Menu

Rabu, 20 Mei 2020

/
Assalammualikum. Wr.Wb

Apa kabar sahabat Milda sekalian, gimana kabar kesehatan gigi keluarga? Semoga selalu semangat ya merawat gigi. Jika gigi ada yang sakit , baik anak-anak atau orang dewasa. Itu tandanya bahwa gigi kita ada lubangnya loh.


Kali ini saya ingin berbagi informasi seputar gigi berlubang dan cara mencegahnya bagi keluarga kami. Mungkin informasi ini bisa diteruskan bagi keluarga muslim lainnya.

Kebiasaan Keluarga Kami Menyikat Gigi

Mungkin ini hampir sama dengan keluarga lainnya. Di keluarga kami juga ada aturan untuk menyikat gigi. Ini diajarkan kepada anak-anak sejak kecil dan dikontrol terus hingga mereka dewasa.

Sebagai orang tua, kita harus tetap memberikan contoh bagaimana menyikat gigi dan menjaga kebiasan baik menyikat gigi ini tetap diterapkan oleh anak-anak. Kapan saja dan dimana saja.

Setiap anggota keluarga punya kewajiban untuk saling mengingatkan agar rajin sikat gigi dan tertib waktunya sesuai dengan anjuran dan cara menyikat gigi yang benar.

Memang untuk membangun tradisi baik dalam menyikat gigi ini tidak mudah, apalagi anak-anak. Tapi kita harus tetap lakukan dengan sabar dan pantang mundur kalo belum sikat gigi.


Tradisi yang biasa dilakukan hampir semua keluarga untuk waktu menyikat gigi adalah saat mandi. Baik mandi pagi atau malam hari. Jadi dalam satu hari kebiasaan kita menyikat gigi itu dua kali dalam satu hari. Diikuti dengan kebiasaan kita mandi. Ada juga loh yang menyikat gigi hanya sekali dalam sehari karena ia hanya mandi sekali dalam satu hari.

Kebiasaan menyikat gigi berubah, seiring dengan bertambahnya pengetahuan dan keinginan yang kuat untuk menjaga status kesehatan gigi. Kebiasaan menyikat gigi itu kemudian berubah. Tidak hanya pada saat mandi saja. Namun ditambah dengan menyikat gigi setiap malam sebelum tidur. 

Bagi keluarga kami, sikat gigi sebelum tidur memang agak ekstra nih mengajak anak. Kendalanya kadang mereka ketiduran sebelum sikat gigi. Pernah juga sudah sikat gigi, eh malam makan camilan lagi. Ini sering juga kami alami dengan anak-anak.

Kebiasaan menyikat gigi yang tidak biasa. Selain tradisi menyikat gigi saat mandi dan malam hari sebelum tidur. Kalo saya dan  suami punya kebiasaan menyikat gigi di pagi hari itu bukan saat mandi. Namun, sesudah sarapan pagi. Usai menyikat gigi baru kami berpakaian seragam kantor. Lanjut berangkat kerja. Lalu ada juga kebiasaan teman saya yang selalu menyikat gigi setiap usai makan besar. Jadi kalo ia bawa bekal makan ke kantor atau makan siang di restoran. Teman tersebut selalu membawa sikat gigi dan menyikat giginya setiap usai makan. Pokoknya setelah ia makan yang agak banyak, ia pasti sikat gigi. Dimana saja dan kapan saja.


Anak Lebih Rentan Sakit Gigi

Hampir semua orang pernah merasakan sakit atau mengalami keluhan terhadap giginya. Sakit gigi itu muncul karena gigi kita ada yang berlubang. 

Menurut Instagram @sashaindonesia 92%* gigi berlubang dialami oleh anak-anak. Anak-anak paling suka makanan dan minuman manis, seperti permen, ice cream, cokelat , minuman cepat saji dan lain sebagainya. Lalu 88%* gigi berlubang dialami oleh orang dewasa. 

Gigi berlubang sama dengan plak, zat lengket di mulut akibat adanya tumpukan kuman atau bateri yang mengubah makanan menjadi asam. Selanjutnya, asam pada plak bisa merusak enamel pelindungan gigi hingga membuat gigi berlubang. 

4 Penyebab Gigi Berlubang

1.Terlalu banyak konsumsi makanan dan minuman yang manis atau asam

2.Penggunaan rutin obat-obatan, suplemen, vitamin atau produk herbal yang mengandung gula

3. Jarang menyikat atau membersihkan gigi

4. Tidak menggunakan sikat gigi yang mengandung Fluoride

Nah, mari kita cek ricek dulu mengenai kebiasan dan tradisi mengkonsumsi berbagai jenis makanan keluarga kita. Apakah keluarga kita suka menikmati makanan manis dan asam. Seberapa sering makanan dan minuman kita konsumsi bersama keluarga. Coba kita cek stok makanan di rumah, kali aja banyak yang mengandung asam atau gula, apalagi pemanis buatan. Duh, itu semua ancaman buat gigi keluarga kita.

Terus cek juga obat-obatan yang kita makan, termasuk suplemen dan obat herbal. Jangan sampai terlalu sering dan mengandung zat yang berbahaya buat kesehatan gigi keluarga kita. 

Jarang menyikat gigi, ini banyak loh orang yang lupa bahkan tidak sama sekali menyikat gigi. Dengan berbagai alasan sih, tapi tetap aja alasan apa pun itu yang membuat kita tidak sikat gigi. Adalah hal yang buruk untuk gigi keluarga kita.

Poin keempat nih penting banget, cek pasta gigi yang keluarga kita gunakan. Di pasaran banyak sekali beredar pasta gigi. Mulai dari harga yang bersaing serta kandungan zat pasta giginya yang dibutuhkan. Hampir semua pasta gigi mengandung zat yang dianggap baik untuk menunjang kesehatan gigi.

Eeeit, tapi ada yang perlu kita utamakan dalam memilih pasta gigi untuk melindungi kesehatan gigi dan mencegah gigi berlubang keluarga kita. Lihat dengan seksama, apakah pasta gigi kita mengandung FLUORIDE.

Pasta gigi yang mengandung fluoride ini penting sekali kita beli dan gunakan sehari-hari. Jadi tidak hanya asal pasta gigi saja. Kita harus cek dengan seksama sebelum membeli dan menggunakannya.

Tapi sebagai keluarga muslim, tentu saja bukannya hanya mengecek kandungan flouride saja. Sangat penting mendahulukan untuk cek apakah produk pasta gigi tersebut halal dan sesuai dengan produk syariat islam. 

Produk syariah adalah produk yang tidak mengandung bahan-bahan yang haram menurut syariat, bersih, dan suci. Menggunakan produk syariah bisa meningkatkan ketaqwaan karena Nabi Muhammad SAW menganjurkan untuk menggunakan sesuatu yang halal dan menghindari hal-hal yang belum jelas kehalalannya. 

Jadi keluarga Muslim harus utamakan untuk menggunakan produk yang syariah. Kita bisa menggunakan SIWAK untuk menyikat gigi.

Kenapa Sikat Gigi Pakai SIWAK

Selain Siwak adalah salah satu bahan dari produk Syariah. Siwak mengandung resin, fluoride alami, klorida, dan kalsium. Keempat zat ini berfungsi menjaga kekuatan akar gigi, mencegah karies, dan mencegah gigi berlubang, serta memperkuat enamel atau permukaan gigi secara berkelanjutan. 

Gunakan SASHA Pencegah Gigi Berlubang Bagi Keluarga Muslim

Kita bisa membeli dan menggunakan pasta gigi SASHA Pencegah Gigi Berlubang yang mengandung Siwak. Guna mencegah gigi semua anggota keluarga kita berlubang.

Ada dua kemasan Sasha Pencegah Gigi Berlubang di pasaran ukuran tube 150 gr dijual dengan harga Rp. 10.500 dan kemasan tube 65 gr dengan harga Rp. 4.500. 

Dengan kandungan Siwak asli, fluoride dan kalsium harga pasta gigi Sasha Pencegah Gigi Berlubang sangat terjangkau . Kita bisa membeli produk Pasta Gigi Sasha Pencegah Gigi Berlubang ini di berbagai gerai toko baik online dan offline.


Alasan Memilih Pasta Gigi Sasha Pencegah Gigi Berlubang

Pasta gigi Sasha Pencegah Gigi Berlubang adalah pilihan keluarga muslim . Sasha Pencegah Gigi Berlubang ini dapat digunakan untuk semua anggota keluarga sehari-hari. 

Selain mengandung Siwak asli, fluoride, kalsium. Pasta gigi Sasha juga memiliki sertifikat halal , tidak mengandung alkohol dan bahan yang berasal dari hewan sehingga kita nyaman dan aman menggunakannya. 

Jadi sebagai keluarga muslim yang mencintai dan mengikuti sunah Nabi Muhammad SAW sudah saatnya kita beralih menggunakan pasta gigi SASHA Pencegah Gigi Berulang yang mengandung siwak dan zat baik lainnya yang baik buat kesehatan gigi keluarga kita.

#PilihankeluargaMuslim #HijrahBerawaldariMulut #SashaHalalToothpaste 

Instagram @sashaindonesia

Diberdayakan oleh Blogger.