Menu

Sabtu, 23 April 2016

/
Kantor Bahasa Bengkulu Menggelar Bengkel Cerpen Bagi Pelajar SLTA

Bapak Ahmad, Bapak Karyono dan Ibu Mildaini

Kantor Bahasa kota Bengkulu, selama tiga hari ( 21-23 April 2016) menggelar kegiatan Bengkel Sastra. Yaitu bimbingan menulis cerpen bagi siswa-siswi SLTA yang ada di kota Bengkulu.

Acara ini secara resmi dibuka oleh Kepala Diknas Dikbud kota Bengkulu dan sempat memberikan kata sambutan serta motivasi kepada para peserta untuk menjadi penulis kebanggaan Bengkulu di masa depan. 

Kegiatan ini berlangsung di salah satu kelas pararel LPMP kota Bengkulu. Dihadiri oleh sekitar 50 orang siswa-siswi SLTA. Mereka datang dari berbagai sekolah yang ada di kota Bengkulu, baik sekolah negeri maupun sekolah swasta. Acara dimulai sejak pukul 08.00 - 17.00 wib setiap harinya.

Selama tiga hari tersebut, para pelajar akan mendapatkan materi penting yang berkaitan dengan menulis cerpen. Materi tersebut di antaranya adalah , 

Pertama, mengenai bagaimana menggali sumber dan inspirasi menulis. Lalu motivasi dalam menulis yang disampaikan oleh saudara Suhendra, SP yang merupakan seorang penulis, pengurus Forum Lingkar Pena (FLP) Wilayah Bengkulu serta alumni Universitas Bengkulu. Materi ini disampaikan pada hari pertama dan kedua.

Kedua, mengenai proses menulis dan berbagi pengalaman menulis sampai bagaimana cara mempublikasikannya. Materi ini disampaikan oleh Fira Firdaus, seorang penulis muda Bengkulu dan mahasiswi kedokteran , Universitas Bengkulu. Materi ini disampaikan pada hari pertama dan kedua.

Ketiga, materi yang sangat penting dalam kegiatan ini yaitu teknik penciptaan dan penulisan cerpen. Dan dilanjutkan dengan menulis sebuah cerpen. Peserta diharapkan dapat menghasilkan satu buah judul cerpen selama kegiatan ini berlangsung. Materi ini disampaikan oleh saya sendiri, Mildaini, S.Pd  seorang penulis dan blogger. Materi ini disampaikan pada hari pertama dan ketiga.

Materi terakhir, pada hari ketiga disampaikan oleh Bapak Karyono, S.Pd. M.Hum selaku Kepala Kantor Bahasa Bengkulu. Beliau menyampaikan materi yang berkaitan dengan Kebijakan Sastra. 

Para Peserta yang Merupakan Perwakilan Dari Sekolah di kota Bengkulu


Selama tiga hari, alhamdulillah semua materi , pemateri, peserta dan panitia dapat hadir mengikuti dan bekerjasama dengan baik. Sehingga target dan tujuan kegiatan ini dapat tercapai dengan baik.

Tiga Orang Peserta yang Paling Aktif Selama Kegiatan


Menurut ketua panitia, Bapak Ahmad Khoirus Salim, S.S. Tujuan diadakannya kegiatan ini salah satunya adalah untuk memberikan ilmu menulis, sebagai motivasi dan mendorong lahirnya para penulis muda yang ada di kota Bengkulu dan memberikan mereka ruang untuk mereka berkarya dan berekspresi .

Kabar baiknya menurut bapak Ahmad, 20 karya cerpen terbaik dari para peserta ini. Akan dibukukan menjadi sebuah karya Antologi oleh kantor Bahasa Bengkulu dan buku tersebut diharapkan dapat disebarkan ke sekolah-sekolah yang ada di kota Bengkulu, sebagai bahan pelajaran dan motivasi bagi pelajar yang lain.



12 comments

Senang rasanya melihat kegiatan positif didukung oleh banyak pihak.

Reply

Iya mbak. Lebih baik anak2 muda digiring ke kegiatan positif gini...daripada nongkrong2 nggak karuan

Reply

iya, saya juga sangat senang Mb

Reply

apalagi nonton ya, kebanyakan sih begitu

Reply

ini keren nih, ada bengkel cerpen :)

nongkrong yang dapat manfaat :)

Reply

bener, daripada di jalanan ya

Reply

Makin mantap Bengkulu, semoga makin banyak lahir penulis yang berbakat

Reply

aamiin, semoga terwujud kelak

Reply

acara nya keren kak, bikin anak-anak mengenal kegiatan baru, kak milda juga keren berbagi ilmu :)

Reply

alhamdulillah, bisa berbagi

Reply

Mantep banget neh acaranya mba

Reply

iya mba, keren program kantor bahasa

Reply

Terima ksih sudah mampir dan komen di blog saya. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin