Menu

Selasa, 03 Desember 2019

/
Mengenal Tulisan Flash Fiction

Assalammualaikum.Wr.Wb

www.mildaini.com_ Mengenal Tulisan Flash Fiction. Hai teman-teman semua. Ada suatu siang di sebuah grup WA yang beranggotakan para penulis muda. Kami membahas mengenai flash fiction. 

Jadi flash fiction itu sejenis tulisan seperti apa. Oleh karena itu saya ingin membagikan informasi ini kepada teman-teman semua.



Kebetulan di bulan Desember ini, saya sedang melakukan sebuah audisi menulis antologi tulisan flash fiction. Kalian pada ikutan yuk!

Sebelum ikutan audisinya, mari kita kenalan dulu dengan tulisan jenis flash fiction itu seperti apa. Supaya nanti bisa menuliskan sebuah tulisan flash fiction yang menarik, penuh makna dan tentu saja inspratif.

Pengertian Tulisan Flash Fiction

Flash fiction adalah karya fiksi yang sangat singkat, bahkan lebih ringkas daripada cerita pendek. Walaupun tidak ada ukuran jelas tentang berapa ukuran maksimal sebuah flash fiction, umumnya karya ini lebih pendek dari 1000 atau 2000 kata. Rata-rata flash fiction memiliki antara 100 – 250 kata. 

Flash Fiction juga sering dikenal atau Fiksi Mini

Jadi secara umum, panjang tulisan flash fiction ini adalah sepanjang 100-200 kata. Kalo di asumsikan kedalam sebuah tulisan di word atau di kertas HVS polio atau kuarto. Maka tulisan sepanjang 100-200 kata itu hanya satu halaman saja.

Lumayan pendek dan singkat. Namun, bukan karena pendek atau singkat, menulis flash fiction akan menjadi lebih mudah. Oh, tentu saja kamu salah. Untuk sebagian besar orang, banyak yang mengalami kesulitan jika harus menulis cerita flash fiction. Menulis cerita sangat pendek itu sulit juga.

Hal-hal penting yang ada di Flash Fiction atau Fiksi Mini

1. Berpikir minimalis.
2. Karakter harus kuat.
3. Setting cerita harus terjadi di satu tempat dan satu waktu. 
Misalnya di kamar, di pinggir jalan, atau di toilet.
4. Konflik selesai saat itu juga.
Diksi (pilihan kata) yang kuat 
5. Ending yang mengejutkan, (twisted ending, plintiran cerita)
6. Alur cerita cepat 
7. Cerita jangan bertele-tele 
8. Adegan Satu, Konflik dan  Setting waktu Satu

Wow, lumayan padat ya isi sebuah fiksi mini atau flash fiction ini yah. Namun, apa salahnya untuk dicoba. Bagi sebagian penulis yang tidak suka bertele-tele dalam bercerita. Maka pilihan menulis fiksi mini adalah kesempatan yang baik untuk menyalurkan hasrat untuk menulis.

Nah, bagaimana dengan kamu, apakah kamu tertarik untuk menulis Fiksi Mini. Jika ingin tantangan, coba ikuti audisi yang sedang saya gelar ya.



Kamu bisa mendaftar melalui Instagram atau fanspage. Kamu bisa memilih paltform yang pas untuk kamu, sesuai dengan media sosial yang kamu gunakan.

Berikut kamu tinggal klik saja Daftar Via Instagram atau kamu bisa Daftar Via Fanspage. Nanti setelah kamu kirim naskahnya, kamu silakan komen DONE di Instagram atau fanspage juga ya. 




Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.