nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Digital Marketing, Pengertian dan Jenis-Jenisnya Yang Perlu Diketahui

Assalammualaikum.Wr.Wb

Hai sahabat Milda, apa kabar kalian semua. Semoga selalu sehat, berlimpah rejeki dan kebahagian. Kali ini, saya mau membahas soal Digital Marketing, Pengertian dan Jenis-Jenisnya Yang Perlu Diketahui

Kegiatan pemasaran yang anda pilih ternyata akan berpengaruh besar terhadap kesuksesan dari bisnis atau perusahaan bersangkutan. Penggunaan digital marketing ternyata semakin banyak diminati oleh para pebisnis karena berbagai macam keuntungan ditawarkan didalamnya. Bahkan peluang memperoleh pasar jauh lebih luas dan tidak terbatas.

Di tengah-tengah persaingan bisnis yang semakin ketat, anda memang harus mampu memutar otak agar usaha tetap berjalan dengan baik atau bahkan dapat menguasai pasar. Jika anda ingin menjalankan metode ini untuk pemasaran, maka harus mengetahui pengertiannya terlebih dahulu serta jenis-jenis di dalamnya.


https://www.mildaini.com


Pengertian Digital Marketing


Sebagian besar dari pebisnis pastinya sudah mendengar istilah satu ini dalam kegiatan marketing atau pemasaran bukan? nah digital marketing ini sendiri merupakan kegiatan pemasaran atau promosi dari suatu produk atau brand dengan memanfaatkan keberadaan media online alias digital.

Adapun tujuannya adalah buat menarik lebih banyak konsumen ataupun calon konsumen sesuai dengan target pasar yang mereka inginkan. Seperti sudah diketahui, berkembangnya dunia teknologi dan internet, memang membuat kegiatan pemasaran semakin bergeser. Semakin banyak perusahaan memanfaatkan cara ini dibandingkan dengan cara konvensional.

Karena semakin tingginya perusahaan yang memanfaatkan metode itulah, maka kompetisi ketat pun

juga semakin terjadi. Dimana setiap perusahaan seolah berlomba-lomba buat menciptakan ide konten terbaik agar bisa menarik lebih banyak para pelanggan. Ada banyak didalam pemasaran digital seperti pemanfaatan SEO alias Search Engine Optimization tersebut.

Selain pengertian diatas, beberapa ahli pun juga mempunyai pendapat tersendiri mengenai pengertian dari digital marketing tersebut. Seperti Ridwan Sanjaya dan Josua Tarigan dimana menyatakan bahwa kegiatan marketing tersebut termasuk branding yang menggunakan berbagai media seperti website, blog, e-mail ataupun bahkan adwords.


Jenis-jenis


Sudah tahu bukan bagaimanakah pengertian dari metode pamasaran diatas? nah, marketing model

inipun ternyata juga mempunyai beberapa jenis yang perlu diketahui. Jadi sebelum anda memutuskan buat menjalankannya, maka perlu mengetahui jenisnya dahulu agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan bisnis diantaranya adalah.


1. Website


Keberadaan website atau situs memang mempunyai peran sangat penting untuk menunjukkan bagaimanakah tingkat profesionalitas dari sebuah perusahaan. Sebab berkat adanya website itulah dapat membantu para konsumen agar bisa mengetahui lebih jelas suatu usaha. Kegiatan promosi melalui web inilah lebih banyak dipilih oleh perusahaan karena dikenal lebih hemat sekaligus terjangkau dibandingkan penggunaan pemasaran secara offline ataupun via televisi.


2. Sosial Media Marketing


Selain memanfaatkan keberadaan website, penggunaan sosial media marketing ternyata juga banyak dipilih oleh para pebisnis. Keberadaan platform seperti Instagram, Facebook, Tiktok dan masih banyak lagi sudah banyak digunakan untuk kegiatan pemasaran. Terlebih lagi biayanya benar-benar terjangkau bahkan gratis sekaligus.


3. Email Marketing


Kegiatan pemasaran secara online memang tidak ada batasannya bahkan tergolong sangat banyak. Selain via website ataupun media sosial, penggunaan email marketing inipun ternyata banyak dipilih. Sesuai dengan Namanya, nantinya anda bisa memberitahukan atau mengenalkan berbagai info terkait usaha via email.


4. Search Engine Marketing


Terakhir adalah search engine marketing ini dimana merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh website perusahaan agar semakin mudah ditemukan di sistem pencarian atau search engine. Adapun jenisnya dibedakan menjadi SEO dan SEM. Masing-masing memang mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.


Jika anda ingin memperoleh kesuksesan dalam berbisnis, maka harus pandai-pandai dalam memilih model pemasaran seperti penggunaan pemasaran secara online diatas. stucel.com akan membantu kegiatan digital marketing anda agar semakin sukses sekaligus menggurita.


Baca Juga

Related Posts

24 comment

  1. Buat yang memilih bisnis online menjadi pendapatan utama tentunya harus tahu tentang digital marketing agak tidak kalah saing dengan bisnis online lainnya. Sejak pandemi banyak orang yang beralih menjual apa pun secara online, tapi harus pandai-pandai digital marketing agar bisnisnya laku dan terjangkau masyarakat luas.

    BalasHapus
  2. email marketing ini apakah yang sering kita terima saat kita mendaftar di suatu website mba? karena bikin penuh email akhirnya aku unsubscribe.

    BalasHapus
  3. Jaman skrg kalau punya usaha jadi makin mudah dengan hadirnya teknologi digital marketing, klu su pribadi msh memanfaatkan web dan sosial media ntuk promo usaha kecil2an

    BalasHapus
  4. Kalo mau survive dan makin ciamik di ranah bisnis online, terwajib banget menguasai dan memraktikkan strategi digital marketing secara komprehensif

    Tips yg dijabarkan di artikel ini, wajib dibaca dan dipelajari oleh para pegiat bisnis online nih.

    BalasHapus
  5. Iyess betul jaman sekarang harus selalu update perkembangan teknologi, dan bisa memanfaatkan di kegiatan positif syukur2 bonusnya dapat cuan

    BalasHapus
  6. Karena kita blogger ya jadi udah pada tahu apa itu digital marketing karena tanpa kita sadari kita juga udah ngelakuin yang namanya digital marketing ini ya. Tapi kan nggak semua orang blogger. Jadi informasi ini bermanfaat banget untuk para usaha

    BalasHapus
  7. makin pesat ya mba digital marketing. Dan nggak perlu door to door, udah canggih sekarang mah. Selain lebih praktis, dia lebih meluas juga. Iyaya biayanya tuh cuma internet dan bikin konten bagus udah bisa marketingin produk :D

    BalasHapus
  8. Digital marketing emang sekarang lagi jadi trend ya, seiring kemajuan teknologi informasi. Kalau susah buat merekrut orang yang fokus menangani digital marketing di perusahaan, bisa pakai jasa dari luar aja, kayak stutel.com

    BalasHapus
  9. Dari artikel ini jadi diingatkan kembali pengertian dasar dari digital marketing. Aku kenal beberapa kawan yang memang benar2 sudah sukses menjadi digital marketing, suksesnya dari segi materi ya, dan itu lewat 4 jenis digital marketing di atas. Dan memang udah ngelotok banget ilmunya, terbukti dari kesuksesannya yang udah beromset ratusan juta hingga milyaran. Makanya kalau dia yang sharing, memang cocok karena udah expert :)

    BalasHapus
  10. Banyak pilihan untuk digitak marketing ya, Mbak. Bisa membuat pangsa pasar semakin terbuka luas. Karena di masa depan juga bisa semakin digital

    BalasHapus
  11. Dan dari 4 jenis digital marketing tersebut, ketika dioptimalkan semuanya. Pastinya akan berdampak bagus banget buat sebuah brand dan pemasarannya.

    BalasHapus
  12. digital marketing banyak cabangnya yaa.. dari 4 itu yang paling jarang aku gunakan adalah yg no.3 atau email marketing, ga tau kenapa kalo broadcast promotion ke email itu kok rasanya lebih ke membuat spam XD hehe

    BalasHapus
  13. Sosial media marketing nih yang sekarang paling jadi andalan. Satu sisi, memang semua itu harus saling berkesinambungan ya mba. KIta tak bisa juga hanya fokus pada satu saja. Terima kasih mba Milda :)

    BalasHapus
  14. Memang bener sih, di era digital ini tentu saja penggunaan digital marketing makin diminati para pebisnis. Soalnya ya hampir tiap orang zaman now sudah melek internet dan hampir tiap waktu pula mengakses internet. Jadi memang marketing secara online adalah pilihan tepat saat ini, disamping tetap menjalankan via offline.

    BalasHapus
  15. Digital marketing memang sedang booming beberapa tahun ini ya dan lebih ampuh karena jangkauan calon customernya lebih luas. Rasanya gak ada perusahaan yang gak punya website.

    BalasHapus
  16. Digital marketing saat ini emang dibutuhkan banget..secara jaman udah serba digital ya.. Berbagai jenis digital marketing sama-sama bisa menunjang bisnis ..

    BalasHapus
  17. Sekarang serba digital. Jadi harus memanfaatkan ini dengan baik. Terus jangan lupa buat bikin seprofesional mungkin apalagi buat perusahaan. Sekarang jasa bantu pemasaran digital tuh banyak ya

    BalasHapus
  18. Nah digital marketing ini emang penting sekali dikuasai para pelaku bisnis yang menggunakan media internet untuk promosi ya mbak, karena rumitnya mending yang pasti aja pakai jasa agensi digital marketing yaa

    BalasHapus
  19. Tahun ini aku ingin belajar email marketing. Masih jarang nih buat optimasi blog pribadi. Coba-coba belajar copywriting juga buat upgrade skill digital marketing

    BalasHapus
  20. digital marketing kayak jadi bagian hidup kita sehari-hari sekarang ya mak
    apa saja bisa dilakukan online termasuk pemasaran juga.
    kita sendiri pun selling our self digital ya mak

    BalasHapus
  21. di masa digital 4.0 seperti saat ini, online marketing or digital one is indeed very important and we definitely need to learn

    BalasHapus
  22. Kini, setiap lni usaha memiliki strategi di bidang strategi marketing yang sangat ampuh. Ilmunya mantap dan pengaplikasiannya mungkin membutuhkan sebuah team yaa..
    Tapi dengan stucel.com, maka akan bisa memiliki team digital marketing yang berpengalaman di bidangnya.

    BalasHapus
  23. Sekarang kalau enggak pakai digital marketing bisa ketinggalan ya Mak,apalagi memanfaatkan sosial media. Sekarang kan zamannya medsos, marketing lewàt medsos emang yang utama.

    BalasHapus
  24. website tetap no 1. inilah kenapa jd PR besar bagi saya agar bs punya website yg terpercaya dan bs jd referensi segala hal sehingga bs membantu orang lain jg kan

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin