nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

5 Destinasi Wisata Seru di Kota Blitar

Saat ini, kereta telah menjadi alat transportasi favorit banyak orang terlebih bagi mereka yang tinggal di wilayah PUlau Jawa. Selain cepat, nyaman, naik kereta terbilang seru karena bisa melihat pemandangan alam yang asri di sepanjang jalan melalui jendela besar di bagian kiri dan kanan. 

Nah, kini seiring berjalannya waktu, memesan tiket kereta pun tak perlu ngantri di stasiun. Anda bisa booking tiket kereta online melalui Traveloka yang terbukti aman, praktis, bahkan banyak diskon menarik yang sayang untuk dilewatkan.

Salah satu destinasi pilihan yang bisa dituju dengan kereta ialah Kota Blitar. Apakah Anda berencana liburan ke kota-kota kecil dengan kereta? Jika ya, maka Blitar bisa jadi salah satu kota yang menarik untuk dikunjungi. Mulai dari wisata kuliner hingga sejarah, berikut ini daftar tempat wisata di Blitar. 


https://www.mildaini.com



Tempat Wisata di Blitar


1. Gumuk Sapu Angin

Di Gumuk Sapu Angin ini, Anda bisa menyaksikan panorama alam dari atas bukit yang indah dan menakjubkan. Udaranya yang sejuk dan kabur putih yang menyelimuti pepohonan akan membuat pengalaman wisata di Kota Blitar tak terlupakan. Di sini juga disediakan banyak spot untuk berfoto, salah satunya spot berbentuk kapal dari bambu yang ketika berdiri di ujungnya akan terasa seperti berlayar di atas awan. 

Tak hanya itu, Anda juga bisa menyaksikan keindahan Gunung Kawi dan Gunung Kelud di antara perbukitan. Untuk bisa menikmati pemandangan luar biasa ini, Anda hanya perlu membayar Rp 5.000 - 10.000 saja per orang. 

Alamat: Desa Resapombo, Doko, Blitar – Jawa Timur


gumuk angin blitar


2. Air Terjun Jurug Bening

Selain pemandangan alam yang menawan, di Blitar juga ada air terjun cantik bernama Air Terjun Jurug Bening. Lokasinya berada di dataran rendah dan di tengah persawahan. Sehingga untuk bisa sampai ke Air Terjun Jurug Bening, Anda harus melewati area persawahan hijau yang menyenangkan. Namun, Anda juga harus menuruni perbukitan yang cukup curam dan terjal serta jalanan yang licin. Meskipun melelahkan, namun rasa lelah tersebut akan terbayar tuntas kala melihat keindahan  Air Terjun Jurug Bening. 

Air Terjun Jurug Bening ini memiliki air yang jernih, tak terlalu tinggi, dengan tebing berundak yang unik. Bagian bawahnya terdapat kolam berwarna hijau jernih yang bisa digunakan untuk berenang maupun mandi. 

Tiket masuk ke Air Terjun Jurug Bening hanya dibanderol sebesar Rp 5000 saja per orang. 

Alamat: Dusun Sumberdadi, Desa Purworejo, Wates, Blitar – Jawa Timur


3. Makam Bung Karno

Makam Bung Karno atau yang populer dengan singkatan MBK merupakan tempat dimakamkannya presiden pertama Indonesia, Soekarno. Bangunannya berbentuk rumah adat Jawa Tengah yakni Joglo dengan ukiran khas Jawa Tengah. Komplek pemakaman ini dibangun di Bendogerit, Sananwetan, Blitar, sejak tahun 1970-an.

Banyak peziarah dari berbagai kalangan dan daerah datang jauh-jauh untuk berziarah ke makam Soekarno sambil mengenang jasa-jasanya untuk kemerdekaan Indonesia. Makam Bung Karno dibuka mulai pukul 07.00-17.00 wib.


makam bung Karno


4. Kampung Coklat

Kampung Coklat merupakan wisata edukasi yang berlokasi di Jl. Banteng - Blorok No. 18, Desa Plosorejo, RT. 01 / 06, Kademangan, Plosorejo, Kademangan, Blitar, Jawa Timur. Wisata Kampung Coklat ini telah didirikan sejak tahun 2014 silam.

Sebelum dibangun sebagai Kampung Coklat, kawasan tersebut dulunya bernama Gapoktan Guyup Santosa yang dibangun oleh Kholid Mustofa. Seperti namanya, Kampung Coklat menyajikan ragam wisata kuliner yang terbuat dari coklat. Tak hanya itu, Kampung Coklat juga mengajarkan pengunjung bagaimana membudidayakan tanaman kakao mulai dari biji hingga masak dan dapat dikelola menjadi aneka panganan lezat. 

Untuk bisa masuk menikmati pengalaman seru di Kampung Coklat, Anda hanya perlu merogoh kocek Rp 5.000 saja per orang yang nantinya akan digunakan sebagai biaya pengembangan wisata. Beberapa wisata yang ada di Kampung Coklat ialah kebun kakao, outlet kakao, kolam ikan, kolam perahu, panggung hiburan setiap akhir pekan, dan hingga kelas memasak. 


5. Pantai Pangi Warung Mak Guti

Siapa bilang, Blitar tak punya wisata laut yang menawan? Pantai Pangi Warung Mak Guti adalah salah satunya! Berlokasi di Dusun Krajan, Desa Tumpakkepuh, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar, atau sekitar 45 km dari Kota Blitar, pantai ini bisa ditempuh selama 1,5 jam menggunakan kendaraan roda dua. 

Meski begitu, pengunjung sebaiknya berhati-hati ketika memasuki musim penghujan. Karena jalanan cenderung licin dan tidak rata. Sesampainya di lokasi, kendaraan yang ditumpangi harus berhenti dan dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati sungai dengan jalur yang lumayan terjal. 

Meskipun melelahkan, perjalanan Anda akan terbayar saat melihat indahnya  Pantai Pangi Warung Mak Guti. Selain menikmati deburan ombak yang menenangkan, Pantai Pangi Warung Mak Guti juga merupakan salah satu lokasi favorit mereka yang hobi memancing. Anda akan menemukan banyak pemancing yang membawa tenda untuk bermalam di sekitaran Pantai Pangi Warung Mak Guti. 

Nah, itulah lima destinasi di Kota Blitar, jangan lupa booking tiket kereta online di Traveloka untuk momen liburan seru yang menyenangkan! 

Baca Juga

Related Posts

0 comment

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin