Menu

Selasa, 11 Juni 2019

/
Assalammualaikum.Wr.Wb

www.mildaini.com_ hari ini saya bersama dengan teman-teman lainnya, diundang ke kantor Bahasa Bengkulu. Sejak pindah ke kantor baru, saya belum pernah main ke Kantor Bahasa. Paling  datang kalo diundang ke berbagai acara atau kegiatan Kantor Bahasa saja.
Kantor Bahasa yang baru ini, lokasinya satu tempat dengan kantor LPMP Bengkulu, di Jalan Zainul Arifin atau sering disebut daerah Kompi.

Sore itu, sekitar jam empat sore saya sampai di kantor Bahasa. Di sana rupanya sudah ada Bapak Jayu, Bapak Budi dan beberapa teman-teman dari kantor Bahasa. Teristimewa ada juga Kepala Kantor Bahasa, Bapak Karyono. Beliau dengan senyum ramah seperti biasa menyapa saya dengan ramah.

Obrolan semakin seru, sembari menunggu teman-teman yang lainnya datang. Akhirnya kami pindah ke ruangan sebelah. Di ruangan aula kami semua berkumpul. Hari ini ada delapan orang yang seharusnya hadir. Namun ada satu orang, ibu Maya yang berhalangan hadir karena berada di Manna. Bengkulu Selatan.

Rencana pertemuan sore ini adalah mendengarkan arahan dari kepala Kantor Bahasa kepada para utusan Bengkulu yang akan mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis Fasilitator Baca Tulis Regional Sumatra di Pekanbaru, yang akan dilaksanakan pada tanggal 17-21 Juni 2019.
Dalam foto ini Ibu Cut belum datang sedangkan Ibu Maya  berhalangan datang sebab jauh


Sharing dari Para Senior

Menurut informasi dari bapak Karyono, bahwa rombongan kami ini adalah utusan yang keempat dengan jumlah peserta yang paling banyak. Sebab tiga acara sebelumnya, hanya diikuti oleh utusan paling banyak tiga orang saja.

Dari teman-teman kantor Bahasa, ada Bapak Halimi Hadibrata, M.Pd dan Bapak Syamsurizal, S.S.,M.Hum atau sering juga disapa dengan sebutan Uda Ijal. Mereka ini sudah pernah mengikuti Bimtek seperti ini sebelumnya. Bapak Halimi, ikut bimtek yang pertama kali sedangkan Uda Ijal, baru bulan April 2019 yang lalu. Jadi cerita dan pengalaman Bimtek ini menjadi informasi yang penting bagi kami. 

Mereka berdua, secara bergantian, menyampaikan sharing dan pengalaman . Bagaimana kegiatan Bimtek fasilitator sebelumnya sehingga kami para peserta yang baru akan berangkat ini memiliki gambaran awal, mengenai pelaksanaan dari Bimtek yang akan dilaksanakan di Pekanbaru nanti.

Arahan dari Kepala Kantor Bahasa Bengkulu

Dalam arahannya, bapak Karyono berharap kepada kami semua yang berjumlah delapan orang ini . Agar bisa mengikuti semua kegiatan dengan baik. Beliau juga memastikan semua hal yang berkaitan dengan administrasi, syarat dan ketentuan termasuk ,mengenai akomodasi dan transportasi sudah diurus dengan baik. 

Kali ini yang ,menjadi koordinator kegiatan ini adalah Bapak Yusuf dari Kantor Bahasa sendiri.

Bapak Karyono berharap semua peserta dapat saling mendukung dan saling membantu satu sama lainnya. Hal ini karena yang berangkat memang delapan orang. Namun semua peserta tetaplah membawa nama Bengkulu. Jadi apa pun yang dilakukan sekiranya dapat memberikan efek positif terhadap kemajuan Bengkulu. Terutama untuk kemajuan literasi Bengkulu.

Bapak, Karyono juga ingin, semua peserta dapat memberikan penampilan terbaik dan bisa menyerap semua informasi dengan baik. Harapan beliau semua peserta dapat memberikan hasil yang terbaik untuk kemajuan perkembangan literasi terkhusus untuk Bengkulu. Baik secara pribadi, komunitas atau secara pendidikan formal. Seperti melalui sekolah.

Untuk diketahui, delapan orang utusan dari Bengkulu ini mewakili Kantor Bahasa Bengkulu. Terbagi menjadi dua kelompok. Empat orang perwakilan dari pegiat literasi baca tulis .Sedangkan empat orang lainnya merupakan perwakilan dari guru.

Bapak Karyono, menutup pertemuan sore menjelang Maghrib ini dengan berharap agar para peserta dapat menjaga kesehatan sehingga bisa tiba tepat waktu dan mengikuti semua rangkaian kegiatan selama lima hari tersebut dengan baik.




Saya Bersemangat Mengikuti Bimtek 

Saya juga sangat senang dengan adanya pertemuan ini sehingga bisa mendapatkan gambaran awal serta motivasi dari bapak Karyono untuk mengikuti Bimtek ini dengan baik. Apalagi awalnya saya sempat bingung, sebab kebetulan sekali pada tanggal 13 Juni 2019 akan berangkat ke Palembang, untuk menghadiri pernikahan keponakan kami. Memang sudah berkonsultasi dengan panitia pusat juga, apakah bisa berangkatnya dari Palembang menuju Pekanbaru. Ternyata diperbolehkan, dengan syarat bahwa saya tidak akan terlambat pada tanggal 17 Juni 2019 tersebut. Pada saat acara pembukaan, saya sudah hadir di lokasi.

Daftar Nama Peserta Bimtek Dari Bengkulu 
.
1. M. YUSUF, S.Ag, Dari Kantor Bahasa Bengkulu
.
2. ROMMI ROESTAM, S.Sn., Dari Himpunan Perupa Bumi Rafflesia
.
3. MILDAINI,S.Pd, Dari Komunitas Forum Lingkar Pena
.
4. MAYA PRANSISKA, M.Pd., Guru SMP 1 Bengkulu Selatan
.
5. CUT RATNA YANTI,S.Pd., Komunitas Penulis HaeS
.
6. AHMAD KHOIRUS SALIM, S.S.,Dari Kantor Bahasa Bengkulu
..
7. BUDI DARMAWAN, S.Pd., Guru SMAN 12 Bengkulu Utara
.
8. JAYU MARSUIS, S.Pd., Guru SMPN 5 Kota Bengkulu

Terima kasih kantor Bahasa, terima kasih Bapak Karyono atas kesempatannya. 

Untuk kamu yang ingin tahu mengenai kegiatan dunia literasi di Bengkulu dan Indonesia. Main aja langsung ke kantor Bahasa Bengkulu.

Alamat: Jl. Zainul Arifin No.mor 2, Tim. Indah, Singaran Pati, Kota Bengkulu, Bengkulu 38225. Telepon: (0736) 5612999. Provinsi: Bengkulu

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.