nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Negara-Negara Dengan Biaya Kuliah Termurah


Assalammu'alaikum Wr. Wb

Kuliah murah di luar negeri bukan lah hal yang mustahil. Jika dihitung-hitung, biaya per semester atau per tahunnya bisa hampir sama atau bahkan lebih  murah dari biaya kuliah di negara kita. Kesempatan kuliah di luar negeri  tersebut bahkan bisa semakin murah  lagi dengan beasiswa. Negara-negara dengan uang kuliah  murah tersebut, mereka juga memberikan kesempatan beasiswa yang bisa  kita manfaatkan. Sehingga, uang kuliah yang kita tanggung  bukan murah lagi, melainkan gratis.

Biasanya, beasiswa yang banyak dicari adalah beasiswa S2. Selain mengandalkan penawaran beasiswa dari kampus tujuan, bagi mereka yang sudah bekerja setelah lulus, beasiswa dari sponsor seperti perusahaan atau lembaga tempatnya bekerja juga banyak member peluang. Biaya yang diberikan pun tidak hanya  untuk kuliah, tapi juga biaya hidup. Biasanya, juga termasuk untuk biaya hidup bersama keluarga selama di sana bagi yang sudah menikah.

Daftar  Negara   dengan Biaya Kuliah Termurah
Beberapa Negara  dengan biaya kuliah termurah tersebut antara lain Italia, Spanyol, Yunani, Taiwan, dan Jerman. Di Italia, untuk program sarjananya, di PTS biaya kuliah per tahunnya sekitar 250 jutaan dan untuk PTN-nya jauh lebih murah, per tahun hanya sekitar 13 sampai 15 jutaan saja. Dari segi biaya hidup pun terbilang bersahabat untuk mahasiswanya.

Sama-sama di Eropa, Spanyol pun menerapkan biaya murah  untuk pendidikan di perguruan tinggi. Namun, tentu   saja kualitas pendidikannya juga tetap diperhatikan sehingga tidak perlu diragukan.  Kisaran biaya per tahunnya untuk yang mengambil pendidikan di lembaga public Negara tersebut sekitar 10 sampai 21 jutaan. Tentu saja  jika mengambil program pasca sarjana, S2 biayanya lebih tinggi dari itu. 

Berbeda dengan Yunani, bukan hanya murah tapi juga memberikan kesempatan kuliah gratis bagi mahasiswa luar negeri mereka. Namun, tentu hanya untuk negara tertentu saja, yaitu negara-negara Uni Eropa. Bahkan, kuliah gratis tersebut bisa didapatkan hingga jenjang S3, namun tentu ada pengecualian  pada beberapa gelar yang akan diambil. Sedangkan untuk kita yang bukan berasal dari negara Uni Eropa, biaya per tahun kuliahnya sekitar 23 jutaan.
Bagi mahasiswa asal Asia, khususnya Indonesia biasanya memilih Australia seperti di Universitas Queensland 


Dan Universitas Melbourne untuk kuliah luar negerinya. Alasannya karena negara ini dekat dan dari segi biaya cukup terjangkau, padahal jika ingin dekat dan murah bisa juga memilih Taiwan.  Biaya kuliah per tahunnya sekitar 23 sampai 28 jutaan.

Terakhir, sebagai negara yang ada di Eropa dan terkenal dengan kualitas pendidikannya, maka selain menerapkan biaya sekolah  dan kuliah yang murah, untuk mahasiswa internasional, Jerman memberikan kesempatan kuliah gratis untuk beberapa negara. Untuk biaya kuliah per tahun di sana, sekitar 151 jutaan dan itu sudah terhitung dengan akomodasi makan, transportasi, hingga kursus selama di sana.

Dada, salam, kuliah di luar negeri, siapa takut?

Baca Juga

Related Posts

29 comment

  1. Semangat u tuk yang muda muda berprestasi dan berkompetisi..tapi jangan lupa pulang ya..membangun negeri

    BalasHapus
  2. wahhh iya ya murah banget... mungkin nanti bisa saya fikir2 untuk melanjutkan kesana... salah satu perguruan tinggi disana

    BalasHapus
  3. Dari dlu pengen sekolah ke luar negeri tapi belum kesampaian. SMoga anak saya bisa sekolah keluar negeri dengan bantuan beasiswa. Ingin sekali mba Milda :)

    BalasHapus
  4. Semoga bias lanjut Kuliah Lagi, Hahahha. Semangat !!!!

    BalasHapus
  5. Dari dulu ingin kuliah di luar negeri :'( ingin merasakan pengalaman yang berbeda aja. Tapi ya belum kesampaian, kemampuan dan keberaniannya masih kurang. ijin dari orang tua jg susah hehe :v

    BalasHapus
  6. Wah, ternyata kuliah di Jerman lumayan juga ya... Senangnya, kalo kita bisa ikutan gratis hi hi hi..ngareep :)

    BalasHapus
  7. Semoga anak saya kelak bisa juga merasakan belajar ke berbagai negara :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, semoga ya mba, saya juga berharap begitu

      Hapus
  8. Impian kuliah di luar negeri ku adalah ke Jepang.

    Selain pingin belajar keilmuan di bidangku secara mendalam, pingin jg punya kebiasaan-kebiasaan orang sana yang mengadopsi adab Islami.

    Semoga terwujud.
    Aamiin.

    BalasHapus
  9. Sulit ya mbak untuk mewujudkan mimpi berkuliah diluar negeri karena kebanyakan biayanya pada mahal dan meskipun diatas itu sudah termurah tapi gaya hidup yang berbeda pasti sama saja mbak dengan yang lain.

    BalasHapus
  10. aku pernah punya niat lanjut S2 tapi karena biayanya terlalu mahal langsung mundur deh :)

    BalasHapus
  11. Biayanya mirip-mirip lah dengan Indonesia. Semoga aku bisa kuliah di Eropa (sambil Euro Trip). Amin.

    BalasHapus
  12. Saya mulai cari-cari info kuliah di LN, karena si sulung dah SMU. Barangkali ada yang cocok, yang murah dan bagus.

    BalasHapus
  13. Waktu masih kuliah.. cita2 saya adalah cari beasiswa kuliah ke LN...

    BalasHapus
  14. Semoga bisa mengirim anak2ku sekolah di luar negeri :)

    BalasHapus
  15. wah inggris ndak masuk nominasi. berarti biaya disana mihil ya mba

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin