nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Pengertian Domain Rating dan Manfaatnya

https://www.mildaini.com
sumber : pixabay


Domain Rating atau DR menjadi hal penting dalam kepercayaan Google kepada blog yang bermanfaat dalam backlink. Tetapi DR tidak mempengaruhi tingginya halaman pencarian di Google dan hanya ditentukan dari popular suatu website. Maka ketahui dahulu bagaimana DR bekerja dan apa manfaatnya bagi blog.


Pengertian Domain Rating


Apa itu Domain Rating? DR bisa dikatakan sebagai Domain Authority yang memberikan skor terhadap kepopuleran suatu blog dari pengalaman pengguna. Selain itu, rating juga bisa didapatkan dari populernya nama website dengan kualitas backlink yang baik. Sehingga bisa dikatakan bahwa suatu website dilihat baik oleh DR dari domain yang sesuai.

Semakin tinggi rating yang dimiliki blog maka kualitasnya semakin bagus dan mudah masuk pada pencarian Google utama. Sehingga Domain Rating bisa memberikan rasa percaya bagi pengguna saat mengunjungi suatu blog. Cara cek domain rating juga cukup mudah, yaitu menggunakan website penyedia pagerank dengan gratis. Semakin tinggi domain rating akan memberikan kualitas yang terbaik bagi blog dan bisa mempengaruhi traffic walau tidak secara langsung.


Baca Juga : Manfaat Blogwalking


Cara menaikkan domain rating juga harus diperhatikan oleh pemilik blog dan dipelajari secara perlahan. Gunakan pengalaman dan melihat bagaimana blog lain yang memiliki DR lebih tinggi. Cara tersebut bisa digunakan untuk memberikan inspirasi bagaimana membuat kualitas isi tulisan yang baik. Sebab, salah satu cara untuk menaikkan domain rating adalah meningkatkan kualitas konten dengan informasi yang terpercaya.

Selain itu gunakan backlink di beberapa website yang menyematkan link artikel tujuannya untuk menambah kepercayaan Google bahwa informasi yang diberikan pada tulisan memang terpercaya. Selain kualitas pada konten, beberapa pengukuran DR dalam menentukan rating adalah usia blog, kecepatan akses, dan halaman yang tidak error. 


Baca juga : Milad Pertama Blogger Bengkulu


Usahakan selalu cek secara berkala apakah blog sudah melakukan yang terbaik untuk meningkatkan rating tersebut. Kecepatan akses blog bisa mempengaruhi pengalaman pengunjung yang berpengaruh besar pada rating blog.

Memahami domain rating dalam melakukan backlink bisa membantu dalam peningkatan rating pada website. Tetapi usahakan untuk menggunakan blog terpercaya untuk menyematkan link agar metrik link building yang dibangun semakin kuat. 


Referensi:

https://campusdigital.id/artikel/apa-itu-domain-rating-2?ref=farisfanani#:~:text=Domain%20rating%20(DR)%20adalah%20metric,peringkat%20di%20halaman%20pencarian%20Google

https://ilmuonline.net/cara-mengetahui-dr-domain-rating-dan-backlink-blog/

https://sadarfinansial.my.id/2021/11/02/apa-itu-domain-rating-berikut-cara-cek-dr/


Baca Juga

Related Posts

24 comment

  1. Benar banget nih kak, kita harus mengetahui terlebih dahulu mengenai domain rating tersebut

    BalasHapus
  2. Domain Rating blogku stuck di angka 21,22, 23...balik ke 21 naik ke 23, turun lagi 22. Gitu mulu huhuhu. Mesti pelajari lagi nih soal DR ini

    BalasHapus
  3. Domain Rating lebih valid sih Mak daripada Domain Authority. Untuk ngeceknya bisa pake Ahrefs yang lengkap disertai data terkait metriks website lain seperti traffic sampe jumlah persebaran link di dalamnya.

    BalasHapus
  4. Aku masih ga ngerti nih tentang DR hahaha pas cek DR juga nilainya kecil duh sedihnya ;p jadi makin semangat buat belajar ningkatin DR blog

    BalasHapus
  5. Aku tuh termasuk nggak begitu paham tentang DR ini mba. Teryata memang sebaiknya di lakukan pengecekan secara berkala ya mba. Makasih informasinya

    BalasHapus
  6. Iya nih PR banget buat naikin DR yang stagnan alias ngak naik-naik, masih banyak yang belum tuntas apalagi kecepatan loading blog masih harus diperbaiki dan dipercepat, semoga ada waktu buat uprek-uprek blog dan naikin DR.

    BalasHapus
  7. Makasih banget nih infomasinya tentaang Domain Rating ini. jadi lebih paham.

    BalasHapus
  8. Wah... aku langsung mau ngecek domain rating aku berapa, karena selama ini ngehnya hanya ke DA saja. Sudah 8 bulan ini memang aku lebih rajin menulis organik konten, minimal ada 2 artikel setiap minggunya.

    BalasHapus
  9. Sebenernya link building nih kudu yang niche-nya sama atau random aja, kak?
    Akutu suka gak enak kalau tukeran backlink, tapi dengan niche tema blogku yang jarang sama kek temen-temen yang lain. Apakah akan memberikan impact yang bagus, seperti meningkatkan DR juga?

    Haturnuhun, kak Milda.

    BalasHapus
  10. Wah iya, DR itu jadi salah satu indikator penilahan blog kita ya mbak
    Harus dipahami dulu apa itu Domain Rating

    BalasHapus
  11. Makasih infonya mba . Selama ini cuma cek DR tanpa tahu maksudnya dan buat apa.

    BalasHapus
  12. DR atau DA inilah yang selalu jadi patokan bahwa blog itu baik atau kurang baik ya Mak? Pengertian saya segitu doang mah. Soalnya saya ngeblog minim ilmu tentang teknisnya. Harus banyak belajar ini sayanya.

    BalasHapus
  13. DR-ku masih rendah, belum tahu cara naikinnya gimana. Kalau nulis artikel sih kayanya udah lumayan. Tapi ya gak tahu juga, ckckck. Masih belajar nih

    BalasHapus
  14. Dulu saya gak peduli berapapun angka DR blog saya. Tapi pas tahu DR blog teman cukup besar, katanya setelah ikut acara arisan backlink, saya pun jadi ikutan dan bener, DR saya naik 20
    Alhamdulillah...

    BalasHapus
  15. dengan adanya informasi ini jadi nambah pengetahuan tentang pengertian domain rating dan manfaatnya

    BalasHapus
  16. Ilmu baru nih buat aku, tapi di materi seosummit kemarin kedepannya backlick kurang berpengaruh, sekarang sudah mulai terlihat di halaman percarian google yang berada di awal awal web yang sudah terdaftar dan terpercaya di google misalkan bicara kesehatan tentang batuk pilek yang keluar halodoc dan web kesehatan lain.

    BalasHapus
  17. Masih PR banget naikkan DA PA eeeh ada lagi DR ya, ya tapi gimana lagi, perkembangan dunia digital memang se-pesat ituuuh

    BalasHapus
  18. Sekarang banyak agensi dan brand cari blogger dengan cek DR yaa jadi PR kita nih untuk meningkatkan DR.. semangat!

    BalasHapus
  19. PR banget nih buat saya untuk ngecek domain rating blog, selama ini jarang-jarang cek

    BalasHapus
  20. Domain rating blog saya kecil nih... Terima kasih ya tipsnya... Mau coba masukin link dari website ya, biar terpercaya...

    BalasHapus
  21. Saya skrg udah ga peduli lagi ama DR, Mba, yang katanya bisa naik kalau ikutan arisan backlink. SS saya jadi tinggi banget... huhuhu... setelah saya bersihin satu2, baru deh kembali normal. Sejak saat itu saya mah pasrah aja dah soal DR.

    BalasHapus
  22. Setelah DR naik, next nya adalah menjaga gimana biar dr gak turun heheh, dan aq lagi di fase ini

    BalasHapus
  23. DR ku juga naik turun . Dulu pernah diatas 20 an..sekarang kayaknya turun jadi belasan deh. Dah lama gak cek DR

    BalasHapus
  24. Aku masih tidak paham bagaimana mengatur supaya angkanya selalu stabil
    Bahkan sudah ikut kursus sekali pun
    Semoga habis baca ini jadi semangat lagi

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin