Menu

Jumat, 07 April 2017

/
pixabay
Assalammualaikum Wr. Wb

Kalo tidur tanpa bantal kayaknya kurang nyaman ya. saya kalo tidur buruh sekurangnya dua bantal. satu buat bantal kepala dan satu lagi bantal guling. Saya dan anak-anak hampir sama. Jadi bisa dihitung berapa jumlah bantal yang harus saya sediakan di rumah. Satu orang butuh sekitar dua bantal . Selain itu kami juga punya bantal untuk sofa dan kursi. Meski kadang sering juga dipakai untuk tidur. Pada postingan saya kali ini akan membahas mengenai sejarah bantal dan fakta uniknya.

Pengertian Bantal

Bantal adalah penyangga kepala, biasanya digunakan untuk tidur di atas ranjang, atau untuk penyangga tubuh di sofa atau kursi. Bantal biasanya diisi oleh kapas, bulu unggas, dan sebagainya.

Isi Bantal Biasanya

- Kapuk
- Dakron
- Busa
- Wool
- Bulu Angsa
- Lateks
- Kapas 

Bentuk bantal secara umum ada dua

- Petak atau persegiempat
- Guling


Sejarah dan Fakta Unik Tentang Bantal
 
1. Kebiasaan menggunakan bantal saat bebaring sudah dikenal sekitar 7.000 tahun sebelum masehi silam.

2. Bantal pertama kali dipakai oleh bangsa Mesopotamia yang menghuni wilayah antara Sungai Eufrat dan Sungai Tigris atau yang dikenal saat ini sebagai Irak.

3. Bantal zaman dahulu terbuat dari batu. Hal itu dibuktikan melalui  penemuan peninggalan arkeologi yang sempat ditemukan dalam proses ekskavasi di Mesir.

4. Selain di Mesopotamia, bantal juga digunakan oleh masyarakat Mesir kuno. Hanya saja bantal yang digunakan oleh bangsa Mesir sedikit lebih lembut dari pada bantal batu bangsa Mesopotamia.

5. Bantal lembut juga dikenal oleh masyarakat Cina kuno. Bedanya, batal lembut di Cina memiliki hiasan berupa gambar-gambar. Bantal kuno bangsa Cina ini diperkirakan dibuat sekitar tahun 960 masehi.

6. Bangsa  Mesir kuno dan  bangsa Cina saat itu juga tidak terlalu menyukai menggunakan bantal lembut untuk tidur. Mereka percaya bahwa bantal lembut adalah pencuri energi saat digunakan waktu tidur.

7. Zaman dahulu  masyarakat Cina lebih menggunakan bantal berbahan kayu atau bambu yang tergolong keras.Beberapa orang Mesir kuno juga tidur dengan menggunakan bantal dari batu.

8. Memasuki abad pertengahan, bantal mulai digunakan oleh bangsa Eropa.

9.Di Eropa, penggunaan bantal menjadi simbol bagi status kedudukan sosial tertentu, dimana mereka yang menggunakan bantal adalah masyarakat berstatus sosial menengah ke atas.


10. Saat bantal dijadikan simbol status sosial, Raja Henry VII sebagai pemimpin kerajaan Inggris ingin mengubah paradigm secara drastis. Ia kemudian melarang semua orang menggunakan bantal saat tidur, kecuali wanita hamil. Sejak saat itulah para pria di Eropa enggan menggunakan bantal, meskipun ada  mereka akan dianggap sebagai pria lemah.

11. Memasuki abad ke-19, pandangan itu mulai pudar. Bantal bahkan kemudian dianggap sebagai alat bantu yang menjadikan tidur lebih nyenyak. Hal itu menjadikan bantal empuk diproduksi secara masal. Revolusi Industri adalah merupakan saksi dari produksi besar-besaran dari tekstil dan bantal sebagai hiasan.

12.Pada awal abad pertengahan, kata bantal sudah disebut di beberapa artikel furniture yang sangat kuno. Persediaannya dengan cushion cover di rumah besar dan istana membuatnya selalu disebut-disebut di Eropa. Mulanya lebih sering berukuran besar dan ditutupi dengan sarung bantal berbahan kulit.



12.Di Spanyol dan Perancis, digunakan sebagai tempat duduk. Bahkan di Spanyol, dianggap sebagai pengganti kursi kehormatan khusus di pengadilan. Dan biasanya ditutupi dengan sarung bantal yang elegan, baik itu sablon sarung bantal atau print sarung bantal.

13.Sedangkan di Perancis, gereja menggunakannya untuk tempat berlutut dengan cushion cover mahal yang diletakkan di belakang raja yang diatur dan dijaga secara ketat.

14.Kemudian bantal dengan teknik penjahitan modern dan bantal dengan ornamen dikenal di Tiongkok sebagai barang berharga tinggi yang kemudian juga dikenal di Eropa abad pertengahan.

Nah, kalo sekarang desain bantal sudah beragam ya, cantik, unik, dan lucu . Baik model, moitif, ukuran dan bentuknya juga banyak yang unik. Selain itu warna bantal sekarang banyak sekali pilihannya. Bahkan satu buah bantal saja bisa punya warna-warni yang bagus. Jadi bantalnya terlihat kayak pelangi.

Sekarang bantal tidak hanya digunakan sebagai alas untuk mmebuat tubuh nyaman. Misalnya untuk duduk, berbaring atau tidur. Tetapi bantal juga dijadikan sebagai alat penghias suatu ruangan atau dekorasi sebuah ruangan. Bentuk bantal yang untuk juga sering kali digunakan sebagai pajangan untuk mempercantik sebuah dekorasi. Tidak lagi hanya untuk kenyamanan tidur.



Untuk ukuran sangat bervariasi, ada yang berbentuk segiempat, lonjong, kubus, bola ,donat yang bolong di bagian tengah. Panjang mirip kayak bantal guling. Pokoknya lucu-lucu modelnya bikin tertarik untuk membelinya. Produsen bantal saat ini sangat kreatif dengan desain bantal yang mereka buat

Kalo kamu punya bantal motif dan bentuk apa saja, adakah yang lucu dan unik. Demikian ya ulasan saya tentang Sejarah dan 14 Fakta Unik Tentang BANTAL yang Wajib Kamu Ketahui. Semoga bermanfaat.

Salam, sampai jumpa.


20 comments

Mantap ya sejarah bantal. Lebih sering pakai 1 bantal yang panjang hehehe

Reply

Baru tahu ada sejarah bantal :D

Dan melihat bantal aku jadi pengen bobo, hihihihi

Reply

alhamdulilah, sekarang kebanyakan bantal empuk, nggak terbayang deh kalau pakai kayu atau lainnya yang unsurnya keras -_-

Reply

Aku lebih gak bisa jauh sama bantal guling. :'D

Reply

ternyata bantal fungsinya bukan hanya untuk penyangga kepala saat tidur ya mbk, itu di Perancis digunakan buat tempat duduk hehehe biar empuk dan gak pedes pantatnya ya .

kalau aku sih tidur pakai bantal persegi panjang dan bantal guling, biar nyaman dan tidur bisa nyeyak hehe

Reply

baru tahu nih sejarah bantal begitu
kalau saya mbak suka bantal yang nggak tebel, tipis dan empuk gitu hihih
padahal sebenarnya bagusnya bantal yg ga bikin nyaman biar cepet bangun :D

Reply

Nggak kebayang kalo sampai saat ini bantal kita masih dari batu... Untung ada inovasi dari bantal... Jadinya kita bisa tidur dengan nyenyak.

Reply

saya tidur gak pake bantal mbak, gak tau kenapa, gak enak aja kalo pake bantal, cuma peluk Guling :D

Reply

kadang orang tak mencari dipan, tapi dimana ada bantal disitu matanya terpejam. sudah berapakali bantal ini jd kawan setiap malam, tp baru ini membaca ada yg nulis tentangnya..makasih mbak milda, jd beryukur atas nikmat tidur beralaskan bantal dikepala..he

Reply

iya sekarang ada model bantal petak tapi panjang

Reply

iya, alhamdulillah gak kebayang klao pake batu

Reply

sakit dan pegal pastinya

Reply

iya, dulu itu ya orang belum tau apa itu bnatal, sekarang modelnya lucu2

Reply

jadi butuh dua bantal ya kalo tidur

Reply

dibawa-bawa kemana-mana ya

Reply

iya, banyak banget modelnya

Reply

pasti klo jaman itu sudah ada IG, bakal banyak seleb2 IG dari Mesopotamia, karena cuma mereka yg bisa posting foto bantal dan pasti jadi trending karena jadi yg pertama hehehe

Reply

Kalau sekarang udah banyak ya jenis bantal. Bantal peyang, bantal menyusui, bantal hamil... Khas emak-emak banget. Wkwkwk

Reply

Terima ksih sudah mampir dan komen di blog saya. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.