Menu

Senin, 16 November 2015

/



Ada beberapa jenis teh herba dan teh rempah, barangkali teman-teman sudah pernah mencoba salah satunya atau bahkan semuanya. Nama tehnya juga unik-unik ya. Saya sebutin ya satu-satu, supaya lebih jelas lagi. 

1.      Teh Daun Pandan
2.      Teh Rempah Jahe
3.      Teh Apel rempah

Baiklah selanjutnya saya akan membahas secara detil ya mengenai lima macam jenis teh tersebut beserta dengan cara membuatnya atau menyeduhnya. Supaya bisa langsung teman-teman prakikkan di rumah dan bisa langsung minum.



1.     Teh Daun Pandan
Orang-orang vegetarian biasanya sangat mengutamakan jenis makanan alami. Namun bahannya tidak selalu terdiri dari tumbuh-tumbuhan saja karena bahan makanan yang dari youghrt, telur dan keju juga boleh ditambahkan. Bahkan makanan kaleng/plahan/awetan juga diperbolehkan asal tidak berlebihan.

Biasanya daun pandan digunakan sebagai pewangi nasi dan bahan makanan lainnya. Padahal di dalam dun pandan itu banyak mengandung zat-zat penting yang snagat bermanfaat bagi tubuh. Kandungan tersebut diantaranya adalah alkoloid, saponin, flavoida, tonin dan polifenol. Kandungan tersebut sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Dapat menyembuhkan bebagai penyakit. Seperti, darah tinggi, rematik , lemah syaraf dan lain sebagainya.

Saat minum teh daun pandan ini, bagus juga ditambahkan daun serai. Penambahan daun serai ini dapat membuat teh daun pandan akan semakin mantap dan berasa. Kenapa begitu karena di dalam daun serai banyak mengandung minyak atsiri, citronnelal, geraniol, sitral, eugenol, kadine dan kadinol.

Nah, dari tadi kita ngebahas soal kandungan dan kehebatan teh daun pandan ini aja ya. Jadi kapan kita mau bikin tehnya nih. Bikinnya juga belum tau kan, kali ini selain saya menyampaikan kandungan dan kasiat teh daun pandan aya juga akan memberitahu bagaimana membuat minuman tersebut.

Bahan-bahan yang kita perlukan adalah
·         350 ml air
·         1 lembar daun pandan potong 1 cm
·         2 batang serai, memarkan, simpulkan
·         2 cm jahe, memarkan
·         ¼ sendok teh
·         1 sendok teh madu alami, bila perlu
Cara membuat
Rebus semua bahan sampai mendidih kecuali madu. Kecilkan apinya, lalu tetap masak sampai 15 menit. Lalu angkat, tutup selagi panas dan biarkan tertutup sampai hangat. Saring lalu hidangkan ditambah dengan madu. 



2.     Teh Rempah Jahe
Orang Indonesia sangat mengenal jahe, karena jahe sudah tidak asing lagi. Jahe juga biasa digunakan sebagai bumbu makanan, campuran minuman. Jahe dapat digunakan sebagai obat berbagai penyakit, Jahe juga dapat digunakan sebagai penambah aroma aneka makanan, kue dan minuman. Zat ngigerol yang terkandung di dalam jahe sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Ngigerol ini membantu memperkuat otot usus dan membantu fungsi jantung. Ngigerol juga dapat menurunkan resiko penyakit kanker jika dikonsumsi secara rutin. Ngigerol juga dapat membantu tubuh agar terhindar dari berbagai infeksi yang dapat meracuni organ tubuh.

Selain itu jahe juga dapat mengobati rasa mual, nyeri lambung, rematik dan batuk. Namun kali ini saya akan membahas lebih jauh soal jahe sebagai bahan untuk membuat minuman teh.  Saya berbagi bagaimana cara membuat jahe sebagai teh rempah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan kita.

Bahan- bahan
·         350 ml air
·         2 butir cengkeh
·         ¼ butir pala
·         2 cm jahe, memarkan
·         50 gram nanas manis, cincang
Cara membuat
Rebus semua bahan hingga mendidih. Lalu kecilkan api kompor, tutup lalu tetap dimasak selama 20 menit. Lalu angkat, diamkan hingga hangat kemudian disaring dan sajikan. 



3.      Teh Apel Rempah
Buah apel merah selain enak dipandang , segar dimakan. Apel juga banyak mengandung zat –zat yang bermanfaat untuk tubuh kita. Satu porsi apel mengandung kalium, pektin, dan selulosa. Pektin banyak terdapat dalam daging buah apel dan tergolong salah satu serat yang tidak larut dalam air. Sedangkan selulosa banyak terkandung dalam kulit apel dan merupakan serat yang larut dalam air. 

Buah apel kaya akan serat,fitokimia dan flavonoid. Kandungan flavonoid paling banyak ditemua pada buah apel daibandingkan dengan buah lainnya. Fitokimia dalam apel berfungsi sebagai antioksidan yang melawan kolesterol jahat.  (LDL atau low density lipoprotein) yang potensial menyumbat  pembuluh darah.  Pada saat yang bersamaan kolesterol juga dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL atau high density lipoprotein) yang bermanfaat mencegah penyakit jantung dan pembuluh darah.

 Pada apel jga mengandung asam D-glucaric yang bermanfaat mengatur kadar kolesterol hingga 35 %. Fitokimia dan flavonoid juga sangat bermanfaat untuk menurunkan jumlah kejadian kanker paru-paru.  Dengan konsumsi buah apel secara teratur dapat membuat paru-paru berfungsi dengan baik.

Berikut adalah cara membuat teh dari apel.
Bahan-bahan
·         5 buah apel merah, kupas . potong tipis melintang
·         2 buah pekak
·         600 ml air
            Cara Membuat
Masak semua bahan dalam panci tertutup dengan api sedang, masak hingga apel empuk atau selama 15 menit. Lalu angkat , saring dan sajikan dalam kondisi hangat.




2 comments

Nyobalah Yuk, Variasi minum, cocok buat musim hujan. kadang bosa juga minum teh yang itu2 aja, apalagi kadang pernah dapat teh celup yang ternyata sudah lama, hehehe

Reply

Terima ksih sudah mampir dan komen di blog saya. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin