Menu

Kamis, 17 Desember 2015

/




Anak-anak dan Keponakanku Tersayang


Anak anugerah yang telah Allah berikan kepada umatnya. Tidak semua pasangan atau keluarga diberikan anugerah ini. Ada yang langsung diberikan anak tetapi ada juga yang harus berjuang dengan waktu yangcukup lama untuk mempunyai anak.

Jumlah anak yang diberikan kepada setiap keluarga juga berbeda, ada yang cuma punya satu, dua, tiga bahkan ada yang lebih dari sepuluh. Jenis kelamin mereka pun tak bisa dipilih mau anak laki-laki atau anak perempuan.  

Setiap keluarga pun diberikan kesempatan yang berbeda dalam merawat, mengasuh dan mendidik anak-anaknya. Ada yang hanya sampai mereka balita, masuk usia sekolah, kuliah , kerja bahkan sampai punya  cucu dan cicit. Tetapi banyak juga keluarga yang sudah tinggalkan terlebih dahulu oleh anaknya ke surga.

Namun di atas dasar itu semua, anak-anak adalah amanah untuk setiap keluarga. Mereka harus dijaga, ditrawat , diberikan pendidikan yang layak dan pantas. Nasib negara ini kedepan ada di tangan mereka. Jika mereka berkecimpung di dalam sebuah keluarga yang harmonis dan sejahtera. Maka tumbuh kembangnya akan berjalan dan berproses secara baik. 

Oleh karena itu selaku orang tua, kita harus dapat menunaikan hak –hak anak tersebut. Sedapat mungkin, kita dapat memberikan yang terbaik. Adapun hak-hak anak menurut  Konvensi Hak Anak PBB Tahun 1989, ada 10 hak yang harus kita diberikan kepada anak-anak. 

Hak-hak anak yang harus kita tunaikan secara baik adalah :

1.  Hak untuk bermain
Sebagian besar anak-anak suka bermain, seharian pun mereka tahan. Bahkan bisa lupa makan dan minum saking asiknya bermain. Namun sebagai orang tua yang bijak, kita harus bisa membatasi dan mengarahkan mereka untuk tertib dan disiplin dalam  bermain. Memilihkan permainan dan cara bermain yang baik. Terutama permainan digital, anak-anak harus benar-benar diawasi.
2.  Hak untuk mendapatkan pendidikan
Orang tua harus dapat memberikan dan mengusahakan pendidikan yang baik terhadap anaknya. Pendidikan pertama yang harus mereka dapat adalah mengenai ilmu agama, keterampilan kursus-kursus non formal, serta pendidikan dasar. Dengan memberikan pendidikan yang layak, diharapkan anak-anak akan memiliki masa depan yang baik.
3.  Hak untuk mendapatkan perlindungan
Keluarga adalah tempat pertama dan utama bagi anak untuk mendapatkan perlindungan dari gangguan apa saja. Keluarga adalah sumber ketahanan yang paling utama dalam memberikan rasa nyaman kepada anak-anak. Keluarga yang harus paling utama memberikan perlindungan tersebut. Membuat anak-anak nyaman dan dapat berinteraksi serta berkomunikasi dengan baik di dalam keluarganya, sehingga jika ada permasalahan dapat dikomunikasikan sejak awal.
4.  Hak untuk mendapatkan nama (identitas) 
Tugas orang tua selanjutnya yang penting adalah memberikan nama yang baik bagi anaknya. Nama adalah do’a dari orang tua untuk anaknya. Sebagian orang tua sangat menginginkan anaknya seperti nama yang diberikan kepadanya. Oleh karena itu orang tua wajib memberikan nama yang baik bagi anak-anak. Nama yang baik juga akan membuat anak percaya diri, mampu bersaing dan tegar dalam pergaulannya dengan teman-temannya. Dengan nama yang baik, mereka akan terhindar dari pelecehan, penghinaan dan bully dari teman-temannya.
5.  Hak untuk mendapatkan status kebangsaan
Ini khusus bagi anak yang mempunyai orang tua dengan status WNI atau mempunyai kebangsaan atau kewarganegaraan yang berbeda di antara kedua orang tuanya. Anak berhak untuk mendapatkan kebangsaannya. Dia juga berhak mengetahui mengenai negara, bangsa, dimana letaknya, yang akan dia bela dan perjuangkan. Hal ini juga dapat melatih dan menumbuhkan rasa kebanggaan terhadap bangsanya.
6.  Hak untuk mendapatkan makanan
Orang tua harus memberikan nafkah kepada anak-anaknya. Makanan yang baik dan halal. Dengan asupan gizi yang baik maka status kesehatan mereka juga akan mmebaik. Tumbuh kembang berjalan dengan sempurna. Aturlah pola makan anak dengan baik, biasakan untuk sarapan, dan tidak jajan sembarangan. Makanan yang baik dan sehat itu kalo kata anak saya, adalah makanan yang dimasak di dapur Memenya.
7.  Hak untuk mendapatkan akses kesehatan
Jika anak sakit segera untuk diberikan pengobatan, baik dimulai dengan pengobatan di rumah sampai ke pos kesehatan terdekat. Jangan membiarkan anak yang sakit tanpa diberikan pengobatan yang tepat. Penanganan penyakit yang secara dini, akan membantu penyembuhan lebih cepat dan terkendali. Amati dengan seksama jika anak kita terlihat berbeda dengan keadaan sebelumnya, tanyakan dan ajak dia berbicara mengenai keluhannya dan segera atasi jika dia mengalami gangguan kesehatan.
8.  Hak untuk mendapatkan rekreasi
Bukan hanya orang dewasa yang membutuhkan refresing atau pencerahan. Anak-anak juga perlu hal itu. Meski hampir setiap waktu dalam kehidupannya adalah bermain. Dengan melakukan piknik bersama orang-orang yang dia sayangi akan memberikan dampak yang baik bagi kesehatan fisik dan psikologis anak. Dengan rekreasi dapat mempererat hubungan antar keluarga dan dapat memberikan pengalaman yang baru. Lakukan rekreasi dengan anak-anak secara rutin dan terjadwal. Biacarakan dan diskusikan dengan mereka kemana tujuan rekreasinya. Lokasi rekreasipun tak perlu yang jauh, yang terpenting adalah kebersamaannya.
9.  Hak untuk mendapatkan kesamaan
Anak-anak juga memerlukan pengharagaan dan perhatian yang sama. Berikan semua hal kepada mereka secara adil dan sama. Jangan membeda-bedakan. Hargai mereka seperti juga halnya kita ingin dihargai, disamakan dengan yang lainnya. Dengan pemberian rasa yang sama akan membuat anak diterima, percaya diri dan dapat berkembang dengan baik. Anak-anak selalu ingin mendapatkan dan diperlakukan secara yang sama. Kalau tidak mereka akan menunjukkan aksi protes, cemburu bahkan bisa juga marah. Saya mempunyai dua anak putri, dalam beberapa hal tertentu si kakak dan si adik, selalu ingin disamakan. Misalnya , kalo saya memeluk si adek, si kakak juga minta dipeluk. Belum lagi dalam hal memberikan barang. Kalo tidak hal ini memancing kecemburuan, iri hati dan permusuhan antara anak.
10.  Hak untuk memiliki peran dalam pembangunan
Peran anak dalam pembangunan juga besar, ide mereka terkadang sangat bagus. Banyak hal yang belum terpikirkan oleh orang dewasa . namun sudah terpikirkan oleh mereka. Kenapa? Karena mereka mempunyai imajinasi yang baik. Kita harus bisa menghargai sumbangan ide dan masukan dari mereka. Dalam skup yang kecil, misalnya saja dalam pembangunan rumah kita, mintalah pendapat mereka mengenai hal tersebut. Melibatkan mereka akan membuat mereka merasa memilliki dan menghargai sebuah proses pembangunan tersebut. 

        Demikianlah ada 10 hak penting anak yang harus ditunaikan secara baik oleh orang tua, anak-anak yang mendapatkan perlakuan yang baik sejak kecil oleh orang tuanya. Kelak di saat mereka besar, mereka akan tumbuh menajdi anak yang baik pula. Anak yang berbakti kepada kedua orang tuanya dan bermanfaat bagi bangsa dan negara.

2 comments

makasih artikelnya mba. nex nunggu tulisan tentang hak orangtua yg mesti ditunaikan oleh anak 😉

Reply

bener Mb Lina, ortu juga punya hak ya yang harus anak tunaikan

Reply

Terima ksih sudah mampir dan komen di blog saya. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin