nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Hoala & Koala, Gudang Lagu Anak Indonesia Dengan Animasi 3D

Assalammualaikum,Wr.Wb

Hai, apa kabar semua sahabat Milda, semoga selalu sehat ya. Hari ini anak-aak belajar apa dari sekolah, semoga tetap semangat belajar ya. Kali ini, Milda ingin bercerita sebuah pengalaman seru bersama anak-anak.

Suatu pagi menjelang siang sebuah pesan baru masuk di grup WhatApps sekolah. Ada tugas untuk si kelas tiga SD, Athifah. Dalam pesan dari gurunya tersebut berisikan informasi, bahwa Athifah memiliki tugas untuk menghapal beberapa lagu anak Indonesia yang akan ia nyanyikan kembali. Lalu dikumpulkan tugasnya dalam bentuk video.

hoala & koala

Saya kemudian mengajarkan Athifah beberapa lagu anak-anak yang saya hapal. Yah,berbekal koleksi masa kecil. Saya mengajarkan secara langsung berbagai  lagu anak Indonesia dari generasi ke generasi, yang saya hapal. Saya meminta Athifah untuk mencatat syair lagunya, lalu meniru ketika saya bernyanyi. Athifah pun mengikuti dengan seksama dan bersemangat.

Namun, ternyata ada beberapa lagu , yang susah diikuti oleh Athifah. Padahal sudah saya ajarkan beberapa kali. Tapi Athifah belum bisa mengikuti dengan baik. Apalagi untuk menghapalnya, ia mengalami kesulitan. Apalagi saya juga banyak kerjaan.Baik kerjaan kantor atau kerjaan rumah yang juga menuntut untuk segera diselesaikan, sehingga tidak bisa membimbing dan mengajarkan Athifah untuk bernyanyi secara fokus. Mungkin karena belajar bernyanyi sambil mengerjakan banyak kegiatan lainnya. Membuat Athifah juga susah untuk fokus dan mengikuti.

Sebagai ibu, saya sangat senang dan mendukung tugas sekolah Athifah, yang mengajak ia bernyanyi ini. Sebab manfaat bernyanyi bagi anak sangat bagus. Manfaat Bernyanyi Bagi Anak

Saat anak bernyanyi atau menyanyi  banyak sekali manfaatnya, di antaranya adalah

1.Melatih kecerdasan musikal anak

2.Membantu  mengembangkan kecerdasan verbal dan emosi anak

3.Menstimulasi daya imajinasi anak

4. Melatih kemampuan berkreasi anak

5. Melatih  kemampuan meniru anak,

6.Merangsang  kemampuan mengingat pada anak.

Lalu saya mencari berbagai referensi lagu anak Indonesia di channel Youtube. Ada begitu banyak pilihan. Saya minta Athifah memilih channel youtube yang ia inginkan. Athifah pun meng-klik channel pilihannya. Ada yang baru diputar satu lagu, ia ganti channel lagi. Ini terjadi berulang kali sehingga ia belum menemukan channel yang pas. Alasannya suara dan gambarnya tidak menarik. Membosankan sehingga tidak bersemangat untuk mengikutinya.


hoala & koala
Media Digital Saran Belajar Anak Zaman Now

Awalnya, saya menerima alasan Athifah, ia pasti ingin yang menarik, baik dari segi suara, gambar pendukungnya. Namanya juga memilih hiburan, ya tentu saja ingin yang membuat nyaman, mudah dinikmati, enak didengar dan dilihat serta tentu saja mudah untuk diikuti. Apalagi ini untuk tugas sekolah,tentu ia ingin memberikan yang terbaik. 

Athifah masih utak-atik dan mencoba berbagai Channel lagu anak Indonesia, dia belum menemukan channel yang pas. Melihat kondisi itu, akhirnya saya pun , ikut mencarikan referensi untuk Athifah. Saya coba cari channel yang sesuai dengan apa yang Athifah inginkan.

Sama seperti Athifah, saya pun mencoba membuka, melihat dan mendengarkan berbagai channel lagu anak Indonesia. Sesuai dengan alasan Athifah,  memang ada banyak channel lagu anak Indonesia. 

Namun isinya beragam, ada lagu anak yang dinyanyikan oleh orang dewasa. Ada lagu anak Indonesia dengan suara yang pelan sehingga sulit untuk didengarkan. Ada channel yang menampilkan lagu anak dengan video klip yang gambarnya kurang bagus, goyang dan kurang terang. Ada lagi channel lagu anak, namun penampilan penyanyinya yang kurang sesuai dengan karakter anak. Dimana anak-anak bernyanyi, menggunakan atau bergaya pakaian dan make up seperti orang dewasa. Tenyata banyak ragamnya, oleh karena itu harus memilih dengan selektif dan hati-hati.

Lama memilih dan memilah, akhirnya, saya ketemu sebuah nama channel yang lucu, nama juga lucu dan mudah diingat anak, Hoala & Koala. Kayaknya ini cocok dan sesuai dengan apa yang diinginkan oleh Athifah. Saya pun menawarkan dan merekomendasikan channel tersebut, ia pun menyukainya.

hoala & koala
Semua karakter di Hoala & Koala yang lucu dan pintar

Saya melihat karakter Hoala & Koala ini divisualisasikan dengan animasi 3D dan memiliki karakter seperti layaknya anak-anak zaman sekarang yang tumbuh berkembang di tengah era digital. Saya coba putar beberapa lagu. Saya pun menawarkan dan merekomendasikan channel tersebut, Athifah pun menyukainya.

Mengenal Hoala & Koala

Hoala & Koala adalah sepasang sahabat yang sangat gemar menyanyi, sehingga karakter ini akan terus mengeluarkan banyak lagu ke depannya. Mengapa harus digambarkan dengan karakter 3D? Karena karakter ini akan menjadi karakter yang tak akan lekang oleh waktu dalam berkontribusi di dunia musik anak, tanpa mengkhawatirkan bahwa mereka akan tumbuh dewasa dan mengalami perubahan suara. 

hoala & koala
Sepasang sahabat yang penuh inspirasi buat anak-anak

Melihat animasi yang mewakili Hoala & Koala ini, saya teringat dengan karakter animasi Upin dan Ipin. Dimana karakter ini, juga tidak lekang dimakan waktu. Bahkan anak saya yang dulu senang menonton Upin & Ipin sudah sekolah di jenjang SLTA. Karakter Upin & Ipin tetap saja begitu, tidak berubah. Upin & Ipin tidak ikut menjadi besar seperti anak saya. Bahkan sampai sekarang anak tertua saya tersebut masih juga suka menonton film Upin & Ipin. Kadang menemani adik-adiknya saat menonton.

Jadi, pilihan Hoala & Koala menggunakan karakter animasi dimana gambar dan kualitas suaranya tidak berubah sepanjang masa, adalah pilihan yang tepat. Agar karakter Hoala & Koala selalu dicintai oleh anak-anak, hingga ia besar. Sampai kapan pun.

Ada hal yang juga menarik dari Hoala & Koala ini. Ternyata seluruh karakter yang ada di dalam animasi musik ini juga mampu bernyanyi, seperti tokoh Ayah, Ibu, Miss Jeruk, dan lainnya. 



Dengan banyaknya variasi karakter dan suara, diharapkan lagu-lagu yang disajikan tak hanya dapat menghibur anak-anak, namun juga dapat menghibur para orang tua yang menemani anaknya menonton atau mendengarkan lagu dari Hoala & Koala. 

Kabar baiknya, saat ini Hoala & Koala sudah memiliki 5 album dan lebih dari 45 lagu anak-anak baru yang bisa dilihat di Youtube, Spotify hingga iTunes.

Keistimewaan Hoala & Koala

Melihat kebanyakan musik anak-anak di Indonesia selama ini tidak pernah mendapat perlakuan istimewa dalam sisi penggarapan, Hoala & Koala menggarap seluruh musiknya dengan serius dan matang. 

Banyak musisi internasional yang terlibat di dalam pembuatan aransemen dari musik Hoala & Koala, serta banyak sekali alat musik yang tak lazim digunakan untuk lagu anak yang dipakai dalam penggarapan album-album Hoala & Koala, seperti saxophone, terompet, double bass, trombon, klarinet, cello, harpa, hingga instrumen etnik Indonesia seperti gamelan dan angklung.

Untuk genre, di Hoala & Koala tidak hanya satu genre children pop namun terdapat variasi genre lainnya seperti jazz, big band, swing, jpop, hingga etnik.

Harapan Hoala & Koala

Hoala & Koala ingin membuktikan bahwa tak selamanya musik anak-anak adalah musik yang sederhana dengan balutan musik yang juga sederhana. Selain itu, kualitas vokal yang ditampilkan juga merupakan kualitas vokal yang bisa disandingkan dengan musik di luar genre anak-anak.

Kehadiran Hoala & Koala diharapkan dapat membangkitkan kembali dunia musik anak-anak dan menaikkan level serta pandangan umum atas lagu anak. 


hoala & koala
Hoala & Koala, Bikin Anak Semangat Belajar

Dengan adanya Hoala & Koala, belajar bernyanyi bagi Athifah jadi hal yang menarik dan menyenangkan. Saat ia ingin mencari dan belajar lagu anak Indonesia, ia sudah tahu harus mencari kemana. Ia sudah hapal nama Hoala & Koala, tinggal di-klik saja. Lalu mencari lagu yang ia ingin dengarkan. Dengan Hoala & Koala, belajar bernyanyi menjadi menarik dan seru.


Baca Juga

Related Posts

24 comment

  1. Wuah aku baru tau nih tentang hoala dan koala, kayanya cocok nih buat ponakan aku yg suka dengerin lagu anak di youtube, nanti coba setelin aaaah

    BalasHapus
  2. Huwooo, senangnyaaa ada Hoala dan Koala iniii
    jadinya anak2 mendapatkan sarana utk belajar, bermain bernyanyi dgn aman nyaman mantab jiwa banget ya Mbaaa
    Semogaaa ini bisa memberikan rasa bahagiaaa buat anak2 kita

    BalasHapus
  3. Seru juga ya ini Hoala Koala.. anak-anak bisa bersenang-senang dengan lagu dan animasi... Aktivitas di rumah makin menyenangkan...Sehat selalu ya...

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah akhirnya ketemu channel Hoala Koala yang cocok untuk mendengarkan musik dan lagu untuk anak-anakmu ya mbak. Semoga jadi lebih nyaman untuk mendengar sambil bernyanyi. Saya sendiri baru tahu nih ada channel khusus lagu anak model animasi begini. Perlu dishare ke para orang tua yang membutuhkannya.

    BalasHapus
  5. Saya sudah lihat-lihat YouTube Hoala dan Koala, Mbak Milda. Memang lagu anak-anaknya keren. Cocok banget buat anak2 ya daripada anak dengerin lagu dewasa.

    BalasHapus
  6. Keren nih album Hoala & Koala. DIgarap secara matang dan ada andil juga musisi2 hebat internasional dalam penggarapannya. Anak2 kita idealnya dapat menikmati musik yang sesuai dengan usianya. Ini bagus ya pakai alat musik yang berbeda dan tradisional juga. Semoga sukses terus Hoala dan Koala aamiin.

    BalasHapus
  7. Baru tau ada ada Hola Koala, kebetulan anakku yang bungsu lagi suka banget bernyanyi sambil melihat-lihat gambar nih. Kayanya pantes nih dikenalin ke Shanum nih. Pasti seneng banget dia.

    BalasHapus
  8. Waktu anak-anak saya masih kecil, berasa banget susahnya mencari lagu anak. Akhirnya mereka saya kenalin dengan lagu-lagu anak zaman saya kecil. Bagus deh kalau ada wadah seperti ini. Biar anak mendengarkan lagu yangs esuai untuk usianya

    BalasHapus
  9. Anak sekarang udah ga tau lagu anak2 ya mbak. Taunya lagu dewasa. Sedih si soalnya ankku juga gtu paling gaunya lagu2 yg aku ajarkan. Coba deh besok bjka channel hoala koala sekalian ngenalin lagu2 anak ke anakku yg kecil

    BalasHapus
  10. wah channelnya kayaknya harus kukenalin ke anak-anakku nih, mbak biar mereka bisa tahu lebih banyak lagu indonesia. makasih infonya ya, mbak

    BalasHapus
  11. Bagus banget nih adanya Hoala & Koala. Bisa melatih anak untuk bernyanyi, menstimulasi untuk meniru kata-kata atau menghapal. Selain itu, kita sebagai orang tua juga gak was-was banget kalau anak dengerin lagu, karena Hoala & Koala banyak sekali kumpulan lagu-lagu anak Indonesia.

    BalasHapus
  12. Molly sukaa nih nonton film kartun anak-anak. Koala dan hoala lucuu juga nih ceritanya. mengedukasi pula. semoga bisa ditayangkan di televisi.

    BalasHapus
  13. Waah...ini referensi juga buat anak saya yang masih TK, Bun. Tahu sendiri, sekarang mencari referensi lagu anak2 enggak mudah, ya.

    Makasih buat informasinya, lho.

    BalasHapus
  14. kok keren gini Hoala Koalanya, jadi ngenalin ke Nooha biar bahagia juga ahhh

    semangat belajar dan bernyanyi yaaaaaaaaaaaaaa

    BalasHapus
  15. Coba nanti aku berikan channel ini ke anak keduaku, mbak. Dia masih TK. Beberapa video lagu yang diberikan gurunya ada yang tidak menarik perhatian dia. siapa tahu, setelah melihat channel Hoala dan Koala ini, dia makin semangat belajar sambil bernyanyi

    BalasHapus
  16. Menarik banget ya channelnya, Anak-anak bisa menikmati lagu anak dengan animasi dan tampilan menarik, namanya agak susah disebut ya Hoalah dan Koala hehe

    BalasHapus
  17. Baru tahu ada Hoala&Koala. Ke mana saja saya selama ini? hadeuhh, kudet. Padahal anak-anak saya suka menyanyi. Sekarang seringnya emang dengerin lagu kanak-kanak jaman old. Atau enggak lagu dewasa pilihan ortunya, hehe. Kadang kasian juga karena mereka jadi kenalan sama lagu-lagu jadul. Oke deh, saya coba ke Hoala&Koala.

    BalasHapus
  18. iya mba anakku juga kelas 3 beberapa waktu lalu suruh menyanyikan lagu anak dan ga tahu juga nih ada Hoala Koala pas banget next bisa buka Hoala Koala ah ya mba :0

    BalasHapus
  19. Hoala & Koala, kayaknya anak-anakku belum pernah nonton channel ini. Gambar animasinya menarik ya Mbak, cerah dan menggemaskan karakter-karakternya.
    Oke deh besok-besok bisa nih rekomendasiin buat anak-anak. Makasih sharingnya, Mbak :)

    BalasHapus
  20. Waah iyaa..
    Menarik sekali lagu-lagu yang ada di hoala dan koala.
    Aku ikutan seneng dengernya..apalagi anak-anak yaa...yang masa-masanya mempelajari kebaikan dari sebuah lagu atau tontonan.

    BalasHapus
  21. Gemesh bangetttt karakter Hoala dan Koala ini Maaakkk. Yakin deh anak-anak pasti suka banget aksesnya dan ketagihan buat nontonin lagi dan lagi sambil nyanyi dan joget-joget seru bareng Hoala dan Koala.

    BalasHapus
  22. Karena putriku semata wayang sudah remaja, aku jadi kurang update nih dengan dunia kanak-kanak misalnya channel Hoala Koala ini.

    Artikel ini juga membawaku ke zaman kanak-kanak aku di mana lagu anak-anak masih sangat sederhana lirik dan musik pendukungnya.
    Bikin gampang diingat!
    Misalnya Anjing Kecil oleh Chicha Koeswoyo, aku masih ingat liriknya sampai sekarang lho.

    BalasHapus
  23. Hoala & Koala ini lucu2 banget ya ilustrasinya 😍 jadi pengen liat deh. Siapa tahu anak2 nanti jg lebih seneng belajar nyanyi bareng Hoala& Koala

    BalasHapus
  24. Supaya anak-anak mengenal lagu sesuai usianya. Semoga Hoala dan Koala semakin dikenal di kalangan anak-anak Indonesia.

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin