Menu

Sabtu, 22 April 2017

/

Assalammualaikum Wr. Wb

Memilih Nutrisi Tepat Selama Masa Kehamilan. Masa kehamilan adalah suatu peristiwa yang sangat penting bagi seorang perempuan. Apalagi pada saat hamil untuk yang pertama kali. Setiap perempuan akan merasakan perasaan yang campur aduk saat mengetahui bahwa dirinya hamil. Senang sekaligus juga cemas. Rasa senang ya karena akan segera menjadi ibu dan mendapatkan seorang anak. Namun sekaligus juga cemas, bagaimana menjalani proses kehamilan selama sembilan bulan, saat melahirkan dan juga saat merawat sang bayi. Semuanya silih berganti hadir memenuhi ruang pikir sang ibu. Apalagi kehamilan pertama, pasti masih sangat awam dan butuh banyak informasi serta bimbingan.

Ya, mau bagaimana lagi. Namanya juga hamil pertama. Akan tetapi sebenarnya setiap perempuan di saat hamil akan mengalami perasaan seperti itu. Sama saja. Baik kehamilan pertama atau kehamilan yang kesekian. Soalnya setiap kehamilan pada seorang ibu yang sama tidaklah sama saat kehamilannya. Akan berbeda-beda kondisinya. Banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut bisa terjadi.

Selain kecemasan yang saya sebutkan tadi. Salah satu hal penting yang harus dipersiapkan oleh seorang ibu adalah kesiapan dirinya untuk menerima kehamilan dan menjalani kehamilan yang sehat. Mengapa demikian. Hal ini penting. Jika sang ibu merasa dirinya siap dan akan menjalani kehamilan yang sehat. Maka energi postif juga akan keluar dari sang ibu. Dan hal itu akan berakibat baik pada kehamilan dan janin. Untuk menjalani kehamilan yang sehat. Maka seorang ibu harus bisa  memilih nutrisi yang tepat selama kehamilan.

Zat Penting yang Dibutuhkan Selama Kehamilan
1. Protein, ibu hamil membutuhkan 17 gram/hari. Sumbernya bisa dari daging, ikan, telur, kacang-kacangan, tahu, tempe
2. Karbohidrat, dibutuhkan 80.000 kalori perhari. Didapat dari padi-padian, nasi, jagung, umbi-umbian, roti, minyak lemak hewani.
3. Lemak, ibu hamil memerlukan 8 % dari kebutuhan energi. Lemak memang sumber energi, namun sebagian besar energi diambil dari karbohidrat, Ibu hamil butuh 20 gram lemak.
4. Vitamin, vitamin yang dibutuhkan adalah vitamin A, B1, B2, B6, C
5. Mineral, mineral yang dibutuhkan selama kehamilan adalah kalsium, zat besi dan seng. Bisa diperoleh dari daging, hati, sayuran hijau, susu, ikan, kacang-kacangan.
6.Kalsium, kebutuhan kalsium dalam sehari adalah 800 mg /hari. Guna pembentukan tulang dan janin. Agar tidak mengambil persedian ibu selama kehamilan.
7.Zat besi, untuk memenuhi kebutuhan zat besi dapa dibantu dengan mengkonsumsi pil zat besi dengan dosis 100 mg/hari
8. Seng, diperlukan untuk sistem pusat saraf dan kekebalan tubuh. Kebutuhan seng akan terpenuhi atau tercukupi jika kebutuhan protein selama kehamilan juga terpenuhi.
9.Asam Folat,diperlukan untuk membentuk sel baru. serta mengembangkan syaraf dan otak janin. Sumber asam folat hati, sayuran hijau, jeruk, kembang kol, kacang-kacangan, roti gandum, serealia, dan ragi
10. Air, air berfungsi sebagai transportasi tubuh. Air mengangkut zat gizi ke seluruh tubuh, termasuk plasenta dan membawa sisa makanan ke luar tubuh. Dibutuhkan sedikitnya tiga liter air setiap hari.
11.Garam, selama hamil kebutuhan natrium dalam garam meningkat karena garam dalam tubuh diencerkan oleh peningkatan cairan tubuh.
12. Serat, serat diperlukan untuk membentuk 'bulk' volume dalam usus agar ibu hamil tidak mengalami sembelit atau obstipasi. Ibu hamil harus mengkonsumsi serat setiap hari.

Zat Penting Lainnya yang Dibutuhkan  Oleh Janin 
Selain Di Uraikan Di Atas Adalah
1. Omega 3 dan DHA, untuk pembentukan central nervous system pada janin
2. Gangliosida,  berperan pada struktur otak sebagai migrasi sel-sel otak, pembentukan sinapsis, myelinisasi dan fungsi otak janin
3. Folat, untuk mengurangi terjadinya neural tube defect atau keadaan abnormal pada janin
4. Fe, untuk membentuk sel darah merah dan menyimpan zat besi di dalam tubuh
5. Efa, untuk percepatan perkembangan bayi
6. Kolin, vitamin ini dapat meningkatkan kemampuan bayi untuk membentuk hubungan antar neuron yang sedang tumbuh pesat pada janin.

Zat penting tersebut bisa kita peroleh dari buah dan sayuran, lauk pauk dan makanan lainnya yang ibu hamil konsumsi setiap hari.

pixabay

Berat Badan IDEAL Selama Kehamilan

Ibu yang tengah mnegandung disarankan untuk mengecek berat badannya  pada masa awal kehamilan lalu mengontrolnya secara rutin selama masa kehamilan, hingga menjelang persalinan. berat badan dan tinggi badan dapat dinyatakan dengan IMT  (indek massa tubuh ) yang dapat dihitung dengan rumus


Berat badan (kg)

-----------------

Tinggi Badan (m)


Ibu hamil dengan IMT < 18,5 dianjurkan untuk menaikkan berat badannya hingga 12,4 - 18 Kg. Sedangkan ibu dengan IMT > 25,0 dianjurkan untuk menaikkan berat badannya hingga 7,0 - 11.5 Kg.


Setelah ibu mengetahui berbagai zat penting yang dibutuhkan oleh ibu dan janin selama kehamilan. dan berapa berat badan ideal yang harus bertambah selama kehamilan. Selanjutnya hal yang juga penting bagi seorang ibu hamil adalah mengetahui prinsip makan sehat pada saat hamil. Kenapa hal ini sangat penting diketahui dan diterapkan oleh ibu hamil . Agar asupan gizinya cukup , bisa dikonsumsi secara tepat sehingga manfaat kebaikan dari kandungan gizi dari makanan tersebut dapat dirasakan  bagi sang ibu dan janinnya.





pixabay

Berikut ini adalah 7 Prinsip Makan Sehat Bagi Ibu Hamil

1. Mengubah cara dan jadwal makan

2. Menghindari makanan yang berbahaya

3. Makan dengan porsi kecil tapi sering

4. Hindari diet selama hamil

5.Mengkonsumsi vitamin dan suplemen selama kehamilan

6.Cukup asupan cairan dan mineral

7.Perbanyak makan buah dan sayur yang mengandung banyak serat.

Meskipun demikian. Setelah kita menerapkan dan melakukan prinsip makan yang sehat selama hamil.  Akan tetapi selama proses kehamilan yang memakan waktu sembilan bulan tersebut,. Ada masanya terjadi proses mual dan muntah. Terutama pada masa awal kehamilan. Namun ada juga pada kasus tertentu, dimana seorang ibu selama masa kehamilan (sembilan bulan) akan mengalami rasa mual dan muntah sepanjang hari.

Hal ini akan sangat berpengaruh pada asupan makanan dan gizi yang dikonsumsi oleh ibu. Pada saat mual dan muntah tentu saja akan mengurangi asupan makanan sekaligus tidak efektifnya makanan yang masuk karena dimuntahkan kembali. Proses mual dan muntah ini disebut juga dengan naman Morning Sickness dan biasanya terjadi pada saat hamil muda. Akan tetapi morning sickness ini tidak berlangsung lama, akan hilang n dengan  sendirinya seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Kecuali pada kasus tertentu atau kasus kelainan. Selain itu ada juga cara-cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa mual dan muntah tersebut

 Morning Sickness, Mual Muntah Selama Kehamilan

Morning sickness terjadi karena saat hamil.adanya peningkatan hormon estrogen dan progesteron yang meningkat sehingga mempengaruhi fungsi neuron, serta fungsi alat tubuh lainnya.
Ada Beberapa Hal yang Dapat dihindari Agar Tidak Timbul Morning sickness pada usia 4-7 minggu Kehamilan
1. Sebaiknya tetap aktif berolahraga, tetapi olahraga ringan
2. Hindari rokok dan asapnya, kafein, obat-obatan terlarang, minuman keras dan makanan mentah
3.Akibat perubahan tubuh, maka ibu hamil mudah sekali mengalami kelelahan, oleh karena itu  butuh istirahat yang cukup
Tips Mengatasi Morning Sickness
1. Mengkonsumsi pil atau tablet multivitamin untuk kehamilan
2. Sering-seringlah mendengarkan musik yang menenangkan
3. Minum teh jahe atau teh papermint
4. Melakukan akupuntur
5. Catat waktu saat mual dan muntah. Maka hindari makan dan minum pada waktu tersebut.
6. Campurkan 3-4 sdt cuka (vinegar) dan air hangat dan minum saat sarapan
7. Melakukan olahraga ringan
8. Melakukan pengobatan homeopati.  Teori homeopati adalah bahwa orang sakit dapat disembuhkan dengan menggunakan efek pantulan substansi yang menghasilkan gejala sakit pada orang sehat
9. Tetesi tisu dengan beberapa tetes minyak esensial lemon atau jeruk  untuk dihirup saat merasa mual

Mengetahui Jam Piket Organ Lambung

Lambung kita setiap hari bekerja pada tiga kondisi. yaitu kondisi jam kerja tinggi, jam kerja rendah dan jam kerja biasa-biasa saja. Saat pukul 07.00 - 09.00 pagi adalah saat lambung kita bekerja pada kondisi yang tinggi. Oleh karena itu ibu hamil disarankan untuk makan pagi atau sarapan..Sedangkan pada jam 19.00 - 21.00 kondisi lambung kita bekerja dalam keadaan lemah. Sebaiknya pada saat lambung kita dalam kondisi lemah, kita tidak mengkonsumsi makanan yang sulit dicerna atau makanan yang sulit. Sedangkan pada kondisi di luar kedua jam tersebut. Lambung kita bekerja pada kondisi yang biasa-biasa saja.

Lalu ketika masih saja terasa mual dan  muntah , apa yang harus dilakukan agar tetap bisa mengkonsumsi makanan yang bergizi...
Agar asupan gizi selama kehamilan tetap terpenuhi dengan baik
Agar kebutuhan zat penting bagi sang ibu dan janin dapat tercukupi.

Jawabannya dengan salah satu solusi adalah MINUM SUSU.
Mengapa minum susu, bukan yang lainnya.


pixabay

Salah satu alasannya ya kenapa MINUM SUSU karena di dalam susu  banyak terkandung komponen yang tidak terdapat dalam bahan makanan lainnya. Istilah kata sekali minum, nutrisi penting lainnya bisa terpenuhi. Terutama pada kondisi yang sulit pada awal-awal kehamilan.

Minum susu adalah salah satu solusi agar asupan ibu hamil tetap terpenuhi. Daripada harus makan ini minum  itu,  padahal saat itu sedang mual muntah atau tidak nafsu makan. Berbeda saat nafsu makan sudah membaik. makan apa saja bisa masuk. Asupan gizi lewat susu bisa dikurangi. Diimbangi dengan makan dan minum dari bahan makanan langsung.

Akan tetapi  pada kasus tertemtu selama kehamilan. Ada  ibu hamil yang juga harus melakukan diet selama masa kehamilan. Terutama pada usia di atas delapan bulan atau pada usia hamil tua. Ada sebagian dokter yang menyarankan untuk melakukan pengurangan asupan jenis makanan tertentu. Misalnya mengurangi makanan yang mengandung karbohidrat, gula dan lemak. Hal ini disarankan jika berat badan ibu hamil melebihi dari berat standar dari ibu hamil.

Jika dalam kondisi tersebut, maka salah satu solusi ketika terasa lapar. Adalah dengan minum segelas SUSU. Terutama rasa lapar yang sering datang di malam hari. Maka solusi cepat untuk memenuhi rasa lapar tersebut adalah dengan minum susu.

Seputar Susu Hamil

Pilihan terbaik susu untuk ibu hamil adalah skim milk atau susu tanpa lemak. Susu full cream atau whole milk memang mengandung nutrisi yang ibu hamil butuhkan, namun lemak yang terdapat pada jenis susu tersebut dapat meningkatkan berat badan ibu dengan drastis. Dan konsumsi lemak berlebih tersebut setiap harinya dapat meningkatkan risiko kanker bagi ibu. Pilihlah jenis susu skim milk atau susu yang hanya mengandung 1% lemak.

Sebaiknya juga ibu hamil tidak berlebihan minum susu. Penelitian yang dilakukan di New Zealand menyatakan bahwa minum susu yang berlebihan saat kehamilan akan membuat ibu sulit menyerap zat besi yang juga dibutuhkan selama masa kehamilan, sehingga janin pun rentan jatuh ke dalam keadaan kekurangan zat besi dan mempengaruhi perkembangan otak janin. Konsumsi susu dapat menghambat penyerapan zat besi di dalam usus.

Solusi yang ditawarkan untuk melawan efek ini adalah meminum susu maksimal 2-3 gelas per hari. Susu juga sebaiknya diminum dalam rentang waktu yang cukup lama dari waktu mengkonsumsi makanan berat atau suplemen zat besi.

Mengkonsumsi susu untuk ibu hamil adalah hal penting yang harus dilakukan setiap perempuan dalam masa kehamilannya. Susu untuk ibu hamil menawarkan berbagai macam manfaat yang sulit didapatkan dari jenis makanan lainnya. Ibu hamil pun tidak perlu melulu mengkonsumsi susu yang diformulasikan khusus untuk ibu hamil bila ia mempunyai pola makan yang sehat dan beragam.

Oleh karena itu sangat penting bagi seorang ibu memilih nutrisi yang tepat selama kehamilan sekaligus juga harus mengetahui bagaimana cara yang efektif untuk mengkonsumsi berbagai bahan makanan. Untuk memenuhi kebutuhan zat penting pada ibu hamil dan janinnya selama masa kehamilan.

Jika kondisi ibu sehat selama kehamilan maka janin selama di dalan kandungan juga akan sehat sehingga nanti ketika mendekati masa persalinan ibu dan janin akan sehat. Bahkan setelah melahirkan. Ibu dan bayi akan sehat selalu.

Referensi
Buku Pintar Nutrisi Ibu Hamil dan Menyusui Golongan Darah, Karangan Milda Ini

38 comments

Aku waktu hamil naiknya 20kg. Syukurlah sudah turun lagi sekarang. ��

Reply

Wah, infonya lengkap bgt Bu Mil. Tapi masih bingung cara menghitung IMT. Rumusnya kurang jelas, itu maksudnya dibagi ya?

Reply

Ini sangat cocok utk saya.baca. karena ada sodara lagi hamil. Perlu dikasih tahu tulisan ini supaya dia baca

Reply

Saya ga minum susu mba :) , jadi saya juga banyak mengkonsumsi makanan sehat aja. artikel Ini bagus banget buat ibu-ibu yang sedang hamil.

Reply

Makasih infonya Mba Milda, bermanfaat banget nih buat ibu/calon ibu hamil :)

Reply

hahaha masih normal itu

Reply

komplit plit plit..
jadi ingat waktu ngidam dulu, mual sih tidak tapi susah makan :)

Reply

selain nutrisi yang tepat,, Suami juga harus wajib menjaga istri..
Jadi.... hahaha

Reply

iya mba, moga bermanfaat

Reply

iya, susu mah buat yang gak bisa makan seperti biasa tapi ingin asupan gizinya cukup

Reply

hayo, hamil lagi ngidam lagi mak

Reply

iya donglah, masa gak dijagain, kasian atuh

Reply

Meskipun belum pernah mengalami hal yg namanya hamil, namun info ini sangat bermanfaat buat saya pelajari agar saat moment itu datang saya gak kikuk lagi.
Thank's infonya mbak

Reply

Kemarin pas hamil alhamdulillah nggak terlalu parah mual-mualnya trus naiknya juga nggak bnyak. He

Reply

penting banget emang ini memberi asupan bergizi utk janin sekaligus tubuh ibunya

Reply

trims sharingnya. blognya kece full manfaat

Reply

iya, saya doakan segera hamil dan punya momongan ya. aamiin

Reply

alhamdulillah sehat ya mba, dan gak gedut amat

Reply

iya, sama2 penting buat keduanya jadi harus terpenuhi

Reply

alhamdulillah, mau niru kayak mba Sri ni

Reply

Aku hamil 2 kali doyan makan dari awal sampai melahirkan, ngebooo katanya. Susu juga doyan, hahhaaa

Reply

Jadi inget dulu pas hamil Marwah hehe, 8,5 tahun yang lalu.

Reply

Ga bisa Baca bukunya dapat juga rangkumannya ya :)

Reply

Izin bookmarked ya, Mbak. Tulisannya bagus buat bekal nanti aku kalau hamil lagi. Punya riwayat obstetrik yang buruk memang jadi bikin aku harus banyak baca tentang pengetahuan kehamilan.

Reply

silakan mba, moga bermanfaat ya

Reply

hehehe, alhamdulillah ya

Reply

Pas hamil, berat badan aku selalu bengkak ga karuan, mba Milda.
Naiknya bisa 20 kg.

Padahal pas anaknya lahir mah...BB si bayi cuma 2.46 kg.

Jadi kayanya aku ngalamin kelebihan BB saat hamil yaa, mba?

*lafaaarr teruuss...hiiks...

Reply

Dududu...ngomongin hamil saya jadi baper. Hiksss. Pengen cepat hamil lagi.

Reply

Nutrisi yg bagus pas hamil bisa mempengaruhi kecerdasan anak nantinya ya Mba..

Reply

AKu pas hamil suka konsumsi susu baik susu hamil maupun gak, tapi ya gak berlebihan seh hehehe

Reply

Artikel yang menarik mbak. Ditunggu Kunjungan Balik n jgn lupa komen".. hee
Visit To Mata Air Ilmu

Reply

aku klo morning sickness kudu muntah paksa XD biar makanan bs masuk. kalo ga makanan yg dmakan keluar lg hihi

Reply

Terima ksih sudah mampir dan komen di blog saya. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin

Diberdayakan oleh Blogger.