nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

5 Ide Usaha untuk Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil

Assalammualaikum.Wr.Wb

Hai sahabat Milda, apa kabar. Semoga selalu sehat dan berlimpah rejeki serta kebahagian. Ini aku mau berbagi 5 Ide Usaha untuk Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil

Ibu rumah tangga bukanlah sebuah profesi melainkan suatu tanggung jawab mulia yang dilakukan oleh seorang wanita yang sudah berkeluarga.

Tanggung jawab menjadi Ibu rumah tangga meliputi berbagai macam hal, mulai dari mengurus anak, rumah hingga suami namun meskipun dibebani dengan segudang tanggung jawab, bukan berarti menjadi ibu rumah tangga tidak lagi memiliki kesempatan untuk memulai hal yang baru misalnya seperti memulai usaha.

Karena banyak kisah inspiratif dari seorang ibu rumah tangga yang sukses merintis bisnisnya tanpa meninggalkan tanggung jawabnya sebagai ibu rumah tangga.

Contohnya seperti kisah Ibu Amy, seorang ibu rumah tangga yang berasal dari Makassar dan sukses berjualan kerajinan tangan mutiara lombok yang kamu bisa baca kisah lengkapnya di sini.


Ide Bisnis dengan Modal Minim 

Saat ini merintis usaha tidak lagi sesulit dulu, karena dengan adanya perkembangan internet semua orang lebih mudah membuka bisnis dengan modal minim dan tanpa perlu meluangkan waktu yang banyak, sehingga sangat mungkin dilakukan oleh Ibu rumah tangga.


https://www.mildaini.com


Berikut adalah beberapa ide usaha yang dapat dilakukan oleh Ibu rumah tangga.

        1.Menjadi reseller 

Jenis bisnis ini banyak dilakukan oleh orang-orang karena memiliki banyak keuntungan salah satu yang utama adalah karena bisa dilakukan tanpa modal.

Pada dasarnya bisnis ini hanya melakukan pemasaran produk yang sudah ada dan mengambil keuntungan dari margin harga jual dan harga beli.

Bisnis ini pun tergolong mudah dilakukan karena para ibu rumah tangga hanya perlu memanfaatkan platform e-commerce seperti LaDaRa untuk memasarkannya.


2. Berjualan tanaman hias

Jika kamu memiliki hobi menanam dan merawat tanaman hias, bisnis ini mungkin akan sangat cocok dilakukan olehmu.

Untuk memulai bisnis ini hal yang kamu perlukan hanyalah mempelajari jenis tanaman apa saja yang laku di pasaran dan bagaimana cara merawatnya.

Potensi dari bisnis ini juga terbilang cukup tinggi karena semenjak pandemi Covid-19 melanda tanaman hias menjadi tren hobi di kalangan masyarakat.


3.Jualan makanan yang sedang tren

Bisnis makanan adalah salah satu bisnis besar yang terus berkembang sampai kapanpun, karena makanan sesuatu yang pasti dibutuhkan oleh semua orang.

Selain itu bisnis ini juga cenderung dinamis dimana selalu ada inovasi dan tren baru yang berkembang di masyarakat.

Maka dari itu jika kamu memiliki kemampuan memasak dan ahli dalam melihat tren, mungkin bisnis ini akan cocok untuk kamu lakukan.


4.Membuat kerajinan tangan

Bisnis yang satu ini sangat mengandalkan kemampuan kreativitas untuk membuatnya , namun jika kamu yakin memiliki hal tersebut maka bisnis ini akan sangat cocok untuk kamu geluti.

Bisnis kerajinan tangan ini bisa dilakukan dalam bentuk apapun, baik itu aksesoris perhiasan ataupun hampers yang sangat digandrungi ketika momen-momen perayaan hari besar.


5. Bisnis kue kering

Bisnis yang menjual kue kering seperti nastar, kastengel, hingga putri salju ini akan sangat cocok sekali dilakukan oleh Ibu rumah tangga yang memiliki kemampuan memasak.

 

Potensi dari bisnis ini juga cukup tinggi terlebih jika mendekati hari-hari besar seperti Natal dan Idul Fitri karena kue kering merupakan salah satu sajian utama yang biasanya dihidangkan untuk para tamu.

 

Bisnis-bisnis di atas adalah bisnis yang sangat mungkin dilakukan oleh para Ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan namun tetap menjalani tanggung jawabnya sebagai seorang ibu rumah tangga.

 

https://www.mildaini.com

Tips merintis bisnis sebagai ibu rumah tangga 

Selain ide-ide bisnis yang sudah disebutkan di atas ada satu hal penting lain yang harus dipahami untuk Ibu rumah tangga yang ingin merintis sebuah bisnis, yaitu bagaimana cara memulai bisnis.

Berikut adalah tips untuk memulai bisnis yang dapat dipraktekan untuk merintis bisnis.

          1.Analisa pasar 

Hal ini penting untuk dilakukan untuk bisnis yang baru dirintis, tujuannya adalah agar bisnis tersebut memiliki bekal berupa data persaingan di jenis bisnis yang dipilih.

Ketika memiliki data  persaingan tersebut kamu tentunya akan lebih mudah dalam menentukan harga, kualitas dan apapun itu yang berkaitan dengan kompetitor sehingga dapat menghasilkan produk yang lebih baik.


2.Tentukan target pasar

Menentukan target pasar pada fase awal bisnis adalah hal yang penting karena akan memiliki pengaruh pada produkmu dari bisnismu nantinya.

Penentuan target pasar ini dapat digolongkan berdasarkan beberapa hal diantaranya adalah usia, gender, hingga status sosial dan ekonomi.


3. Selalu berinovasi

Hal penting agar bisnis dapat terus bertahan dan berkembang adalah inovasi karena zaman dan tren selalu bergerak dinamis maka dari itu penting untuk terus mengikuti perkembangan zaman.

Selain agar dapat terus beradaptasi dengan zaman, inovasi juga penting untuk menjadi nilai tambah usahamu dibandingkan dengan kompetitor.


4. Nikmati prosesnya

Bila semua bisnis akan selalu memberikan kemudahan dan memberikan kesuksesan maka dijamin semua orang pasti lebih memilih berbisnis dibanding menjadi karyawan.

Namun itulah seni dari bisnis itu sendiri, mungkin ketika kamu merintisnya kamu akan pesimis namun percayalah pada prosesnya yang pasti akan membuahkan hasil.

 

Itulah tadi ide bisnis dan tips dalam merintisnya yang dapat kamu praktikan untuk mengisi waktu luang sebagai ibu rumah tangga dan mendapatkan penghasilan tambahan untuk kebutuhan keluarga.

 

 

 

 

 

 



Baca Juga

Related Posts

25 comment

  1. Nah, mantep ini bisa bisnis sekaligus jadi ibu rumah tangga kalau kayak gini karena bisa dilakukan di rumah dengan mudah dan santai.

    BalasHapus
  2. Aduh dari 5 ide di atas yang paling mudah menurut aku jadi reseller hihihi 😂. Soalnya aku ga punya kemampuan memasak atau bikin bikin begitu 😂. Memang kalau mau bisnis disesuaikan dengan skill yang kita punya ya dan mengikuti tren juga atau berani beda biar unik sekalian ya

    BalasHapus
  3. Sejak pandemi ini, banyaaakkk bgt ibu2 rumah tangga di kompleksku yg berjualan makanan.
    aku super hepiii, karena bs milih menu beragam setiap hari.
    ibu2 rumtang itu jg hepi karena dagangannya laris manisss

    BalasHapus
  4. Biasanya ibu2 paling senang jualan kue sebagai usaha sampingan maupun utama. Lumayan kan menyalurkan hobi sekaligus memperoleh pendapatan. Apalagi kalau bulan ramadan tuh, semakin menjamur jualan menu buka puasa dan sebagainya. Bagi yang hobi DIY juga bisa bisnis hampers, benda2 seni yang bermanfaat dan bisa jadi kado.

    BalasHapus
  5. Ide bisnis yang modalnya minim emang dibutuhkan banget nih.. Apalagi yang bisa dijalankan dari rumah sambil santai dan jaga anak..idaman banget tuh..

    BalasHapus
  6. Dulu aku mikir kalau reseller yang paling praktis dan mudah. Tapi sebetulnya semua punya tantangannya sendiri ya mba. Kalau pasarnya udah dapat, inovatif, dan menikmati proses, pasti jalan rejekinya akan terbuka dan mengalir.

    BalasHapus
  7. aku udah coba baik sebagai reseller dan dropship mba memang menguntungkan dan saat ini juga geluti jualan tanaman hias karena bener2 lagi dilirik banget :)

    BalasHapus
  8. Aku tuh termausk ingin bisnis tapi mau usaha apa juga masih dipikirkan juga. Heheh. Tapi ide usaha dari mba Milda ini membuka peluang bagiku untuk mencoba mba. Bismillah insyaAllah bisa

    BalasHapus
  9. Semua ide usaha untuk ibu rumah tangga-nya memang cocok untuk ibu rumah tangga, ya. Bisa dikerjakan dari rumah dan menyesuaikan dengan passion masing-masing.

    BalasHapus
  10. Kalau suka baking emang cocoknya jualan kue kering, ya Kak. Menentukan target pasar juga penting karena ikut menentukan harga jual juga, kalau targetnya menengah ke bawah gak mungkin jualan harga kue yang di atas 200.000 karena kemahalan.

    BalasHapus
  11. Nah ini nih IRT produktif dari rumah. Bisnis home industry dengan memilih produk sesuai keterampilan kita. Selama pandemi ini banyak juga yang mulai jualan.

    BalasHapus
  12. Makasih infonya detil banget Dan sangat bermanfaat makasih maak, taklupa tekad Dan semangat karena bisnis itu up and down kalau rame sukaa aja pas sepii harus sabar

    BalasHapus
  13. Aku pernah jualan tanaman dari koleksi yang berkembang biak, tapi udah lama banget. Jadi pandemi ini malah aku nggak pengen jualan tanaman. Pengennya jualan makanan yang lebih hype gitu

    BalasHapus
  14. Menjadi reseller adalah salah satu bisnis yang bisa dilakukan oleh Wanita dari rumah dengan modal kecil namun bisa menghasilkan

    BalasHapus
  15. Sejak pandemi, banyak ibu rumah tangga yang mulai membuka usaha sendiri bahkan banyak juga yang memulai usahanya dari dapur kecilnya di rumah. Senangnya melihat ibu rumah tangga tetap semangat ditengah kondisi perekonomian yang belum pulih sepenuhnya.

    BalasHapus
  16. Sekarang banyak ibu RT yang bisnis dari rumahnya malah sukses besar lo. Kesempatan untuk membuka usaha dari rumah itu memang prospeknya bagus

    BalasHapus
  17. Memang ada banyak ide usaha untuk ibu rumah tangga dan konsisten akan pilihan bisa jadi awalnya. Juga menikmati prosesnya sehingga usaha akan tumbuh dan berkembang nantinya

    BalasHapus
  18. Bisnis kuliner ini kayanya yang paling menjanjikan yaa..
    Walau gak mudah.
    Karena kudu konsisten di rasa dan inovasi pengembangan produk.

    Tapi kata Ibuku, gak ada usaha yang gak sulit. Apalagi usaha merintis dari nol.
    Tapi salut banget dengan ibu rumah tangga yang produktif.

    BalasHapus
  19. wah makasih mbak ulasan tentang bisnis dengan modal kecil ini. Di rumah, anakku sedang merintis bisnis kue lebaran. masih moody sih, kaddang nerima pesenan kadang enggak. yah, maklum masih kelas 5 SD heehe

    BalasHapus
  20. Wah makasih ide bisnisnya mbak. Itu yang jadi reseller aku banget, keinget zaman anak satu msh bisa tu mereseller buku2 dan baju2 :D
    Ah jd kangen masa2 kitu mungkin nanti aku jg akan mulai berbisnis lg buat nambah2 keuangan keluarga :D

    BalasHapus
  21. Bener banget usaha harus dimulai dari sejak kita sudah ada niatan tentunya yah kak .dan semoga kita semua bisa sukses

    BalasHapus
  22. thanks for all the great ideas mba. Bener bangeet..semuanya bisa kita coba jalankan dari rumah yaaa

    BalasHapus
  23. Jdi ibu rumah tangga juga bisa banget ya punya bisnis. Bahkan hasilnya bisa menggiurkan. Apalagi yang bisbis kue kering, kalau pas hari-hari tertentu omsetnya bisa melambung tinggi.

    BalasHapus
  24. sekarang jadi ibu rumah tangga cukup di rumah saja tapi tetap bisa berpenghasilan ya Mak? aku dulu pernah loh jadi reseller dan memanfaatkan media sosial, hasilnya lumayan juga kok...

    BalasHapus
  25. iya kan sekarang cukup di rumah kita bisa menghasilkan uang ya mba,,, pas pandemi ini apalagi, banyak banget yang akhirnya buka usaha rumahan, semoga pasar domestik jadi lebih rame saling mengkonsumsi produk umkm

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin