nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Cara Mencuci Pakaian dengan Mesin Cuci yang Tepat

 Cara Mencuci Pakaian dengan Mesin Cuci yang Tepat 

Mencuci merupakan kegiatan yang setiap hari dilakukan. Tujuannya, agar pakaian bisa kembali bersih setelah dikenakan untuk beraktivitas. Jika dulu mencuci masih menggunakan tangan secara manual, saat ini mencuci menggunakan mesin cuci dinilai lebih efektif dan efisien. Lalu, bagaimana cara mencuci pakaian menggunakan mesin cuci yang baik dan benar? Berikut ulasan lengkapnya.


https://www.mildaini.com


Cara Mencuci Pakaian dengan Mesin Cuci 

Pentingnya mengetahui langkah-langkah mencuci dengan menggunakan mesin cuci tentu sangatlah penting. Hal ini dimaksudkan untuk menghemat waktu, tenaga dan juga waktu yang ada. Inilah cara mencuci pakaian yang benar menggunakan mesin cuci: 

1. Memilih Mesin Cuci yang Baik 

Pemilihan mesin cuci yang baik juga akan mempengaruhi kemudahan dan efisiensi Anda ketika mencuci pakaian. Pilihlah mesin cuci yang memiliki kualitas baik dan memiliki banyak fitur unggulan, sehingga bisa Anda gunakan dalam kurun waktu yang lama alias awet. Nah, beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih mesin cuci adalah: 

Memilih mesin cuci sesuai dengan kebutuhan, karena mesin cuci memiliki beberapa tipe dipasaran. Pilihlah tipe mesin cuci yang sesuai dengan kebutuhan anda

Membeli mesin cuci sesuai dengan kapasitas cucian. Jika biasanya anda terbiasa mencuci dalam jumlah yang banyak, anggota keluarga yang banyak maka kapasitas mesin cuci yang dibeli harusnya lebih besar. Jika tinggal seorang diri maka bisa memilih kapasitas mesin cuci yang kecil.

Jangan lupa juga pastikan kapasitas pengering yang ada pada mesin cuci

Memperhatikan bukaan pintu mesin cuci, dimensi dan juga kedalaman

Memeriksa fitur tambahan yang ada. Saat ini sudah banyak mesin cuci yang memberikan beberapa fitur tambahan yang canggih pada mesin cuci.

Mengingat banyaknya hal yang  harus diperhatikan dalam membeli mesin cuci, pilihan mesin cuci dari AQUA Japan dapat menjadi pilihan tepat bagi keluarga Anda. Mesin cuci AQUA Japan tidak hanya memiliki desain yang elegan dan cantik, namun juga dibarengi dengan kualitas produk mesin cuci yang sangat baik. 

Tidak hanya itu mesin cuci dari AQUA Japan juga memiliki fitur-fitur canggih yang bisa   menunjang kemudahan Anda dalam mencuci pakaian. Beberapa fitur yang ada pada mesin cuci AQUA Japan diantaranya adalah: 

Kapasitas mencuci yang relatif besar

Teknologi menjaga pakaian supaya tidak lembab dan lebih cepat kering.

Desain yang keren dan pilihan warna yang bervariasi

Sangat mudah dioperasikan

Teknologi mencuci bersih sampai serat pakaian

 Mampu menyesuaikan jumlah air yang masuk

Terdapat pilihan tombol khusus untuk mencuci jilbab

Banyaknya keunggulan yang dimiliki oleh mesin cuci AQUA Japan tentunya semakin menjadikan produk ini menjadi produk unggulan yang wajib dibeli. 


2. Masukkan Pakaian Kotor 

Setelah memilih mesin cuci yang berkualitas, langkah selanjutnya adalah memasukkan pakaian Anda yang kotor ke dalam mesin cuci. Dalam tahap ini, kelompokkan pakaian Anda. Pastikan bahwa pakaian yang Anda cuci tidak akan memiliki potensi untuk luntur warnanya. Jika memang luntur, maka pisahkan pakaian tersebut dengan pakaian lain supaya tidak merusak warna pakaian yang lain.  Setelah itu, isi tabung mesin cuci dengan air. 


3. Masukkan Detergen dan Atur Siklus Pencucian 

Setelah mesin cuci terisi pakaian dan air, maka masukkan detergen yang akan digunakan untuk mencuci. Usahakan menggunakan detergen yang selain membersihkan juga mampu memberikan keharuman pada pakaian. Jika sudah, langkah berikutnya atur siklus pencucian. baru setelah itu proses mencuci pakaian sudah dimulai. 


4. Buang Air dan Lanjutkan Pada Pembilasan 

Setelah siklus selesai, maka Anda bisa membuang air cucian sebelumnya. Jika sudah, isi kembali tabung cucian agar bisa lanjut pada bagian pembilasan pakaian. Nyalakan kembali mesin cuci dan pembilasan pun dimulai. 


5. Keringkan dan Jemur

Setelah pembilasan selesai, maka cara mencuci pakaian dengan mesin cuci yang terakhir adalah mengeringkan pakaian. Apabila pengeringan selesai, pakaian bisa digantung. Anda sudah mendapatkan pakaian yang bersih tanpa bau apek 

Nah itulah cara mencuci pakaian dengan mesin cuci sekaligus rekomendasi mesin cuci terbaik yaitu AQUA Japan. Dengan memahami tahapan ini, diharapkan Anda bisa mencuci pakaian dengan lebih tepat dan maksimal menggunakan mesin cuci. 


Baca Juga

Related Posts

25 comment

  1. Di musim penghujan kayak gini, lebih enak kalau mencuci menggunakan mesin cuci karena ada pengeringnya. Tapi, kadang ada aja resikonya, terima kasih tipsnya.

    BalasHapus
  2. Meski cuci yang awet dan berkualitas pastinya sangat didambakan para ibu rumah tangga. Bocorannya dong...
    Musim hujan seperti sekarang mencuci dan mengeringkan pakaian dengan mesin cuci sangat sangat membantu ya...

    BalasHapus
  3. Kalau diamati, makin kesini fitur mesin cuci makin canggih canggih ya mbak. Kapan hari sempat survey di salah satu toko elektronik. Boleh juga ini rekomendasinya.

    BalasHapus
  4. sejak ada mesin cuci satu pintu, memang harus banget pilih-pilih deterjen dan softener yang aman buat pakaian

    BalasHapus
  5. Memisahkan pakaian kotor ini perlu juga ya, takutnya ada bahan yang luntur terus jadi mengotori pakaian lain. Apalagi kalau ada yang warna putih, mesti dijaga baik-baik.

    Mesin cuci memang meringankan pekerjaan mencuci, asal bener milihnya. Rekomendasi mesin cuci AQUA Japan emang pas

    BalasHapus
  6. Menggunakan mesin cuci memang mudah namun kita tetap harus memerhatikan apa2 saja yang boleh dan yang tidak. Biasanya sih idelanya kita gunakan deterjen khusus mesin cuci. Lalu praktisnya sih deterjen yang ada kandungan pengharum pakaiannya jadi ga dua kali kerja hehehe :) Merk Aqua Japan ini teknologinya canggih banget ya, jadi kepengen punya :)

    BalasHapus
  7. Di rumah aku pakai Aqua Japan, awet banget mesinnya, recommended memang Aqua Japan

    BalasHapus
  8. Mesin cuci adalah salah satu teknologi favorit saya. Bener-bener membantu pekerjaan rumah tangga. Apalagi kalo anggota keluarganya banyak. Kalo cuci pake tangan encok dah tuh.

    BalasHapus
  9. Memang mesin cuci tuh penyelamat kita banget yah, terutama pas lagi musim hujan kayak gini. Kebayang kalo harus nyuci manual, entah kapan keringnya. Terutama di masa pandemi,setiap keluar rumah harus langsung segera dicuci bajunya yaaah

    wah kalo nyuci pake mesin cuci Aqua Japan asyik banget nih kayaknya

    BalasHapus
  10. Makasih lho tipsnya, simpel tapi sangat berguna buat emak-emak. Misahin warna, misahin tingkat kekotoran itu penting...saya seringnya salah nyemplungin semua aja hihi

    BalasHapus
  11. Aqua Japan ini kalau gak salah dulu terkenal dengan merek Sanyo itu bukan sih?
    Aku selalu bersyukur ada teknologi yang namanya mesin cuci soalnya kalau gk ada mesin cuci gk tau akan ada berapa banyak waktu terbuang buat kucek2, membilas, dan memeras pakaian hehe

    BalasHapus
  12. Banyak juga yang merekomendasiakn mesin cucinya Aqua Japan ini. Aku kayaknya udah harus ganti mesin cuci juga sih. Yang lama mulai sering ngadat gitu, nggak puas ama hasilnya.

    BalasHapus
  13. Aku sering ceroboh karena ngga mengelompokkan warna, Mak... Baru sadar ketika ada yang kelunturan. Hiks...

    Btw, baca komenan di atas, aku jadi penasaran sama mesin cuci AQUA Japan. Kepoin ah...

    BalasHapus
  14. Di rumahku ngak ada mesin cuci, gara-gara rusak. Bagus ya Aqua Japan, bisa jadi rekomen untuk beli mesin cuci di rumah. Memang beli mesin cuci itu harus bagus dan awet biar nggak cepat rusak hehe... Kapasitas mencuci yang besar itu menggiurkan, jadi bisa borong cuci biar nggak tiap hari.

    BalasHapus
  15. Bagus mesin cucinya ada pilihan tombol untuk mencuci jilbab. Baru Aqua Japan ini yang punya inovasi begini, sepertinya diproduksi sesuai dengan Indonesia yang mayoritas muslim. Bakal berguna banget itu mbak.

    BalasHapus
  16. Salah satu yang aku lakukan saat mencuci pakaian, memisahkan baju berwarna dengan baju putih. Karena kadang ada aja yang luntur dan bikin baju putih jadi berubah warna. Btw, mesin cuci Aqua ini membantu banget ya ibu-ibu mencuci pakaian, tanpa worries.

    BalasHapus
  17. Wah Aqua Japan ini udah dimiliki adikku, baru aja dia beli setelah mesin cuci sebelumnya rusak.
    Kalo aku di rumah juga pakai mesin cuci satu tabung. Dan memang untuk penggunaan deterjen juga yang khusus untuk mesin cuci agar awet juga kan

    BalasHapus
  18. wah iya, emang ini ya mbak cara mencuci oakaian dengan mesin cuci yang benar
    Mesin cuci AQUA Jepang ini emang recomended

    BalasHapus
  19. Bener-bener si Aqua Japan ini mesin cuci impian deh. Aku udah notice banget kalau punya rumah sendiri pakai mesin cuci ini. Naksir banget sama spesifikasinya yang canggih.

    BalasHapus
  20. Aku punya mesin cuci dua di rumah nah yang Aqua Japan ini khusus untuk nyuci pakaian yang lembut kayak hijab dan pakaian dalam. Menurutku mesin cuci itu investasi bagus untuk par ibu. Karena nyuci baju itu butuh tenaga yang ga sedikit. Dengan bantuan mesin cuci kita bisa mengerjakan hal lain yang lebih penting

    BalasHapus
  21. Kalau mesin cuci bukaan depan dan atas itu bedanya apa ya mbak selain dari letak pintunya? Lebih awet mana? Apa berdampak ke lebih hemat air?

    BalasHapus
  22. Sama dong di rumah juga pakai mesin cuci Aqua Japan. So far engga ada masalah sih kalau soal mencuci. Cocok ama produk ini

    BalasHapus
  23. aku pakai mesin cuci satu tabung sekarang. enak praktis tinggal masukin tunggu setengah kering jemur. tapi emangkudu pilih2 mesin cuci yang pas biar ga bikin baju rusak dan tentunya awet dipakai lama

    BalasHapus
  24. Praktis banget pakai mesin cuci.
    Alhamdulillah.
    Salah satu peralatan rumah tangga yang harus dimiliki setelah menikah setelah kompor dan kulkas. hehee, dan jangan salah pilih merk.

    Pilih yang awet dan merawat baju dengan baik, mesin cuci Aqua Japan.

    BalasHapus
  25. sekarang makin praktis ya, mau cuci baju udah tinggal cemplang cemplung dinyalain mesin cucinya ditinggal kerjain yang lain dah kelar deh nyuci, dan produk aqua jepang emang bagus kualitasnya dan murah harganya, aku sendiri juga pakai apalagi kulkas nya awet banget banget banget

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin