nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

8 Contoh Sikap Menghargai Keberagaman di Indonesia

 8 Contoh Sikap Menghargai Keberagaman di Indonesia


 

https://www.mildaini.com


Keberagaman adalah suatu kondisi dalam masyarakat yang terdapat banyak perbedaan dalam berbagai bidang. sikap keberagaman berarti memahami dan menghargai setiap individu atau kelompok yang memiliki keunikan masing-masing.

Indonesia dikaruniai dengan berbagai keberagaman, mulai dari perbedaan suku, budaya, agama, warna kulit hingga cara pandang.

Agar perbedaan tersebut tidak menimbulkan kesenjangan, kita perlu menerapkan sikap menghargai keberagaman dalam kehidupan sosial.

sumber artikel ini menyebutkan  bahwa Ada beberapa contoh sikap menghargai keberagaman di masyarakat Indonesia yang bisa kita laksanakan demi terciptanya kerukunan.

Sikap Menghargai Keberagaman

Indozone menyebutkan bahwa  sikap menghargai keberagaman sebaiknya dilakukan di terapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk menciptakan persatuan dan kesatuan .

Berikut ini Adalah contoh-contoh sikap menghargai keberagaman di Indonesia mulai dari lingkungan tempat tinggal, pergaulan hingga fasilitas umum.

 

1. Mengutamakan kepentingan umum daripada kelompok atau pribadi

 

https://www.mildaini.com


Mengutamakan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi maksudnya mengutamakan kepentingan orang banyak dibandingkan dengan kepentingan pribadi.

Menghargai keberagaman dapat kita lakukan dengan mengutamakan kepentingan umum daripada kepentingan kelompok tertentu, apalagi kepentingan pribadi yang justru menunjukkan sikap egois.

Artinya, dalam memecahkan masalah atau membuat keputusan sebaiknya didasarkan pada hasil musyawarah dengan menjunjung tinggi kebutuhan banyak orang.

 

2. Saling menghormati perbedaan fisik, agama, suku dan ras

 
https://www.mildaini.com

Saling menghormati merupakan bentuk toleransi antara individu dengan individu atau   individu dengan kelompok atau kelompok dengan kelompok.

Indonesia merupakan negara yang multikultural dengan agama, suku, ras, maupun fisik dan karakter yang bermacam-macam. Agar bisa hidup berdampingan, kita perlu saling menghormati berbagai perbedaan tersebut.

Contohnya, dengan tidak mencela bentuk tubuh orang lain, tidak menjelekkan agama tertentu, tidak mencela ras yang berbeda, dan tidak membedakan-bedakan perlakuan pada suku lain.

 

3. Membina kerukunan dalam kehidupan sosial

 
https://www.mildaini.com

Kerukunan dalam kehidupan sosial merupakan sikap tenggang rasa dan mampu mempererat tali silaturahmi dengan menjalankan kegiatan bersama-sama.

Salah satu contoh sikap menghargai keberagaman lainnya yaitu dengan membina kerukunan dalam kehidupan sosial, baik di lingkungan keluarga, sekolah, tempat kerja, maupun tempat umum.

Selalu berusaha menepati janji agar tercipta rasa saling percaya, bersikap amanah supaya dapat dipercaya, berperilaku jujur, bertindak adil, sopan santun dan ramah tamah.

 

4. Menghargai privasi orang lain

 
https://www.mildaini.com

Menghargai privasi orang lain merupakan kemampuan satu atau satu kelompaok dalam menutupi atau melindungi urusan kehidupan dan urusan personalnya.

Dalam kehidupan sosial, baik dalam lingkungan keluarga, pertemanan, maupun pekerjaan, ada baiknya kita tetap menerapkan batasan untuk menghargai privasi orang lain.

Contohnya, meminta izin sebelum meminjam barang orang lain, mengetuk pintu sebelum masuk ke rumah atau kamar orang lain dan tidak menghubungi orang lain saat larut malam.

 

5. Saling tolong menolong sesama manusia

 
https://www.mildaini.com

Sikap tolong menolong merupakan sikap yang dimiliki setiap orang, sikap ini muncul dari hati nurani, sikap tolong menolong sudah menjadi sebuah budaya, sikap ini tidak hanya dilakukan pada sesama manusia melainkan pada semua makhluk hidup.

Manusia merupakan  makhluk sosial, maka dari itu manusia membutuhkan orang lain di dalam kehidupannya. Itulah sebabnya, sesama manusia sudah seharusnya saling tolong menolong.

Misalnya, membantu persiapan acara hajatan tetangga, memberikan makanan kepada orang yang kelaparan dan menolong mereka yang terkena musibah dan bencana alam.

 

6. Menghormati ibadah, agama dan keyakinan yang berbeda

 
https://www.mildaini.com

Menghormati berbagai perbedaan juga termasuk salah satu sikap menghargai keberagaman  yang menjunjung tinggi nilai toleransi. Sikap ini sangat penting diterapkan untuk menciptakan lingkungan yang damai dan tentram.

Contohnya yaitu tidak mengganggu ibadah orang lain, tidak memaksakan orang lain berpindah keyakinan dan tidak mencela agama sendiri maupun orang lain.

 

7. Mengapresiasi budaya daerah lain

 
https://www.mildaini.com

Saat mengunjungi daerah tertentu atau bertemu dengan orang lain, ada kalanya kita akan menemukan budaya yang berbeda. Keanekaragaman budaya itulah yang sebenarnya memperkaya Indonesia, sehingga menarik para wisatawan.

Dengan demikian, sudah seharusnya kita mengapresiasi dan saling menghormati budaya daerah lain dengan tidak menyombongkan budaya sendiri atau menjelekkan-jelekkan budaya lain.

 

8. Berteman dengan siapa saja

 
https://www.mildaini.com

Sikap menghargai terlihat pula dalam menjalin relasi dengan siapa saja, meski memiliki perbedaan agama, budaya, suku, ras, maupun latar belakang atau sosial.

Tidak perlu membeda-bedakan pergaulan, contohnya hanya ingin berteman dengan suku yang sama, memusuhi mereka yang berbeda agama, atau menjauhi mereka yang memiliki status sosial tidak sama.

Demikianlah penjelasan tentang sikap menghargai keberagaman yang ada di Indonesia beserta contohnya. Semoga bermanfaat!

 

Baca Juga

Related Posts

25 comment

  1. Nah keberagaman di Indonesia memang banyak, bahkan satu daerah pun kadang masih berbeda. Jadi bangga meski berbeda tetap bisa bersatu dan bisa saling toleransi.

    BalasHapus
  2. Pernah tinggal berpindah ke daerah lain (juga negara lain), mengunjungi berbagai tempat, makin membuat saya sadar akan keberagaman. Menghargai perbedaan tentu jadi gaya hidup yang mesti kita terapkan di keseharian untuk menjaga persatuan

    BalasHapus
  3. Bhinneka Tunggal Ika, ya itulah kita. Keberagaman budaya, agama, adat istiadat dan masih banyak lagi. Kita saling menghormati dan toleransi agar kebersamaan tetap terjaga dengan baik. Menghargai privasi juga penting, karena tiap pribadi memiliki kebutuhan dan pemikiran berbeda2.

    BalasHapus
  4. Dari SD punya temen beda agama, sekarang pun bertetangga sama yang beda agama.
    Tapi rukun dan baik-baik banget mereka tuh.
    Sebenernya asal saling menghargai, nggak bakal ya ada masalah dan isu isu SARA yang sampe menimbulkan perpecahan.
    Toh biar gimanapun Indonesia ini multicultural dan terdiri dari berbagai agama juga loh

    BalasHapus
  5. ah iya, sangat penting ya mbak punya sikap menghargai keberagaman di Indonesia ini
    secara Indonesia adalah negara multikultur yg punya banyak keberagaman

    BalasHapus
  6. Indonesia emang sangat beragam ya..bukan hanya dari sisi agam..tapi suku bahasa..latar belakang sosial...sangat beragam.. Perlu banget nih membiasakan bersikap menghargai keberagaman...

    BalasHapus
  7. Dengan ratusan pulau dan ribuan kebudayaan yang hidup di atasnya, yang paling baik dilakukan rakyat Indonesia adalah saling bertoleransi. Hidup saling menghargai dan menghormati, untuk mencapai kedamaian bersama. Ikuti saja tips yang telah dituliskan di atas, insyaallah Indonesia akan tetap damai dalam keberagaman nya. Amin

    BalasHapus
  8. Tapi kalau lihat medsos ada umumnya, nilai2 luhur kayak gini kok kayak uda jauuh ya mbak..
    Komentar sara dan hatespeech bertebaran. Kayak gak mikir aja nulisnya. Sampai2 Indonesia "digelari" negara paling ga sopan di dunia maya. Pengen denial...tapi itu fakta :D
    Sedih ya...

    BalasHapus
  9. Kerukunan dapat tercipta karena toleransi di masyarakat berjalan baik. Makanya junjung tinggi sikap toleransi, jangan pernah berhenti. 8 contoh sikap menghargai keberagaman yang dipaparkan sudah merupakan resep jitu. Tinggal dipraktekkan.

    BalasHapus
  10. Setuju, Mbak. Tidak perlu membeda-bedakan pergaulan. Bertemanlah dengan semua orang tanpa harus sama sukunya, sama agamanya atau sama status sosialnya.

    BalasHapus
  11. Memang agak susah kalau kita masih mengotak2an sesuatu ya mba. Jika hidup di negara yg mempunyai beragam suku ras dan karater harus open minded. Tapi tetap pada koridor agama masing2

    BalasHapus
  12. Setuju banget, tidak mencela. Ini sepertinya sekarang sering terjadi ya, sedih banget euy bully membully. Menghargai pribadi ini juga penting lho, kadang sepele tapi kita perlu tau batasan dan privasi orang lain juga

    BalasHapus
  13. memang hidup di dunia ini harus memiliki sikap tenggang rasa yaa karena kita tidak bisa hidup menyendiri, sebaliknya harus hidup berdampingan. agar hidup tenang dan bahagia

    BalasHapus
  14. Keragaman di Indonesia begitu banyak dan majemuk. Kita memang harus memiliki sikap saling menghormati antar sesama masyarakat, apapun agamanya, rasnya, suku dan golongannya, kita wajib rukun.

    BalasHapus
  15. Makin bangga jadi masyarakat Indonesia, karena kita bisa mengaplikasikan nilai2 luhur Pancasila ya
    Setuju bahwa kita memang harus selalu menghargai keberagaman yg ada.

    BalasHapus
  16. Nah tulisan seperti ini yang sangat dibutuhkan agar keberagaman di Indonesia ini bisa terjaga dengan baik. Saling menghormati dan juga sepakat untuk tak pilih pilih atau bergaul dengan kalangan tertentu karena harus bergaul dengan siapa saja

    BalasHapus
  17. Kalau menurutku menghargai keragaman itu bisa kita mulai dari sekitar kita, karena Indonesia itu indah karena keanekaragamannyakan? Mulai dari budaya, agama, alam dan lainnya.

    BalasHapus
  18. Keberagaman ini sampai masuk dalam kurikulum anakku, kak.
    Anak SD pasti diajarin keberagaman dalam pelajaran tematik. Membayangkan indahnya dunia dengan semua keberagamannya dan tetap rukun damai akan memberikan lebih banyak warna keindahan.

    BalasHapus
  19. Sikap apresiasi terhadap perbedaan ini yang makin lama kurasain makin pupus. Kayaknya pada sibuk meninggikan golongan sendiri aja. Aku sendiri tumbuh besar di keluarga yang plural banget. Di keluarga besar kami, banyak yang agamanya berbeda. Lalu karena pernikahan juga jadi punya saudara baru dari suku yang beda2. Dulu sih bisa guyub dan seru aja. Sekarang yg namanya menghargai keberagaman kayak tinggal teori.

    BalasHapus
  20. Keberagaman di Indonesia memang banyak sekali ya mbak. Ya beda suku, beda bahasa, beda budaya. Kalo ga saling menghargai bisa bacok2an dah, serem.

    BalasHapus
  21. Kayaknya kita udah dapat semua ajaran contoh2 itu saat belajar Pancasila zaman dulu hehe
    Namun gk tahu entah sejak kapan, bbrp tahun terakhir nih gara2 pemilu atau apa, kyknya makin panas aja negeri ini dikit2 suka ada yang baper.
    Semoga kita semua bisa kembali menyadari kekayaan negeri yang berupa keberagaman ini ya mbak :D

    BalasHapus
  22. Sikap menghargai keberagaman ini mestinya dididik sejak kecil, dari rumah gitu. Karena dari pengalamanku dulu, tinggal di tempat yang heterogen, bikin aku menghargai setiap perbedaan dan tidak mudah memberikan judgment

    BalasHapus
  23. Poin-poin di atas itu sudah lama diajarkan di P4 tapi herannya kenapa sekarang tidak diajarkan lagi? Kadang heran dengan para pemangku negeri ini, butir-butir Pancasila itu sungguh memiliki kandungan yang berbudi luhur sehingga harus terus ditanamkan namun pada praktiknya tidak ada lagi diajarkan di penataran-penataran masuk sekolah ataupun instansi.

    BalasHapus
  24. Pelajaran yg kita dapat dari bangku SD yaaa. Moga keberagaman di Indonesia tetap selalu menjadi keindahan bukan hal yg membuat pertikaian.

    BalasHapus
  25. Ini dia kelebihan Indonesia yaaa.. ada beragam suku dan agama yang dimiliki oleh masyarakatnya. Penting banget nih menghargai orang lain meskipun berbeda agama maupun suku dari kita.

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin