dengan tingkat pengetahuan peserta soal ngeblog. Maksudnya begini, peserta yang datang akan dibimbing secara khusus oleh teman-teman blogger yang agak lebih paham.

Saya, kebetulan sebagai ketua komunitas Bobe, juga ikut serta turun tanga secara langsung mulai dari mengajari membuat akun gmail, lalu membuat blog sederhana dan memberi nama blognya sampai blognya jadi. Ya, meski baru dan sangat sederhana. Yang penting, rumah blognya sudah jadi, nanti tinggal diutak-atik hingga menjadi cantik.

Saya pun menerapkan cara membuat blog ini, seperti yang saya dapat saat mengikuti pelatihan blog di Medan, sekitar tahun 2012 


Acara pelatihan blog di Medan
Sudah lama juga ya, saya tahu soal blog. Tapi ya itu belum terlalu bersemangat untuk ngeblog karena yang paling utama karena belum domain pribadi dan juga karena saat itusaya sibuk sekali dengan urusan kehamilan. Pulang dari Medan saya hamil anak ketiga. Lalu tahun 2013 saya resign dari pekerjaan dan fokus mengurusi toko saya sendiri. Otomastis urusan blog tidak menjadi prioritas.
Lalu sekarang saya memang agak lowong karena sudah tidak kerja tetap lagi dan toko juga sudah dikelolah oleh orang lain. Otomatis sekali lagi bloglah yang menjadi salah satu mainan saya setiap hari.
Selain itu karena saya memang suka mengumpulkan orang dan suka kondisi yang ramai. belajar, diskusi atau sekedar kumpul-kumpul saja. Maka saya mengajak teman-teman yang lain untuk membuat komunitas Blogger Bengkulu. Biar kumpulnya juga jelas dan ada yang dibahas.
Balik lagi ke kegiatan workshop ini, saya memberikan beberapa tugas atau urutan apa yang harus peserta lakukan sampai akhirnya blognya jadi dan dishare. Pada saat pertemuan ini, kami juga mengajak peserta langsung untuk ikutan gabung di grup BoBe via fesbuk.


Urutan kegiatan tersebut adalah sebagai berikut, bagi yang baru pertama kali membuat atau menulis blog.
1. Membuat akun email via gmail. Jadi kerena sebagian besar peserta sudah menggunakan akun gmail. Maka sebagian lagi yang belum punya, kami sarankan untuk membuat akun gmail saja.
2. Setelah akun selesai, peserta diminta untuk mencari logo dengan huruf B ditampilan akun ada pilihan B yang menjelaskan tentang Blogger. Peserta langsung meng-klik dan langsung membuat blognya
3. Ketika sudah membuka tampilan atau halaman depan blogger, maka peserta langsung diminta untuk membuat nama blognya. Bagian ini juga yang menjadi bagian yang seru dan alot karena memilih sebuah nama pasti membutuhkan arti, alasan dan pemikiran.
4. Nama blog sudah ada, dan tampilan blog sudah muncul. Lalu peserta langsung menuju dan membuka dasbor. Peserta kami minta untuk menuliskan sebuah tulisan dan setelah selesai langsung dibagikan ke sosial media.


Tugas yang dikerjakan oleh peserta workshop adalah
1. Membuat sebuah tulisan dengan tema kegiatan workshop hari ini
2. Dalam tulisan ada minimal satu foto kegiatan
3. Gambar atau foto paling atas adalah logo Blogger Bengkulu
4. Di dalam tulisan ada ajakan untuk bergabung ke grup BoBe via fesbuk dan ada backlink. Kami mengajarkan bagaimana untuk menggunakan link hidup
5. Di dalam tulisan tersebut. Ada seruan untuk menggunakan huruf besar, font, bold, memberi warna, dan lain sebagainya. Dimana maksud kegiatan ini adalah untuk melatih dan mengajak peserta mengenal setiap tombol-tombol dan fungsi apa saja yang muncul di bagian entri baru atau saat ingin menulis postingan blog
6. Bagian terakhir adalah, kami meminta peserta untuk membagikan tulisannya ke sosial media. Lalu kembali lagi ke dasbor untuk melakukan proses edit dan mempublikasikannya kembali

Kegiatan yang berlangsung hampir dua jam ini, dirasakan oleh semua peserta sangat efektif untuk belajar memulai ngeblog apalagi bagi pemula. Apalagi tahapan demi tahapan diajarkan secara personal dan dibimbing sampai bisa. Oleh karena itu peserta sangat puas dan nyaman.
 


Diakhir kegiatan, kami memberikan tugas kepada peserta untuk membuat satu tulisan yang baru di blognya dan tetap dipublikasikan dan dibagikan ke sosial media.

Eh, udah sore. Pertemuan hari ini akan segera selesai. Sampai jumpa pada kopdar Blogger Bengkulu yang akan datang ya. Bagi teman-teman yang belum atau takut tidak dapat informasi kegiatan kopdarnya. Silakan dicatat waktu. Kopdar selalu dilakukan pada pekan terakhir setiap bulannya.

Dada, sampai jumpa ya. Blogger Bengkulu memang kece
9 comments

Kayaknya asyik banget ya..? Coba bisa ikutan.. :(

Reply

Wah seru ya mbak,,
dulu ane otodidak belajar ngeblog :-/

Reply

wah, dirimu pasti belajar keras ya, blognya keren

Reply

Coba kalau kita deketan ya Mbak, kita pasti bakal satu komunitas. :)' saya belajar mandiri dan hasil googling Mbak.

Reply

Seru dan mengasyikan nih. Beda di tempatku, dah di woro-woro sosmed buat belajar ngeblog yang datang cuma tiga ekor eh orang. :D

Reply

Bobe, lucu namanya mbk haha. Andai dlu pas awal-awal ngeblog ada komunitas yg ngajarin gini haha

Reply

Senang deh, dengan blogger-blogger yang mau berbagi ilmu dengan yang lain. Apalagi menggiatkan kegiatan tulis menulis, keren banget. Semoga berkah usahanya ya Mba, dan sehat selalu.

Reply

Wah, pengalaman yg menyenangkan. Dunia blogging memang selalu dinamis..

Reply

Terima ksih sudah mampir dan komen di blog saya. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin