Menu

Rabu, 07 Juni 2017

/

Bulan puasa seperti ini, hampir semua tempat makan ramai dikunjungi oleh berbagai orang. Mulai dari sesama teman, keluarga, kantor, sekolah, organisasi, komunitas , alumni seolah semua membuat kegiatan yang sama ingin melakukan buka bareng atau bukber

Oleh karena itu wajar saja hampir semua tempat makan penuh sesak bahkan harus di booking dulu di siang harinya untuk bisa makan di tempat tersebut. Ada juga yang langsung meminta tanda jadi atau uang DP. Apalagi kalo booking dalam jumlah lumayan banyak. Pemilik tempat makan juga merasa kuatir jika pada hari yang telah ditentukan tidak jadi atau tidak datang. Padahal sudah tidak menerima tamu lagi sebab sudah ada bookingan sebelumnya.

Contohnya sabtu lalu saya mengadakan reuni sekalian bukber bersama teman-teman SMA dulu. Di hari jumat, emang harus ada perwakilan datang ke sana dan membayar uang muka tanda jadi. Ketika datang pun saya ditanya mau ngapain, terus sudah pesan meja nomer berapa atau atas nama siapa pesanannya.

Dengan ramainya orang yang ingin berbuka bersama di luar, sama halnya dengan kota-kota lainnya #RamadhandiBengkulu juga selalu ramai termasuk ramainya orang melakukan kegiatan kumpul bersama atau buka bersama di tempat makan. Seperti warteg, restoran, cafe, rumah makan padang , dan lain sebagainya. 

Dengan tingginya minat orang untuk berbuka di luar tersebut. Banyak tempat makan yang penuh. banyak juga orang yang susah untuk mencari alternatif tempatnya. Terutama untuk tempat yang aman dan nyaman bagi keluarga. Bajkan ada juga yang mmebuka tempat berbuka puasa bersama di sekitar kawasan pasar Ramadhan. Dimana memang banyak para pedagang makanan. Pilihannya juga banya dengan harga terjangkau.

Berikut ini saya rangkumkan beberapa pilihan tempat yang bisa dipilih untuk merencanakan buka bersama. Terutama yang berada di kota Bengkulu. List ini nanti juga akan terus bertambah ya.

Kawasan Jalan Soeprapto

Sate Solo
Sri Solo
Paris Van Java

Lalu ke kawasan kuliner Pintu Batu, kawasan kuliner di dekat kawasan masjid Jamik ini banyak sekali. Berjejer rapi. Salah satunya yang terkenal

Sate Pak Liha
Rumoh Atjceh/ Rumah Aceh
Rumah Makan Kabayan

Kemudian dari kawasan kuliner Pintu Batu jika kita terus saja berjalan menuju ke sekitar daerah kampung atau alun-alun kota atau rumah gubernur, maka kita akan bertemu dengan kawasan kuliner di dekat pasar Barukoto pas di depan Benteng Malborough.

Salah satu sudut ruangan Knakito
Konakito
Boombaru makan
Ayam Bakar Jingkrak

Di sepanjang pantai Tapak Paderi menuju pantai Jakat sampai ke pantai Muaro dekat jembatan Cinta, Berjejer juga banyak kedai makanan yang menjual aneka sate ceker, jagung bakar , kelapa muda dan lain sebagainya. Termasuk rumah makan

Pondokan Naila
Surabi Ajat
Rumah Makan Inga Raya
Pondok Ambo

Dari pantai Tapak Paderi kita bisa langsung menuju ke pantai Malabero. Pas tiba di bundaran atau tugu Pers kita belok kiri. Di sepanjang jalan tersebut menuju ke pantai Panjang. Juga banyak terdapat tempat makan. Ada yang langsung viewnya ke laut. Hanya berjarak sekitar 20 meter dari bibir pantai. Ada banyak pilihan tempat makan di sepanjang jalan ini. Di antaranya

Rumah Makan Marolah
Rumah Makan Laurent
Rumah Makan Kerapu

Balik lagi ya ke kawasan Pintu Batu 

Salah satu menu nasi Goreng Cafe Papuk Mamuk
Selanjutnya kita akan menuju kawasan Kampung Bali. Kawasan ini jika dari jalan Soeprapto jika kita berjalan lurus akan menuju kawasan kuliner Pintu Batu. Nah, jika kita belok ke kanan , maka kita akan bertemu dengan kawasan kuliner . Beberapa di antaranya adalah

Rumah makan Sederhana
Pondok Sambal Lado
Banyak warteg atau warung Pecel Lele, salah satunya adalah Pecel Lele Memei
Cafe Papuk Mamuk

Kawasan Simpang Ratu Samban Menuju Daerah Padang Jati

Kedai Bandung
Pangsit Tris
Rumah Makan Padang Masjid Jamik
Bufet Efi

Di Daerah Tanah Patah

 
Nasi Bakar Salah Satu Menu Pondok Hijau
Pecel Lele Cak Didi dan banyak tersedia aneka pecel lele di sepanjang jalan Tanah Patah hingga ke simpang Padang Harapan
Pempek Owen
Rumah Makan Kalasan
Pondok Hijau
Rumah Makan Tanjung Karang
Restoran Panorama

Di daerah Penurunan, banyak juga ditemukan warteg, pecel lele. Yang sudah lama di antaranya

Steak Wow

Kawasan Padang Harapan sampai KM 8

Cek Toni
Asri Solo
Rumah Makan Sederhana

Kawasan Sawah Lebar dan Tebeng

Pangsit Bakso Bejo
Di sepanjang jalan dari gedung olahraga atau Gor sampai menuju kampus Dehasen, banyak tersedia tempat makan dengan berbagai menu dan minuman. Dengan harga yang sangat terjangkau. Mulai dari rumah makan Padang, Aneka Pecel Lele, Ayam Bakar, Mie, Siomay dan lain sebagainya. Yang cukup terkenal di antaranya

Rumah Makan Padang Selero Denai
Siomay Asep Thea
Mie Pangsit dan Bakso Bejo
Rumah Makan Padang Uda Denai

Kawasan Skip ke arah Simpang Vetran hingga ke Simpang Empat Pantai

Rumah Makan Sunda Bumbu Desa, dekat simpang Skip menuju Sawah Lebar.
Rumah Makan Jawa Metro
Sambal Mercon
Sambal Jontor
Rumah Makan Dang Lena
Salah satu menu Sambal Jontor, yang menarik Terong bakarnya
Hampir semua tempat makan yang saya listing tersebut sudah pernah kami datangi atau kami cicipi menu masakannya. Semuanya kami rekomendasikan. Soal rasa tergantung dengan selera masing-masing. Pada tiap tempat makan selalu ada ciri khas dan menu andalan baik makanan atau minumannya. Jadi sebaiknya segera dibooking dan dicobain.

Oh, ya ini baru dalam bentuk linting ya , belum lengkap dengan alamat lengkap dan nomer kontaknya. Tapi tidak perlu kuatir, aman kok. Coba cari dan hubungi saja sosial medida mereka. Misalnya Facebook dan Instagram, kepoin saja dan biasanya mereka memang mempunyai akun sosial media yang up date.

Nanti saya lengkapi lagi ya, data alamat dengan kontaknya. Oh, ya tulisan ini dibuat untuk menjawab tantangan dari  Blogger Bengkulu untuk #NulisSerempak tentang cerita serba-serbi seputar #RamadhanDiBengkulu

Baca juga Cerita seru sobat Bobe Prio

Ramadhan Nyentrik Ala Bikers

Sampai jumpa






4 comments

wah, ketinggalan tempat favoritnya mi, @papuk mamk...

Reply

Haiiaaaa buka puasanya sudah ke sana sini mbak :D

Reply

waahh,, bisa jadi referensi nih. makasih mb..

Reply

Tempatnya bagus" tapi kayak belum pernah mampir deh,, bolehlah dicoba..hehe

Reply

Terima ksih sudah mampir dan komen di blog saya. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.