Menu

Minggu, 07 Mei 2017

/


Assalammualaikum Wr. Wb

Memasuki usia kehamilan tri semester ketiga merupakan saat-saat yang membahagiakan sekaligus menegangkan. Sudah pasti ibu hamil akan merasa cemas menjelang persalinan sekaligus gembira menunggu kehadiran sang buah hati ke dunia sehingga berbagai persiapan pun akan dilakukan, baik untuk diri sendiri atau untuk sang buah hati. Salah satunya adalah mempersiapkan perlengkapan bayi yang sebentar lagi akan hadir. Perlengkapan bayi biasanya dipersiapkan saat usia kehamilan sudah menjelang 7 bulan atau setelah diketahui jenis kelamin sang bayi melalui USG. Saat Anda akan berbelanja, sebaiknya Anda sudah menyusun terlebih dahulu daftar perlengkapan bayi baru lahir yang harus dibeli di antaranya adalah:

1.    Pakaian Bayi.

Yang pertama kali wajib dibeli adalah pakaian bayi yang merupakan kebutuhan primernya. Disarankan dalam memilih baju bayi, hindari yang berbahan polyester atau nylon karena kedua bahan sintetis tersebut menghambat penyerapan keringat. Sebaliknya, pilih yang berbahan katun, karena katun merupakan bahan pakaian yang paling adem dan nyaman saat dikenakan. Hindari juga baju dengan aksesoris yang berlebihan sehingga dapat mengganggu gerak si kecil atau membuatnya iritasi. Hal ini dikarenakan kulit bayi sangat sensitif dan 3 kali jauh lebih tipis dari kulit orang dewasa.



2.    Popok.

Bayi baru lahir umumnya memiliki intensitas buang air kecil dan buang air besar yang lebih frekuensi sehingga popok merupakan salah satu benda yang masuk ke dalam daftar perlengkapan bayi baru lahir yang tak boleh dilewatkan. Di jaman modern seperti sekarang ini, pilihan popok ada beberapa jenis, mulai dari popok kain biasa, popok clodi (cloth diapers) dan popok sekali pakai atau disposable diapers. Semua pilihan kembali pada Anda, namun sangat disarankan membeli popok clodi atau popok sekali pakai karena lebih praktis dan nyaman.



3.    Perlak atau Sprei Waterproof.

Perlak sangat bermanfaat sebagai alas tidur si kecil terutama bagi bayi baru lahir yang mengenakan popok kain biasa. Karena perlak dapat mencegah pipis atau kotoran bayi agar tidak mengenai kasur. Selain perlak, sekarang pun sudah ada sprei waterproof yang bisa menggantikan fungsi perlak. Pilihlah yang berukuran agak besar sehingga si kecil tetap dapat aktif bergerak.



4.    Gendongan Bayi.

Gendongan bayi juga jangan sampai dilewatkan sebagai perlengkapan bayi yang penting dan harus masuk dalam daftar belanja. Ada beberapa jenis gendongan bayi yang tersedia di pasaran, mulai dari gendongan yang berbentuk seperti selendang, ada juga gendongan depan serta gendongan ring slings. Sesuaikan saja mana yang sekiranya paling nyaman dengan Anda.



5.    Perlengkapan Mandi.

Untuk yang satu ini sepertinya semua ibu juga sudah mengerti. Pilih perlengkapan mandi bayi inti di antaranya adalah sabun, sampo, dan bedak yang hypo-allergenic dan lembut, jangan lupa juga membeli handuk khusus bayi yang lembut dan mudah menyerap air, waslap untuk melap tali pusar bayi dan juga perlengkapan lainnya seperti minyak telon untuk menjaganya agar tetap hangat. Berikut deterjen dan pewangi pakaian yang lembut.


6.    Perlengkapan P3K.

Pada usia-usia bulan pertama setelah kelahiran si kecil, ia membutuhkan perlindungan ekstra dari lingkungan di sekitarnya. Oleh karena itu Anda juga sebaiknya memasukkan beberapa perlengkapan P3K ke dalam daftar perlengkapan bayi baru lahiryang harus dibeli. Perlengkapan P3K yang dimaksud antara lain thermometer, kapas bayi, salep anti iritasi atau ruam popok, thermometer dan mungkin saja Anda akan membutuhkan salep untuk puting payudara yang iritasi pada saat awal menyusui.

Nah, itulah beberapa barang penting yang harus dipersiapkan oleh ayah bunda untuk menyambut kehadiran sikecil. Jika masih ragu jenis kelaminnya. Maka untuk warna baju dan perlengkapannya dipilih yang beal saja,warna netral saja misalnya warna biru.

Selamat menunggu kehadiran si bayi ya !
Diberdayakan oleh Blogger.