Menu

Minggu, 28 April 2013

/


Assalammualaikum Wr. Wb


Mengunjungi kota Bengkulu yang juga biasa disebut Bumi Rafflesia . Rasanya belumlah lengkap jika belum membeli berbagai pernak-pernik khas Bengkulu. Berbagai cinderamata yang terbuat bahak lantung. Itu loh, bahan baku yang berasal dari kulit kayu yang telah dikeringkan. Bentuknya ada bermacam-macam. Pigura, aneka tas, gantungan kunci, dompet, sandal dan lain sebagainya. Warnanya khas coklat muda. Harganya pun beragam dan sangat terjangkau di kantong kita.

Kota Bengkulu  ini berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Barat (sebelah utara), Provinsi Lampung (sisi selatan), Provinsi Sumatera Selatan (sebelah timur) dan Samudera Hindia (sebelah barat).

Kawasan kota ini membujur sejajar dengan pegunungan Bukit Barisan dan berhadapan langsung dengan Samudra Hindia.

Provinsi Bengkulu tergolong kecil, luasnya 19.789 kilometer persegi. Awalnya, provinsi ini bagian dari Provinsi Sumatera Selatan. Namun pada 16 November 1968, wilayah ini resmi berdiri sendiri dan menjadi provinsi ke-26 Indonesia.
Adapun beberapa wisata belanja yang terdapat di Bengkulu 
adalah sebagai berikut :
   
Pasar Minggu dan Jalan Soeprapto

Pasar ini terletak di kawasan jalan Soeprapto yang diambil dari nama gubernur pertama yang memimpin Bengkulu. Terbagi atas wilayah KZ Abidin 1 dan KZ Abidin 2. Di Kawasan Pasar Minggu ini terdapat sebuah tempat belanja modern ( Mall) yang di sebut Mega Mall. Pasar ini sangatlah luas dan lengkap. 


Kondisi Pasar Minggu Dulu, Sekarang Sudah Rapi
Terdapat pasar Subuh (pagi) yang hanya buka sampai dengan jam delapan pagi. Terdapat pasar burung. Pasar Basah.Kawasan ini juga terdiri dari bangunan ruko yang saling sambung menyambung ini,yang terletak di sepanjang Jalan Soeprapto membentang di sepanjang Masjid Jamik menuju Simpang Limo.



Merupakan tempat perbelanjaan yang menawarkan aneka ragam kebutuhan. Kawasan yang sangat mudah dicapai dan menjadi salah satu kawasan teramai di kota ini, menjadikan tempat ini dijuluki pusat kota, dan tempat transit angkutan umum. Di kawasan ini bisa ditemukan toko - toko elektronik, mini market, butik, apotek,rumah makan, rumah makan fastfood, toko ponsel, warnet, dan jasa - jasa/ barang lainnya yang dijual.




Pasar Panorama Lingkar Timur
Pasar Panorama sangatlah luas, namun agak terkesan semrawut terutama pada ruas jalan tempat perlintasan mobil angkutan umum. Apalagi pada sore hari para pedagang kaki lima selalu tumplek memenuhi setiap sisi jalan, sehingga hal ini juga membuat bidang jalan menjadi kian sempit.



Ramai dan penuh itulah kesan pertamakali bila anda datang ke tempat ini. Kawasan ini memang menjadi salah satu pusat perbelanjaan di kota Bengkulu. Di tempat ini bisa di temui banyak sekali toko - toko elektronik, bengkel, warnet, toko alat bangunan, toko - toko ponsel, dan bila anda berjalan sedikit ke kawasan Pasar Panorama, dapatkan berbagai buah - buahan segar, berbagai jenis ikan air tawar dan ikan laut, di dalam kawasan Pasar Panorama juga terkenal dengan komplek yang menjual pakaian - pakaian .







  Pasar Baru Koto
Kawasan pasar ini terletak sangat indah dan unik. Terbagi atas dua kawasan yang terpisah oleh jalan. Ada kawasan Pasar Barukoto 1  yang menjual aneka pakaian jadi, barang pecah belah, sepatu dan terdapat suatu komplek tukang jahit. Tersedia berbagai barang elektronik yang dijual dengan harga yang sangat bersain. Di koridor paling luar terdapat kawasan yang menjual berbagai jenis makanan yang lezat. 



Kemudian Pasar Barukoto 2 yang lebih dikenal dengan sebutan pasar basah. Di sini dijual berbagai macam kebutuhan pokok sehari-hari. Terutama sembilan bahan pokok. Kawasan ini terletak tidak jauh dari alun-alun kota. Diapit oleh Tugu Thomas Parr yang terkenal dengan Taman Merpatinya. Lalu berhadapan langsung dengan Benteng Malbourgh. Berdekatan dengan kawasan Pecinan dan sangat berdekatan dengan Pantai Tapak Paderi yang sangat indah.




Ini merupakan pasar tertua di Bengkulu dan pasar sejarah bagi masyarakat Bengkulu



Pasar Pagar Dewa

Kawasan yang hanya berjarak kurang lebih 8 menit dari Bandara Fatmawati Soekarno ini, juga menjadi pusat keramaian di kota Bengkulu. Di kawasan ini cukup banyak masyarakatnya yang menjual berbagai jenis makanan, bahkan sampai larut malam.


Kawasan ini juga ramai, dikarenakan menjadi titik temu antara jalan dari pusat kota ke Bandara Fatmawati Soekarno, dan jalan dari pusat kota menuju Pelabuhan Pulo Baai. Sehingga tempat ini menjadi cocok sebagai tempat transit, dan bersantai sejenak sebelum melanjutkan perjalanan.




Kawasan Pasar Modern Bengkulu Indah Mall (BIM )
Kawasan belanja modern ini terletak di daerah kelurahan Penurunan. Tempatnya yang strategis dan indah menjadi salah satu daya tarik pengunjung. Terutama bagi mereka yang sangat sibuk dan menyenangi sesuatu yang praktis. 

Di kawasan belanja ini dibuka sampai malam hari dan dalam kondisi yang nyaman dan bersih. Seperti banyak kawasan belanja modern di kota lain. Di BIM juga terdapat Departemt store Matahari dan Hypermarket. Kawasan parkir yang sangat luas membuat BIM sering digunakan sebagai tempat untuk mengadakan berbagai event acara. Baik lokal maupun Nasional. 




Di belakang BIM terdapat kawasan pantai Panjang Bengkulu yang sangat terkenal itu.Lokasi inilah yang membuat BIM menjadi indah dan mewah sehingga rasanya sangatlah rugi tidak berkunjung ke sini.

Kawasan Sentra Makanan Khas Bengkulu

Lokasinya terdapat di Simpang Limo menuju daerah Kelurahan Anggut atas dan Anggut Bawah. Di sini di jual berbagai jenis makanan khas Bengkulu seperti Lempuk Durian, Kue Perut Punai, Kue Kareh, Kue Bay Tat, Kue Gelamai, aneka manisan yang terbuat dari Terong,Tomat dan buah lainnya . Aneka makanan kering yang terbuat dari kacang, ubi dan pisang. 



Selain itu di kawasan ini juga dijual berbagai jenis souvenir khas Bengkulu, berbagai macam kaos Bengkulu, Kain Besurek yang merupakan kain khas Bengkulu. Kain Besurek ini dijual dalam berbagai bentuk. Ada yang berbentuk pakaian langsung jadi, bahan dasar atau bentuk lain seperti pigura, topi, dompet, sandal dan lain sebagainya yang semuanya berbahan baku kain Besurek. 



Demikian beberapa tempat wisata belanja di kota Bengkulu, jika teman-teman ke Bengkulu. Jangan lupa ya mampir ke kawasan belanja yang saya sebutkan di atas. Dalam satu hari bisa didatangi beberapa kawasan sekaligus kok. Misalnya Pasar Minggu dan Kawasan Jalan Soeprapto, lanjut ke Mega Mall atau lanjut lagi ke pasar Barukoto. Atau langsung ke pusat makanan atau pusat oleh-oleh khas Bengkulu juga oke. 

Bisa kok sekali jalan karena letaknya yang agak berdekatan dan tak begitu jauh, jika ditempuh oleh kendaraan pribadi atau umum. Malah bisa ditempuh dengan berjalan kaki, asalkan kuat.

Lalu pasar Panorama bisa juga sekalian mendatangi pasar Pagar Dewa. Mudah dan dekat juga, tinggal siapin aja uang yang banyak buat belanja dan borong-borong, hehehe.

Jika masih bingung, bisa juga kok menghubungi email saya ya. Ntar kita saling komunikasi soal informasi mengenai Bengkulu ya, terutama wisata belanjanya. Oh, ya tulisan ini diikutkan juga pada tantangan #nulisserempak dari Blogger Bengkulu tentang #Pasardibengkulu

Baca juga tulisan teman sahabat Blogger Bengkulu yang lainnya,

Kumaseo 
Zefy Arlinda


See u, saya tunggu ya kedatangannya ke Bengkulu
Diberdayakan oleh Blogger.