nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

6 Dokumen yang Harus Disiapkan Saat Mendaftar Lowongan Medan

Assalammualaikum.Wr.Wb

Hai, sahabat Milda, semoga sehat selalu yah. Berikut ini aku mau membagikan informasi mengenai 6 Dokumen yang Harus Disiapkan Saat Mendaftar Lowongan Medan

Kebutuhan masyarakat akan lowongan pekerjaan di era modern seperti saat ini bisa dikatakan meningkat drastis. Hal tersebut juga disebabkan oleh nilai kebutuhan hidup yang kian bertambah. 

Sayangnya, perbandingan antara lowongan kerja dengan jumlah dari pelamar kerja, sangat berbanding terbalik dan bisa dibilang tidak mencakup secara keseluruhan. 

Apalagi, jika Anda mendaftar lowongan kerja di kota-kota besar, misalnya Medan yang merupakan ibukota dari Sumatera Utara. 

Walaupun di Medan banyak perusahaan serta industri yang sudah berkembang pesat, namun fakta tersebut tidak bisa menjamin lowongan kerja juga terbuka lebar. Karena pastinya tidak mungkin perusahaan akan membuka lowongan kerja setiap tahunnya. 

Oleh karena itu, jika Anda ingin mendaftar lowongan Medan, Anda harus mempunyai strategi khusus, mengingat persaingan lowongan kerja Medan juga termasuk ketat dan sangat kompetitif.


https://www.mildaini.com
Para mahasiswa yang siap mendaftar lowongan kerja di masa depan


Salah satu strategi khusus yang harus Anda lakukan yakni menyiapkan beberapa dokumen sesuai dengan  syarat dari perusahaan tempat Anda melamar kerja. 

Dokumen menjadi salah satu hal yang penting ketika Anda ingin mendaftar lowongan Medan. Oleh karena itu, Anda tidak boleh asal dalam menyiapkan dokumen untuk kebutuhan melamar lowongan kerja.

Lalu, apa saja dokumen yang harus Anda siapkan? Yuk, simak penjelasan singkatnya berikut ini:


Surat Lamaran

Ketika Anda hendak melamar lowongan Medan, tentu saja Anda harus membawa surat lamaran. Di dalam surat lamaran, Anda bisa menuliskan ataupun menjelaskan secara singkat maksud serta tujuan Anda. 

Jangan lupa untuk menyertakan data pribadi yang ringan dan pastinya berkaitan dengan posisi lowongan kerja yang Anda lamar.


Curriculum Vitae (CV)

Curriculum Vitae juga menjadi salah satu dokumen penting ketika Anda melamar lowongan Medan. Curriculum Vitae atau CV merupakan dokumen yang berisilam riwayat hidup Anda. 

Biasanya di dalam CV, ada informasi mengenai nama lengkap, email, alamat tempat tinggal, nomor telepon, riwayat pendidikan, pengalaman kerja dan organisasi, serta skill yang Anda miliki.


Fotokopi Ijazah

Dokumen penting yang harus disiapkan lainnya yakmi fotokopi ijazah dan biasanya dilengkapi dengan transkip nilai. 

Adanta fotokopi ijazah serta transkip nilai ini berfungsi sebagai penunjuk keabsahan bahwa Anda benar-benar lulusan dari sekolah maupun universitas yang Anda sertakan di CV. 

Tidak jarang juga beberapa perusahaan menilai para kandidatnya dari riwayat nilai maupun catatam yang ada pada ijazah dan transkip nilai. Untuk dokumen ini, Anda harus melegalisirnya terlebih dahulu.


Pas Foto Terbaru

Ketika Anda mendaftar lowongan Medan, Anda juga wajib untuk menyiapkan pas foto terbaru milik Anda. Biasanya, perusahaan membutuhkan pas foto yang berukuran 3x4 ataupun 4x6. 

Siapkan pas foto dengan jumlah yang sudah ditentukan oleh perusahaan. Jika Anda melamar secara online, siapkanlah pas foto dengan resolusi yang terbaik.


Portofolio

Portofolio menjadi dokumen wajib jika sebelumnya Anda sudah mempunyai pengalaman yang berkaitan dengan bidang tersebut. 

Entah itu pengalaman kerja, magang, pelatihan maupun perlombaan. Adanya portofolio bisa membuat perusahaan memberikan nilai tambah untuk diri Anda.


Formulir dari Perusahaan

Walau formulir dari perusahaan sifatnya opsional,  dokumen yang satu ini juga termasuk dalam dokumen penting lowongan Medan. 

Jika perusahaan  tempat Anda melamar sudah menyediakan formulir, hendaknya Anda mengisi formulir dengan baik dan sesuai serta jangan lupa untuk selalu dibawa ketika tahapan perekrutan masih berjalan. 

Oleh karena itu, ketika Anda hendak melamar lowongan kerja Medan, Anda harus membacanya lebih teliti agar tahu apakah perusahaan menyediakan formulir atau tidak.


Baca Juga

Related Posts

23 comment

  1. wah, udah lama banget nih gak nyiapin surat lamaran kerja
    Memang ketika melamar pekerjaan semuanya harus dipersiapkan serapi mungkin yah untuk menarik perhatian dari perusahaan yaah

    BalasHapus
  2. Duh persyaratan ygvharus disiaplan mengingatkan saya masa2 baru lulus kuliah deh. Alhamdulillah ga pakai lama waktu itu langsung diterima kerja.. Xixi

    BalasHapus
  3. Beneran ini harus teliti saat mendaftar untuk kerjaan ya..Jangan sampe berkas-berkasnya ada yang terlupa karena bisa berakibat fatal

    BalasHapus
  4. Bener banget nih mama Milda, dokumen² yang penting banget buat daftar kerja mesti disiapkan. Nambahin juga kalau pembaca sedang dalam proses cari kerja, jangan lupa untuk selalu upgrade skill, jadi nanti dokumen CV dan portofolio juga makin keren 😁

    BalasHapus
  5. Keenam hal tersebut tidak boleh sampai dilupakan ketika melamar pekerjaan. Apalagi jika melamarnya ke Medan. Konyol deh kalau sampai gak terbawa :D

    BalasHapus
  6. Sepertinya di tempat lain pun kurang lebih sama ya syaratnya. Kalau ada portfolio bisa menambah nilai plus, nih

    BalasHapus
  7. Tipsnya cocok banget nih mba untuk adik-adik fresh graduate dan rekan-rekan yang sudah lama vakum lalu ingin terjun ke dunia kerja. Persiapan matang adalah modal awal untuk mampu bersaing dan berburu loker.

    BalasHapus
  8. Penting banget sebelum surat lamaran dikirim utk cek ulang apakah semua persyaratan dan dokumen sudah terpenuhi ya mbak

    BalasHapus
  9. Dulu masih standar aja bikin cv dkk nyaa. Sekarang udah bisa pakai apps ya mba. Penting portfolio biar jelas dan menarik bpk atau ibu boss hehe. Jadi teringat kala itu, apply lowongan kerja gugur di finalnya. Aih rasanya nggak karuan 😄 tapi ternyata rencana Allah lebih indaah ya mba

    BalasHapus
  10. Udah lama nih enggak nyiapin dokumen lamaran... Memang harus dipersiapkan betul-betul ya, jangan sampai tersisih hanya karena syarat administrasi yang enggak lengkap...

    BalasHapus
  11. Penting memang ya mempersiapkan semua dokumen kita sebelum apply ke Perusahaan. Jadi ingat awal-awal lulus, semangat banget nyiapin berkas dan lamar kerja barengan teman.

    BalasHapus
  12. wah iya, saat melamar kerja memang banyak dokumen yang harus disiapkan ya mbak, pastikan semua dokumennya lengkap

    BalasHapus
  13. Informasi penting banget bagi para job seeker.
    Dan jangan lupa dokumen pelengkap, misalnya SKCK/ SKKB dan sertifikat TOEFL/ TOEIC yang dimiliki. Siapa tahu bisa menjadi nilai plus.

    BalasHapus
  14. Baca ini auto inget zaman masih kirim-kirim surat lamaran ahahaha. Apalagi kalo sudah kirim surat lamaran ke perusahaan besar, harus benar-benar dicek. Jangan sampai ada yang tertinggal

    BalasHapus
  15. Nah ini! Terutama utk para fresh graduate kudu dicatat dan disiapkan dgn sebaik mungkin

    yuk bisa yuuukk, dapat pekerjaan terbaik!

    BalasHapus
  16. Terakhir saya melamar kerja adalah di tahun 2005. Setelah kerja lima tahun, saya resign dan belum pernah melamar kerja lagi. Baru beberapa bulan lalu saya melihat CV untuk kerja masa sekarang. Duuh, keren2 designya. ga kayak zaman saya dulu yang cuman pakai word hehehe

    BalasHapus
  17. Ya ampun js inget jaman lamar melamar belasan tahun lalu eh puluhan malah, msh jaman semua syarat melamar di print heheh

    BalasHapus
  18. noted kayanya aku harus perbarui portfolio yaa kalau mau melamar pekerjaan jadi kemungkinan diterima juga besar. tapi formulir dari perusahaan ini kalo kita lamar job offline yaa biasanya diberikan

    BalasHapus
  19. Nah, hal2 di atas meski diperhatikan kalo mau melamar ya, jangan sampe ada yang tertinggal, nanti malah jadinya pusing sendiri. Menyiapkan dokumen dengn lengkap akan membuat kita lebih percay diri saat melamar kerja.

    BalasHapus
  20. Wah sekarang perusahaan udah banyak banget ya yg pakai form buat lowongan, kalau bisa jangan asal isi

    BalasHapus
  21. Kdang yang terakhir ini jarang ada atau jarang ingat.
    Semoga semua yang sedang cari lowker di Medan menemukan artikel berisi tips ini.

    BalasHapus
  22. Melamar kerja online atau pun offline, sama ya dokumen yang harus disiapkan. Bedanya cuma dalam bentuk soft copy atau hardcopy. Aku ngalamin nih menyiapkan dalam bentuk keduanya.

    BalasHapus
  23. Udah lama banget nggak ngumpulin dokumen dokumen lamaran kerja ini, jadi kayak baca masalalu hahaha.. sampe lupa juga kapan terakhir ngelamar kerja hihi

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin