Menu

Jumat, 19 Oktober 2018

/
Assalammualaikum. Wr. Wb

www.mildaini.com_ Inilah Penyebab Jerawat di Punggung yang Harus Kamu Hindari. Wajah bukanlah satu-saunya area yang bisa ditumbuhin jerawat. Faktanya, jerawat bisa saja tumbuh di bagian tubuh mana pun, termasuk punggung. Lalu, bagaimana cara menghilangkan jerawat di punggung?

Jerawat emang ga enak, apalagi di punggung



Selain muncul di kulit wajah, jerawat juga bisa tumbuh di bagian tubuh kita, seperti di punggung, dada, leher, bahu, dan di dada. Hal ini terjadi karena beberapa daerah di tubuh kita juga memiliki kelenjar sebasea.

Berdasarkan suatu penelitian, dapat diperkirakan sekitar 92% orang pernah memiliki jerawat di wajah, sedangkan 60% memiliki jerawat di punggung dan dada. Namun, apa sih sebenarnya penyebab munculnya jerawat di punggung?

Agar kamu mengetahuinya, yuk simak ulasan berikut ini!

Hormon
Perubahan hormon dapat menyebabkan produksi minyak berlebih yang memicu munculnya jerawat. Sebum yang diproduksi oleh kelenjar minyak dapat menyumbat pori bersama sel kulit mati dan bakteri. 

Ditambah lagi, punggung dan tubuh biasanya memproduksi lebih banyak minyak dibandingkan wajah sehingga jerawat bisa muncul dalam kondisi yang lebih parah. Hal ini juga terjadi karena tubuh memiliki lapisan kulit yang lebih tebal dan pori-pori yang lebih besar dibandingkan di wajah.

Hormon salah satu penyebab jerawat

Kelenjar Minyak yang Berlebih
Munculnya Jerawat di punggung ini juga disebabkan oleh faktor yang sama dengan pemicu munculnya jerawat di wajah, yakni kelenjar minyak yang terlalu aktif. Selain itu, kelebihan sel kulit mati dan proliferasi bakteri juga dapat menjadi penyebab munculnya jerawat. 

Sel-sel kulit mati dan minyak yang terperangkap di dalam folikel atau pori ini akhirnya tersumbat. Penyumbatan ini kemudian berubah menjadi komedo dan berkembang menjadi jerawat. Perkembangan komedo menjadi jerawat ini juga diakibatkan oleh bakteri yang menyerang.

Jumlah Kelenjar Sebasea
Jerawat yang muncul di bagian belakang dan atas tubuh memiliki lebih banyak kelenjar sebasea dari pada di bagian tubuh lain. Hal ini menyebabkan folikel lebih cenderung mengalami kelebihan sebum dan sel kulit mati.

Pakaian
Pakaian yang terlalu ketat ternyata juga bisa menjadi faktor munculnya jerawat di punggung, loh. Pakaian yang terlalu ketat ini dapat menghalangi sirkulasi udara pada kulit dan menahan keringat.

Beberapa bahan material sintetis tertentu, seperti lycra dan polyester dapat menahan kelembaban yang akhirnya bercampur dengan minyak. Akibatnya, pori-pori tersumbat, munculnya komedo dan jerawat, serta gesekan antara pakaian dan folikel yang sudah meradang dapat memperburuk kondisi jerawat di punggungmu. 

Selain itu, menggunakan tas ransel yang terlalu lama juga akan memperburuk kondisi jerawat di tubuh, terutama punggung.

Harus serng ganti baju dan baju juga harus bersih

Sprei dan selimut
Selain pakaian, sprei dan selimut juga dapat menyerap kotoran dan keringat yang ada di kulit. Kotoran yang menumpuk bisa menjadi tempat berkembangnya bakteri. Jika sprei dan selimut tidak dicuci secara teratur, tumpukan kotoran bisa menimbulkan jerawat di punggung dan dada kamu. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya kamu rajin mencuci sprei dan selimut, ya!

Keringat 
Tahukah kamu bahwa kelembaban dan keringat juga dapat mengiritasi jerawat di tubuh?
Keringat  yang bercampur dengan sebum dan bakteri ini dapat menyumbat pori. Oleh karena itu, wanita dan pria yang aktif bergerak biasanya lebih rentan terkena jerawat di punggung dan dada.

Nah, untuk meminimalkan iritasi tersebut, sebaiknya kamu jangan menunda waktu mandi. Mandilah sesegera mungkin setelah kamu selesai berolahraga.

Ingat, hindari pula gesekan pada kulit. Jangan menggosok tubuh terlalu keras saat mandi. Cukup membersihkan tubuh dengan sabun saja.

Keringat juga kotoran loh

Sudah tahu kan apa saja penyebab jerawat di punggung? Jika sudah tahu, saatnya kamu menemukan langkah yang tepat untuk mengatasinya. Selamat mememukan!

Semoga ga ada jerawat ya, apalagi di punggung

Sumber gambar : Canva

Diberdayakan oleh Blogger.