nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Warnai Hidup Lebih Hidup Dengan Faber Castell Colour to Life

Assalammualaikum. Wr. Wb

www.mildaini.com_ Warnai Hidupmu Agar Hidup Lebih Hidup.Pagi itu sekitar jam sepuluh pagi, saya dijemput oleh suami di kantor. Suami memberi kabar bahwa Ibu saya sekarang sudah berada di ruangan IGD di salah satu rumah sakit yang ada di Kota Bengkulu. Mendengar hal itu tentu saja, saya kaget luar biasa. Sebab kemarin sore saya ke sana. Semua terlihat baik-baik saja. Memang Ibu sudah sepuh, tahun ini berusia 79 tahun. Masuk rumah sakit pun. Bukan yang pertama kali. Namun, yang namanya orang sakit tentu saja akan membuat kita kepikiran. Sebagai anak tentu saja saya kepikiran ibu saya juga.
Sehat, sakit, senang, sedih adalah warna-warni kehidupan

Kemudian, kami langsung ke rumah sakit. Membantu kakak saya untuk mengurusi Ibu di rumah sakit. 

Menjelang siang dari sekolah anak-anak. Si Athifah (5tahun) dan Annasya (3tahun) semua sudah sekolah sekaligus penitipan anak. Athifah pulang sekolah jam sebelas. Lanjut penitipan sama seperti Annasya sampai jam dua siang. Paling telat jam setengah tiga dijemput. Anak-anak belum ada yang jemput juga. Suami tidak bisa menjemput dengan cepat, sementara saya tidak bisa meninggalkan rumah sakit.

Belum lagi urusan saya secara pribadi, mengenai artikel blog dan naskah buku yang sudah ditagih oleh penerbit. Semua juga menuntut pengen direspon segera.

Melihat kondisi ini saya sempat bingung, meski tidak panik. Apa yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Begitu banyak warna hidup saya hari ini.

Pening mikirin itu semua, akhirnya saya memutuskan untuk mencoba mewarnai dengan menggunakan Faber Castell Colour To Life. Barangkali hidup saya akan sedikit berwarna. Bisa lebih tenang.  Kalo pun nanti banyak warna , semoga warnanya ga bikin tambah pusing, hahaha.
Di rumah sakit,anak  jadi ga bosan karena mewarnai dan main game

Faber castell ini seharusnya buat Athifah, tapi anaknya sedang sekolah. Ga ada salahnya saya mencobanya juga terlebih dahulu. Bukankah sebaiknya orang tua harus lebih paham terlebih dahulu. Supaya bisa mengajarkan anaknya dengan lebih baik dan jelas. Sebab kalo anak bertanya, tentu orang tua harus sudah tahu dan lebih paham.

Sebenarnya ini bisa juga digunakan sebagai modus untuk mainin faber castell ini. Tapi benaran kok, kalo soal mewarnai bukan haknya anak- anak saja. Saya pun, anak Emak juga suka dan merasa tertantang.

Mengenal Faber Castell Colour to Life

Kita kenalan dulu ya sekilas dengan Faber Castell colour life ini . Supaya lebih dapat 'feelnya' apalagi bagi yang baru mau menggunakan.
Isi satu paket Faber Castell Colour to Life

Dalam satu paket Faber Castell Colour to Life ini terdapat.
1. Buku mewarnai , dengan 15 halaman. Terbagi atas 5 karakter game. Masing-masing karakter, ada tiga halaman. Jadi kita bisa mewarnai masing-masing halaman dengan warna atau teknik mewarnai yang berbeda-beda.

2. 20 connector pens, ini seperti pensil atau spidol warna. Kita mewarnai dengan pens ini. Setiap tutup pens terhubung dengan yang lainnya. Ada pengait di bagian tutupnya. Ini bisa menjadi penguat agar pens tidak tercecer. Bisa juga dijadikan mainan anak. Jika direkatkan maka akan berbentuk tabung warna-warni. Bisa juga dikreasikan dengan bentuk lainnya. 

3.Buku petunjuk dan contoh  teknik mewarnai. Ada beberapa contoh dan teknik mewarnai yang bisa kita gunakan. Semuanya bisa kita coba. Sensasinya pun berbeda-beda. Dengan meniru saja panduan yang sudah bisa memberikan pengalaman yang menarik buat saya, apalagi buat anak.

4. Kotak/dus yang digunakan untuk menyimpan buku gambar, buku panduan dan pens. Nah, dus ini bisa dimanfaatkan juga sebagai wadah untuk meletakkan pens yang sudah atau belum dipakai. Sangat bagus jadi tidak perlu mencari atau menggunakan wadah lainnya. 

Semacam kotak pensil. Di bagian luar kotaknya juga ada panduan cara bermain melalui aplikasi dan game apa saja yang bisa dipilih, beserta manfaat dari game yang ada.

Inovasi Faber Castell Memadukan Mewarnai dan Teknologi Game

Colour to Life yang merupakan perpaduan antara mewarnai dan teknologi game.

Produk Faber Castell yang ini memperlihatkan anak-anak dapat menjadi subjek dan bukan sepenuhnya objek dari mainan digital. Jadi anak-anak dapat diarahkan ke dunia digital dengan peran sebagai kontributor (dalam bentuk menyuplai karakter atau objek yang sudah diwarnai untuk dipakai dalam game tersebut). Anak-anak berjuang dulu, mewarnai baru bisa main game. Kalo keasyikkan mewarnai main game bisa lupa loh. Produk ini juga bagus buat mengalihkan atau mengurangi ketergantungan anak dengan mainan digital. Sebab anak milenial ga bisa dipisahkan dari gadget, iya kan.

Dengan produk ini, dimana  memadukan antara menggambar secara konvensional dengan kemajuan teknologi augmented reality, sehingga kegiatan mewarnai makin menarik karena terhubung dengan dunia digital. Membuat anak tetap kekinian.

List Of Game di Faber Castell Colour to Life

1. Giddy Up
2. Pogo Boy
3. Dress Up Challenge
4. Balance Your Brain
5. Safe Flight

Lima game yang ada di buku tersebut masing-masing memiliki karakter dan manfaatnya. Misalkan Safe Flight, Giddy Up, dan Pogo Boy dapat melatih konsentrasi dan motorik, sementara Dress up Challenge, dan Balance yor Brain mempunyai keunggulan untuk melatih keseimbangan otak kiri dan kanan.


Faber Castell Colour to Life ini terdiri dari 15 page- augmented reality colouring book dan 20 connector pens. 

Dengan menggunakan connector pens ini kita bisa mewarnai dengan menggunakan beberapa teknik dalam mewarnai
1. Pattering, dengan menggunakan pola
2. Pointilism, dengan cara mewarnai dimulai dengan titik-titik
3. Squiggling, dengan teknik berlekuk-lekuk
4. Shaiding, dengan membuat bayangan
5. Contouring, dengan cara kontur

Berbagai teknik mewarnai tersebut terus terang sangat menantang bagi saya. Imajinasi saya juga terpancing keluar, mulai dari komposisi atau pengaturan penggunaan warna. Sampai dengan keinginan saya untuk bermain warna. Misalnya saya mewarnai rambut Pogo Boy dengan warna merah , jika di gambar pertama saya mewarnai rambut Pogo dengan warna hitam, tapi di gambar kedua saya mewarnai rambut Pogo dengan warna merah. Biar terlihat agak beda. Pada gambar kedua saya menggunakan teknik mewarnai dengan cara Pointilism atau dengan cara membuat titik-titik.

Cara menggunakan Aplikasi Faber Castell Colour To Life

Cara download aplikasinya bisa juga dilihat pada video ini ya, supaya lebih jelas. Bisa juga denga langsung membuka Play Store, tinggal ketik Colour to Life, nanti akan langsung muncul. 


Setelah di download, maka lakukan ini untuk bermain di aplikasinya.

1. Colour, warnai halaman yang sudah tersedia, dengan teknik mewarnai yang kita inginkan. Kita bisa memilih dari list of game. Karakter apa yang kita warnai.

2. Setelah diwarnai. Lalu di SCAN. Tips dari saya melakukan Scan ini, memang kita harus teliti, sabar dan pakai trik. Soalnya jika kurang tepat saat meletakan layar handphone di atas halaman yang akan discan, maka proses scan tidak bisa berjalan dengan baik. Kita pasti akan mengalami “Loose Track”. Nah, jika hal ini sampai terjadi, ga usah panik apalagi putus asa, Yang kita perlu lakukan adalah hanya mengarahkan layar kamera ke bagian lain. Dengan mengarahkan layar ke luar atau kearah berlawanan dari halaman. Sampai muncul kembali layar hijau untuk kembali diarahkan ke halaman untuk di scan. Memang bagi pemula atau penggunaan pertama kali, hal ini pasti akan kita alami. 

Kemudian jika main di malam hari, maka saat scan, jika kondisi lampu tidak terang maka proses scan tidak akan berjalan lancar. Oleh karena itu saya menggunakan tambahan senter dari handphone untuk penerangan. Baru proses scan berjalan lancar.

3. Interact In 3D, setelah discan akan muncul karakter kartun yang ada di dalam game dalam tiga dimensi. Misalnya muncul gambar kuda, gambar pogo boy atau putri dalam bentuk tiga dimensi. Bentuk mereka menggemaskan.

4. Take Selfies, saat muncul gambar kartun dalam tiga dimensi, segera ambil foto dengan menekan tombol kamera yang terdapat di sebelah kanan handphone. Jika gambar yang kita ambil kurang bagus, maka kita bisa menekan tombol ‘Retake’ . Akan tetapi kalo gambar sudah oke kita bisa langsung menyimpan atau membagikannya langsung ke media sosial yang kita inginkan. 

5. Play Game

Sesuai dengan list of game yang sudah kita pilih, maka karakter dari pemain yang kita pilih tentu saja akan berbeda antara game yang satu dengan yang lainnya. Kalo anak saya Athifah sangat menyukai game dress up challenge. Saat gonta-ganti baju itu yang bikin seru. Apalagi warna bajunya sesuai dengan apa yang dia warnai sebelumnya. Jadi makin seru.

Pengalaman saya menggunakan Faber Castell Colour to Life

1. Saya mencoba tidak mewarnai karakter dari list of game. Pada saat dipadukan dengan aplikasi handphone. Maka gambar yang masih hitam putih atau belum diwarnai tersebut. Tetap bisa discan. Namun hasilnya tidak menarik. Karakter kartunnya terlihat polos saja. Tanpa warna. 


Karakter Pogo terlihat polos sebab belum diwarnai , lucu juga tapi kurang menarik
2. Lalu saya coba memberi warna yang tegas dan jelas pada karakter Pogo, dengan warna yang menarik dan banyak perpaduan warnanya. Maka hasil dari karakter kartunnya lebih menarik. 


Mulai muncul karakter Pogo, warna terlihat cerah dan hidup

3. Warna karakter yang keluar sesuai dengan warna yang kita buat. Di sinilah letak makin menariknya permainan ini. Apalagi bagi anak-anak. Mereka seolah menemukan sesuatu yang luar biasa. 


Baju Pogo sama persis dengan yang diwarnai

Hal yang harus diperhatikan

1. Setelah dipakai pens segera ditutup agar tidak cepat kering
2. Saat mewarnai berikan alas yang agak tebal untuk mewarnai, agar warna tidak tembus apalagi jika sampai bolong.
3. Tidak mewarnai bingkai hitam 
4. Jauhkan dari jangkauan anak-anak yang belum mengerti mengenai mewarnai.
5. Agar tidak berceceran, gunakan wadah/ dus/kotak yang ada untuk meletakkan pens yang akan digunakan.Rekatkan satu sama lain, kecuali yang akan dipakai.
5. Saat mewarnai bidang gambar jangan dilipat. Soalnya lembaran sangat rentan lepas. Oleh karena itu harus hati-hati juga. Jangan sampai jadi rebutan anak-anak. 
Gunakan alas di bawah halaman yang ingin diwarnai, agar tidak tembus
Colour to Life merangsang imajinask dan kerja syaraf otak anak. Memancing ide dan kreativitas anak.

Untuk kualitas dan pengalaman ga usah ragu deh, Faber Castell ini sejak tahun 1761, dan Faber Castell ini made in Indonesia loh, by Faber Castell Internasional Indonesia. Jadi mendukung produk Indonesia juga kan supaya maju.

Oh, ya Faber Castel Calour to Life ini bisa di beli di Tokopedia  , Gramedia atau toko buku terdekat. Beli online saja jika ga sempat ke tokonya langsung. 

Demikian pengalamn saya saat menggunakan Faber Castell Colour to Life ini. Semoga memberikan tambahan informasi.Jangan sampai kecanduan ya, soalnya main ini asik loh, jadi bisa ketagihan. 
Baca Juga

Related Posts

84 comment

  1. bagus bangetttt.. ini pasti cocok buat sulungku yang suka gambar. nanti mau hunting juga ahh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah Mba kalo sempat ke toko bisa beli online saja mba,

      Hapus
  2. seruuu ya Mbak, mewarnai sambil bermain karakter seperti itu.
    Jadi pengen jg nih mewarnai bareng Si Kakak :)

    BalasHapus
  3. Duuuhhh ... aku malah yang kepengen punya mba. Saking hobinya aku mewarnai.

    BalasHapus
  4. Semoga ibu cepat sembuh ya, Mba. Faber castell emang merk juara ya. Dari jaman saya sekolah sampai punya anak masih pakai brand ini :D

    BalasHapus
  5. Seru banget ya bermainnya jd pgn nambah koleksi Faber-Castell nih

    BalasHapus
  6. ini sih bukan hanya anak yang suka, ibunya juga seneng mewarnai dan selfie

    BalasHapus
  7. Daku suka sama judulnya Bunda Milda.. Jadi tambah semangat buat kreativitas bareng Colour to life nya Fiber Castell

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya minimal bisa mewarnai deh kalo ga bisa warnai hidup kita

      Hapus
  8. Dari kemaren-kemaren saya udah penasaran pas liat si gambar faber castle ini seliweran di timeline. Penasaran sama prosesnya sampai jadi 3D
    Ternyata begitu to caranya. Keren ih inovasinya faber castle ya
    Bikin anak-anak gak bosan pastinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah, gampang kok bun caranya. Nanti juga candu loh

      Hapus
  9. Wahyu kalo minta dibelikan pensil warna, pasti saya belikan faber Castell ini karena warnanya lebih terang dibanding merek lain

    BalasHapus
  10. Seru ya mewarnai bersama anak apalagi untuk melepas penat dari kegiatan sehari-hari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah, beban hidup sudah berat ya mba. Mewarnai aja deh

      Hapus
  11. wah keren ya, faber castell punya teknologi semacam VR yah.. makin canggih aja. semoga dengan hadirnya teknologi ini, bisa memberikan dampak postif dan anak2 indonesia makin senang menggambar dan berimajinasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah, moga ini solusi buat permainan anak milenial ya

      Hapus
  12. Saya juha penasaran lho pengen nyobain ini, Mbak Milda. Kayaknya menyenangkan juga buat mamak-mamak ni yaa.

    BalasHapus
  13. Keren, ya... anak-anak bisa menjadi subyek bukan obyek permainan diital melalui Colour To Life. Aku suka senangnya mewarnai yang diwujudkan jadi nyata dengan teknologi Augmented Reality.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah, anak bisa menentukan warna juga untuk setiap karakternya

      Hapus
  14. Faber Castell ini sekarang sedang booming ya mba, banyak yang senang menggunakannya.
    Hasilnya keren euy, gambarnya hidup bener

    BalasHapus
  15. Ini seru banget, ya. Jadi semakin memancing kreativitas dan imai=jinasi

    BalasHapus
  16. Bersliweran nih info tentang inovasi Faber Castell ini. Keren ini teknologinya. Bisa ngalihkan anak dari gadget ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga begitu ya mak. Soalnya ga bisa ngalihkan anak ga main henpon

      Hapus
  17. Wah, ini sih mainan baru yang udah jadi paporit keluargaku. Jadi rebutan semua orang. Terutama pas ngewarna. Soalnya bikin exciting saat scanning. Sama banget sama warna di kertas. Anak-anak sukaaaa

    BalasHapus
  18. Tekniknya jg bnyak ya mewarnai. Aku lebih suka gaya bebas kk

    BalasHapus
  19. Ughh keren ya. dia juga mengikuti pola warnanya. jadi, emang hasil 3d nya mengikuti apa yang kita mau. bukan otomatis dari aplikasinya.

    BalasHapus
  20. ibu semoga sehat2 sll y mba 🙏🏻 mayan hiburan y mb lg penat begitu ada yg bisa dikerjain hehhee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benaran, soalnya mau ngapain coba. Bosan bisa jadi

      Hapus
  21. Emang inovatif ya Faber Castle ini. Anak-anak nggak hanya sekedar mewarnai. Tapi bisa juga main game. Dan anak zaman sekarang kalau urusannya main game mah hobi banget...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah, berjuang dulu baru bisa main game di henpon

      Hapus
  22. Mbak maaf itu connector pen kelebihannya malah tidak mudah kering mbak. Kalau lupa nutup Aman kok.. maksimal 2 hari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah, kalo anak saya dua hari. Udah ga bakal ada lagi tuh pens atau tutupnya, hahaha. Entah kemana. Makanya habis dipake langsung ditutup dan dirapihkan

      Hapus
  23. Faber castell inovasinya keren

    BalasHapus
  24. Aku jadi pengen beli dan nyobain pake aplikasinya, kebetulan naeema suka mewarnai.

    BalasHapus
  25. Wah keren banget ya paket color to life nya faber-castell ini, aku jadi pengen beli dan nyobain juga

    BalasHapus
  26. Kami belum punya Faber Castle yang seri ini nih. Kebetulan anakku kolektor pensil warna. Kalau tahu seri ini pasti bongkar celengan anakku.

    BalasHapus
  27. Faber Castell ini nggak ada matinya ya menciptakan inovasi baru yang mendukung kreativitas anak menyesuaikan perkembangan teknologi. Kereeenn!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pintar nangkap peluang juga yaa. Sebab ini udah zamannya

      Hapus
  28. Semoga emak cepat sembuh ya mi. Aamiin. Salut sama umi yg tetap tenang di saat kondisi hectic kaya gitu. Kadang kan pusing mikirinnya mau ngerjain kerjaa yg mana duluan. Untung sekarang bisa merilekskan pikiran dengan cara gampil, kaya mewarnai ya mii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah, warna kehidupan nih dek gak bisa ditebak. Tapi mwwarnai kita bisa pilih warna loh

      Hapus
  29. Faber castell to life bisa jadi hiburan bermanfaat untuk anak di manapun ya... Karena bisa mengasah kreatifitas sambil bermain.

    BalasHapus
  30. saya tahu bagaimana membosankan menunggu di rumah sakit.. tapi kini ada faber castell dgn teknologi augmented reality ya.. jadi ada kegiatan berfaedah, apalagi bikin ceria suasana.. moga lekas sembuh bundaa

    BalasHapus
  31. Anak2ku jg suka banget pakai faber castell colour to life mbak. Tapi mewarnainya perlu dijagain biar gk keterusan mewarnai bingkainya😂
    Btw semoga ibunya lekas sehat dan pulih ya mbak aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah, kalo ga tembus juga. Ma kasih doanya buat ibu saya.

      Hapus
  32. Perpaduan warna bikin anak senang banget ya mba. Aku senang deh lihat gambarnya bisa muncul gitu

    BalasHapus
  33. ini yang kesekian baca reviewnya
    asyik banget sepertinya
    pengin beliin tuk anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cobain mba. Kalo ga seru, hubungi aku yaaaak, hahaha

      Hapus
  34. akkk, aku yang udah gede aja suka banget sama faber castell. Aku nyetok coloring book sama faber castell buat ngilangin stres hahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak ya ngilangin stress dengan mewarnai daripada makan

      Hapus
  35. Wah kreatif banget ya Mba colour to life faber castell nya. Bisa sambil jaga yang lagi sakit.

    BalasHapus
  36. Aku paling takjub waktu hasil gambarnya bisa diajakin selfie. Pensil warna faber Castell ini pilihan anakku

    BalasHapus
  37. wah keren yah, ada gambar 3D nya. kalo begini sih bukan hanya anak-anak saja yang senang, orangtuanya juga bakalan senang menggaambar. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah, aku aja bagi2 ama anak mana yang mau aku warnai

      Hapus
  38. Saya sama anak saya tuh suka banget yg balance your brain. Seruuu mainnya. Hahaha.. ini bemer2 games melatih otak ya mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah, selain bikin kreatif bikin kita muncul ide baru dalam mewarnai

      Hapus
  39. Aku tuh takjub dengan Colour to Life karena gambar 3D yang muncul warnanya persis dengan yang diwarnai. keren!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa diajak selfie juga. Jadi makin takjub yaaah

      Hapus
  40. Aku suka sama Faber castel colour life ini anak-anak lebih kreatif dan bisa main game juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah, anak dan emak jadi mikir sebelum mewarnai

      Hapus
  41. Kok bisa keren gitu ya? 😱

    BalasHapus
  42. Kreatif juga alat mewarnai zaman sekarang. Ga cuma bisa dilihat 2 dimensi tapi 3 dimensi pake aplikasi

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin