Menu

Rabu, 24 Agustus 2016

/


Karya seni merupakan salah satu daya tarik dari Kota Yogyakarta. Selain dikenal dengan Gudeg dan Batiknya. Yogyakarta juga dikenal dengan karya seninya. Karya seni yang sudah di abadikan dan bisa dinikmati sampai sekarang adalah karya seni dari Affandi, salah seorang seniman yang dikenal sebagai maestro lukis  di Indonesia bahkan di luar negeri. Museum yang mengabadikan karya-karyanya dikenal dengan nama “Museum Affandi”



Museum ini berada di Jalan Raya Yogyakarta – Solo atau di tepi barat sungai Gajah Wong. Ketika kamu mengunjungi museum ini, kamu bisa menikmati perjalanan hidup sang maestro lewat lukisannya, alat transportasi yang dulu digunakan, rumah yang ditinggalinya sampai sanggar yang sekarang digunakan sebagai sanggar lukis anak.



Museum Affandi dibagi menjadi 3 galeri. Untuk Galeri pertama digunakan sebagai tempat beli tiket dan perjalanan pertama untuk kemudian bisa melangkahkan kaki ke galeri selanjutnya. Galeri pertama ini sudah di buka sejak tahun 1962. Di sini kamu akan melihat lukisan sketsa yang ditempatkan pada 2 larik atas bawah lalu memanjang dengan memenuhi ruangan.

Selain itu di Galeri pertama ini kamu bisa melihat beberapa barang yang digunakan oleh Affandi semasa hidupnya. Seperti mobil Colt Gallat berwarna kuning dan terdapat di ujung ruangan, ada juga sepeda onthel yang terlihat jadul dan klasik. Lalu ada juga karya Affandi berupa potret diri dan putrinya yang dituangkan menjadi sebuah patung.


Sumber foto : catperku.com


Masuk menuju galeri selanjutnya, kamu bisa melihat banyak sekali lukisan hasil karya pelukis Indonesia baik karya para pemula ataupun para senior. Di Galeri ini terdapat 2 lantai, lantai pertama berisi beberapa lukisan yang terlihat abstrak sedangkan lantai, kedua berisi beberapa lukisan dengan corak realis yang mempunyai unsur ketegasan pada lukisannya.



sumber foto : affandi.org
 



Selanjutnya adalah galeri 3, bentuk bangunannya seperti garis lengkung dengan atap yang menyerupai pelepah pisang.  Di galeri ini terdapat 3 lantai, yang pertama digunakan untuk ruang pameran serta sanggar lukis anak atau “Sanggar Gajah wong”. Lantai kedua digunakan untuk tempat perawatan lukisan dan lantai  3 digunakan sebagai tempat untuk menyimpan berbagai macam koleksi karya seni lainnya.


Tidak hanya sampai di galeri 3 saja, tidak jauh dari galeri 3 kamu akan menemukan sebuah menara yang bisa digunakan untuk melihat pemandangan. Di sini kamu bisa melihat pemandangan museum secara keselurahan. Masih di atas menara jika kamu turun dan berjalan ke barat kamu bisa melihat sebuah bangunan yang mempunyai arsistektur unik, bangunan ini digunakan Affandi sebagai salah satu tempat tinggalnya.



Bangunan yang dibuat dengan konsep rumah panggung ini memiliki tiang penyangga yang terbuat dari beton, lalu atapnya terbuat dari sirap yang membentuk serupa dengan pelepah. Untuk lantai bawahnya, sekarang sudah difungsikan menjadi sebuah café  yang bisa disinggahi para pengunjung.

Dibagian kiri bangunan kamu bisa melihat sebuah gerobak yang sekarang digunakan sebagai musholah. Dulunya gerobak ini adalah tempat istirahat dari istri Affandi yaitu Maryati. Awalnya Maryati menginginkan sebuah carayan, tempat yang biasa digunakan orang Amerika sebagai tempat tinggal yang bisa berpindah, akhirnya Affandi memenuhi permintaan istrinya tersebut namun dalam bentuk yang lebih Indonesia yaitu gerobak.

Tidak jauh dari Museum kamu bisa menemukan sebuah penginapan. Jadi untuk kamu yang memang datang ke Yogyakarta dengan tujuan utama mengunjungi Museum Affandi, kamu bisa menginap di penginapan tersebut.

Nama penginapannya adalah Grand Aston Yogyakarta yang berada di Jalan Urip Sumoharjo, jaraknya hanya 1,59 km jika dari Museum Affandi.
 
sumber foto : traveloka




Baik sebelum menuju Museum Affandi atau sesudah dari Museum Affandi, kamu akan diberikan kenyamanan dengan fasilitas dari hotel ini, seperti di manjakan dengan fasilitas spa misalnya.


Bisa juga bagi mereka yang datang ke hotel dengan tujuan mengadakan kegiatan sehingga membutuhkan ruang yang cukup besar, hotel ini bisa menjadi salah satu pilihannya. Karena di sini terdapat ruangan cukup besar dan bisa digunakan untuk menampung lebih dari 100 orang.
 

sumber foto : traveloka



Hotel ini juga menyediakan fasilitas lounge bar, jadi kamu bisa bersantai sambil menikmati makanan dan minuman yang disajikan. Atau jika kamu ingin menikmati makan malam diluar hotel, kamu bisa menemukan restoran yang ada disektar hotel.


Oh, iya sebenarnya selain Museum Affandi, hotel ini juga tidak jauh dari Taman Pintar Science Park dan Museum Benteng Vredeburg, untuk ke tempat tersebut kamu hanya membutuh waktu 20 menit dengan berkendara.



Jadi, bisa dikatakan hotel ini adalah rekomendasi paling strategis untuk kamu yang ingin mengunjungi Museum Affandi. 

Untuk kamu yang ingin menginap dan memesan kamar di Grand Aston Yogyakarta kamu bisa melakukan pemesan melalui aplikasi travel online seperti Traveloka misalnya, karena dengan melakukan secara online kamu tidak perlu repot untuk melakukan reservasi hotel secara langsung atau menelepon pihak hotelnya. Kamu juga bisa mengetahui apakah kamar di hotel tersebut masih tersedia atau tidak.Dan yang paling utama jika kamu bisa memesan hotel dimana saja dan kapan saja.

 
6 comments

pesan online dan reservasi sblm berangkat jadi lebih tenang sih ya mba

Reply

Iya, jadi aman dan gak was2, pas nyampe bisa menuju langsung ke hotelnya, apalagi dekat museum affandi, bikin tambah keren

Reply

Saya kalau pesen tiket juga ke traveloka hehe

Reply

Kalau ke Jogja ke sini ah

Reply

iya mba, mudah dan nyaman bgt

Reply

saya juga ah, mau lagi k yogja

Reply

Terima ksih sudah mampir dan komen di blog saya. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin