nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

10 Cara Mengatasi Nyeri Pada Selangkangan Paha Pada Saat Hamil






Memasuki kehamilan saya yang kedelapan bulan, tiba-tiba pada selangkangan paha kiri kan kanan terasa nyeri dan sakit. Susah untuk digerakkan, bahkan saya hampir saja mengalami kesulitan saat berjalan. Meski hanya di dalam rumah.

Jika nyeri dan sakitnya datang saya lebih sering duduk atau berbaring di atas tempat tidur. Ada apa ya, kok sakit sekali, pikir saya.

Hmmm, mungkin terlalu banyak menggunakan motor. Lalu saya kurangi untuk berkendara kecuali penting sekali. Saya malah lebih sering minta antar jemput oleh suami. Lebih banyak berdiam diri di rumah.

Lalu saya kontrol dan periksa ke dokter kandungan. Dari sana saya juga mendapatkan banyak informasi. Saya pun menambah informasi tersebut dari berbagai sumber, majalah, buku, internet. Hasilnya, dapat saya simpulkan begini.

Penyebab rasa nyeri tersebut antara lain disebabkan oleh

Yang pertama, Perubahan hormonal : akibat peningkatan hormon relaxin dan progesterone selama kehamilan dapat menyebabkan otot dan ligamen pada daerah pinggul untuk melemas dan teregang guna persiapan kelahiran. Namun otot dan ligamen-ligamen ini berguna untuk menompang tulang-tulang pada panggul dimana terkadang dapat menimbulkan nyeri pada selangkangan, paha dan perut bawah.

Kedua, Perubahan struktur tubuh : Akibat kehamilan, terjadi perubahan pada bentuk panggul yang dapat menimbulkan nyeri pada selangkangan dan paha terutama disebabkan oleh pertumbuhan janin dalam perut.

Ketiga, Round Ligament pain : Suatu nyeri yang menusuk pada daerah selangkangan, perut bawah,  yang disebabkabn oleh pertambahan ketebalan serta perengan ligamen pada panggul. Ditandai dengan nyeri yang timbul bila si ibu berdiri dari duduk, batuk, atau melakukan aktiftas. 

Kelima, SPD (symphis pubis dysfunction) : Terjadi akibat beberapa hal seperti pertambahan berat badan, pengharuh perubahan hormon, dan ada beberapa yang menyebutkan pergerakan tubuh. Oleh karena selama kehamilan terjadi peningkatan jumlah hormon relaxin an progesterone yang berguna untuk menopang kehamilan, biasanya terjadi pergeseran dari tulang panggunl sebanyak 2- 3mm, namun beberapa keadaan yang disebutkan diatas memicu terjadinya pergeseran yang berlebihan hingga dapat menimbulkan nyeri yang sangat pada daerah panggul yang menyebar ke punggung, paha dan timbul kesan bunyi "klik" pada daerah pubis. 

Keenam, Diastasis of Symphisis Pubis (DSP) : Terjadi pergeseran berlebihan dari tulang pubis hingga mencapai 10 mm atau lebih yang menyebabkan nyeri pada panggul dan perut bawah. 

Ketujuh, karena pergeseran kepala bayi. Dimana kepala bayi sudah masuk panggul sehingga membuat selangkangan dan paha terasa nyeri. Apalagi jika bayi bergerak, hal itu akan lebih terasa.


Untuk mengatasi rasa nyeri tersebut dapat dilakukan dengan 

1.   Bergerak, berjalan mengitari sekitar rumah atau komplek. Tetapi hindari untuk berdiri terlalu lama. Terutama usia hamil tua.
2.   Cobalah perbaiki postur tubuh, hindari untuk menggunakan motor
3.   Hindari menggunakan sepatu atau sandal yang berhak , apalagi hak tinggi. Sebaiknya gunakan saja sepatu atau sandal  yang nyaman.
4.   Coba naikkan kaki sedikit saat duduk atau bisa juga menaikkan kaki ke dinding dengan posisi sudut 90 derajat.
5.   Saat tidur, coba tidur dengan miring ke samping kiri atau ke kanan. Secara bergantian sampai terasa nyaman.
6.   Jangan  mengangkat barang berat 
7.   Tambahkan  asupan  makanan yang mengandung kalsium dan magnesium pada saat makan
8.   Lakukan beberapa tipe olahraga santai untuk mendukung kekuatan tulang panggul anda
9.   Pada daerah yang nyeri lakukan kompres dengan air panas atau es
10.        Pada daerah yang nyeri berikan oleskan dan pijat dengan lembut dengan minyak telon

Nah, itu beberapa cara yang saya lakukan untuk mengurangi rasa nyeri di sekitar paha tersebut. Setiap hari sekitar satu jam saya selalu menyempatkan untuk berjalan kaki. Di waktu pagi dan sore hari, ditemani oleh putri saya Athifah (3 tahun)

Alhamdulillah, rasa nyeri tersebut sedikit berkurang. Apalagi pada saat berjalan sangat terasa gerak bayinya di dalam perut saya. Hal ini membuat rasa nyeri sedikit berkurang.

Sekalian persiapan buat persalinan normal. Dengan banyak berjalan akan menambah olahraga juga terhadap otot panggul dan mendorong bayi untuk bergerak turun masuk ke panggul.

Semoga rasa nyeri ini bisa segera hilang ya. Dan semoga saya bisa melahirkan secara normal. Aamiin
Baca Juga

Related Posts

28 comment

  1. amiinn..
    semangat Mba Milda, moga selalu sehat mak sama debaynya yaa
    Dan dilancarkan proses persalinannya :D

    BalasHapus
  2. Kalau saya, meski bukan ibu hamil aja, masih suka nyeri kalau kebanyakan jalan, otomatis setiap malam suka menaikkan kaki ke tembok sambil tiduran

    BalasHapus
  3. hehehe, itu mah kebanyakan jalan.

    BalasHapus
  4. Udah melahirkan belum? Habis lahiran masih sakit gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah sudah, dan sakitnya langsung hilang , ya karena bayinya udah keluar

      Hapus
  5. Mbak, saya baru enam bulan hamilNya tapi kok udah ngerasain nyeri seperti di atas ya? Apa-apa gak ya? Terus bagian situ dipijit boleh ya mbak?

    BalasHapus
  6. Terima kasih infonya bunda, kebetulan sekali saya juga ngalamin nyeri selankangan saat hamil,,

    BalasHapus
  7. Sama mba sya jg hamil 26week tp udh ngerasain kyak gtu,, rsany mw jalan a/ udh duduk mw berdiri susah bangett,,,smga g̲̮̲̅͡åк̲̮̲̅͡ knapa" yaa aminn

    BalasHapus
  8. me too,
    ini lagi galau betul dg nyerinya ��

    BalasHapus
  9. Tfs ya infonya sangat bermanfaat untuk trimester 3 nanti.

    BalasHapus
  10. Mbak saya kok nyeri dibagian selangkangan dan dibawah perut baru kerasa ketika setelah jalan cepat ya mbak. Jadi bidan saya memang menyarankan rutin jalan cepat 30' per hari tapi efeknya jadi nyeri banget dibagian tersebut. Rasanya sama mbak sampai gak bisa jalan. Mau dipaksain jalan terus takutnya nyerinya malah tambah gak ilang mbak. Gimana solusinya ya..

    BalasHapus
  11. Sya sdah hamil 34w mbak,jd sering skit selangkangan saat mw berdiri ato jln...apakah hal trsbut normal aj mbk?mksh

    BalasHapus
  12. Sya sdah hmil 34w mbak,sya sering skit selangkangan saat mw dduk n jalan,apakah hal trsbut wjar?

    BalasHapus
  13. Saya jg mbk. Ni hamil memasuki 9bln. Tp nyerinya bnr2 smp slngkangan. Hpl.ny masi April, tp pinggul pegalny udh mulai krasa, ap gpp klo misal debay lhr sblm hpl?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mba udah lahiran pa belom?soalnya aq juga merasakan hal yg sama sampe2 mis V nya yg nyeri banget kloau berjalan apa baring kiri ke baring kanan.

      Hapus
  14. tx y bund untuk infonya,saya sudah 36w...dan ini jg sama yg saya rasakan.sakit pd selangkangan sebelah kanan.kdg hilang kdg terasa sekali nyerinya kalau kecapean...smpe jalan sj pincang.semoga bs lahir normal,amin.krn usg kmrn baby msh dlm posi2 sungsang...apa bunda pny solusi laen? terimakasih...

    BalasHapus
  15. Hai bun saya juga bun kehamilan saya baru masuk 8 bulan dan selangkanan paha kiri dan bagian perut baha juga terasa nyeri banagt samapai hampir gk mampu jalan oleh saking nyerinya
    Gemana ya bun cara mengatasinya

    BalasHapus
  16. Mantab... sangat bermanfaat sekali infonya .
    oke

    BalasHapus
  17. Noted bgt nih ilmunya. Buat beberapa bulam kedepan. Tapi moga aja gak ngalamin sakit selangkangan.

    BalasHapus
  18. sekarang sya juga merasakan yg sama'skrng hamil 38 minggu kalau pas baring kiri trus mau ubah pisisi baring kanan sakit banget terasa.belum lagi kalau mau berdiri atau jalan ya allah sakitnya minta ampun'tpi yg sakit selangkangan paha sama mis V nya kalau jalan.
    apa ada yg sama dengan saya bunda2

    BalasHapus
  19. Sangat bermanfaat...saya sekarang hamil 35minggu tadi saya demam jadi berbaring agak lama setelah bangun tdr malah tidak bisa berjalan cz selangkangan saya sangat sakit...saya coba urut sendiri perlahan Alhamdulillaah sekarang sudah mendingan...

    BalasHapus
  20. Bun saya ko sakit nya di paha kanan selangkangan dan seperti tulang pantat, jika saya berbaring kambuh sulit dan sakit jika mau miring dan berdiri kehamilan saya masuk ke 19 minggu

    BalasHapus
  21. I?m impressed, I have to admit. Rarely do I encounter a blog that?s both
    educative and interesting, and let me tell you, you have hit the nail on the head.
    The issue is something which too few men and women are speaking
    intelligently about. I'm very happy that I came across this in my search for
    something concerning this.

    BalasHapus
  22. I've been surfing online more than 3 hours today, yet I never found any interesting article like yours.
    It is pretty worth enough for me. Personally, if all website owners and bloggers made
    good content as you did, the net will be much more useful than ever
    before.

    BalasHapus
  23. Usia kehamilan saya baru masuk 17 minggu, tp selangkangan dan daerah skitar miss V sdh sakit kurleb 1 mingguan. Apakah wajar?

    BalasHapus
  24. This is really interesting, You are a very skilled blogger.
    I've joined your rss feed and look forward to seeking
    more of your wonderful post. Also, I've shared your web site in my
    social networks!

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin