nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Cara Profesional Menulis Profil

 Cara Profesional Menulis Profil


Saat kamu melamar pekerjaan, profil yang bagus sangat penting. Cari tahu apa yang harus disertakan dan apa yang harus dihindari untuk kesempatan terbaik mendapatkan panggilan wawancara. Tulis profil dengan bahasa yang baik, sesuaikan kebutuhannya, jika perusahaan yang kamu lamar adalah multinasional atau bahkan internasional maka tulis profil bahasa Inggris akan mendapatkan kesempatan lebih besar.

kerja


Saat kamu mencari pekerjaan, kamu  memerlukan profil yang menarik, jelas, dan mudah diingat yang menunjukkan kepada calon pemberi kerja. Semua keterampilan dan pengalaman yang kamu miliki untuk pekerjaan itu. Artikel ini akan berfokus pada menulis profil bahasa Inggris atau pun bahasa Indonesia.

       Jika kamu melamar pekerjaan level internasional, ketahuilah bahwa standar panjang, format, dan nada dapat berbeda dari satu negara ke negara lain. Sebaiknya periksa format yang diharapkan di negara atau perusahaan tempat kamu melamar.


Apa saja yang harus ada di dalam profilmu? Berikut adalah dianataranya :


1. Detail kontak

Pastikan calon pemberi kerja memiliki cara untuk menghubungi kamu. Cantumkan nama lengkap, nomor telepon dan alamat emailmu.


2. Foto

Di banyak negara, pemberi kerja berharap melihat foto yang tampak profesional di CV. Di negara lain, seperti Inggris, Kanada, dan AS, undang-undang melarang pemberi kerja meminta foto, dan lebih baik tidak menyertakannya. Cobalah untuk mencari tahu apakah biasanya menyertakan foto di lingkungan kerja tempat kamu melamar.


3. Pendidikan

Cantumkan dan beri tanggal kualifikasi terpenting yang telah kamu peroleh, dimulai dengan yang terbaru. Kamu juga dapat memasukkan kualifikasi profesional yang kamu miliki.


4. Pengalaman kerja

Buat daftar dan tanggal pekerjaan yang pernah kamu miliki dan perusahaan tempat kamu bekerja saat ini, mulai dari yang terbaru. Biasanya cukup untuk mencakup sepuluh tahun terakhir dari riwayat pekerjaanmu. Sertakan jabatan, tanggung jawab, dan prestasi kamu dalam pekerjaan itu. 

Jika kamu memiliki banyak pengalaman kerja, berikan judul pekerjaan tetapi pilih tanggung jawab dan pencapaian yang kamu soroti secara selektif. Kurangi detail tentang pekerjaan yang kurang relevan dengan peran yang kamu lamar dan tarik perhatian ke pengalaman terpenting yang kamu bawa.


5. Keterampilan

Ini dapat mencakup bahasa yang kamu gunakan, program komputer yang dapat kamu gunakan dengan baik, jenis kelas surat izin mengemudimu dan keterampilan profesional lainnya yang mungkin kamu miliki yang relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar.


Related Posts

1 komentar

  1. Tips menulis profil yang bermanfaat. Saya terkadang ada point yang terlewat. Teriam kasih sudah diingatkan.

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin