Menu

Kamis, 19 November 2015

/




Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Kebudayaan Direktorat Warisan dan Diploma Budaya kembali menetapkan warisan budaya tak benda Indonesia tahun 2015. Sedikitnya 121 karya budaya yang disetujui menjadi warisan budaya Indonesia untuk daerah masing-masing. Tahun Ini Provinsi Bengkulu kembali mengirimlam warisan budaya yang akan ditetapkan sebagai warisan budaya Indonesia, setelah tahun 2014 lalu gagal. Tiga buah warisan budaya Bengkulu, gagal ditetapkan.  Belajar dari pengalaman tahun lalu, kali ini provinsi Bengkulu tidak mau gagal lagi.


Tahun 2015 ini Provinsi Bengkulu mengusulkan warisan budaya Kain Besurek, Kain Lantung dan Umeak Potong Jang, Upacara Perkawinan Adat Kejai. Namun Warisan budaya Upacara Perkawinan Adat Kejai belum berhasil untuk ditetapkan. Salah satunya alasannya  karena dokumen yang disampaikan belum lengkap. Salah satu kesulitan yang dihadapi karena tidak tersedianya anggaran.  Apalagi dokumen tidak dilengkapi dengan Film. Jadi tim ahli memutuskan ditangguhkan sampai semua dokumen lengkap.



Warisan budaya Upacara Perkawinan Adat Kejai akan tetap diusulkan ditahun 2016. Pemerintah terkait akan berusaha menyiapkan dana anggaran untuk kelengkapan dokumentasi upacara perkawinan tersebut. Dana yang dibutuhkan sekitar Rp. 40 juta. Selain mengusulkan Upacara perkawinan Adat Kejai, warisan budaya lainnya yang akan diusulkan adalah masakan atau makanan tradisional Gulai Mungkus dan Pendap. Semoga ditahun depan ketiga warisan budaya ini juga berhasil ditetapkan oleh Kemendikbud sehingga bisa diakui oleh secara nasional dan  dunia bahwa itu semua merupakan warisan budaya yang berasal dari Provinsi Bengkulu  

Sementara itu, sempat gagal tahun lalu, akhirnya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Bengkulu berhasil mengantarkan Kain Besurek menjadi salah satu asli Bengkulu. Selain Kain Besurek, sidang itu juga memutuskan Kain Lantung, Uemak Potong Jang sebagai warisan budaya tak benda Indonesia asli Bengkulu. Ketiganya masuk kategori kemahiran dan kerajinan tradisional. 
Kami bersyukur, akhirnya tim ahli menetapkan Kain Besurek, Kain Lantung, Uemak Potong Jang, menjadi warisan budaya tak benda Indonesia tahun 2015
Ungkap Kabid Kebudayaan Disbudpar Provinsi, H. Abdul Karim, S.Sos di Jakarta, Selasa (22/9).



Dipaparkan tim dari Disbudpar Provinsi selama 3 jam, pukul 18.00-21.00 WIB. Adapun penilaian dilihat dari kelengkapan dokumentasi seperti formulir, foto, film, dan kajian akademis.  
Setelah ditetapkan menjadi warisan budaya asli Bengkulu, tidak bisa diganggu gugat lagi atau diklaim sebagai kebudayaan dari daerah lain
Sidang penetapan yang digelar Hotel Milinium Jakarta selama 4 hari, pada 20-23 September. Informasi yang dihimpun sidang dipimpin langsung Ketua Tim Ahli Warisan Budaya Takbenda Indonesia Tahun 2015, Prof. Pudentia, M.PPS, MA.  Hadir pula Dirjend Kebudayaan, Kacung Marijan.

Warisan Budaya yang Ditetapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Kebudayaan dari pulau Sumatera selain dari Provinsi Bengkulu dan provinsi Baten, adalah sebagai berikut :

Nama Karya Budaya               Asal Daerah

Adu Kerito Surong                        Bangka Belitung
Kain Cual                                         Bangka Belitung
Upacara Adat Nujuh Jerami        Bangka Belitung
Maras Taun                                     Bangka Belitung
Kopiah Resam                                Bangka Belitung
Lempah Kuning                             Bangka Belitung
Tradisi Ruwah Kubur                  Bangka Belitung
Kompangan  , ambi                                 
Kuaw , Jambi                                           
Tari Anggut  , Jambi                                
Tari Besayak  , Jambi                              
Tari Piring Tujuh   , Jambi
Tari Pisang ,   Jambi
Tupai Jenjang , Jambi
Upacara Besale , Jambi
Kue Lapan Jam, Sumatera Selatan
Senjang ,Sumatera Selatan
Kain Besurek                    Bengkulu
Kain Lantung                    Bengkulu
Uemak Potong Jang        Bengkulu

Gulai Taboh , Lampung
Sekura Cakak Buah  , Lampung
Sulam Usus , Lampung
Seruit , Lampung
Cakak Pepaduan   , Lampung
Tari Cokek , Banten
Angklung Buhun  ,Banten
Seni Rampak Bedug  , Banten
Sate Bandeng     ,  Banten
Seba Baduy  ,  Banten


         Alhamdulillah sekarang batik Besurek sudah ditetapkan secara syah oleh pemerintah    menjadi sebagian dari warisan budaya Indonesia. Oleh karena itu sebagai orang Bengkulu tentu saja saya sangat bangga. Apalagi saat ini pemerintah kota di bawah pimpinan bapak Helmi Hasan sebagai Walikota. Menentapkan pada setiap ulang tahun kota Bengkulu sebagai hari batik Besurek dan mengadakan festival Batik Besurek. 

Hal ini sangat penting untuk publikasi dan promosi bati Besurek kepada seluruh dunia, bukan cuma di Indonesia.
Salam, kalo kamu punya koleksi batik Besurek apa saja. 

Terima ksih sudah mampir dan komen di blog saya. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin