nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Optimalisasi Blog Bersama Blogger Bengkulu (BoBe)










Assalammu'alaikum Wr.W
Mildaini.com. Hello apa kabar, hari senin selalu sibuk ya. Tapi meski sibuk kita harus tetap bersemangat ya. Apa pun itu, yang pasti ini adalah hari senin terakhir di bulan Agustus 2016. Suuit, bakalan masuk bulan September dong. Iyap, kudu ada yang ditinggalkan jejak bulan proklamasi ini dengan hal-hal yang baik. So, tetap semangat.

Okelah, hari ini saya mau berbagi kecerian saya saat kopi darat bersama teman-teman blogger Bengkulu. Yang biasanya kami sebut dengan nama pendek BoBe. Kece kan namanya, hehehe. Ini adalah kopi darat pertama setelah di loncing bulan Juni lalu di hotel Grage Horison Bengkulu. Jadi ya masih kenalan dan mengenali satu sama lain. Yang hadir di acara ini adalah orang-orang keren yang mempunyai semangat dan keinginan yang kuat untuk ngeblog dan pastinya juga mau berbagi, menambah ilmu perbloggingan. Makanya mereka semangat untuk hadir.

Kita sebut saja ya, Beni , ternyata dia adalah ini rahasia sebenarnya editor sebuah media online, belum lagi sebagai admin beberapa web. Lalu ada Relinda, seorang PNS yang juga jago ngeblog dan suka jalan, dan pastinya jago nulis juga. Lanjut ada Ibu Guru Apura, gayanya sih awet muda , maklum bergaulnya ama anak-anak SMP, bu guru ini juga doyan ngeblog. Beliau lagi bingung tuh, habis ganti domain. Tapi belum beres pindahannya dari wordpress, hiiiks. Kali ada ya yang senasib dengan beliau.

Terus ada Piter, mahasiswa UMB ini emang penuh api, eh maksudnya berapi-api. Maklum mahasiswa, selalu bersemangat ya, apalagi kalo diajak demo, hehehe. Ilmu dan wawasan ngeblognya juga kece badai.

Nah, tuan rumahnya si Eky dan istri juga ternyata udah lama ngeblognya. Udah dari tahun jebod, tahun 2003. Zaman internet masih langka dan mahal. Kalo liat blognya, wajar aja ya keren. La, emang si Eky kuliahnya dibidang multimedia sih. Gimana gak keren. Saya juga sempat bertanya, enak dong ya kerja sesuai ama passion. Suka dan ada ilmunya. Yap, klop deh.

Udah pada tahu dan kenal kan. Terus ngapain aja kita kemarin pas kopdar. Jadi sesuai tema kita kemarin emang membahas soal optimalisasi blog. Meski ada juga ngebahas lainnya. Gimana caranya membuat blog kita itu jadi optimal. Gimana caranya blog kita itu emang bisa menjadi menarik, sehingga banyak visitornya dan banyak brand yang melirik buat ngajak kerjasama, sehingga bisa menghasilkan pundi-pundi tabungan, hehehe. Ujung-ujungnya gitu sih, tapi kita mulainya pelan-pelan deh. 

Intinya, supaya blog kita bisa optimal. Memang kemarin jadinya kita ngebahas semua hal yang ingin diketahui dan pengen mencari tahu. Seputar optimalisasi ngeblog. Sayangkan udah bikin blog apalagi udah pake domain pribadi, eh malah gak diurusin. Sayang bangetlah. Gak optimal blognya.

Ini saya rangkum ya, beberapa pertanyaan atau diskusi yang dibahas pas kopidarat kemarin seputar soal optimalisasi blognya adalah.

1. Bagaimana memindahkan hosting, ini ada yang baru beli domain pribadi. Terus gimana caranya buat mindahin data dari blog yang lama ke domain pribadi. Jadi ribet soalnya blog awalnya wordpress, kalo blospot sih gak ribet. pas pindah domain langsung aja pindah. Keangkut semua.

2. Kenapa kok, blognya kalo dibuka baik di laptop apalagi di gagjet beray atau lambat. Istilahnya gak responsif. Apalagi mau komen, susah banget.

3. Bagaimana mengupload video ke blog, bagusnya kemana dulu dan sebaiknya durasi videonya berapa lama.

4. Tips dan trik supaya banyak pengunjung atau yang komen di blog kita.

5. Kenapa blog yang banyak fotonya jadi berat, apa solusi untuk upload foto supaya gak bikin berat blog atau menghabiskan kuota blog. Apa yang harus dilakukan.

6. Apa solusi jika foto di postingan ketika di share ke grup komunitas blog semisal fesbuk. Gambar yang keluar ditampilan bukan gambar di postingan atau bukan gambar di artikel kita.

7. Istilah kompres foto itu apaan sih dan manfaatnya apa? dan gimana caranya

8. Bagus gak blog dipasangin iklan, kalo iya iklannya kayak apa dan sebaiknya diletakkan dimana? di widget atau di postingan

9. Model blog dan iklan apa sih yang bikin orang malas berkunjung. Yang iklannya rame kayak apa.

10. Nyerempet nih pertanyaan soal bagaimana supaya dapat job, ya paling gak yang seputar kota Bengkulu deh. Misalny diundang oleh Wahana Surya buat loncing taman airnya, pun kita diajak mencoba wahana tersebut. Kan kece ya, maunya sih :D


Itu hanya sebagian bahas diskusi kopi darat kemarin. Diskusi ini akan berlangsung lagi nanti, kalo sudah ketemuan bulan depan. Pasti lebih seru, apalagi jika kamu hadir juga. Pokoknya gak usah malu kok buat bertanya dan belajar soal ngeblog, kita BoBe baik-baik kok, mau mengajari.

Kalo kamu belum gabung ke grup Bobe di Fesbuk, silakan gabung di sini ya.


Udah dulu ya liputan keseruan kopdar BoBe kemarin, tetap tungguin infoh kopdar selanjutnya dan tetap ikuti setiap program di grup dengan baik ya. Terutama yang sudah ikutan arisan komen, hayuuk bayar dong komennya sampai lunas, Arisan Bintang BoBe dan One Week One Post, kudu semangat menulis satu post setiap pekannya. Terus ini ada bocorannya kita mau mengadakan lomba ngeblog ni, hadiahnya pasti keren. Tungguin aja ya infohnya.

Dada, sudah dulu ya...lanjut lagi nanti
Baca Juga

Related Posts

8 comment

  1. Wa'alikumussalam Warohmatullohhi Wabarokatuh.

    Ikut semangat dan penasaran membaca awalnya, kirain dari point 1- 10 langsung mau dibahas. Ditunggu Hasil pembahasannya Mbak.

    sukses selalu untuk BoBe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, pembahasannya sudah pas kopdar. kalo dibahs ulang di sini, gak penasaran lagi deh buat ikutan kopdar berikutnya. Datang ya di next kpdar

      Hapus
  2. WAh keren nih acaranya,, sayang nggak bisa ikut, #plakkk
    ane dimana. Hahaha..

    BalasHapus
  3. Nah...hehehe, hayuk ikutan kopdar di pertemuan selanjutnya. BoBe makin keren deh :)

    BalasHapus
  4. Yah, saya kira bakalan dibahas disini 10 poin diatas, pas scroll ke bawah lah kok ending post. Hehe :D

    Seru banget ya bisa kopdar, saya belum pernah.

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin