Menu

Selasa, 18 Oktober 2016

/

Assalammualaikum Wr. Wb

Hari ini akan segera dimulai dilakukannya kegiatan Musyawarah Nasional (Munas) Sastrawan Indonesia 2016. Kegiatan ini berlangsung sejak tanggal 18 - 20 Oktober 2016 di hotel Bidakara, Jakarta Selatan. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan sastrawan yang berasal dari semua provinsi di Indonesia. Sastrawan yang akan hadir sekitar 107 orang. Panitia atau undangan ini dari Pusat Pembinaan , Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Saya dan teman saya Rumasi alhamdulillah mewakili Bengkulu. Saat ini kami sudah berada di lokasi dan siap mengikuti rangkaian kegiatan Munas ini dengan hati yang senang. Saya juga sangat gembira karena akan bertemu dengan banyak sastrawan yang keren dan hebat yang berasal dari berbagai daerah. 


Tema Musyawarah Nasional Sastrawan Indonesia 2016 ini adalah 'Peran Sastrawan dalam Pendidikan Karakter Masyarakat'

Menurut informasi dari ketua panitia, ibu Nilam Sari. Selama tiga hari akan banyak sekali materi yang akan diterima oleh peserta Munas. Siap-siap, saya jug sudah menyiapkan jiwa dan raga untuk mengikuti semua materinya dengan seksama. Apalagi fasilitasnya enak, bikin nyaman dan betah.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangkaian peringatan Bulan Bahasa dan Sastra 2016

Adapun materi selama kegiatan Munas ini adalah sebagai berikut

1. Kebijakan badan bahasa oleh Danang Sunendar

2. Kebijakan pembinaan sastra oleh Gufran Ali Ibrahim

3. Membangun jejaring sastra global oleh Remi Sylado

4. Peran media massa (cetak, elektronik dan siber) dalam pengembangan dan pembinaan sastra oleh Putu Fajar Arcana

5. Industri buku sastra dan minat baca masyarakat oleh Nirwan Dewanto

6. Gerakan literasi sastra oleh Maman Suherman

7. Multikulturalisme: kultur etnik dalam sastra Indonesia oleh Maman S Mahayana

8. Memupuk pendidikan karakter dengan membaca sastra oleh Dino Umahuk

Kedelapan materi tersebut akan disampaikan selama tiga hari. Pada tanggal 18 Oktober, acara dimulai pukul 20.00 wib atau pukul delapan malam karena para peserta baru chek in sekitar jam 14.00 wib. Atau jam dua siang. Malam pertama dimulai dengan pembukaan dan lanjut materi sampai jam 22.00 wib .

Pada hari kedua, tanggal 19 Oktober 2016, acara dimulai sejak pukul 09.00 wib sampai dengan jam 22.00 wib. Hari kedua padat merayap dan siangnya digelar rapat komisi dan lanjut dengan sidang pleno.

Pada hari ketiga, dari pagi, hingga jam sebelas siang. Lanjut denga membacakan hasil sidang atau plenaoSetelahnya peserta pulang dan acara Munas selesai. Selama acara semua peserta menginap di hotel.

Nanti saya lanjut ya dengan menuliskan, siapa saja para sastrawan yang hadir di acara Munas ini, siapa tahu kalian ada yang kenal. Atau malah kalian yang ikutan , yang membaca ulasan ini ;D 



Salam literasi
1 comments:

Aku suka dunia sastra, Mbak. Wasuh, pengen ikut. :( Ditunggu ulasan selanjutnya, Mbak. :)

Reply

Terima ksih sudah mampir dan komen di blog saya. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.