nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Pengertian Broken Link dan Dampaknya


https://www.mildaini.com
Sumber foto Pixabay

Assalammualaikum.Wr.Wb

Apa kabar sahabat Milda, semoga selalu sehat ya, semangat menulis dan up date blognya. Buat yang suka menulis artikel blog, sering blogwalking atau berkunjung ke blog orang lain. Ada saatnya entah artikel blog kita sendiri atau orang lain mengalami yang namanya brokin link.

Tanda atau petunjuk yang sering kali muncul itu adalah sangat mudah, yaitu link yang kita klik tidak memuat halaman yang kita inginkan. Tapi tertulis atau ada keterangan error 404 atau Not Found. Hal ini tentu saja merugikan bagi pemilik link atau bagi kita yang ingin mengakses informasi tersebut.

Sebenarnya, kenapa sebuah link itu bisa mengalami kesalahan error 404 atau Not Found. Mengapa bisa terjadi demikian, apakah akibatnya bagi pemilik blog atau website. 

Pada artikel saya kali ini akan membahas seputar hal tersebut, seputar hal yang biasa blogger sebut broken link. Apa penyebabnya dan apa akibat yang bisa ditimbulkannya. 

Teruslah membaca postingan saya sampai selesai yah, sambil ngopih dan ngemil martabak kita membahas soal BROKEN LINK

Broken link menjadi persoalan yang cukup banyak dialami oleh blogger. Jika tidak diatasi segera, masalah itu bisa mengganggu traffic dan berdampak besar. Link yang bermasalah bisa menimbulkan error dan pengunjung akan hilang. Maka para pemilik blog harus memahami bagaimana cara menyelesaikannya.


https://www.mildaini.com
Sumber Foto : Pixabay


Pengertian Broken Link dan Dampak


Broken link adalah link yang rusak dan tidak bisa digunakan atau bisa disebut dengan dead link. Biasanya kejadian Broken link sering terjadi saat menyisipkan anchor teks sebagai referensi bagi pengunjung. Tujuannya agar pengunjung dapat mengunjungi blog dengan mudah. Sayangnya keadaan link yang rusak akan mengarahkan pada halaman error 404. Efek dari broken link jika terjadi error adalah pengunjung tidak nyaman dan blog tidak akan dipercaya.

Penyebab dari link yang rusak bisa terjadi karena pengetikan yang salah saat ditautkan. Kurang huruf bahkan kelebihan bisa menyebabkan tautan tidak berfungsi dan error. Jika hal tersebut terjadi, otomatis halaman yang dituju kosong dan menjadi error 404. Sehingga cobalah untuk periksa kembali link tautan yang akan digunakan. 


Baca juga : Blogwalking Meningkatkan Traffic


Kesalahan hosting juga bisa menjadi penyebab error halaman saat dibuka. Biasanya jika error terjadi hosting akan muncul error 500. Selain itu bisa terjadi karena alamat domain yang berubah. Maka pertimbangkan dahulu sebelum melakukan pemilihan nama untuk blog.

Perubahan kategori yang digunakan bisa menjadi broken link yang banyak ditemukan. Sebab dengan perubahan tersebut, direktori akan berubah dan pelacakan bisa sulit ditemukan. Usahakan jangan melakukan perubahan terlalu banyak karena akan merusak link blog.

Cache juga bisa menimbulkan error 404 jika tidak dibersihkan. Selain itu jika ditemukan masalah kerusakan link bisa diatasi dengan membersihkan cache secara berkala agar kecepatan pada blog bisa maksimal.


Cara Mengecek Broken Link


Cara mengecek broken link bisa menggunakan plugin dan aktifkan di pengaturan jika menggunakan Wordpress. Selain itu pengecekan juga bisa dilakukan dengan cara mengunjungi website yang bisa memeriksa dalam bentuk HTML untuk link rusak pada blog.

Dampak yang terjadi jika broken link tidak bisa diatasi adalah traffic yang semakin menurun. Traffic terjadi karena pengunjung yang mendapatkan pengalaman buruk saat membuka halaman blog yang tidak pas atau kosong. Sehingga cek secara berkala apakah ada kerusakan link pada blog yang dimiliki.

Referensi:

https://pandagila.com/broken-link/

https://doel.web.id/broken-link/

https://redcomm.co.id/knowledges/penyebab-broken-link?readmore=true


Baca Juga

Related Posts

0 comment

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin