Menu

Senin, 17 Juni 2019

/
Assalammualaikum.Wr.Wb

www.mildaini.com_ Pada tahun 2015 kementrian pendidikan dan kebudayaan mencanangkan aebuah gerakan besar, yaitu gerakan literasi sekolah. Pemerintah menyadari bahwa setiap sekolah seharusnya menjadi tempat yang nyaman bagi siswa dan guru. Sekolah menjadi tempat yang nyaman jika siswa dan guru serta tenaga kependidikan di sekolah membiasakan sikap dan perilaku positif sebagai cerminan insan pancasila yang berbudi pekerti luhur, demikian juga halnya dengan lingkungan masyarakat. 

Pemerintah mempunyai peran penting dalam pendidikan karakter bangsa. Oleh karena itu pemerintah bersama -sama dengan masyarakat harus ikut ambil bagian dalam gerakan ini untuk menciptakan ekosistem pendidikan dan kebudayaan yang berorientasi pada penumbuhan budi pekerti

80 Peserta bersama Panitia dan Narasumber usai acara pembukaan
Sejalan dengan itu, di dalam undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional pada pasal 4 ayat 5 dinyatakan bahwa upaya mencerdaskan bangsa dilakukan melalui pengembangan baca tulis dan hitung bagi segenap warga masyarakat.

Dalam rangka itu pula pada tanggal 18 Agustus 2015 Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan meluncurkan suatu gerakan penumbuhan budaya baca tulis yang bertajuk Gerakan Literasi Sekolah dengan tema Bahasa Penumbuh Budi Pekerti. 


Gerakan ini merupakan implementasi peraturan Menteri Pendidikan dan kebudayaan nomor 23 tahun 2015 tentang penumbuhan budi pekerti ,kemudian dituangkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomer 23 tahun 2015 . Peraturan yang menginisiasi kegiatan membaca bagi siswa selama lima belas menit sebelum masuk ke kegiatan belajar-mengajar itu merupakan bagian penting dari permulaan penumbuhan budaya literasi. 


Salah satu kegiatan yang mendukung penumbuhan budaya literasi adalah kegiatan bimbingan teknis literasi baca tulis, seperti Bimtek Fasilitator Literasi Baca Tulis Tingkat Regional Sumatra.

40 Orang kelas B, yang berisikan para pegiat literasi, usai Praktik Baik Berliterasi
Tujuan Kegiatan 

Kegiatan Bimtek ini dilaksanakan guna mendukung penumbuhan  budaya literasi dalam rangka gerakan literasi regional dengan memilih sejumlah fasilitator untuk dilibatkan dalam praktik baik berliterasi baca tulis di daerah.

Hasil yang diharapkan

Bertumbuhnya budaya literasi dan terpilihnya sejumlah fasilitator untuk dilibatkan dalam praktik baik berliterasi baca tulis tingkat provinsi


Waktu dan tempat pelaksanaan

Kegiatan Bimtek ini dilakukan di Hotel Pangeran, Jalan Sudirman No 371-373 Pekanbaru, 17-21 Juni 2019

Hotel Pangeran, tempat lokasi kegiatan berlangsung
Bentuk Pelaksanaan

Pemaparan, ceramah, tanya jawab, bimbingan dan praktik

Pelaksana kegiatan

Subbidang pembelajaran sastra, bidang pembelajaran ,pusat pembinaan bahasa dan sastra, badan pengembangan bahasa dan perbukuan

Panitia Pelaksana, Usai Penutupan Acara
Penilaian

Dari proses bimbngan teknis ini, akan dilakukan penilaian yang mencangkup komponen berikut.

Nilai Tes dan Nilai Proses

1. Nilai Tes

a. Tes awal - akhir (10%)
b. Kemampuan membaca (praktik membaca, 20 %)
c. Kemampuan menulis (praktik menulis, 20 %)
d. Perencanaan Aksi ( RPP atau Skenario Aksi, 20 %)
e. Pengajaran Mikro (praktik mengajar, 20%)

2. Nilai Proses

a. Kehadiran
b. Keaktifan
c. Kreativitas
d. Kerjasama 

Baca Juga : Temu Sastrawan Sumatra 

Peserta Kegiatan

Guru SD/MI , Guru Bahasa Indonesia SMP/MTs, guru bahasa Indonesia SMA/SMK/MA, pengiat literasi, staf balai/kantor bahasa yang sudah pernah mengikuyibbimtek valon tenaga penyuluh yang semuanya berjumlah 80 orang

Daftar Peserta Dari Aceh dan Sumatra Utara

Narasumber dan Materi 

1. Dr.Tengku Syarfina, M.Hum
Kebijakan GLN Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan

2. Drs.Songgo A.Siruah, M.Pd
Upaya pembinaan Budaya Literasi Baca Tulis di Provinsi Riau oleh Balai Bahasa Riau

Daftar Peserta Dari Babel, Sumsel dan Sumbar

3. Prof. Dr. Djoko Saryono, M.Pd
Upaya Pembinaan Bahasa Melalui Pembudayaan Literasi Baca Tulis dan Bernalar Aras Tinggi (BAT) , Kecakapan Abad ke 21 dan STEM

4. . Juliana, S.S
1. Meringkas, Menulis Ulang dan Mengkonversi Teks
2. Praktik Meringkas, Menulis Ulang dan Mengkonversi Teks
3. Teknik Swasunting
4. Praktik Swasunting
5. Praktik Baik Berliterasi Baca Tulis

Daftar Peserta Dari Riau, Kepulauan Riau,  Lampung


5. Prima Hariyanto, S.Hum
1. Jenis, Strategi dan Teknik Membaca
2. Praktik Membaca Berbagai Jenis Teks
3. Teknik Menangkap Ide dan Menulis Kreatif Berbagai Jenis Teks Bacaan
4. Praktik Menulis Kreatif
5. Praktik Baik Berliterasi Baca Tulis


6. Muhammad Iqbal, M.Pd
1. Jenis, Strategi dan Teknik Membaca
2. Praktik Membaca Berbagai Jenis Teks
3. Teknik Menangkap Ide dan Menulis Kreatif Berbagai Jenis Teks Bacaan
4. Praktik Menulis Kreatif
5. Praktik Baik Berliterasi Baca Tulis

Daftar Peserta Dari Jambi dan Bengkulu


7. Asmawati, S.Pd
1. Gerakan Literasi Sekolah dan Cara Pengelolaan Pojok Baca Tulis
2. Strategi Literasi Baca Tulis Dalam Pembelajaran
3. Membuat RPP
4. Meringkas, Menulis Ulang, dan Mengkonversi Teks
5. Praktik Meringkas, Menulis Ulang, dan Mengkonversi Teks
6. Praktik Baik Berliterasi Baca Tulis

8. Suriyati, S.Sos
1. Gerakan Literasi Masyarakat dan Cara Pengelolaan Komunitas Literasi
2. Menciptakan Kreasi dan Inovasi Literasi Baca Tulis di Masyarakat
3. Membuat Rencana Aksi
4. Teknik Menangkap Ide dan Menulis Kreatif Berbagai Jenis Teks Bacaan
5. Praktik Menulis Kreatif
6. Praktik Baik Berliterasi  Baca Tulis

Bersama Narsum Perempuan - Ibu Juliana-Suriyati-Asmawati. Pegiat keren itu berkacamata :)

Saya di Bimtek Literasi Baca Tulis 

Saya mewakili Bengkulu bersama tujuh teman yang lainnya. Dari Komunitas literasi Forum Lingkar Pena. Saya berharap dengan mengikuti kegiatan ini. Bisa menambah wawasan dan informasi mengenai Gerakan Literasi Nasional terutama Literasi Baca Tulis. Termasuk bisa meng-eksplore Pekanbaru. Sebab saya baru pertama kali berkunjung ke negeri Lancang Kuning ini. Di tanah melayu yang selalu lekat dengan pantun. 


Teman-teman saya yang lainnya adalah...

1. M. YUSUF, S.Ag, Dari Kantor Bahasa Bengkulu
.
2. ROMMI ROESTAM, S.Sn., Dari Himpunan Perupa Bumi Rafflesia

3. 8. JAYU MARSUIS, S.Pd., Guru SMPN 5 Kota Bengkulu
.
4. MAYA PRANSISKA, M.Pd., Guru SMP 1 Bengkulu Selatan
.
5. CUT RATNA YANTI,S.Pd., Komunitas Penulis HaeS
.
6. AHMAD KHOIRUS SALIM, S.S.,Dari Kantor Bahasa Bengkulu
..
7. BUDI DARMAWAN, S.Pd., Guru SMAN 12 Bengkulu Utara
.
Bersama teman-teman komunitas Forum Lingkar Pena yang hadir di Bimtek ini
Selain itu, saya juga sangat senang bisa bertemu dan silaturahim langsung dengan teman-teman yang juga tegabung di komunitas Forum Lingkar Pena. Jadi Bimtek ini menyatukan dan mempertemukan kami semua. 

Saya bersama Ibu Maya dan Ibu Cut Perwakilan Bengkulu, usai acara Pembukaan
Terima kasih Kantor Bahasa Bengkulu, sudah memilih saya dan teman-teman.  Ini kesempatan yang luar biasa untuk saya belajar dunia Literasi dari berbagai kalangan. Saya senang sekali. Semoga kami bisa berkotribusi pada berbagai kegiatan Kantor Bahasa dan Literasi. 






19 comments

Waalaikumsalam kak! Seru bener kelihatannya kegiatannya.. semoga dengan upaya ini, minat baca semua kalangan di berbagai daerah semakin tumbuh ya kak

Reply

Eh ada Kak Yunita juga ikut ya mba 😍 wah reuni, semoga dengan program begini kita makin melek Literasi

Reply

wah senangnya bisa ikutan acara keren ini...semoga ilmu yang didapat bermanfaat. .

Reply

Wah...bangga banget yak bisa memperdalam ilmu literasi. Saya juga apresiasi dengan bimtek seperti ini supaya anak2 atau generasi milenial jgn hanya kenal huruf di hape atau di laptop aja...

Reply

Seruuuu buangeett!
Selalu bangga kalo lihat semangat literasi senantiasa hidup di muka bumi
--bukanbocahbiasa(dot)com--

Reply

Konon kita lemah di Literasi tapi makin hari ke hari salah satunya kayak ada event gini. Makin melek lah ya

Reply

Beruntung banget mba terpilih jadi wakil daerah untuk acara ini. Semoga ilmunya bermanfaat dan bisa menumbuhkan minat baca untuk orang banyak. Aamiin.

Reply

Wah seneng ya jadi ajang reuni , ilmunya dapet silahturahmi berjalan .jadi makin terbuka dengan mari membaca , sukses y mba

Reply

Sedih banget ya acaranya Jadi bisa reuni sekaligus silaturahmi juga ya, Mbak keren banget

Reply

Program budaya membaca ini tentu saja sangat memotivasi khususnya masyarakat untuk lebih berdayakan literasi. Karena dari membaca lah segala informasi di dapat dan bisa lebih bijak mentelaah berita yg ada

Reply

Seru ya mba, ketemu temen2 yang seminat. Plus biar nambah pengetahuan tentang literasi. Sukses terus mba.

Reply

uniknya cantik Mak, cocok banget jadi kayak muda lagi. Semoga lulus tesnya ya biar jadi fasil nasional. keren deh

Reply

Penting banget ya mdlek literaai , acaranya keren banget, mba. Bermanfaat dan juga bisa memberu ilmu

Reply

mba milda, sejauh ini apakah sekolah2 sudah menerapkan wajib membaca 15 menit sebelum pelajaran di mulai?
seingat saya, dulu udah pernah dihimbau, tapi belum ada sekolah yang menerapkan himbauan itu. mungkin sosialisasi pentingnya membaca 15 menit ini gak sampai ke hati Bapak/Ibu Kepala sekolah kali ya mba..

Reply

Kegiatan bermanfaat ini semoga diadakan secara rutin. Sayangnya saya belum lihat kegiatan serupa ada di kota2 lain. Atau saya yang kudet? Hehhehe

Reply

Senangnya bisa berkumpul dengan sesama pegiat literasi di suatu acara. Semoga lebih banyak acara serupa di berbagai daerah.

Reply

MasyaAllah, kereeb banget BU, bisa menjadi salah satu perwakilan

Reply

Asyik banget bimteknya mba, semoga ada kesempatanku untuk ikutan acaranya, selalu tertarik menambah ilmu seputar literasi..

Reply

Alhamdulillah ya mbak dapat mengikuti kegiatan Bimtek Literasi ini, semoga program ini terus berjalan sehingga manfaatnya akan terasa kepada masyarakat.

Reply

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.