nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Mengenal Pendamping IKM BBI Bengkulu

Assalammualaikum.Wr.Wb

Hai, apa kabar sahabat Milda, terutama pelaku IKM dan pendamping IKM. Semoga selalu sehat, bahagia dan berkah usahanya, aamiin.

Sahabat Milda, beberapa hari lalu, saya sudah membahas mengenai TOT pendamping IKM BBI Bengkulu yang dilaksanakan di hotel Mercure Bengkulu. Pendamping IKM BBI Bengkulu ada 11 orang. Mari kita kenalan dengan mereka ya, mana tahu ada yang sudah kenal yah, Jadi makin akrab saja kalo sudah kenal, kalo belum jadi kenalan dulu.


Pendamping IKM bersama Kepala Disperindag Provinsi Bengkulu, perwakilan Kemenperin, Bang Indonesia Bengkulu dan coach Edukasi 4.0


Mengenal IKM untuk Bangga Buatan Indonesia


IKM adalah Industri Kecil Menengah ( IKM) yang mulai bergerak dari stok produk, produks, kemasan, promosi hingga pemasaran.

Pemerintah Indonesia melalui Presiden Jokowi mencanangkan program  Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang   merupakan gerakan nasional berbentuk gotong royong dari UMKM untuk UMKM Indonesia. Yang diluncurkan oleh Presiden Jokowi, 14 Mei 2020.

Fokus dan program Bangga Buatan Indonesia (BBI) mendorong berkembangnya IKM untuk menghasilkan berbagai produk yang bagus, laku ,kreatif dan produktif sehingga produk-produk lokal semakin layak dan bisa dikonsumsi secara nasional bahkan internasional.

Projek pertama Bangga Buatan Indonesia (BBI) ini sudah dilakukan di Lampung, sejak tahun 2022, sudah terpilih 30 IKM yang disupport untuk mendapatkan pendampingan, support dan edukasi agar lebih berkembang.

Untuk tahun 2023 ini, giliran IKM Bengkulu yang akan mendapatkan pendampingan. Sama, di Bengkulu juga terpolih 30 IKM yang akan mendapatkan pendampingan. Dari berbagai jenis produk, mulai dari makan dan minuman, pakaian, handycraf, aksesories dan lain sebagainya.

30 IKM ini akan mendapatkan dan  menjalani coaching one-on-one dalam hal optimalisasi e-commerce dan pengembangan manajemen bisnis serta akan mendapatkan literasi digital, pengembangan kualitas kemasan, kekayaan intelektual, standardisasi dan sertifikasi kualitas produk, serta restrukturisasi mesin.

Bocorannya IKM pilihan ini akan dievaluasi dan dinilai oleh kurator dari segi kenaikan transaksi dan omsetnya, perbaikan pengelolaan manajemen, serta kualitas produknya.

Di akhir masa pendampingan, akan dipilih 5 IKM mendapatkan insentif pendampingan teknologi 4.0 dan pembiayaan ekspor dari top brands.


Pendamping IKM BBI Bengkulu


IKM Bengkulu akhirnya resmi terpilih, dari sekitar 700 pendaftar, akhirnya dipilih 30 IKM. Oleh karena itu sehubungan dengan telah diumumkannya 30 IKM Bengkulu terkurasi pada acara Kick-Off Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (BBI) Bengkulu 2023 pada tanggal 27 Juli 2023, Direktorat Jenderal IKMA telah melakukan proses seleksi tenaga pendamping untuk pelaksaan kegiatan pendampingan IKM BBI Bengkulu 2023.


https://www.mildaini.com
Hampers dari Kemenperin

Jadi untuk mendampingi IKM tentu saja dibutuhkan juga pendamping yang diharapkan dapat mensupport, membantu dan sharing dengan IKM guna meningkatkan produktivitas, kreatifitas, dan tentu saja tujuan utamanya peningkatan omzet.


https://www.mildaini,com
Dinner di hari kedua, hari pertama lupa berfoto :)


Berikut adalah kriteria penilaian seleksi: 


- Tes Online Wawasan Digital

- Tes Interview Pengalaman dan Kemampuan

- Penempatan Area dan Domisili Calon Pendamping.


Pendamping IKM ini sudah mengikuti TOT selama tiga hari di hotel Mercure, bersama Edukasi 4.0, Kemenperin dan Disperindag Provinsi Bengkulu

Baca di sini TOT Pendamping IKM


Kenalan Dengan Pendamping IKM Bengkulu


Berdasarkan parameter kriteria penilaian seleksi, maka panitia menyatakan yang  lolos menjadi Pendamping IKM BBI 2023 adalah sebagai berikut, ada 11 orang.

1. Eko Suryana, Kota Bengkulu

https://www.mildaini.com
Masuk Pak Eko :)


2. Medi Muamar

https://www.mildaini.com
Medi Bersama Coach Rejive


3. Purna Ardiansyah, Kota Bengkulu

https://www.mildaini.com
Pak Lurah sedang nego pembagian coffe break :)


4. M Pahrul Rossi, Kaur

Agaknya lagi malu-malu :) 


5. Rangga Darma Gunawan, Kaur


Bukan lagi, menikmati kamar Mercure :) Rangga dari Kaur


6. Kartini Isnaini,Kota Bengkulu

Kartini bersama saya :)


7. Milda Ini, Kota Bengkulu

Menyatih banget ama ruangan TOT :)



8. Irwan Tohir, Kepahiang

https://www.mildaini.com
Irwan bersama coach Edi Darmawansah


9. Dani Fazli, Curup

https://www.mildaini.com
Dani sedang bertanya cara panen cuan di Tiktok :)


10. Joli Oktariansyah, Kaur

Joly sedang live Tiktok


11. Yusuf Sugiyatno, Bengkulu Tengah

Yusuf sedang motret ditemani dari ujung ya, Dani, Pahrul, dan Joly


Dari sebelas nama tersebut, lima orang berasal dari luar kota Bengkulu. Dua orang perempuan saya dan Ibu Kartini.

Nah, dari 11 orang pendamping IKM tersebut, apakah ada yang kalian kenal, kalo belum nanti kita kenalan dulu yah.

Semua pendamping ini sudah melakukan kegiatan TOT Pendamping IKM dan setelah ini akan mengikuti berbagai kelas online guna meningkatkan kapasita, kemampuan, mengasah inovasi dan kreativitas.


Baca Juga

Related Posts

10 comment

  1. Wah keren banget si, Kak kalau terpilih soalnya banyak banget nih ya saingannya untuk bisa menjadi bagian IKM BBI Bengkulu

    BalasHapus
  2. Masya Allah keren bgt mbak, dari 700 pendaftar terpilihnya hanya sedikit saja. Paling populer itu UMKM ya, tapi sekarang adalagi IKM. Dengan adanya pendampingan IKM ini semakin banyak lagi yg inovasi dan kreatif.

    BalasHapus
  3. Keren ya bisa menjadi bagian dari IKM BBI Bengkulu yaaa dan menggali lebih banyak kreatifitas ya mbak.

    BalasHapus
  4. Wah kereen juga mba bisa terpilih semoga dapat menjalankan amanat dengan baik menjadi IKM BBI Bengkulu

    BalasHapus
  5. Keren banget bisa masuk dr ratusan pendaftar. Ilmunya gak kaleng2 nih. Pan kapan sharing mbak 😬

    BalasHapus
  6. Keren banget mba kepilih jadi salah satu yang lolos di IKM BBI ini. Ini bakalan ada di semua provinsi ato gimana ya? Jadi tertarik juga nih buat daftar

    BalasHapus
  7. pengen ikut IBM sidoarjo ada gak ya kak? sepertinya seru semoga bisa masuk kualifikasi

    BalasHapus
  8. MasyaAllah keren banget i ni ya Mam, semoga makin sukses dengan adanya pendampingan seperti ini UMKM Indonesia.

    BalasHapus
  9. Selamat ya mam, keren iih bisa ikut pendampingan UMKM. Semoga berkah ya, mam

    BalasHapus
  10. Ya allah mak, pertama baca judul kukira Implementasi Kurikulum Merdeka 😀😀😀
    Btw selamat mak, semoga berjaya mengemban amanah. Go UMKM

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin