Menu

Rabu, 15 Maret 2017

/


Assalammualaikum Wr. Wb

Mau Beli Kulkas, 11 Hal penting Ini yang Harus Kamu Ketahui. Hampir setiap rumah pasti punya kulkas. Entah kulkas satu pintu atau dua pintu. Terkadang bukan satu. Bahkan sebuah rumah bisa punya dua atau lebih kulkas. Ya, tergantung dengan kebutuhan. Apalagi sekarang banyak sekali model dan ukuran  yang dijual. Harga kulkas juga sangat bervariasi. Bahkan sangat bersaing antar toko .Baik secara offline atau online. Kita bisa dengan sangat mudah untuk membeli kulkas. Apalagi saat ini toko online juga bisa melayani pembelian kulkas .

Banyak toko online yang menyediakan berbagai jenis model, merk , ukuran dan jenis kulkas sesuai dengan kebutuhan kita. Sudah pada tahu ya, kelebihan belanja online. Jadi yang memang menjadi salah satu solusi buat kita belanja apa pun termasuk kulkas. Namun ada beberapa hal penting yang harus kita ketahui sebelum membeli kulkas.



Berikut ini saya ingin berbagi mengenai hal penting apa saja yang harus kita ketahui. Agar tidak berasa membeli kucing dalam karung. Tidak sedang merasa ditipu oleh bujuk rayu iklan, hehehe. Dan yang paling penting supaya manfaat dari membeli kulkasnya emang benar kita rasakan. Gak mubazir deh. Apalagi ujung-ujungnya gak puas lalu mau beli lagi. Repot ya!

Oleh karena itu ada beberapa hal penting yang harus diketahui sebelum membeli kulkas. Hal penting itu adalah

1. Periksa Daya Listrik di Rumah

Hal ini penting sekali. Menyesuaikan antara daya listrik di rumah  dengan kebutuhan listrik yang kulkas butuhkan. Apakah daya 450, 900, 1300 dan selebihnya. Jangan sampai ketika kulkas dicolokin. Listriknya turun atau mati. Artinya daya listriknya gak cukup. Gak bisa nyala. 

2. Analisa Kebutuhan

Perhatikan dan analisa kebutuhan kita akan kulkas. Jika rumah kecil dan anggota keluarga sedikit. Maka sebaiknya membeli kulkas dengan ukuran kecil saja. Dan sebaliknya jika anggota keluarga banyak, maka belillah kulkas besar. Atau belilah dua kulkas dengan fungsi yang berbeda. Apakah ingin membeli kulkas satu pintu atau dua pintu atau ada pilihan lain.

3. Siapkan Ruangan Tempat  Meletakkan Kulkas

Kulkas biasanya di dapur. Tetapi banyak juga yang meletakkan kulkas di ruang makan atau ruang keluarga. Sebaiknya pastikan terlebih dahulu dimana letak kulkas tersebut . Termasuk juga cek apakah pintu masuk bisa dilewati kulkas atau tidak. Agak pening juga  ya, jika ternyata kulkasnya gak bisa masuk akibat pintunya kekecilan atau akibat kulkasnya kegedean

4. Perhatikan Harga, Cermati Peluang Diskon dan Sesuaikan dengan Kebutuhan

Hal ini biasanya sebanding. Istilah kata ada rupa ada harga. Namun, kita bisa mencermati peluang harga dengan kualitas kulkas yang akan kita beli. Terkadang antara satu toko dengan toko lainnya harga bisa berbeda. Oleh karena itu cermati harga dengan baik sebelum memutuskan membeli. 

5. Cari Tahu Bahan Kulkas

Sebaiknya belilah kulkas dengan bahan Pre Coated Materian (PCM) artinya bahan anti karat, anti gores dan mengkilap. Selain itu carilah bahan yang mudah dibersihkan apalagi jika mempunyai anak kecil. Jangan ada bagian kulkas yang penyok, lecet dan berubah bentuk. Pastikan semua kondisi luarnya bagus. Juga bagian dalamnya ya.



6. Amati Dengan Teliti  Spek dan Fitur Kulkas

Fitur kulkas yang perlu kita ketahui adalah antara lain soal frost free (bebas bunga es), multi air flow (dingin menyeluruh), adanya display digital atau filter dispenser, hemat energy, pembuat es batu, eco green. Warna juga bisa kita cek dan pelajari. Sebaiknya pilihlah warna kulkas yang matching dengan kondisi ruangan dimana kulkas diletakkan



7. Liat Dengan Seksama Wadah Penyimpanan di Dalam Kulkas

Wadah di dalam kulkas sebaiknya terpisah. Bagian untuk menyimpan telur, air minum, makanan dalam kemasan seperti botol. Tempat menyimpan ikan, daging, ayam. Tempat menyimpan air dingin. Tempat menyimpan sayuran dan lain sebagainya. Sebaiknya ada bagian-bagiannya  secara khusus. Sehingga memudahkan kita jika ingin mengambil sesuatu . Dan yang pasti juga terlihat rapi.



8. Coba Gerakan Pintu Kulkas 

Coba gerakan pintu kulkas, Apakah bisa menutup secara rapat atau renggang. Cara yang paling mudah berdasarkan pengalaman saya untuk mengecek apakah pintu kulkas tertutup rapat atau tidak dengan cara menghidupkan senter . Bisa dari alat senter di handphone. Lalu masukan ke dalam kulkas. Cek di sela pintu kulkas. Apakah cahaya senter terlihat atau tidak. Jika terlihat, maka artinya pintu tidak tertutup rapat.Hal ini penting sekali, jika pintu tidak tertutup rapat, maka sangat berpengaruh terhadap kualitas dinginnya kulkas.



9. Telusuri Alas Kaki Kulkas

Pastikan ketika membeli kulkas kita juga sebaiknya mengecek kaki kulkas. Terbuat dari bahan apa. Bentuknya seperti apa. Lalu apakah ada bangku atau dudukan kulkasnya. Atau langsung diletakkan di lantai. Bentuk kaki kulkas juga akan mempengaruhi daya tahan dan kualitas dinginnya kulkas. Sebaiknya rata dan tidak goyang.


10. Perhatikan Berapa Label Bintang Kulkas

Kulkas itu ada label bintangnya. Hal ini akan menunjukkan daya dingin sebuah kulkas. Sebaiknya sebelum membeli kita mencari tahu dengan bertanya atau membaca informasi mengenai label kulkas. Bisa kita cek sendiri dengan melihat, biasanya di bagian kanan atas kulkas. Kulkas dengan label bintang 3 memiliki kemampuan pendingin hingga 150 derajat. Sedangkan label bintang 5 memiliki kemampuan pendingin hingga 250 derajat. 



11. Baca Kartu Garansi Dengan Teliti

Kita suka abai dengan kartu garansi. Sebaiknya dibaca dan diteliti dulu sebelum akhirnya membayar. Biasanya kita akan diberikan terlebih dahulu kartu garansinya, baru ditandatangi dan kita bayar. Jika belanja online, maka pastikan juga kita bisa mendapatkan kartu garansi.



Jika sudah mengecek dan memperhatikan list penting di atas. Hal yang harus kita lakukan selanjutnya adalah mencari tempat dimana akan membeli kulkas tersebut. Silakan cek tokonya. Baik toko online atau offline. 

Perhatikan juga kesempatan atau informasi berbagai promosi dan diskon. Apalagi sekarang ini banyak sekali promo-promo. Misalnya harga kulkas Polytron 1 pintu murah Kita bisa memanfaatkan berbagai promosi tersebut untuk mendapatkan kulkas yang kita butuhkan dengan harga hemat.

Dengan memanfaatkan promo harga kulkas polytron 1 pintu murah. Kita bisa mendapatkan kulkas yang kita inginkan. Mendapatkan manfaat yang sama dengan kulkas sejenisnya . Namun dengan harga yang sangat nyaman di kantong.

Dengan berhemat kita juga bisa mendapatkan kulkas yang kita inginkan. Tanpa mengganggu arus keuangan yang lain atau biaya untuk memenuhi  kebutuhan yang lainnya. 

Selamat membeli kulkas ya!

38 comments

Nanti kykny aku mo beli kulkas buat rumah baru perlu dicoba nih

Reply

iya jangan sampai kecele ya say

Reply

iya, semoga dapat harga terbaik ya, yang diskon

Reply

Kalau dariku, rekomendasi beli kulkas dua pintu karena perawatannya lebih mudah. Kulkas 1 pintu, bagian pembekunya harus rajin-rajin dibersihkan karena saljunya bisa mengeras gitu. Kalau kulkas dua pintu seperti merek S******* punyaku lumayan awet karena nggak bersalju lagi

Reply

Banyak banget pertimbangannya kalo belanja barang elektronik, terutama kulkas. Kalo bertahan lama kan ngirit juga ya mba

Reply

aku belum ada kulkas mbak dirumah,
nih kayaknya tips pas banget deh
nunggu ada rejeki ntar mau beli kulkas :D

Reply

Berarti mending beli online atau offline mbak? Kalo beli online kan gak bisa neliti barangnya? Atau ada cara khusus untuk beli kulkas secara online? Makasih mbak

Reply

tinggal telpon aja sayang

Reply

tetap bisa mba, ulasan tentang kulkas atau testimoni yang jual juga ada, jadi sekarang gak kayang beli kulkas dalam karung sih, hehehe

Reply

iya mba, kan kulkas buat dipakai lama ya

Reply

iya dong ada rupa ada harga ada service juga pak

Reply

Tengkyuuu sharingnyaa, aku biasanya asal beli ajaah

Reply

Perhatianku lgsg tertuju sm kulkas yg warna pink itu. Asli lucu kali warnanya. Cocok buat rmh dgn tema shabby chic

Reply

Iya sama kayak mba Triana, aku juga asal beli aja. Cuman milih satu atau dua pintu XD

Reply

Pengen.beli kulkas h
Khusus asi

Reply

Hahahaha, moga info ini bermanfaat ya

Reply

Belilah mba mumpung ada diskon

Reply

Hahahaha, taunya kulkas aja ya bumil. Taunya dingin aja ya

Reply

Saya juga naksir mba, apalagi anak-anak. Warna kulkas sekarang cantik2

Reply

Wah makasih tipsnya mba,kebenaran lagi naksir kulkas

Reply

Nanti sya beli kulkasnya kalo sudah pya rumah sendiri. Makasih sharingnya mbak.

Reply

Wah tips yang sangat bagus, belum banyak yang tahu ni . .

Reply

Wahh baru tau ada label pendingin kulkas. Makasi infonya mba milda..

Reply

referensi baru nih, makasi maak

Reply

iya, sma2 semoga bermanfaat

Reply

iya, alhamdulillah semoga bermanfaat ya

Reply

hihihi, punya mba di rumah da tau belum label berapa

Reply

harus tau mulai sekarang ya, supaya gak kecele

Reply

Beli sekarang juga gakpapa dek, semoga banyak rejeki ya

Reply

Wah membantu sekali ya tipsnya Mbak. AKu juga seneng lihat-lihat kulkas kalau di pusat perbelanjaan. Nah, pas beli kulkas, aku juga suka cari warna kulkas untuk disesuaikan dengan perabotan di rumah.

Reply

Alhamdulillah,makin ke sini kita diajarkan cerdas ya

Reply

lagi pengen kulkas baru sih...
apalagi deket puasa..buat nyimpan stok makanan....

Reply

buruan mba, mumpung ada diskon

Reply

Noted mba br bl kulkas 1 pintu mslh sm bunga esnya.. thanks mba u.tipsnya

Reply

Emang PR banget ngebersihin bunga es di kulkas 1 pintu. Aku aja seminggu 2 kali nyairin kulkas biar freezer ga penuh bunga es.

Reply

Informasi yang sangat luar biasa, bermanfaat sekali buat saya. Buat nanti kalau saya mau beli kulkas. Terima kasih Emba

Reply

Saya mau beli kulkas, tetapi saya bingung, untuk awalan saya dalam mencari kulkas, karena saya belum tau hal-hal yang harus di cek ketika memilih kulkas. Tolong dibantu yah ?

Reply

Terima ksih sudah mampir dan komen di blog saya. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.