nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Aturan dan Keuntungan Membuka Bisnis SPBU

https://www.mildaini.com


Bisnis SPBU atau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum merupakan salah satu usaha yang paling menguntungkan. Biasanya bisnis ini banyak dijumpai di berbagai daerah, mulai dari tengah kota hingga wilayah pedesaan. Bahkan angka permintaannya selalu mengalami kenaikan yang signifikan.

Selain modal yang kecil, bisnis pom bensin ini juga mampu menghasilkan keuntungan yang besar. Pasalnya kebutuhan akan bahan bakar akan selalu dibutuhkan sampai waktu yang tidak bisa diperkiraan. Sehingga tak heran jika banyak orang yang ingin membuka bisnis pom SPBU.


Syarat dan Aturan Membuka Bisnis Pom SPBU


Meskipun bisa mendatangkan sejumlah keuntungan, namun membuka usaha SPBU tidaklah sembarangan. Ada syarat dan aturan yang harus dipenuhi sebelum menjalin hubungan kerja sama dengan pihak Pertamina, yaitu:

Mempunyai legalitas usaha dalam bentuk Badan Usaha atau Badan Hukum, contohnya: CV, Koperasi, atau PT.

Melengkapi dokumen KTP, NPWP, dan Akta Perusahaan.

Memiliki lahan untuk digunakan sebagai tempat pembangunan SPBU.

Mempersiapkan modal yang cukup (investasi dan modal kerja).

Melengkapi dokumen dan persyaratan lain dari Pemerintah Daerah.


Keuntungan Membuka Bisnis Pom SPBU


Modal yang dibutuhkan untuk membuka pom bensin atau SPBU mulai dari Rp 250 juta saja. Harga ini termasuk kecil jika dibandingkan dengan jumlah balik modal yang didapatkan. Selain itu bisnis juga juga memiliki banyak keuntungan, seperti:

1. Laba yang Besar

Ketika membuka usaha SPBU, laba yang didapatkan jumlahnya dijamin besar. Hal tersebut didasari dengan kebutuhan masyarakat akan bahan bakar untuk kendaraan. Sehingga bisnis ini memiliki potensi pendapatan yang menguntungan.

Bahkan dalam satu hari, sebuah pom SPBU dapat menjual puluhan ribu liter bensin atau solar. Selain itu pemilik SPBU juga bisa mendapatkan keuntungan tambahan dari tenant minimarket atau penjualan gas LPG.

2. Jumlah Pesaing yang Sedikit

Tak hanya memiliki pasar yang luas, pesaing dalam usaha SPBU relative kecil. Biasanya dalam satu kota atau daerah, keberadaan usaha ini dapat dihitung jari. Sementara itu jumlah pembelinya akan selalu meningkat sehingga keuntungan yang didapat semakin besar.

3. Tidak Membutuhkan Promosi

Umumnya saat membuka bisnis, dibutuhkan upaya promosi untuk meningkatkan angka penjualan. Namun jika bisnis yang dibuka adalah SPBU, maka pemilik tidak perlu repot-repot melakukan promosi. Pasalnya setiap orang pasti membutuhkan bahan bakar untuk kendaraannya.

4. Bisa Membuka Bisnis yang Lain

Saat datang ke SPBU, biasanya ditemui minimarket, mushola, hingga café. Selain itu ada juga kamar mandi umum dan rest area yang bebas untuk digunakan. Keberadaan mitra tersebut dapat dijadikan usaha sampingan untuk meraih keuntungan yang lebih besar.

Untuk para pelaku usaha pemula, bisnis SPBU bisa menjadi pilihan yang menguntungan. Modal yang dibutuhkan tidak terlalu besar, namun pendapatannya sangat menjanjikan. Selain itu bisnis ini juga akan selalu eksis karena banyak orang yang membutuhkannya.


Baca Juga

Related Posts

2 comment

  1. Zaman sekarang bisnis SPBU memang menjanjikan ya Mbak karena bahan bakar sekarang menurutku udah jadi bahan pokok juga...

    BalasHapus
  2. Termasuk Pertashop ini ya mba? Justru Nengsi mikirnya butuh modal yang besar kalau mau buka usaha pertashop. Hehe.. Tapi kalau ada modal emang menjanjikan sih. Nggak butuh promosi karena semua kendaraan butuh bahan bakar.

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin