nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Keberhasilan Program Kotaku Tanpa Kumuh (Kotaku) Kota Bengkulu

Assalammualaikum.Wr.Wb

Hai sahabat Milda, apa kabar kalian semua, semoga selalu sehat, berlimpah rejeki dan kebahagiaan yah. Kali ini Milda, mau berbagi informasi mengenai program Kotaku Tanpa Kumuh (Kotaku ).


Apa Itu Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) 


Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) merupakan salah satu upaya strategis Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk mempercepat penanganan permukiman kumuh di perkotaan dan mendukung “Gerakan 100-0-100”, yaitu 100 persen akses air minum layak, 0 persen permukiman kumuh, dan 100 persen akses sanitasi layak. 

Program Kotaku dalam pelaksanaannya menggunakan platform kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah provinsi, kota/kabupaten, masyarakat dan stakeholder lainya dengan memposisikan masyarakat dan pemerintah kabupaten/kota sebagai pelaku utama (nakhoda).

Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) adalah program untuk membangun sistem yang terpadu untuk penanganan permukiman kumuh, dimana pemerintah daerah memimpin dan berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan dalam perencanaan maupun implementasinya, serta mengedepankan partisipasi masyarakat.


Titik Tekan Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) Tahun 2021


Agak berbeda dengan kegiatan program KOTAKU tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan Program tahun 2021 ini, bantuan pemerintah kepada masyarakat lebih dititikberatkan pada pemulihan kondisi sosial dan ekonomi akibat dampak covid 19 melalui pelaksanaan kegiatan padat karya.


Program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) di Kota Bengkulu


Meski demikian khusus di kota Bengkulu pada tahun 2020-2021 ini, pembangunan infrastruktur di berbagai titik telah berhasil merubah wajah pembangunan. Sesuai dengan visi dan misi program KOTAKU yaitu Membangun Infrastruktur, Merubah Wajah Kawasan & Merubah Perilaku Masyarakat.


A.Membangun Infrastruktur


https://www.mildaini.com


Fasilitas umum yang selalu digunakan oleh masyarakat apalagi untuk perekonomian maupun aktivitas sehari-hari harus diberikan yang terbaik supaya masyarakat dapat melaksanakan kegiatannya dengan lancar tanpa keluhan. 


https://www.mildaini.com


Pembangunan Infrastruktur ini disesuaikan dengan kebutuhan prioritas masyarakat mulai dari jalan lingkungan, Saluran Drainese Lingkungan, pengelolaan sampah, penyediaan sarana dan prasarana air bersih, pengelolaan limbah berupa Instalasi Pengolahan Air Limbah dan sarana mandi, cuci, serta kakus (MCK), hingga Ruang Terbuka Publik (RTP).


https://www.mildaini.com


B.Merubah Wajah Kawasan

https://www.mildaini.com


Ada beberapa titik Infrastruktur yang berhasil diperbaiki di tahun 2020-2021 ini, diantaranya yaitu di Kelurahan Sawah Lebar, Kelurahan Lempuing, Kelurahan Penurunan, Kelurahan Sumber Jaya, Kelurahan Pasar Bengkulu, dan lainnya.


https://www.mildaini.com


Titik kawasan yang dulunya kumuh, becek, serta tidak terurus, akhirnya berhasil dirubah menjadi kawasan yang bersih dan enak dipandang. Dengan adanya perbaikan tersebut, wajah Kota akan semakin terlihat. 


https://www.mildaini.com



C.Merubah Perilaku Masyarakat


Dengan fasilitas yang telah diperbaiki, secara tidak langsung juga dapat memperbaiki perilaku dari masyarakat. Seperti misalnya jika selama ini tidak adanya bak sampah di satu titik, setelah disediakan dan dibangun layak, masyarakat akan malu dengan sendirinya jika masih tidak menjaga kebersihan. Perilaku-perilaku lainnya juga akan turut berubah menjadi semakin baik jika tempat dan fasilitas semakin nyaman. 


Merubah Perilaku Masyarakat dengan  Program UPK ( Unit Pengelola Keuangan )


Selain pembangunan infrastruktur, program lainnya yang cukup membantu masyarakat Kota Bengkulu yaitu Program Dana Bergulir dari UPK. UPK merupakan Unit Pengelola Keuangan yang mana masyarakat dapat memanfaatkan dana dari UPK yang ada di Desa.

Dana ini dapat dimanfaatkan bagi masyarakat untuk penambahan modal usaha bagi kelompok warga. Dalam mengakses dana UPK ini, masyarakat dapat meminjam dengan bunga yang rendah tanpa anggunan dengan syarat yang ringan. Dengan adanya dana ini, benar-benar membantu mempermudah masyarakat dalam menjalanan usaha dan perekonomian.

Melihat Keberhasilan Program UPK (Unit Pengelola Keuangan) di Kota Bengkulu

UPK BKM Anggrek, Kelurahan Sawah Lebar Kota Bengkulu

Profil UPK BKM ANGGREK 


UPK BKM Anggrek terletak di Kelurahan Sawah Lebar Kota Bengkulu. Diketuai oleh Ibu Siti Khadijah dari tahun 2012 sampai sekarang, dimana kantor sekretariatnya buka setiap hari untuk membantu masyarakat khususnya Kelurahan Sawah Lebar. 

Berikut ini adalah potret kegiatan dan kesuksesan UPK BKM Anggrek


Jadwal Operasional Kantor UPK


https://www.mildaini.com



https://www.mildaini.com




https://www.mildaini.com






Profil Keuangan UPK BKM ANGGREK 


https://www.mildaini.com


Kiat-kiat Sukses UPK BKM ANGGREK 

https://www.mildaini.com


https;//www.mildaini.com


https://www.mildaini.com


Kiat-kiat Sukses UPK BKM ANGGREK 

1. Kekompakan dan Performance UPK dan BKM

2. Transparan dalam pelaporan keuangan 

3. UPK, BP, Sekretaris, Koord BKM selalu meluangkan waktu setiap ada KSM yang datang ke sekretariat BKM Anggrek 

4. Koordinasi yang baik antara BKM, UPK dengan Aparat Kelurahan 

5. Melaksanakan pertemuan rutin yang di laukan satu bulan sekali dalam bentuk arisan BKM

6. Mengatasi permasalah secara bersama-sama terutama bagi peminjam macet


Profil KSM Pinjaman Bergulir  UPK BKM Anggrek 


https://www.mildaini.com


Ibu Suwi ini dulunya  hanya seorang ibu rumah tangga yang tidak memiliki penghasilan. Tetapi ibu Suwi ini mempunyai keahlian membuat kue tradisional khas Bengkulu yaitu kue Tat tetapi tidak memiliki modal untuk usaha. 

Lalu ibu ini mencoba meminjam dana bergulir yang di kelolah oleh BKM Anggrek. Awal ibu ini membuka usahanya yaitu pada tahun 2012, dan sampai sekarang ibu ini memiliki kampaser sebanyak empat orang yang menjualkan kue nya sampai ke kabupaten-kabupaten 


Kegiatan Lain yang Melibatkan UPK dalam kegiatan Sosial


https;//www.mildaini.com


https://www.mildaini.com


PERMASALAH DAN SOLUSI ALTERNATIF

Permasalahan :

Tentunya dalam pengelolaan dana bergulir di UPK BKM Anggrek ini tidak terlepas dari beberapa kendala, mengingat pandemi yang sedang terjadi sekarang ini membuat KSM mengalami penurunan pendapatan yang berdampak pada keterlambatan pembayaran angsuran. 

Solusi Alternatif :

UPK bersama seluruh anggota BKM Anggrek melakukan musyawarah untuk mengarahkan para KSM menitipkan barang dagangan mereka di gedung PPMK yang bertempat di Kelurahan Sumber Jaya dan Kelurahan Penurunan. 


Nah, gimana sahabat Milda, sudah dapat gmbaran mengenai program Kotaku Tanpa Kumuh ini . Kegiatan ini dimulai dari Kabupaten/ Kota hingga Provinsi yang ada di Indonesia.

Mari kita dukung program ini baik secara langsung atau tidak langsung. Dengan menjaga berbagai fasilitas umum yang sudah diperbaiki, maka itu juga wujud dukungan kita terhadap program ini.

Sampai jumpa ya di program Kotaku Selanjutnya.


Baca Juga

Related Posts

25 comment

  1. Keren kegiatannya, program kayak gini memang membantu masyarakat banget. Semoga menjadi berkah dan bermanfaat untuk semuanya.

    BalasHapus
  2. mba.. masyaallah kota Bengkulu bersih banget dan indah jadinya ya mba, jadi pengen berkunjung ke sana jika ada kesempatan deh

    BalasHapus
  3. Program Unit Pengelolaan Keuangan di Kota Bengkulu ini sangat mendukung upaya masyarakat dengan pimjaman modal tanpa agunan dengan syarat ringan untuk berwisausaha. Tentu saja hal ini memnabwa angin segar bagi mereka terutama yang belum pernah berdagang. Membuat kue-kue misalmnya, atau kerajinan tangan itu akan menjadi penghasilan keluarga, sedikit2 lama2 menjadi andalan perekonomian.

    BalasHapus
  4. Wahh keren Bengkulu dengan program Kotaku Tanpa Kumuh dan BKM Anggreknya. Semoga ditiru juga sama kota-kota lain yaa. Biar nggak ada lagi kota kumuh.
    Karena beneran sih, meski sebesar apapun kalau masih ada bagian kotanya tang kumuh itu ngaruh banget ke keseluruhan looknya.

    BalasHapus
  5. Wahh keren Bengkulu dengan program Kotaku Tanpa Kumuh dan BKM Anggreknya. Semoga ditiru juga sama kota-kota lain yaa. Biar nggak ada lagi kota kumuh.
    Karena beneran sih, meski sebesar apapun kalau masih ada bagian kotanya tang kumuh itu ngaruh banget ke keseluruhan looknya.

    BalasHapus
  6. Mbaak asli ini keren banget. Suka banget tuh pemandangan yang di samping sungai itu, ih keren banget jadi tempat ngumpul yang asri, bersih dan nyaman. Dan sudut-sudut kota pun berhasil disulap ya dari dulu yang kumuh asli menjadi keren kayak gini. Semoga perubahan positif ini bisa berlangsung terus menerus karena efeknya semua masyarakat bisa menikmatinya. Ini juga menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke kota Bengkulu.

    BalasHapus
  7. Program yg wajib didukung!
    Pastinya kita semua ingin, kota di mana kita bermukim jadi tempat yg apiiikk nyaman dihuni ye kan.
    Makasiii infonya mba

    BalasHapus
  8. Dinding2 dicat jd terlihat rapi dan bersih deh. Namanya jg mau hilangkan stigma kumuh pastilah pembaharuan lingkungan jd yg utama. Dan penataan kembali dg langkah awal pengecatan merupakan cara yg tepat

    BalasHapus
  9. Berharap semoga dana UPK yang bergulir ini bisa membantu masyarakat berkembang dalam berbagai sektor kehidupan ya mba. Luar biasa nih pencapaian program Kotaku di Bengkulu.

    BalasHapus
  10. Kotanya jadi terlihat bersih mba, dengan penataan + pengecet an ulang... Bikin betah klo terlihat tertata begitu

    BalasHapus
  11. Wah keren banget tata kotanya, dibuat jadi rapi dan anti kumuh. Kalau udah rapi begini, sayang juga kalau mau dikotorin ya 😭

    BalasHapus
  12. Cakep banget ya jadinya kota Bengkulu setelah diremajakan jadi lebih nyaman dan bersih suasananya makin betah beraktivitas di luar rumah yaa

    BalasHapus
  13. Nah gini dong jadi bersih, dan rapi Kotanya. Semoga bisa diikuti oleh kota dan desa lainnya. Biar makin banyak masyarakat yg sadar dengan kebersihan diri dan lingkungan nya. Aamiin. Salut juga sama ibu Suwi, aq jadi penasaran sama kue tat.

    BalasHapus
  14. Programnya keren. semoga bisa berjalan lancar terus dan bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang sekarang mengalami kesulitan akibat pandemi

    BalasHapus
  15. MasyaAllah, mantap ini programnya ya mbak. Bersih dan asri banget kota Bengkulu ya mbak. Semoga program ini bisa diterapkan juga di kota kota lainnya termasuk kotaku juga.

    BalasHapus
  16. Bengkulu cakep banget ih ini. Pengen main sampai Bengkulu. Kalau semua lini bekerjasama insya Allah kotanya bakalan cantik ya mbak

    BalasHapus
  17. Selamat ya buat kota Bengkulu atas prestasi yang telah dicapai
    Semoga bisa menjadi inspirasi bagi kota kota lainnya

    BalasHapus
  18. Bagus sekali program yang dijalankan. Mengajarkan banyak keluarga untuk hidup bersih sehat dengan lingkungan yang baik. Sehingga kita semau bisa hidup layak dan Kotaku hidup tanpa kumuh.

    BalasHapus
  19. Baguuus program KOTAKU! Yang kawasan kuta tuo Bengkulu itu sebelumnya berbentuk seperti apa? barangkali ada foto before-after pemugarannya. Pernah lihat IG temanku yang sedang di sana. Kalau sore, ramai banget yah masyarakat ngumpul. Jadi instagrammable.

    BalasHapus
  20. Masya Allah, ini programnya keren sekali mbak. Daerahnya jadi terlihat bersih, tertata rapi dan banyak fasilitas untuk bermain anak anak ya. Keren banget

    BalasHapus
  21. Seneng deh ada program kaya gini... Semoga kota-kota di Indonesia semakin nyaman dengan adanya program ini... Tapi memang paling penting mengubah perilaku masyarakat ya...

    BalasHapus
  22. Kota yang bersih dan indah adalah kota yg penuh perhatian pemerintah dan rakyatnya, dan itu pasti.
    Programnya cukup bagus, kotaku tanpa kumu adalah gerakan yg harus terus dilestarikan.

    BalasHapus
  23. Cakep bange tini program kota tanpa kumuh!

    untuk kota kota besar pastinya pe er gede, karena di satu jalan besar ya mungkin tidak kumuh, di dalam gang-gangnya .. omg

    BalasHapus
  24. Wah keren nih program kotaku tanpa kumuh, jadi bersih, rapi dan segar ya di pandang. Semoga masyarakat bisa memeliharanya dengan baik, tetap terawat kebersihannya

    BalasHapus
  25. keren mbak programnya semua sinergi untuk bikin kota yang nyaman karena kalau bersih nyaman orangnya juga betrah tinggal di sana

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin