Menu

Kamis, 01 September 2016

/




 Assalammu'alaikum Wr. Wb

Apa kabar bumil dan busui. Semoga tetap semangat ya menjalani kehamilannya dan masa menyusui. menjadi seorang ibu itu emang sebuah anugerah yang luar biasa. Tidak semua perempuan bisa mengalaminya. Bahkan yang sudah menikah pun belum tentu bisa merasakan kehamilan dan menyusui. Oleh karena itu, sebagai wanita yang telah atau sedang diberikan kesempatan oleh Allah SWT untuk hamil dan menyusui. Kita harus selalu bersyukur dan menjaga amanah tersebut dengan baik. Jika seorang ibu hamil enjoy maka bayi di dalam kandungannya juga enjoy. Jika seorang ibu senang menyusui anaknya, maka anaknya juga akan sehat. Tumbuh secara kuat dan cerdas, berkat asupan ASI yang cukup

Namun terkadang masa kehamilan atau menyusui menimbulkan kepayahan bagi ibu hamil dan menyusui. Masa-masa mual muntah, nyeri pinggang, malas makan, pusing, kliyengan seolah ngantri saja mendatangi ibu hamil dan menyusui. Tapi meski begitu. Ibu hamil dan menyusui harus tetap menjaga kesehatan tubuh dan semangat diri.

Pada saat tidak ada selera makan, ibu hamil terkadang disarankan untuk memakan buah-buahan. Begitu juga dengan ibu menyusui, makan buah adalah suatu keharusan. Agar tubuh mendapatkan asupan gizi yang terbaik sehingga bisa memberikan ASI yang terbaik juga bagi anaknya.

Salah satu jenis buah yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui adalah buah apel. Buah apel selain manis,segar juga mengandung banyak air. Setelah makan buah apel ibu hamil dan menyusui akan terasa lebih santai dan rilek, kalo gak percaya cobain aja deh.

Di dalam buku saya yang berjudul Nutrisi Pintar Ibu Hamil dan Menyusui. Buah apel sangat baik dikonsumsi oleh busui dan bumil yang bergolongan darah AB. Selain itu apel juga baik dikonsumsi oleh golongan darah A dan O.  


Satu porsi apel mengandung kalium, pektin, dan selulosa. Pektin banyak terdapat dalam daging buah apel dan tergolong sebagai salah satu serat yang tidak larut dalam air. Sedangkan selulosa banyak terkandung dalam kulit apel dan merupakan serat yang larut di dalam air

Buah apel kaya akan serat, fitokimia dan flavonoid. Kandungan flavonoid lebih banya ditemukan pada apel dibandingkan dengan buah lainnya. Fitokimia pada buah apel berfungsi sebagai antioksidan yang melawan kolesterol jahat. Yaitu, LDL, low density lipoprotein yang berpotensi menyumbat pembuluh darah. Pada saat yang sama kolesterol juga dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL high density lipoprotein) yang bermanfaat mencegah penyakit jantung dan pembuluh darah.

Apel juga mengandung asam D-glucaric yang bermanfaat mengatur kadar kolesterol hingga 35 %. Fitokimia dan flavonoid juga sangat bermanfaat untuk menurunkan junlah kejadian kanker paru-paru. Mengonsumsi buah apel secara teratur dapat membuat paru-paru berfungsi maksimal.

Oleh karena itu penting nih, bagi bumil dan busui untuk makan buah apel. Buah apel lokal juga enak dimakan ya. Apel Malang dengan warna hijaunya yang menawan membuat semakin segar apalagi kalo dimakan dalam keadaan dingin. Oleh karena itu kebanyakan orang saat makan apel lebih menyukai buah apel dingin. Jadi kalo beli apel diademin dulu deh sebentar di kulkas.

Namun saran saya, buah apel kalo sudah dikupas sebaiknya langsung dimakan ya karena apel sangat mudah mengalami oksidasi. Oksidasi itu apa ya? hmmm, begini saya gambarkan kondisinya ya supaya mudah dipahami. Jadi kalo kita makan apel dengan dikupas apelnya gak dimakan langsung, kita letakkan di dalam piring. Setelah beberapa lama, ketika kita akan makan apel yang sudah dikupas. Coba perhatikan gimana warna daging apelnya. Apakah putih atau udah berubah menjadi agak kecoklatan/hitam. Atau gak terlihat putih lagi. Kondisi yang dialami apel tadi itu yang disebut oksidasi.

Meski ada sebagian orang melakukan hal ini untuk menghindari terjadinya oksidasi, dengan merendam buah tersebut di dalam larutan air garam. Nah, kalo apelnya direndam di dalam air garam, gimana rasanya ya.  Pasti ada asinnya dikit ya. Jadi buah atau bahan makanan yang sudah kena oksidasi tentu saja tidak baik.Karena sudah terpapar zat lain yang berasal dari luar. Oleh karena itu jika mengupas apel atau buah lainnya. Langsung dimakan ya. 

Oh, ya sebagian orang juga suka makan apel langsung dengan kulitnya. Boleh gak sih, ya boleh aja. Cuma emang ada rumor bahwa kulit apel terutama yang import itu dilapisi dengan lilin. Bisa jadi benar. Saya pernah mengetesnya. Pas saya beli, saya pilih kulit yang bagus, mengkilat. Kencang kulitnya, eh pas dibuka, isinya sudah gak bagus lagi. Saya simpulkan ini kulitnya diberi apa gitu, sejenis lilin atau pengawet buah. Teman-teman pasti juga pernah mengalami hal ini ya.

Menurut saya, buah-buahan yang terlihat cantik, kulitnya mulus, warnanya mengkilap apalagi buah impor. Itu bagusnya buat buah pajangan aja, buat dekorasi. Gak baik buat dimakan, selain itu harganya juga lebih mahal :D 

Tapi yang jelas, kalo ada buah apel. Ya,jangan dianggurin, kalo gak mau boleh kirim ke rumah saya aja.
Dada, salam, selamat makan apel ya busui dan bumil.
18 comments

saya suka apel Kak, tapi kalo di mam gitu agak kurang suka. Sukanya di jus hehehhe
soalnya kadang agak ga suka sedikit masam gitu. Heheheh

Reply

Waah, apeeel. Salah satu buah favorit di keluarga saya nih Mba. Tapi biasanya nggak pernah dimakan sama kulitnya. Dikupas, dipotong kecil2, buat campuran makan eskrim atau pancake :)

Reply

golongan darahku a. cocok nih makan apel

Reply

Apel sih makanan sehari-hari saat sarapan di rumah. Iya, suka khawatir kalo makan apel dgn kulitnya. Padahal di kulit apel kan banyak vitamin yaa

Reply

Apel pake selai kacang kalau mau lebih relax lagi. Aku biasanya gitu mba. Hihi

Reply

Saya suka apel, alhamdulillah.
Langsung dimakan aja. Enak, kres2 gitu.
Hihihi, bener juga mba. Kadang milih buah apel tuh maunya yg mulus, cantik gitu. Padahal ada sesuatu yg berbahaya di sana ya.

Reply

Aku suka banget apel, dua kali hamil makan apel lebih banyak dibanding kalo nggak hamil mbak

Reply

iya, sebagian orang lebih suka kalo di jus ya

Reply

wah, kalo dicampur ama es krim ama pancake, pasti lebih enaklah

Reply

selamat ya Mba, moga sehat selalu

Reply

iya mba, kulitnya suka bikin galau, dimakan sayang dibuang apalagi

Reply

wah, cara penyajian yang baru ini mba

Reply

iya, buah pajangan istilah saya mah

Reply

iya mba, kalo gak hamil kadang lupa makan apel

Reply

Apel diapain aja enak ya mba, tapi kl diolah kayaknya hilang kandungan vit nya ya mba

Reply

Iya, enak langsung dimakan aja, kalo mau diolah bikin smoothie atau jus aja

Reply

Wah ada gitu ya kulit diawetin.... aku lbh suka apel hijau, malah kadang milih yg agak kuning. Tp lbh suka yg agak asem sih

Reply

iya dong, ada, mengkilat dan elok, padahal isinya keriput

Reply

Terima ksih sudah mampir dan komen di blog saya. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin