nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Kenapa BSU Belum Cair Salahnya Dimana

 Dana BSU Ketenagakerjaan Belum Cair, Salahnya Dimana



Assalamu'alaikum. Wr. Wb


Apa kabar sahabat Milda semua. Semoga selalu sehat ya, berlimpah rejeki dan kebahagiaan bersama orang-orang tersayang. 


Ada kabar baik nih, setelah kenaikan harga BBM khususnya pertalite. Pemerintah juga seolah memberikan kabar baik bagi para pekerja non Aparatur Sipil Negara atau Non ASN yang memiliki kartu BPJS ketenagakerjaan akan mendapatkan dana BSU atau yang dikenal juga dengan singkatan Bantuan Subsidi Gaji/ Upah


Program Bantuan Subsidi Gaji/Upah (BSU) 2022 diberikan 1 kali kepada pekerja/buruh sebesar Rp 600.000 yang memenuhi persyaratan.


Jadi setiap pekerja akan mendapatkan dana BSU sebesar Rp. 600.000 perorang. 


Meski demikian, kenapa masih banyak para pekerja yang memiliki kartu BPJS ketenagakerjaan yang aktif namun belum mendapatkan dana BSU. 

https://www.mildaini.com


Kenapa bisa terjadi begitu. Berikut ini saya akan berbagi berbagai kejadian atau masalah terkait pencairan dana BSU yang berujung pada tidak cairnya dana BSU tersebut. 


1. Tidak mengisi link BSU ketenagakerjaan yang benar. Terkait informasi ini banyak sekali beredar link hoaks. Oleh karena itu sebaiknya para pekerja mengisi link yang benar. 


2. Kartu BPJS Ketenagakerjaan kerjaan yang tidak aktif. Untuk pekerja penerima BSU ketenagakerjaan ini adalah bagi mereka yang memiliki kartu BPJS ketenagakerjaan yang aktif atau terdaftar. 


3. Pastikan bahwa nomer NIK sudah online dan benar. Banyak kasus nomer NIK belum online. 



4. Nomer NIK dan Kartu BPJS ketenagakerjaan yang tidak sesuai. Pada kartu BPJS ketenagakerjaan yang dibagikan kepada pekerja. Pada bagian depan. Di bagian kiri atas merupakan nomer NIK pekerja dan di bagian bawahnya adalah nomer kartu BPJS ketenagakerjaan pekerja. Pastikan bahwa nomer NIK dan nomer BPJS ketenagakerjaan ini benar. Sebab ada banyak kejadian, ternyata nomer NIK tidak sesuai sehingga ketika mengisi link BSU data tidak bisa diproses.


5. Nomer Rekening Tidak Aktif

BAU disalurkan hanya melalui rekening BRI, Mandiri, BNI dan BTN. Jadikan pastikan pekerja memiliki rekening tabungan di antara keempat bank tersebut. Pastikan juga jika sudah memiliki rekening di salah satu bank tersebut, bahwa nomer rekening itu aktif. Sebagai contoh, pada BRI, jika dia tahun akun nasabah tifak aktif. Maka secara otomatis nomer rekening akan dinonaktifkan. Hal ini pernah terjadi kepada salah satu teman saya. Ia memasukkan nomer rekening BRI. Ternyata nomere rekeningnya sudah tidak aktif lagi. Ia sudah melaporkan ke BRI, penjelasan dari BRI bahwa jika uang ditransfer ke rekening yang tidak aktif. Maka uang tersebut akan dikembalikan  ke admin Pembayaran BSU. Permasalahannya bagaimana proses selanjutnya. Apakah pekerja akan diberikan informasi mengenai hal tersebut. Kejadian pada teman saya, sampai saat tulisan ini diposting. Ia belum ada dikonfirmasi kembali mengenai hal tersebut. Oleh karena itu sebaiknya gunakan nomer rekening yang memang sudah dipastikan aktif atau sebaiknya membuat rekening baru saja. 


Nah, Teman-teman pekerja. Inilah beberapa informasi mengenai beberapa kejadian atau permasalahan yang muncul Kenapa Dana BSU Belum Cair Juga. Mungkin dari poin di atas adalah salah satu penyebabnya. 


Jika bukan karena masalah di atas  akan tetapi BSU belum cair juga, padahal sudah memasukkan data yang benar. Maka yang bisa dilakukan adalah sabar banyak berdoa semoga proses pencairannya berjalan lancar. 


Kalo Anda, bagaimana apa sudah cair BSU atau belum. Yuk berbagi cerita dan pengalaman di kolom komentar. 


Salam Hangat

Milda Ini

Folow juga Akun Instagram ku @mildaini.bkl

Nonton YouTube aku juga ya Milda Ini

Baca Juga

Related Posts

1 comment

  1. Sering banget dana BSU bikin orang-orang heboh protes karena pencairannya yang lama, tetapi hampir semua dana gitu perasaan. Padahal ini bisa disebabkan kita sendiri yang salah mengisi data, jadi harus teliti saat mengisi data. Kalau memang tidak, tapi dana belum cair ya sabar mungkin belum rezeki.

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin