Menu

Rabu, 24 Mei 2017

/



 

Untuk seorang perempuan seperti saya yang sudah pernah melahirkan empat kali. Perlu sekali untuk menjaga kebersihan dan kesahatan area V atau area intim atau area Vagina. Apalagi untuk menjaga agar terhindar dari berbagai masalah yang berkaitan dengan area V itu sendiri.

Kesibukan saya dalam mengurusi suami, anak dan keluarga serta aktif di kegiatan komunita blogging dan kepenulisan. Terkadang membuat saya lupa untuk merawat dan membersihkan area V secara maksimal. Suka buru-buru saja. Apalagi kalau sedang di kamar mandi, sedang mandi  terus terdengar anak menanggis atau kadang sedang padat acara. Saya suka lalai menjaga kesehatan area V tersebut. 

Padahal kesehatan area V tersebut sangat penting demi harmonisnya hubungan suami istri dan nyamannya dalam hubungan pergaulan serta aktivitas sehari-hari. 

Banyak orang yang suka lupa atau lalai untuk menjaga kesehatan area V tersebut. Termasuk saya. Bagaimana pesona area V akan terpancar dengan baik. Jika area V kita bermasalah.

Kita kadang lebih focus mengenai perawatan muka atau wajah. Sebab bagian muka itu terlihat jelas dna mudah dikomentari orang atau mudah terlihat dan tertagkap kamera. Apalagi bagi yang suka berswafoto. Muka kinclong adalah sebuah impian dan menjadi urusan sebagian besar para perempuan. Perempuan rela mengeluarkan banyak uang demi sebuah wajah yang mulus. 

Berbeda dengan area V karena letaknya di abwah dan tertutup. Kita sering kali abai. Baru akan diperhatikan jika area V sudah memperlihatkan gejala masalah atau menimbukan penyakit. Seperti halnya wajah yang sehat bak kanvas bersih yang terawat, vagina yang sehat akan terlindungi dari bakteri jahat melalui mekanisme pelindung alami. Hal itu tentu saja  membutuhkan peran serta dari kita juga. Vagina yang sehat dapat diwujudkan dengan mempertahankan kondisi lingkungan alami vagina.

                         Kesehatan Area V Itu PENTING

Lingkungan Vagina yang Alami

Vagina memiliki lapisan pelindung alami yang bersifat asam untuk membantu mencegah infeksi. Lapisan ini dipertahankan ketika bakteri baik yang disebut lactobacillus memecah glikogen yang terdapat dalam lendir yang dikeluarkan vagina. Asam laktat (atau asam susu) kemudian diproduksi dan lingkungan asam terbentuk. Hal ini kemudian mendorong pertumbuhan lactobacillus yang menghambat kehadiran bakteri berbahaya dan mencegah infeksi. 

Dengan kata lain, vagina dapat mengurus dirinya sendiri dengan cara mekanisme alami dindingnya yang terus menghasilkan sekresi untuk memberikan pelumasan, membersihkan diri, dan mempertahankan keasaman yang tepat untuk mencegah infeksi.

Pentingnya Asam Laktat

Asam laktat sangat penting dalam melindungi area intim. Dengan menjaga pH di vagina tetap rendah yakni dengan cara meningkatkan keasamannya, maka bakteri baik lactobacillus akan mudah tumbuh  sehingga bisa mempertahankan siklus untuk membangun lapisan asam pelindung vagina. 

Asam laktat juga disebut asam "susu". Cairan kental yang larut dalam air ini sangat penting dalam siklus pertahanan diri vagina untuk menjaga lingkungan alami vagina sebagaimana keseimbangannya yang sempurna. Melalui asam susu, bakteri baik dan buruk yang hadir dalam vagina dapat dipertahankan pada level atau produksi yang tepat untuk membuat area intim terhindar dari segala macam infeksi. Asam laktat dihasilkan oleh bakteri baik lactobacillus yang pada gilirannya pertumbuhannya juga difasilitasi oleh asam laktat.

Lactobacillus adalah sejenis bakteri baik yang menghasilkan asam laktat yang membuat vagina terlindungi dari invasi kuman. Asam laktat yang dihasilkan oleh lactobacillus menciptakan lingkungan asam untuk menjaga vagina dari pertumbuhan berlebih bakteri berbahaya yang menyebabkan infeksi yang berbeda. Semakin besar jumlah lactobacillus, semakin stabil lingkungan alami asam untuk vagina. Lihatlah ilustrasi siklus pertahanan diri alami vagina untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang bagaimana hal tersebut benar-benar bekerja.

Bakteri dan Kesehatan Area V


Pentingnya pH Seimbang Area V

Area intim akan mencapai keseimbangan sesuai dengan perawatan yang kita lakukan. Vagina menghasilkan sekresi untuk mengatur dan membersihkan diri serta menjaga lingkungan asam tetap seimbang. Setiap gangguan keseimbangan akan menghasilkan pertumbuhan bakteri jahat. Namun, banyak dari kita tidak tahu kebiasaan sehari-hari yang dapat mengganggu keseimbangan alami vagina.

Beberapa Kebiasaan  yang Dapat Mempengaruhi Keseimbangan Alami Vagina:

  •     Pembersih kewanitaan yang kurang memadai
  •     Pakaian dalam sintetis
  •     Pakaian ketat (seperti skinny jeans dan beberapa pakaian olahraga)
  •     Penggunaan harian panty liners
  •     Aktivitas seksual yang intens (air mani bersifat basa dan mempengaruhi keasaman vagina)
  •     Pembersih kewanitaan model spray/semprot
  •     Aroma yang berlebihan (dari sabun wangi atau pembersih)
  •     Kertas toilet berwarna dan beraroma
  •     Pil KB
  •     Terapi antibiotik
  •     Stres atau kelelahan
  •     Pola makan yang buruk

Perubahan  Hormonal dan pH Vagina yang Mempengaruhi Kesehatan Area V

Masa kecil, pubertas, menstruasi, kehamilan, dan menopause. Seolah-olah tantangan hidup tidak akan pernah berhenti dan setiap wanita perlu untuk menangani perubahan hormonal dan pH vagina. Benar-benar tidak mudah menjadi seorang wanita saat ini! Pada setiap tahap kehidupan, jumlah hormon wanita seperti estrogen dan progesteron dalam tubuh kita dapat bervariasi. Hal ini dapat mengganggu keseimbangan pH vagina yang menjadikan lapisan asam pelindung vagina melemah, sehingga lebih rentan terhadap infeksi. Mari kita lihat lebih dekat pada berbagai tahapan tingkat bakteri baik yakni lactobacillus dominan dalam vagina dan umumnya dipengaruhi oleh estrogen ibunya. pH vagina pada tahap ini rendah, yang artinya risiko infeksi juga rendah.

Masa Bayi dan Anak Usia Dini
PH vagina menjadi netral atau basa, mungkin karena kurangnya mikroba vagina yang memproduksi asam, artinya risiko infeksi yang tinggi. Popok kotor dan mandi busa juga dapat meningkatkan risiko infeksi genital anak.

Pubertas
Dari periode menstruasi pertama atau dikenal sebagai menarche, peningkatan jumlah estrogen memicu peningkatan lactobacillus. Dengan kondisi asam laktat yang dikeluarkan berlimpah di vagina, pH menjadi rendah dan lapisan pelindung untuk menjaga terhadap infeksi kemudian dihasilkan.

Menstruasi dan Kehamilan
Kadar hormon wanita akan berfluktuasi, sehingga mengganggu keseimbangan pH vagina. Sehingga akan mengganggu lingkungan alami vagina yang asam dan memungkinkan bakteri jahat untuk tumbuh. Perhatikan saat menggunakan Tampon. Tampon tidak berbahaya, hati-hati  saat menarik tampon. Vagina berbentuk seperti tabung. Leher rahim ada di ujung paling dalam dan hanya memiliki lubang kecil untuk darah dan air mani. Leher rahim tidak mudah dibuka paksa. Tampon belum terbukti menyebabkan kerusakan lain pada vagina atau leher rahim. 

Infeksi menakutkan seperti Toxic Shock Syndrome (TSS) itulah yang harus menjadi perhatian kita yang sesungguhnya. TSS disebabkan oleh bakteri penghasil racun yang disebut staphylococcus aureus, yang tumbuh sempurna di lingkungan kotor seperti vagina kita dengan penggunaan tampon berlebihan. Penderita TSS dapat dengan tiba-tiba mengalami demam, menggigil, muntah, diare, nyeri otot dan ruam. Gejala yang lebih serius termasuk tekanan darah sangat rendah dan pada akhirnya, shock. Tapi TSS adalah kondisi langka dan tampon bukan satu-satunya penyebab utama. Untuk mencegah TSS atau segala jenis infeksi vagina, pastikan Anda mengubah tampon setiap 4 sampai 8 jam. Lebih baik lagi, cukup menggunakan pembalut.

Jika terjadi masalah makan sebaiknya segera ke dokter  menunggu sampai periode menstrusi berakhir untuk melihat apakah masih membutuhkan obat. Sebab  alasannya: efek obat infeksi vagina akan lebih baik sebelum atau sesudah menstruasi karena infeksi jamur vagina cenderung untuk sembuh sendiri tanpa pengobatan, biasanya ketika menstruasi dimulai. Darah menstruasi meningkatkan pH vagina, menyebabkan penurunan sel-sel jamur dan infeksi menghilang.

Masa Reproduksi
Selama tahun-tahun reproduksi, perubahan vulva dan vagina terkait dengan siklus menstruasi dan kehamilan. Termasuk pada saat melahirkan, mengeluarkan darah nifas, proses pemasangan alat kontrasepsi.

Menopause
Kekeringan vagina biasanya terjadi karena sedikitnya sekresi pelumas alami dalam vagina. Seiring dengan penurunan produksi hormon, lactobacillus dan kadar asam laktat akan turun, menyebabkan pH vagina meningkat. Kondisi ini akan melemahkan lapisan pelindung asam vagina secara dramatis dan membuatnya rentan terhadap unsur-unsur berbahaya.

Kekeringan vagina cukup normal di kalangan wanita menopause. Bila memasuki dan mengalami menopause, kita akan mengalami pergeseran hormonal yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan. Level progesteron  (hormon wanita) mungkin menurun, sementara level estrogen  (hormon wanita yang lainnya) bisa saja meningkat. Atau bahkan baik level estrogen dan progesteron Anda bisa menurun. Dengan kondisi sikulus tidak menentu ini, penurunan kadar estrogen menjadi penyebab paling umum kurangnya pelumasan yang diproduksi. Ketika kadar estrogen  berfluktuasi, dinding vagina menjadi lebih tipis, menurunan produksi pelumas dari mucus membran yang menghasilkan kekeringan vagina. Konsultasikan dengan dokter jika kekeringan vagina menyebabkan ketidaknyamanan bagi Anda.

Pengetahuan Dasar Tentang Vagina dan Infeksi Area V

Mungkin sudah banyak yang tahu jika salah satu penyebab utama dari infeksi vagina adalah kurangnya menjaga kebersihan area intim.Infeksi vagina secara ilmiah disebut sebagai vaginitis yang merupakan peradangan vagina ditandai dengan pembengkakan, kemerahan, panas, nyeri, dan keputihan abnormal. Kondisi ini dapat disebabkan oleh bakteri, jamur, dan protozoa tertentu yang menimbun sejumlah besar kotoran sehingga mengiritasi vagina dan vulva (daerah luar vagina).

Ada banyak jenis infeksi vagina, masing-masing disebabkan oleh berbagai jenis buangan vagina yang terkontaminasi dengan gejala penyerta lainnya seperti pembengkakan, bau, dan gatal-gatal.

Banyak dari kita yang tidak nyaman berbicara tentang seks atau penyakit seksual, bahkan dengan keluarga dan teman-teman kita. Dengan kurangnya diskusi terbuka, wanita yang terinfeksi penyakit vagina mungkin tidak tahu tentang obat dan pencegahannya, sehingga membuat berbagai pilihan yang dapat diakses menjadi tidak dimanfaatkan.

Sebagian besar wanita, termasuk gadis remaja, dapat menderita infeksi di area intim setidaknya sekali dalam seumur hidup mereka. Sangat mungkin kondisi ini tidak terobati dengan benar karena mereka tidak sepenuhnya memahami gejala dan konsekuensinya.

Masalah Infeksi Pada Area V

Sel jamur hadir dalam vagina setiap wanita, dan sel jamur ini tidak berbahaya asalkan tetap dipertahankan dalam jumlah minimal dengan menjaga lingkungan asam dalam vagina. Namun untuk wanita diabetes, cairan vagina mengandung lebih banyak glukosa (atau gula) karena kadar gula darah yang lebih tinggi. Sel jamur akan berkembang dengan glukosa berlebih ini, dan menghasilkan infeksi jamur. Penderita diabetes juga cenderung memiliki hiperglikemia (atau tingkat abnormal glukosa dalam darah yang tinggi) yang melemahkan sistem kekebalan tubuh, membuat mereka lebih rentan terhadap infeksi jamur. Jadi, hal terbaik untuk wanita diabetes untuk mencegah infeksi jamur adalah dengan menjalani pengobatan yang direkomendasikan oleh dokter mereka dan untuk jangka waktu yang ditentukan untuk menghindari infeksi berulang yang dapat bahkan lebih kuat dari sebelumnya.

Kandidiasis atau infeksi jamur vagina tidak menular seperti flu. Bahkan, setiap wanita memiliki jamur dalam vaginanya, tapi dalam jumlah yang sedikit. Namun, pertumbuhan berlebih dari jamur yang ada di vagina dapat terjadi dan mempengaruhi keseimbangan bakteri baik. Hal ini akan membuat pertahanan vagina menurun dan infeksi terjadi. Beberapa cara untuk mencegah kandidiasis adalah makan sehat, menghindari penggunaan antibiotic yang tidak perlu, dan mencuci area intim setiap hari dengan pembersih kewanitaaan yang lembut.

Seorang wanita mungkin memiliki 2 sampai 3 infeksi pada saat yang sama karena pertahanan sistem menurun yang dipengaruhi oleh semua jenis bakteri jahat yang berkembang dalam lingkungan asam yang rendah. Infeksi vagina yang paling umum adalah bacterial vaginosis, biasanya mengikuti penyakit menular seksual trikomoniasis. Gejala Infeksi dapat disembuhkan, dan kami sarankan untuk bertemu dengan dokter  segera untuk mendapatkan bantuan dan pengobatan secara cepat. 

Gatal berkepanjangan, luka atau bau pada vagina, segera cari bantuan medis. Tidak hanya memberikan bantuan lebih cepat, kita juga akan membutuhkan waktu yang lebih singkat untuk pulih dan menghabiskan lebih sedikit pengobatan.Jika baunya seperti ikan mati dan dilengkapi dengan cairan vagina berwarna keputihan kekuningan atau keabu-abuan, itu berarti bakteri jahat di vagina telah tumbuh di luar kendali dan sudah terjadi  infeksi vagina. Namun kadang-kadang, bau dari vagina berarti kita pernah makan sejenis makanan yang salah yang mengeluarkan minyak beraroma dan pada akhirnya disekresikan oleh keringat. Keringat yang berlebihan juga dapat menambah bau vagina. Cairan alami vagina, keringat berlebih, ditambah beberapa tetes urin juga dapat memberikan bau tidak sedap. Untuk mencegah dan menyingkirkan bau ini, kita dapat menggunakan pembersih kewanitaan yang cocok pada, dan membersihkan dengan tisu feminin saat bepergian. Namun jika masih saja terjadi masalah, maka segera berobat ke dokter.

Penyebab Vagina Bau

Jarang Ganti Pembalut
Darah menstruasi setelah telah meninggalkan tubuh akan terkontaminasi dengan organisme bawaan tubuh. Saat haid, para pakar kesehatan merekomendasikan  untuk mengganti pembalut setiap 4-6 jam sekali (lebih sering, jika perdarahan Anda berat) adalah praktik kebersihan pribadi yang baik demi mencegah vagina berbau anyir tak sedap.

Menggunakan Vaginal Douche

Vaginal douche mengacu pada praktik mencuci atau membilas bagian dalam vagina penyemprot berisi air yang dicampur dengan beberapa cairan lain, seperti baking soda, cuka, yodium, dan parfum atau wewangian. Douching membilas keluar seluruh bakteri baik yang menetap dalam vagina untuk melawan infeksi, sehinga akan lebih meningkatkan risiko pertumbuhan bakteri dan infeksi vagina lain yang terkait dengan vagina bau.

Makan Makanan 

Makanan yang berbau kuat dan berempah memiliki potensi sebagai penyebab vagina bau, misalnya kopi, bawang, kari, dan rempah-rempah lainnya. Konsumsi daging merah, susu dan produk susu, serta alkohol yang berlebihan juga mungkin dapat mengubah aroma vagina Anda. Diet tinggi probiotik, seperti gandum utuh serta sayur dan buah-buahan dapat membantu menjaga keseimbangan pH alami vagina dan mungkin menghasilkan aroma yang lebih ringan.

Salah Celana Dalam

Celana dalam yang super ketat menyebabkan frekuensi gesekan jadi lebih sering, yang dapat menyebabkan berbagai macam masalah, mulai dari iritasi kulit hingga rambut yang bertumbuh ke dalam. Selain itu, celana dalam ketat dan lembap dari keringat adalah salah satu faktor risiko yang berkontribusi terhadap perkembangan infeksi ragi. Kombinasi panas dan kelembapan yang bersarang di daerah vagina  menjadi tempat tumbuh suburnya jamur dan bakteri.

Bahan terbaik untuk celana dalam adalah kain yang memungkinkan kulit untuk bernapas seperti katun murni. Kain sintetis, seperti nilon, polyester, sutera, lycra, dan renda-renda lebih cenderung mengiritasi daerah vagina sekaligus menempatkan Anda pada risiko untuk mengembangkan ragi dan infeksi bakteri penyebab vagina bau.

Membilas Dari Belakang ke Depan
Prinsipnya sama persis seperti memakai celana thong. Menyeka dari bokong ke depan akan memindahkan berbagai macam bakteri asing ke dalam vagina 

Jarang Mencuci Vagina

Vagina memiliki mode pembersihan otomatis. Leher rahim dan dinding vagina memproduksi sejumlah kecil kendir yang akan luruh membawa sisa darah menstruasi, sel-sel tua, dan partikel-partikel asing lainnya keluar dari vagina. Tapi ini bukan berarti kita mesti absen membersihkan vagina, terutama setelah berkeringat dari olahraga, selama menstruasi atau keputihan yang lebih banyak dari biasanya, atau bahkan setelah berhubungan seks. Menjaga kebersihan pribadi yang baik penting untuk menghindari masalah vagina bau.

Berlama-lama Memakai Baju Renang Basah
Kebanyakan kolam renang mengandung klorin yang berfungsi untuk membunuh bakteri dalam air. Umumnya ini adalah hal yang baik, karena jika tidak, air kolam renang bisa menjadi tempat segala macam bakteri untuk berkembang biak yang pasti ingin kita hindari.Ketika berlama-lama menetap dalam baju renang yang lembap, sisa klorin yang menempel di bahan kain dapat masuk terlalu dalam ke dalam vagina dan membunuh koloni bakteri baik yang seharusnya membantu vagina tetap sehat. Sehingga tidak mengherankan jika  akan mulai merasa  gatal-gatal yang tak terkendali hingga iritasi dan peradangan kulit yang berkaitan dengan segala macam masalah kesehatan vagina . Solusi terbaik adalah untuk secepatnya menanggalkan baju renang basah setelah Anda selesai berenang (atau pakaian dalam yang lembap sehabis berolahraga).

Buru-buru Ganti Pakaian Setelah Mandi
Saat keluar dari kamar mandi, handukan setengah hati-hati, cepat-cepat pakai baju, dan berangkat kerja. Memakai celana dalam kondisi saat  masih setengah kering sama saja kita membiarkan daerah vagina menjadi ladang infeksi jamur. Sebaiknya keringkan dahulu badan kita. Terutama  untuk mengeringkan vagina guna mencegah infeksi jamur 

Kesehatan Area V Mempengaruhi Kehidupan Sehari-hari

Infeksi pada area intim bisa memiliki efek yang cukup besar dan lebih dari yang dapat kita bayangkan dari kinerja yang buruk di tempat kerja atau sekolah hingga ketidaknyamanan lain yang timbul karena infeksi. Infeksi vagina bisa lebih dari sekedar bau, gatal dan luka ,bahkan melukai emosi dan kehidupan. Pokoknya jika terjadi masalah pada area V, akan berakibat buruk pada penampilan, hubungan suami istri dan pergaulan kita sehari-hari. Bahkan akan bisa berakibat kepada munculnya penyakit yang berbahaya. Tanpa gangguan masalah area V saya bisa berada di mana saja dan #JadiYangKuMau dengan percaya diri.

Saya Bersama Kepala Diskop dan UMKM serta Pelaku UKM Bengkulu
Peringatan Keras Bagi Wanita

Ingat, penelitian telah membuktikan bahwa hampir 50% wanita tidak menunjukkan gejala ketika memiliki gejala  bakterial vaginosis (BV). Sabun dalam bentuk apapun (cair atau bar) biasanya mengandung nilai pH tinggi yang sangat jauh dari lingkungan alami vagina itu sendiri. Produk seperti ini hanya akan merusak lapisan asam alami vagina yang berfungsi sebagai perlindungan dari bakteri jahat. Sering menggunakan bahan kimia iritan seperti sabun secara bertahap akan merusak lingkungan sensitif vagina, sehingga hanya jenis pembersih yang lembut saja yang diperlukan. Jangan pernah mengambil resiko untuk kesehatan vagina Anda. Gunakan hanya pembersih kewanitaan yang tepat setiap hari.

Cara Membersihkan Area V

Sabun adalah garam alkali dari asam lemak dan sehingga pH-nya adalah basa (pH 9,5-10). Sabun akan meningkatkan pH kulit dan menyebabkan perkembangbiakan bakteri yang merugikan. Sabun juga dapat mengganggu kelembaban kulit sehingga menyebabkan kekeringan dan iritasi.

Sabun adalah garam alkali dari asam lemak dan sehingga pH-nya adalah basa (pH 9,5-10). Sabun akan meningkatkan pH kulit dan menyebabkan perkembangbiakan bakteri yang merugikan. Sabun juga dapat mengganggu kelembaban kulit sehingga menyebabkan kekeringan dan iritasi.

Air saja hanya menghilangkan 65% dari minyak dan kotoran pada kulit. Air juga dapat meningkatkan pH kulit sampai batas tertentu. Jadi air saja tidak cukup untuk membersihkan area luar genital. Untuk membersihkan vagina setiap harinya, cukup bilas dengan air hangat (bukan air mendidih) ketika mandi. Bisa melarutkan sedikit saja garam laut (sea salt) ke dalam air hangat untuk membantu mengatasi rasa gatal di daerah kewanitaan. Namun, jangan pakai garam mandi yang marak dijual saat ini dengan pewarna, pewangi, dan zat-zat tambahan lainnya. Garam mandi justru berisiko menimbulkan iritasi.

Tisu feminin secara khusus dibuat untuk kebutuhan intim wanita, sementara tisu basah biasa dibuat untuk tujuan higienis umum seperti menyeka tangan dan wajah agar bersih, mengelap meja yang kotor, bagian bawah bayi , dan lain-lain. Tisu feminin mengandung bahan-bahan yang lebih ringan yang pastinya bisa melindungi lingkungan alami vagina dan menjaganya agar tetap bersih, segar, serta bebas bau. 

Tisu yang diformulasikan secara khusus ini dapat digunakan setelah buang air kecil - alternatif yang lebih baik dibandingkan dengan tisu kamar mandi biasa; untuk membersihkan dan menghilangkan bau ketika bepergian; dan lebih dari itu sebagai pembersih selama menstruasi, setiap kali ada kebutuhan untuk mengganti pembalut atau tampon. Menyeka bersih dan kering vagina  setiap hari dengan menggunakan tisu feminin akan membuat kita merasa lebih bersih dan bebas dari terlalu banyak kelembaban dan infeksi yang tidak perlu.

Untuk kesehatan dan kebersihan areaV.Sebaiknya gunakanlah cairan pembersih vagina secara khusus dan dengan penggunaan yang rutin setiap hari. 

Tentang Lactacyd

Lactacyd adalah pembersih khusus kewanitaan yang membuat para wanita merasa nyaman dan percaya diri. Lactacyd berdedikasi untuk melakukan inovasi produk perawatan area intim yang dapat membantu wanita dari semua lapisan masyarakat dalam berbagai tahap kehidupan.Selama 25 tahun penelitian dan pengalaman, kami memahami bahwa tidak ada dua wanita yang sama. Setiap wanita memiliki kebutuhan area intim yang berbeda dan membutuhkan solusi unik yang terbaik.

Lactacyd menawarkan berbagai pilihan produk pembersih area intim dengan varian khusus bagi mereka yang memiliki kebutuhan lebih dari sekedar pembersih biasa. Banyak wanita melihat Lactacyd sebagai sahabat yang mengerti kebutuhan mereka dan selalu memiliki solusi untuk membantu mengatasi masalah sehari-hari. Varian baru Lactacyd saat ini dikelompokkan berdasarkan manfaat untuk membuat kita lebih mudah untuk memilih pembersih area intim yang tepat untuk area V kita sendiri.

Lactacyd ingin dapat membantu wanita di tiap generasi untuk tetap sehat dan percaya diri dengan produk-produk yang menawarkan kebersihan, kesegaran, dan kenyamanan untuk setiap wanita yang ingin menampilkan hal terbaik miliknya.

Lactacyd Herbal
 
Alasan Mengapa Memilih  Lactacyd

Sekali lagi karena tidak ada dua wanita yang sama, merawat area intim adalah urusan yang sangat pribadi. Lactacyd telah diformulasikan dengan berbagai pilihan varian baru untuk solusi pembersih kewanitaan yang diperkaya dengan manfaat yang berbeda agar kita dapat menemukan produk yang terbaik. Semua produk Lactacyd telah lolos uji dermatologi dan terbuat dari bahan-bahan alami dan lembut untuk kesehatan area intim tanpa risiko iritasi. Apapun kebutuhan kita, lactacyd  memilik varian perawatan kewanitaan yang beragam dan bisa digunakan oleh anak-anak dan orang dewasa. Bisa digunakan saat di rumah atau bagi kita yang  senang bepergian.

Formulasi Alami
Area paling intim seorang wanita layak mendapatkan perawatan yang terbaik. Itulah mengapa Lactacyd dibuat dengan bahan alami dan berbahan dasar susu lembut seperti lactoserum, serta asam laktat yang secara alami ada di area intim wanita. Lactacyd diformulasikan dengan sangat hati-hati untuk membantu menjaga keseimbangan pH area intim agar tetap sehat.

No. 1 di Seluruh Dunia
Merek pembersih kewanitaan nomor 1 di seluruh dunia , Lactacyd bangga menjadi sahabat perawatan area intim dalam setiap tahap kehidupan seorang wanita.

Terbukti Secara Klinis
Lactacyd secara klinis terbukti dapat memberikan perawatan yang lembut serta perlindungan dari bau, serta iritasi pada area intim dengan pemakaian teratur.

Terpercaya Selama Beberapa Generasi
Selama lebih dari 30 tahun, Lactacyd telah direkomendasikan oleh dokter dan banyak wanita diberbagai penjuru dunia. Ini adalah tanda kepercayaan yang begitu besar pada Lactacyd yang mampu mengerti serta memahami pentingnya memenuhi kebutuhan mendasar kewanitaan.

Lolos Uji Dermatologi
Sebagai merek terpercaya, Lactacyd lolos uji dermatologi untuk penggunaan sehari-hari. Lactacyd juga diproduksi di pabrik yang memenuhi standar global Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik (CPKB).

Semua Produk Lactacyd

Semua Produk,    Feminine Hygiene,    All Day Fresh,    White Intimate,     Feminine Wipes,    Lactacyd Teens,    Lactacyd Herbal

Lactacyd Herbal

Demi menjawab kebutuhan  kesehatan area V para wanita. Lactacyd hadir dengan varian baru yang lebih alami dan segar.  Lactacyd merupakan brand international untuk pembersih kewanitaan yang terpercaya, kini launching produk baru Lactacyd Herbal yang diformulasikan khusus untuk menjawab kebutuhan wanita Indonesia

Lactacyd Herbal ini saya pun lebih menyukainya Sebab terbuat dari bahan-bahan herbal dan diolah dengan teknologi yang canggih.  Dengan Lactacyd herbal ini memberikan rasa kesat, melembutkan dan merawat area.V.

Lactacyd Herbal


Bahan Kombinasi Lactacyd Herbal

Daerah kewanitaan perlu disertakan dalam perawatan kecantikan sehari-hari karena merupakan bagian penting setiap wanita. Memperkenalkan Lactacyd Herbal Pesona Area V dengan kombinasi unik .Kombinasi terkini ekstra daun Sirih, susu dan sari bunga mawar. Membersihkan dengan lembut dan merawat daerah kewanitaan agar terasa bersih, nyaman dan lembut. Diformualsikan dengan pH yang sesuai dengan kondisi alami kulit. Telah teruji secara dermatologi, cocok untuk peggunaansehari-hari. Sekarang, bahkan kulit terhalus area V pun dapat tetap sehat dan indah setiap hari. 

Ekstra daun sirih sudah dipercaya turun-temurun membersihkan dan memberikan rasa kesat pada area Kini hadir dalam formula baru dan canggih untuk membantu para wanita secara praktis untuk membersihkan dan merawat area V sepanjang hari.

Kegunaan Daun Sirih Untuk Area V



Manfaat Susu untuk Kesehatan Area V





Manfaat Bunga Mawar Untuk Area V

Manfaat Bunga Mawar Pada Area V



Uji Dermatologi Lactacyd Herbal 

Berdasarkan uji coba produk terhadap 162 wanita Indonesia, Ipsos, April 2016.
Pharmacological Effects of Rosa Damascena, Mohammad H., Boskabady, Iranian Journalof Bas ic Medical Sciences. Vol. 14, No. 4, July-Aug 2011, 295-307
Tes Hipoalergenik, Gertrude P.Chan, M.D., M.Sc. 18 Jan - 18 Mar 2016

Sediaan Kemasan Lactacyd Herbal 

Lactacyd Herbal Pesona Area V  tersedia dalam ukuran 60ml dan 120 ml. Tersedia di berbagai apotek, toko obat, supermarket dan mini market di seluruh Indonesia. Kemasan kecil lactacyd mmebuat kita lebih mudah an praktis membawa lactacyd kemana saja, bahkan jika sedang berpergian. Bisa dimasukan ke dalam kantong kosmetik kita. Jadi mulai sekarang masukan juga lactacyd di antara barang-barang make up atau kosmetik yang akan kita pakai sehari-hari.

Kemasan Imut Lactacyd Bisa Nyelip di Dalam Tas

Cara Pemakaian Lactacyd 

Lactacyd sangat mudah digunakan. Ambil sedikit di tangan dan usapkan pada area luar vagina pada saat mandi, membersihkan diri, atau di antara waktu tersebut. Setelah itu, bilas dan keringkan seperti biasa. Kita juga bisa menggunakan spons kecil atau flanel (kain lap) untuk diusap ke area intim agar lebih higienis. Silakan menggunakan pembersih kewanitaan setiap hari, tapi pastikan bahwa pembersih kewanitaan yang kita gunakan sangat lembut dengan kandungan bahan-bahan alami plus pH yang cocok untuk menghindari infeksi vagina. Lactacyd bisa digunakan sehari-hari untuk kesegaran dan perlindungan sesering yang kita inginkan.

Dengan adanya cairan pembersih area V Lactacyd ini membuat saya lebih mudah dan praktis jika ingin membersihkan, membasuh area V saya kapan saja dan dimana saja. Sejak menggunakan lactacyd terutama yang herbal secara rutin. Hubungan saya dengan suami, juga semakin harmonis. Suami juga semakin perhatian dan sayang kepada saya. Kebersamaan kami tidak lagi terganggu dengan berbagai masalah area V yang membuat tidak nyaman.


Saran saya untuk sesama wanita berdasarkan ilmu yang saya dapatkan sewaktu kuliah keperwatan dalam merawat kesehatan Vagina. Seiring waktu dan peristiwa, vagina mengalami perubahan. Setelah melahirkan, vagina umumnya akan terasa kering dan lebih longgar. Vagina yang tidak lagi sempit adalah hal wajar karena vagina telah menjadi jalan keluarnya bayi. Selain itu bisa jadi perineum atau dinding di antara vagina dan anus robek atau disayat agar bayi dapat lebih mudah keluar. Proses penyayatan ini disebut episiotomi.

Ukuran vagina yang melebar kemungkinan tidak akan kembali ke ukuran sebelum proses persalinan. Namun senam Kegel (pelvic floor exercise) dapat dijalankan untuk menguatkan otot vagina sehingga terasa lebih kencang.Turunnya kadar estrogen selama masa menyusui dapat menyebabkan vagina menjadi lebih kering dibandingkan masa sebelum persalinan. Masalah ini akan mereda setelah masa menstruasi  kembali normal. Jika vagina kering menjadi masalah saat berhubungan seksual, kita dapat menggunakan bantuan pelumas yang dijual bebas di apotek.

Lactacyd Herbal

Perineum nyeri saat usia melahirkan. Lapisan perineum di antara vagina dan anus yang robek atau disayat saat proses persalinan umumnya menimbulkan rasa nyeri hingga sekitar tiga bulan setelahnya. Menjaga agar area tersebut tetap bersih dengan mandi teratur dapat mencegah infeksi. Sementara mengonsumsi obat pereda rasa sakit dan senam Kegel dapat mengurangi rasa nyeri.

Nyeri saat berhubungan seksual. Selain karena vagina kering dan jahitan yang mungkin ada, umumnya wanita yang baru saja melahirkan akan membutuhkan waktu sebelum ingin berhubungan seks lagi. Ada yang merasakan sakit saat berhubungan seksual. Jika nyeri tidak kunjung reda, konsultasikan masalah tersebut ke dokter.

Selain senam Kegel, berjalan kaki dan berlari dapat menjadi pilihan olahraga yang dapat membantu menjaga kebugaran tubuh secara menyeluruh, termasuk kekuatan otot panggul.

Saran saya untuk wanita berhijab sebaiknya selain sering mengganti celana dalam, sebaiknya juga sering mengganti celana panjang yang sering kita gunakan untuk dalaman. Jika sudah berada di rumah, terutama saat hendak tidur atau beraktivitas santai. Tidak menggunakan celana dalam atau celana panjang dalaman. Untuk memberikan ruang kepada area V untuk tidak selalu tertutup dan lembab.

Selain itu sebaiknya sering-sering mencukur bulu kemaluan, untuk menghindari basah atau lembab saat mencebok dan memersihkan area V dalam waktu lama. Jika belum dikeringkan dengan tisu atau handuk. Apalagi jika sedang berpergian. 

Oleh karena itu, untuk kebersihan dan kesehatan area V sebaiknya segera gunakan Lactacyd Hebal ya agar pesona area V dapat kita rasakan . Serta terhindar dari berbagai masalah area V.

Oh, ya bagi kalian yang mempunyai berbagai masalah seputar area V. Bisa melihat dan memperhatikan video mengenai #HaloLactacydHerbal ini.  Barangkali masalah area V kalian bisa ketemu solusi dan bisa segera diatasi.

Sebagai seorang Wanita Indonesia memiliki banyak peranan,saya ingin menjadi seorang istri dan ibu yang baik bagi suami dan anak-anak saya. Hubungan saya dan anak-anak baik dan harmonis. kami saling mendukung Selain itu saya juga ingin memberikan kontribusi terhadap kaum perempuan dan masyarakat Bengkulu.

Saya dan Suami Kian Harmonis

Saat ini saya diamanahi sebagai ketua komunitas Blogger Bengkulu dan Badan Pengurus Pusat Forum Lingkar Pena serta penasihat Forum Lingkar Pena (FLP) Bengkulu. Untuk kegiatan tersebut secara rutin saya dan teman-teman melakukan kegiatan untuk mengedukasi masyarakat Bengkulu dan Indonesia secara umum melalui tulisan.

Melalui Blogger Bengkulu  (Bobe) saat ini saya dan teman-teman blogger sedang giatnya membantu pemerintah Bengkulu untuk mempromosikan segala hal tentang Bengkulu melalui dunia maya. Setiap bulan kami melakukan kegiatan kopi darat guna menambah ilmu dan keterampilan Blogging. Serta melakukan kegiatan Nulisserempak mengenai Bengkulu di blog.

Saya Bersama Perempuan Inspiratif Nova Dengan Buku Terbaru Saya
Untuk kegiatan Forum Lingkar Pena setiap bulan juga saya dan teman-teman berbagi ilmu kepenulisan dalam sebuah kegiatan diskusi dan pelatihan sederhana. Kegiatan Pangkalan Sastrawan Bengkulu ini kami lakukan guna saling mengedukasi dan menstimulus lahirnya penulis muda yang terus berkarya. Serta sebagai wadah kumpulnya para penulis.

Sekarang saya sedang menyelesaikan dua buku baru saya yang naskahnya sudah ditungguin oleh penerbit. Semoga segera rampung dan diterbitkan ya. Mohon doa'anya.

Dengan penggunaan Lactacyd Herbal  setiap hari, saya merasa lebih nyaman terutama jika sedang berada di luar rumah. Saat sedang berkumpul atau berbicara dengan orang banyak. Terbebas dari gangguan gatal-gatal atau tidak nyaman di bagian area V. Saya pun bisa menjadi diri saya sendiri saya bebas untuk #JadiYangKuMau dan terus bisa memberikan kontribusi pada komunitas blogging dan kegiatan kepenulisan . Serta berbagai kegiatan sosial lainnya di masyarakat. Saya ingin terus berkarya.

Saya Usai Kata Sambutan Pada Kopdar  Bobe X Mei 2017 Bersama Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Bengkulu


Selamat mencoba


22 comments

setuju mba kita lebih bnyk fokus rawat muka xixixnjd abai sama miss V, sbg tg aktif berkegiatan memang senantiasa menjaga kebersihan y mba. utamanya ganti celdam dan gunain lactacyd 😁
Btw mba keren bgt semoga sll sehat y mb n gudluck ulasannya komplit 👍

Reply

iya, suka lupa ya merawat dibagian yang tercantik ari tubuh kita

Reply

alhamdulillah, terima kasih ya mak faris

Reply

kadang menjaga kesehatan organ intim memang suka kelupaaan mbak. pdahal buat perempuan penting banget ya

Reply

Lactacyd ini pilihanku juga mba. Jadi bebas untuk beraktifitas :)

Reply

Tipsnya mantap Mbak. Aku ni suka buru-buru mengenakan pakaian sesudah mandi. Hmm..kudu diubah niy kebiasaan.

Reply

iya mba, suka merawat muka ajah ya, padahal ini penting

Reply

asik ya mba, gak masalah soal anu-anu lagi ya

Reply

iya mba, cuma ya kayak kita ya banyak keburunya

Reply

Komplit banget ni artikel, Lengkap. dari penyebab sampai solusi.

dlu pas SMA mira pernah yang namanya ngalamin gatal2 dan pedih diarea V, menyiksa banget...baru tahu ternyta penyebabnya banyak...
tapi alhamdulillah, setelah SMA itu gk pernah lagi ngalamin kayak gitu. sekarang sehari sudah sampe 3x ganti CD.

Reply

Makasih informasi dan tipsnya lengkap banget mbak

Reply

Alhamdulillah aq udah kenal lactacyd sejak dulu.
Pas hamil juga sering pakai
Apalagi pas pasca melahirkan. Ini penting banget dipakai bersihin pas nifas.

Reply

Wah lengkap, banget, mba. Aku baru tau loh kalau banyak minum produk susu salah satu yg buat miss v bau.

Ma kasihbinfonya, mba ^_^

Reply

Yang ini sudah lama aku amalkan:

"Jika sudah berada di rumah, terutama saat hendak tidur atau beraktivitas santai. Tidak menggunakan celana dalam."

Ini favoritku!

Hihihi...

Reply

wah ini produk terbaru Lactacyd? Aku tahunya Lactacyd Baby buat sabun mandi anakku. Sepertinya ini cocok dipakai terutama di daerah yang airnya kurang bersih

Reply

iya, jangan sampai terulang kembali ya, gak bangetlah

Reply

iya, sama2, semoga bermanfaat ya

Reply

iya mba ike, kita perempuan perlu banget bersihin area v ini

Reply

iya mba, semoga bisa mengedukasi ya

Reply

ciye yang sudah langganan pake :D

Reply

iya say, kita perlu juga pake jangan baby aja aja ya :D

Reply

Terima ksih sudah mampir dan komen di blog saya. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.