nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

TOT Pendamping IKM BBI Bengkulu

Assalammualaikum.Wr.Wb

Hai, apa kabar sahabat Milda, terutama pelaku UMKM, UKM dan IKM. Semoga selalu sehat, bahagia dan berkah usahanya, aamiin.

Sahabat Milda, ada yang tahukah apa perbedaan antara UMKM, UKM dan IKM. Terlihat mirip, sama ya. Tetapi ternyata bedanya jauh. Salah satu bedanya yah, di omset.


https://www.mildaini.com




Beda UMKM, UKM dan IKM

Baik, ini saya ambil dari caption postingan Instagram saya beberapa waktu lalu. Bisa juga dong follow akunku supaya lebih makin kenal dan akrab.

Industri Kecil Menengah atau yang biasa disebut dengan IKM adalah aktivitas produksi berbagai jenis barang yang digunakan dalam kehidupan manusia sehari-hari. Sedangkan UKM merupakan aktivitas pemasaran dari produk-produk yang sudah diproduksi sebelumnya dalam Industri Kecil Menengah.

UMKM adalah usaha ekonomi produktif yang dijalankan oleh individu atau badan usaha yang berukuran kecil.

Secara sederhana IKM itu mulai dari produksinya, packing,pemasaran, promosi dll. Nah, kalo di UMKM dan UKM bisa langsung memasarkan atau berdagang berbagai banyak produk tanpa harus memproduksi produknya. UMKM dan UKM tidak perlu diribetkan dengan urusan, stok bahan baku, produksi, kemasan dan pemasaran. Fokusnya hanya di penjualan saja.


IKM Bengkulu untuk Bangga Buatan Indonesia


Pemerintah Indonesia melalui Presiden Jokowi mencanangkan program Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang merupakan gerakan nasional berbentuk gotong royong dari UMKM untuk UMKM Indonesia. Yang diluncurkan oleh Presiden Jokowi, 14 Mei 2020.

Fokus dan program Bangga Buatan Indonesia (BBI) mendorong berkembangnya IKM untuk menghasilkan berbagai produk yang bagus, laku ,kreatif dan produktif sehingga produk-produk lokal semakin layak dan bisa dikonsumsi secara nasional bahkan internasional.

Projek pertama Bangga Buatan Indonesia (BBI) ini sudah dilakukan di Lampung, sejak tahun 2022, sudah terpilih 30 IKM yang disupport untuk mendapatkan pendampingan, support dan edukasi agar lebih berkembang.

Untuk tahun 2023 ini, giliran IKM Bengkulu yang akan mendapatkan pendampingan. Sama, di Bengkulu juga terpolih 30 IKM yang akan mendapatkan pendampingan. Dari berbagai jenis produk, mulai dari makan dan minuman, pakaian, handycraf, aksesories dan lain sebagainya.


https://www.mildaini.com


30 IKM ini akan mendapatkan dan  menjalani coaching one-on-one dalam hal optimalisasi e-commerce dan pengembangan manajemen bisnis serta akan mendapatkan literasi digital, pengembangan kualitas kemasan, kekayaan intelektual, standardisasi dan sertifikasi kualitas produk, serta restrukturisasi mesin.

Bocorannya IKM pilihan ini akan dievaluasi dan dinilai oleh kurator dari segi kenaikan transaksi dan omsetnya, perbaikan pengelolaan manajemen, serta kualitas produknya.

Di akhir masa pendampingan, akan dipilih 5 IKM mendapatkan insentif pendampingan teknologi 4.0 dan pembiayaan ekspor dari top brands.

 

Pendamping IKM Bengkulu


IKM Bengkulu akhirnya resmi terpilih, dari sekitar 700 pendaftar, akhirnya dipilih 30 IKM. Oleh karena itu sehubungan dengan telah diumumkannya 30 IKM Bengkulu terkurasi pada acara Kick-Off Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) Bengkulu 2023 pada tanggal 27 Juli 2023, Direktorat Jenderal IKMA telah melakukan proses seleksi tenaga pendamping untuk pelaksaan kegiatan pendampingan IKM BBI Bengkulu 2023.

Jadi untuk mendampingi IKM tentu saja dibutuhkan juga pendamping yang diharapkan dapat mensupport, membantu dan sharing dengan IKM guna meningkatkan produktivitas, kreatifitas, dan tentu saja tujuan utamanya peningkatan omzet.

Saya secara tak sengaja mendaftar untuk menjadi pendamping IKM ini, berawal dari seroang  teman yang mengirimkan poster perekruitan tenaga pendamping. Waktu itu setelah pasang status di WA, saya juga langsung mengisi.


https://www.mildaini.com
Seluruh pendamping, coach, perwakilan Kemenperin, Ditjen IKMA, Disperindag, Edukasi 4.0 dan Bang Indonesia Bengkulu 


Tidak begitu lama, saya dihubungi salah satu panitianya yang belakangan baru saya tahu, beliau adalah salah satu coach. Saya diminta untuk mengisi kembali form pendaftaran yang sudah diperbaiki dengan tambahan isian mengenai wilayah pilihan saya. Seingatku waktu itu memilihnya Kota Bengkulu, Bengkulu Tengah dan Kepahiang.

Selang beberapa hari kemudian saya di chat WA oleh salah satu panitia, memberi bahwa akan ada tes dan wawancara, Hari itu Jumat,4 Agustus 2023,  tes dilaksanakan sekitar jam 15.00. Ada soal-soal yang harus kami jawab seputar media sosial, e commerce, foto, video dan lain sebagainya.

Pada tanggal 6 Agustus 2023, saya dihubungi kembali kali ini untuk wawancara dan konfirmasi kesedian untuk menjadi pendamping IKM untuk wilayah Curup dan kota Bengkulu. Waktu itu sempat mikir, kok ke Curup. Rasanya nggak milih, eh apa nggak sengaja memilih. Tapi asik juga lah ke Curup, hehehe

Berikut adalah kriteria penilaian seleksi:

- Tes Online Wawasan Digital

- Tes Interview Pengalaman dan Kemampuan

- Penempatan Area dan Domisili Calon Pendamping.


Nama Pendamping IKM Bengkulu


https://www.mildaini.com
Bersama Coach Edi, Rejive dari Edukasi 4.0


Beberapa hari kemudian, saya dihubungi kembali, Jadi dari 60 orang pendaftar. Saya termasuk pendamping IKM yang lolos. Berdasarkan parameter kriteria penilaian seleksi, maka panitia menyatakan yang  lolos menjadi Pendamping IKM BBI 2023 adalah :

1. Eko Suryana

2. Medi Muamar

3. Purna Ardiansyah

4. M Pahrul Rossi

5. Rangga Darma Gunawan

6. Kartini Isnaini

7. Milda Ini

8. Irwan Tohir

9. Dani Fazli

10. Joli Oktariansyah

11. Yusuf Sugiyatno

Dari sebelas nama tersebut, lima orang berasal dari luar kota Bengkulu.


TOT Pendamping IKM Bengkulu


https://www.mildaini.com
Poinya agak terlihat mudah, praktiknya syuliit


Secara resmi sudah diumumkan siapa saja yang menjadi pendamping IKM, selanjutkan saya dan teman-teman akan mengikuti kegiatan Training Of Trainer Pendamping IKM pada tanggal 9-11 Agustus 2023 di hotel Mercure, Bengkulu.

Pada setiap hari dilakukan sesi pre  test dan post test materi, sesuai dengan KPi yang diharapkan terhadap pendamping IKM.


Hari pertama, Selasa, 09 Agustus 2023

Pada hari pertama pagi hari di awali dengan registrasi peserta dan pembukaan TOT Pendamping IKM oleh ibu Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Bengkuku, Yenita Syaiful, M.Si, perwakilan dari Kementerian Perindustrian Republik Indonesia ,perwakilan Bank Indonesia Cabang Bengkulu serta semua coach yang terlibat.


https://www.mildaini.com
Coach Rejive dari edukasi 4.0


Usai Coffee break dilanjutkan dengan materi hari pertama, mengenai konten foto dan video promosi serta materi teknik pemasaran melalui Instagram

Materi hanya sebentar, yang lama itu dibagian praktik untuk pembuatan konten foto dan video promosi, termasuk membuat copywriting sekaligus langsung promosi langsung di instagram. Jadi langsung action nih para pendamping IKM.


https://www.mildaini.com
Coach Edi Darmawansah


Salah satu yang nanti akan disupport oleh pendamping adalah membantu IKM untuk mmebuat konten planning instagram untuk membangun branding produk agar bisa dijangkau lebih luas.

Sesi hari ini hingga pukul 17.00 wib, silanjutkan dengan makan malam.


Hari Kedua, 10 Agustus 2023

Di ruangan Sulawesi hotel Mercure yang hanya berisi sekitar 15 orang oleh para pendamping IKM dan coach dan panitia pelaksana. Mulai terasa agak hangat, padahal Ac full. Terus mulai merasa meriang disko juga. Mulai mikir, apakah kami para pendamping IKM bisa sesuai harapan para IKM. Apakah para pendamping bisa mendampingi para IKM untuk mencapai dan mewujudkan target-target yang IKM harapkan.


https://www.mildaini.com
Coach Ilham


Meski deg-degan, hari kedua harus dilalui dengan semangat sebab akan mendapatkan materi juga hingga pukul 17.00 wib. Hari kedua ini, belajar mengenai Tiktok Shop, Optimalisasi Konten, Live Streaming hingga benaran live dan berjualan di tiktok.

Sama seperti hari pertama, uantuk paparan materi hanya sebentar, yang banyak itu adalah di bagian praktiknya. Terutama saat live, saat berjualan di tiktok. Bahkan diberikan tugas tambahan di malam hari untuk live tiktok di akun masing-masing.


https://www.mildaini.com
Persiapan Tiktok Shop Untuk LIve Streaming


Ada banyak seluk beluk tiktok shop yang diulas dan dibahas, kenapa banyak diulas. Yah, nanti salah satu support yang dilakukan oleh pendamping adalah membantu IKM untuk live di tiktok dan meningkatkan penjualannya di tiktok.

Salah satu yang nanti akan disupport oleh pendamping adalah membantu IKM untuk mmebuat konten planning di tiktok sama halnya dengan instagram. Hanya kalo di tiktok sudah dengan target peningkatan penjualan.


Hari ketiga, 11 Agustus 2023


https://www.mildaini.com
Belajar (Lagi ) Motret


Hari terakhir nih, biasanya bisa agak santai. Tapi tidak dengan TOT pendamping IKM. Bukan santai, malah makin tegang dan banyak tugas praktiknya. Di hari ketiga ini, bahkan pendamping IKM diminta untuk keluar ruangan, untuk eksplore konten foto dan video untuk bahan promosi di Media Sosial dan E commerce.


https://www.mildaini.com
Coach Komi


Judul materinya sih terlihat mudah, belajar teknik foto dan video produk dan pemasaran E Commerce. Kenapa? Karena sebagian pendamping IKM sudah mendapatkan pelatihan dan materi serupa. Tapi tugas dan eksplore dari materi tersebut yang tidak disangka-sangka. Berat juga tugas di hari terakhir.bahkan tugas-tugas ini masih dikerjakan pada hari setelahnya.


https://www.mildaini.com
Belajar bikin MBC


Makin sore, bukan makain santai. Pendamping diminta untuk praktik dan presentasi membuat The Bussiness Model Canvas (BMC) dan strategi pemasaran online.


Saya Mendamping IKM Apa?


Menjelang penutupan, diadakan briefing dan diskusi serta share hal-hal yang mungkin akan pendamping temukan di lapangan, solusi dari masalah yang muncul serta tips dan triks. Hal ini juga berkaca dari kasus-kasus atau kejadian yang pernah dialami oleh pendamping IKM Lampung.


https://www.mildaini.com
Dari 11 pendamping 2 oranf perempuan saya dan Ibu Kartini


Di akhir sesi pun para pendamping belum tahu akan mendampingi IKM apa dan bergerak di usaha apa, masih dirahasiakan, Setelah ini akan dilanjutkan dengan onboarding 30 IKM sebelum mendapatkan pendampingan.

Jadi, belum tahu nih pendamping akan mendampingi IKM mana, saya juga belum tahu sebenarnya siapa saja mereka yang 30 IKM itu apalagi IKM mana yang akan saya damping. Mungkin butuh beberapa hari lagi ya setelah semua IKM ikut onboarding pada tanggal 18 Agustus 2023 nanti,

Sekian dulu yah, cerita saya mengenai TOT pendamping IKM Bangga Buatan Indonesia Bengkulu. Hari sudah menunjukkan pukul 17.30 wib. Kegiatan TOT sudah selesai.


https://www.mildaini.com
Semangat pendamping IKM Bengkulu


Namun giat saya hari ini belum selesai,  saya ditunggu keluarga di lobbi untuk melanjutkan perjalanan ke kota Palembang, dengan kendaraan pribadi. Kayaknya sudah tak berani lewat palak Curup nih, kami akan jalan melalui jalan Tebing.

Sampai jumpa ya IKM Bengkulu dan para pendamping, kita tunggu update info selanjutnya dari panitia. Jadi belum tahu ini saya akan mendampingi IKM apa dan dimana? 

Mari dukung BBI dengan  membeli produk buatan bangsa, dan Anda telah ikut memajukan perekonomian dalam Negeri dan selalu mendukung UMKM untuk berkembang dan berkreasi.

 

 

 

Baca Juga

Related Posts

23 comment

  1. Keren banget, Kak. Terlebih lagi acaranya juga sangat bagus bagi masyarakat. Semangat terus, Kak

    BalasHapus
  2. Seneng ya sekarang banyak pelatihan seperti ini. Mendukung banget untu para pengusaha lokal. Harapannya semoga produk Indonesia semakin maju. Semoga sukses mendampingi IKMnya ya, Mbak.

    BalasHapus
  3. Keren banget ya, seneng deh ada program TOT pendamping IKM ini,
    dan takjub juga karena ada pelatihan tiktok live streaming segala!

    BalasHapus
  4. Selamat ya Mbak Milda terpilih sebagai pendamping IKM. Walapun Mbak Milda sendiri belum tahu IKM mana saja yang akan didampingi. Aku jadi agak heran kenapa hal tersebut dirahasiakan :D Btw, kok bisa ya mbak nggak milih penugasan di Curup tapi "terlempar" ke Curup? Apa ada miscom dengan panitia?

    BalasHapus
  5. Keren mba Milda bisa jadi pendamping IKM. Selain omset bedanya IKM sm UKM/UMKM juga kli yang IKM ini sdh kategori industri jadi berada dibawah pembinaan kementerian perindustrian ya mba, klo yg UKM/UMKM di bawa pembinaan kementerian Koperasi dan UKM ya?

    BalasHapus
  6. wah liat foto-foto dokumentasi semua kegiatan TOT ini benar-benar refreshing dan nambah ilmu banget ya, apalagi ada sesi praktiknya, ini sih yg penting jadi bisa nempel teruss

    BalasHapus
  7. Dukung banget dong, karena aku cinta produk dalam negeri dan berusaha membelinya agar membantu perekonomian kita

    BalasHapus
  8. Nah itu di masyarakat masih selalu ada yang keliru akan apa itu UKM, IKM, dan UMKM. Sekarang sih saya pun makin paham. Setelah beberapa waktu lalu saya pun sempat ditodong jadi narasumber untuk materi digital marketing bagi pelaku UMKM

    BalasHapus
  9. Keren banget ini mbak, bisa mendapat kesempatan untuk TOT Pendampingan IKM jadi lebih banyak ilmu yang didapatkan ya. Selain itu kita jadi sudah punya basicnya untuk membantu teman-teman IKM.

    BalasHapus
  10. Selamat ya, Mba Milda, terpilih menjadi pendamping dari 30 IKM, pastinya bukan tugas ringan. Jaya terus bisnis kita, aemoga makin maju ke depannya.

    BalasHapus
  11. wah keren banget mbak Milda, moga lancar ya mendampingi IKM di Bengkulu. Semoga makin maju IKM di sana dan bisa memberikan kontribusi untuk kemajuan wilayah bengkulu

    BalasHapus
  12. Harus dipahami nih artinya maisng-masing supaya gak salah antara IKM, UKM dan UMKM. Harus dong bangga produk buatan Indonesia yang gak kalah bagus kulaitasnya. Dari ToT ini Insya Allah akan membawa dampak positif dan bisa dibagikan lagi hasilnya

    BalasHapus
  13. Pelatihan seperti ini tentu sangat dibutuhkan ya mbak. Manfaatnya bisa mengembangkan umkm

    BalasHapus
  14. Saya baru tahu lho kalau pendamping IKM nya dari seleksi juga dan diikutkan ToT dulu. Saya kira pendamping sudah ada dan disesuaikan dg core bisnis masing2 UKMnya. Ngaruh ga ya bidang UKM dg latar belakang pendamping?

    BalasHapus
  15. Keren kak Milda..
    Terus maju dan semakin mengembangkan IKM di Bengkulu. Jalan yang dilalui gak mudah dan semoga ilmu yang diperoleh dari pendampingan ini bisa semakin memantapkan langkah dan mewujudkan ide kreativitas.

    BalasHapus
  16. Aku pun lebih suka beli barang produksi UMKM meskipun produk impor banyak yang menggoda. Kalo gak ada produksi Indonesia, baru deh beli yang impor. Keren nih acaranya mbak Milda mendampingi UMKM.

    BalasHapus
  17. Semoga terus maju IKM Bengkulu ya mba senang banget jadi trainer pendamping dapat membantu banyak IKM agar berkembang terus dan productnya dikenal luas...selamat ya mba

    BalasHapus
  18. Keren banget ini acaranya. Bener-bener dipersiapkan dengan matang ya pendamping IKM ini. Btw, aku baru tahu deh dengan IKM dan bedanya dari UKM dan UMKM. :D

    BalasHapus
  19. Seneng banget kalau pemerintah punya program yang mendukung IKM ginii. Jadi bisa meningkatkan kemampuan dan kualitas mereka juga kan nantinya.

    Anw, jadi begitu ya bedanya UKM & IKM. Walaupun sama-sama pengusaha, tapi berbeda dari jenis produksi nya karena IKM ya melakukan dari proses produksinya sedangkan UKM enggak yaa. Aku juga baru engeh lho bedanya apa, TFS mak

    BalasHapus
  20. keren nih mak, kegiatan yang bagus untuk memajukan IKM. Apalagi jika banyak pihak yang terlibat dan berkolaborasi.

    BalasHapus
  21. Dukung banget nih, UMKM Indonesia. Aku lebih suka beli produk lokal karena dari segi kualitas tidak kalah bagusnya. Dan entah kenapa memiliki kebanggan tersendiri kalau beli produk lokal.

    BalasHapus
  22. Selamat bertugas ya Mak. Semoga dimudahkan dalam mendampingi IKM nantinya.

    BalasHapus
  23. InsyaAllah program ini bisa terus berjalan dengan lancar di kota2 lain juga ya Maaak

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin