Menu

Senin, 20 Juli 2020

/
Assalammualaikum.Wr.Wb

Apa kabar sahabat Milda, semoga sehat selalu ya bersama keluarga. Kali ini saya ingin berbagai informasi menggenai kelas Senin bersama Blogger FLP ( Forum Lingkar Pena). Kali ini kita akan berbincang di grup WA bersama seeorang guru, seorang ibu single parent . Kebetulan suami beliau meninggal dunia, belaum lama ini. 

Waktu awal saya meminta beliau jadi narsum, beliau sempat menolak dengan salah satu alasannya karena merasa tidak ada prestasi di dunia blog. Lalu saya katakan kepadanya, bahwa ini untuk memotivasi teman-teman yang lainnya. kenapa sih masih mau ngeblog, padahal sudah sibuk menjadi guru dan sudah mempunyai penghasilan yang lumayan.

Saya bersama Mba Triana usai acara pembukaan Munas FLP di Bandung, tahun berapa ya. Aku lupa, hahaha
Tema yang akan dibahas kali ini mengenai kegiatan beliau ngeblog, padahal seorang guru  pegawai Negeri yang sudah pasti in sya Allah punya penghasilan tetap. Tetapi Beliau kok masih mau ngeblog! Kita akan kupas apa sih alas an dan rahasianya. 

Yuk, kita mulai saja, perkenalan dulu dari beliau.

Berikut saya petikan langsung, percakapan beliau di grup WA Blogger FLP ya, silakan disimak.

Perkenalkan saya Triana Dewi. Saya seorang guru SMP PNS di Lamongan. Saya single parents dengan 4 anak sejak suami saya meninggal 3 tahun lalu.

Saya sedang malu sebetulnya karena akhir-akhir ini lagi ribet harus mengajar online jadi gak sempat ngurusi blog saya yang berlumut dan penuh sarang laba-laba.
Cuma seminggu ini saya pingsan menyadari bahwa  saya mulai jarang dapat job nulis blog dan content placement karena DA saya yang terjun bebas wkwkwkwk
Jadi sejak kemarin saya berusaha nulis di blog postingan-postingan organik dan mulai blog walking lagi.

Saya mempunyai blog di blogspot ini sejak tahun 2010. Sebelumnya sering menulis di multiply, opera dll. Mungkin baru sekitar tahun 2014 saya belikan domain sehingga menjadi www.trianadewi.com

Saya di sini cuma ingin sharing tentang dua hal yaitu  tentang manajemen waktu dan mengupgrade diri.

Jadi bagaimana saya  bisa membagi waktu antara menjadi guru, ibu 4 anak tanpa pembantu dan juga blogger wkkwkwk

Tentu kondisi saya sangat berbeda dengan dulu waktu anak saya masih bayi2 saya pakai jasa pembantu karena saya harus ngajar dan alm suami bekerja di Jakarta.

Jadi ibu-guru baru Blogger, biar seimbang
Awalan Menulis BLog

Awalnya karena saya suka menulis, adik saya yang memperkenalkan saya dengan blog dan lalu membuat saya tertarik menekuninya.

Tapi ya cuma membuat blog lalu saya biarkan, waktu itu lagi booming bikin antologi jadi belum setia dengan blog ya. Sampai akhirnya ketika saya kuliah S2 tahun 2012 dosen saya sharing bagaimana mengajar memakai blog, baru deh saya mulai memikirkan blog saya.

Dasarnya saya suka nulis jadi blognya saya pakai curhat-curhat  gaje (nggak jelas)  tentang mengajar. Makanya nama blognya amazing teacher wkwkwk

Jadi menurut saya intinya cuma manajemen waktu bagaimana membagi waktu untuk mengajar, mengerjakan pekerjaan rumah, menemani anak-anak  dan menulis.

Waktu Kerja dan Untuk Ngeblog 

Saya mengajar senin sampai jumat, sebelum pandemik ya, dan waktu untuk event blogger khusus sabtu dan ahad.

Mengajar full day berangkat jam 6 pagi sampai rumah jam 16 dari senin sampai jumat.

Saya biasa menulis memang malam hari ketika anak-anak sudah tidur dan kadang setelah sholat malam sambil nunggu shubuh. Karena habis shubuh udah harus masak dan menyiapkan anak-anak sekolah hehehe

Oya ,saya punya kebiasaan jelek yaitu deadliner garis keras, kalo udah mepet deadline ide-ide baru muncul jadi seringnya saya menulis mepet waktu.Jangan ditiru ya.

Saya pernah bertemu dengan Mba Triana di acara Munas FLP di Bandung, tapi nggak tahu nih Mba Triana yang mana
Arti Menulis Bagi Seorang Triana Dewi

Menulis bagi saya itu menyembuhkan. Writing for healing. Jadi kl lagi sedih banyak masalah saya nulis. Saya punya buku diary yg isine tulisan geje cuma menumpahkan uneg-uneg. Setelah nulis rasanya lega walaupun belum ada solusinya. Jadi kalau orang tanya apa nggak capek seharian ngajar kok masih bisa sempet nulis? Ya, karena menulis udah kebutuhan udah seperti pelampiasan, begitu.

Dapat Penghasilan Dari Ngeblog

Kalau dibilang udah PNS udah dapat sertifikasi kok masih cari duit lewat blogger? Ya awalnya saya ngeblog bukan untuk cari duit cuma untuk menyalurkan hobbi menulis. Cuma untuk sharing dan berbagi kepada orang lain, syukur-syukur yang ditulis menginspirasi. Eh ternyata kok bisa menghasilkan eh ternyata kok bisa dapat duit. Ya itu saya anggap rezeki. Apalagi sekarang jadi single parents, penghasilan lewat blog ini sangat membantu membiayai merawat anak-anak.

Dan saya juga nggak malas belajar dan nggak malu juga. Umur saya 3 tahun lagi udah setengah abad. Bisa-bisa yang paling tua di group ini deh. Tapi saya nggak malu untuk mempelajari sesuatu yang baru. Karena memang di zaman serba teknologi kalau nggak ngikutin bisa ketinggalan zaman. 

Apalagi saya mengajar anak-anak SMP ya, saya harus memahami dunia mereka agar saya bisa mengajar dengan totalitas. Gitu deh, jadi saya selalu semangat meng-upgrade diri. Menimba ilmu dari siapa saja, pun mereka lebih yunior ataupun lebih muda dari saya.

Jadi jangan kaget saya punya akun tik tok dan saya juga sedang mengajar murid2 menggunakan tik tok. Karena kow saya lihat mereka suka sekali bermain tik tok jadi saya ajak bermain tik tok yang  bermanfaat

Saya kira itu saja yang bisa saya sampaikan. Pesan saya selalu kerjakan yang terbaik, do your best nanti pasti kita akan menuai hasilnya. Sepuluh tahun yang lalu mungkin saya nggak pernah terpikir akan bisa mendapatkan uang dari ngeblog tetapi karena ditekuni akhirnya bisa menghasilkan. Bahkan gak hanya blogger tapi bisa sekaligus menjadi influencer, reviewer bahkan buzzer.

Ngeblog dan menulis itu menyembuhkan...

Sesi Tanya Jawab : 

Mba Triana Blogger FLP  ,tanya dong apa aja yg mba lakukan buat upgrade diri?

Aku sering ikut kelas blogger baik berbayar maupun tidak. Juga kelas-kelas lain seperti kelas fotografer gitu. Semua hal yang sebaiknya aku kuasai untuk mendukung ilmuku.

Jadi sebagai guru ya aku rajin ikut seminar workshop untuk menambah ilmu mengajar dll.Apalagi pas pandemik begini  aku rajin ikut webinar, apalagi kl gratis ya wkwkw berusaha ikut

Sama, kalau ngerjain deadline begini entah kenapa mendadak kaya punya energi dalam setengah jam bisa 700-1000 kata. Mungkin fokus dan tegang kalik ya sambil liatin jam .Tapi kalau nggak ada deadline selesainya bisa setahun gak kelar kelar.

Mbk Triana Blogger FLP  kan guru Bahasa Inggris kok enggak nulis blog khusus bahasa inggris? Kabarnya nilai adsensenya besar loh 

Oya bergabung dengan komunitas itu sangat menguntungkan lho.. karena  kita akan terpacu dengan progress teman-teman lain sehingga berjanji untuk lebih baik lagi

Wkwkwk blogku aja belum beradsense. Jadi aku ini punya kegiatan sampingan nulis artikel bahasa inggris. Dulu satu minggu sepuluh artikel jadi rasanya aku ini mau muntah kalau nulis bahasa inggris lagi wkwwkw.

Iya ya hiburan aja kalau ngeblog ya 

Makanya refreshingnya nulis  di blog itu pakai bahasa indonesia. Semoga Kedepannya bisa ya nulis gej e geje pakai bhs inggris

Mbak Triana Blogger FLP  punya blog khusus pendidikan nggak?

Ini ada blog di google site tapi isinya cuma materi pelajaran wkwkwkw. Kalo khusus blog pendidikan belum ada. 

Apa Lima  skil/pengetahuan yang harus dikuasai blogger

1. Bisa menulis dengan baik jadi bisa story telling dengan lancar agar yang membaca suka
2. Menguasai sedikit ilmu blog semacam DA PA meningkatkan viewer, bounce rate, google anaytic agar tahu keadaan blog kita. Jadi kalau sakit bisa diobati sendiri gitu ya
3. Menguasai teknik-teknik dasar fotografi karena agar blog enak dibaca itu karena didukung foto-foto yang bagus
4. Riset sesuatu yang menjadi bahan tulisan, dengan rajin membaca banyak hal misalnya, sehingga bisa melengkapi tulisan dengan bukti atau referensi yang kuat.
5. Menjalin sillaturahim. Ini juga skill ya. Berteman dengan siapa saja, mau menerima masukan dan kritik. Karena dengan semakin luas jaringan pertemanan insyaAllah rezekinya juga semakin terbuka lebar. Misalnya berkunjung ke rumah senior atau ke para suhu untuk berguru dll dsb

Berapa lama merawat blog agar setidaknya sudah bisa 'berpenghasilan" di luar adsense?

Nggak lama-lama,menurutt saya  rajin nulis update setiap hari. Rajin dishare sehingga banyak yang baca. Gabung komunitas blogger buat cari bocoran job. Gak sampai 5 bulan udah bisa deh. 

Ahahaha... dulu rajin nulis, sekarang sibuk ngerawat .Blog walking juga membantu. Terutama ke blog yang DA-nya tinggi.

Awalnya dibayar murah gapapa kalau aku, nanti semakin banyak portofolio kita, makin banyak pengalaman nulis kita bisa pasang harga karena brandingnya berhasil. Soalnya kalau gak diatur malah gak ngapain. Misalnya sehari buat nulis satu jam, buat baca buku satu jam, buat bikin content sosmed satu jam. Gitu deh

Job termahal yg pernah diterima mbak

Job termahalnya apa ya aku pernah diundang meliput acara keluar kota, tidur di hotel bintang lima, dikasih uang saku lumayan. Pernah ke Banyuwangi sama Ilham tuh.Meliput cuma tiga jam.

Pernah ikut netizen MPR RI cuma datang makan ndengerin ramah tamah gak ada kewajiban nulis apa-apa uang sakunya lumayan. Itu pun terpilih mungkin karena kenal aku wkwwkw.

Keakraban Bu Guru ama anak Muridnya

Pentingnya Lingkaran Pertemanan

Saya mendapatkan banyak job blogger juga karena banyak teman dan kenalan baik. Sehingga kalau ada job mereka ingat saya dan mengajak saya.

Di akhir sesi sebelum pamit Mba Triana berpesan.Eh satu lagi, rumahku itu di lamongan ya dan semua kegiatan event blogger adanya di Surabaya. Itu aku lakukan ke Surabaya sekitar dua jam perjalanan ya demi portofolio dan membranding diri.

Semoga sharing bersama Mba Triana ini bermanfaat dan bias memberikan kita inspirasi ya. Sampai jumpa di kelas senin selanjutnya. Terima kasih sudah membaca ulasan saya.

Salam hangat
Milda Ini
Diberdayakan oleh Blogger.