nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Cara Mudah dan Praktis Perpanjang SIM Online Melalui Situs Resmi

Cara Mudah dan Praktis Perpanjang SIM Online Melalui Situs Resmi

Menggunakan mobil untuk berpergian adalah hal yang bisa dilakukan setiap hari namun tentu saja harus tetap mengikuti aturan yang berlaku. Salah satu dokumen penting yang harus dimiliki oleh pengemudi adalah Surat Izin Mengemudi (SIM). 

SIM diterbitkan oleh Korlantas sebagai bukti bahwa pengemudi layak dan telah memenuhi syarat untuk dapat berkendara di jalan raya. Tanpa memiliki SIM, seseorang tentu bisa melanggar aturan dan akan ditilang petugas jika ketahuan.

https://www.mildaini.com


Untuk membuat dokumen SIM tidak susah, bisa dibuat baik secara online maupun offline. Siapapun yang memenuhi persyaratan umum dan melewati tahapan standar bisa mendapatkan SIM baru. 

Cara online di antaranya lewat aplikasi atau website resmi, sedang yang offline bisa datang langsung ke Satpas. Selain itu prosesnya juga cepat dan efisien, hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja.

SIM pun hanya berlaku 5 tahun saja, jadi harus dilakukan perpanjangan untuk masa berlakunya tetap valid.

Sebagian besar orang tahu bahwa mereka bisa membuat SIM baru secara online dan offline. Namun, kurang diketahui adalah bahwa SIM juga bisa diperpanjang melalui cara yang sama. 

Berikut adalah panduan lengkap tentang cara mendapatkan perpanjangan SIM secara online dengan menggunakan website resmi.

1. Kunjungi situs web resmi Korlantas Polri, lalu pilih menu yang berisi pendaftaran SIM online. Kemudian, pilih opsi perpanjangan dalam kolom permohonan.

2. Pastikan untuk mengisi semua informasi dengan benar dalam formulir perpanjangan SIM.

3. Setelah memberikan informasi untuk pendaftaran, masukkan kode verifikasi dan tekan tombol kirim. Selanjutnya selesaikan proses registrasi dan konfirmasinya akan dikirim ke email.

4. Berikutnya lakukan pembayaran menggunakan berbagai metode seperti EDC, teller, atau bahkan ATM. Pastikan jumlah yang dibayarkan sesuai dengan jenis dan juga tarifnya.

5. Setelah melakukan registrasi online, datanglah ke bus SIM keliling, gerai mitra, atau Satpas yang sudah terpilih. Pastikan membawa semua persyaratan yang diperlukan seperti KTP, bukti bayar, bukti registrasi, dan lainnya.

6. Setelah itu, antri untuk proses pembuatan foto dan juga penerbitan SIM baru.

7. Proses pembuatan SIM telah selesai dan bisa berlaku untuk 5 tahun.

Untuk mendapatkan SIM baru, setiap orang bisa melewati beberapa cara di atas. Jika sudah memiliki SIM, maka sudah bisa segera membeli kendaraan dari platform mobbi. 

Platform ini telah menjadi sangat populer karena telah dilengkapi dengan fitur-fitur yang lengkap dan punya banyak pengguna. Perlu diketahui juga bahwa sebelum menjadi mobbi, platform ini disebut mo88i dan tetap merupakan bagian dari perusahaan Astra sampai sekarang ini. 

Jadi mobbi akan terus melayani calon pembeli dan semua pihak dengan cara yang baik dan juga profesional sehingga akan menguntungkan semua orang.

Baca Juga

Related Posts

24 comment

  1. Perpanjangan SIM menjadi masalah yang riweh karena ngurusnya harus ke sana-kemari dan cukup menyita waktu. Eh sekarang udah bisa melakukannya dengan mudah secara online, mantep banget ini. Baru tahu caranya juga sederhana, bisa langsung cuss lewat smartphone aja. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  2. Saya pernah sekali melakukan perpanjangan SIM secara online ini. Inget banget waktu itu mesti dua kali pergi ke satlantas karena daftarnya terlalu dini. dalam aturan waktu itu, pendaftaran online harus dua miggu sebelum habis masa berlaku SIM. Tahun depan saya harus perpanjangan SIM lagi, harus pantengin lagi nih tata cara perpanjangan SIM onlinenya.

    BalasHapus
  3. Enak banget ya sekarang udah bisa serba online. Dulu aku masih antri dari subuh lho buat dapetin antrian bikin SIM. Kalau online gini lebih praktis dan cepet. Dan cukup mudah tentunya.

    BalasHapus
  4. Di zaman millenial ini memang kita dimanja dengan segala kemudahan berkat canggihnya teknologi. Apa-apa mudahnya serba online. Tapi terkadang suliiit pake banget nunggu jawaban jawaban via online bisa menghabiskan pulsa blm juga tuntas.

    BalasHapus
  5. Aku belum pernah perpanjang sim online mba. Datang langsung. Mba, kalau perpanjang SIM ada jarak maksimal sebelum masa kadarluarsa SIM lama selesai ? Atau sehari setelah kadarluarsa SIM lama, tak bisa ?

    BalasHapus
  6. Dulu saya suka malas perpanjang SIM karena harus datang ke lokasi dan antre berjam-jam. Perpanjang SIM online begini membantu banget, ya. Gak bakal bikin males ngurusnya, deh.

    BalasHapus
  7. makasih untuk informasinya ya mba.. Sekarang jadi bisa dengan mudah memperpanjang SIM tanpa terlalu repot - repot

    BalasHapus
  8. Sudah ada ya perpanjang SIM secara online, secara.SIM saya awal tahun 2024 expired. Semoga saya bisa nih, perpanjang SIM secara online biar gak bolak-balik.

    BalasHapus
  9. makin mudah nih perpanjangan SIM, karena selama ini lumayan ribet kan ya harus datang dan antri. oya kalo buat sim baru apa bisa online juga ya mbak, atau harus tetap pakai tes seperti biasa?

    BalasHapus
  10. Aku kemarin datang langsung ke POLRES. Penasaran juga buat perpanjangan SIM secara online. Tapi kalau pakai acara ke Bus keliling, jadi sama aja sih kaya perpanjangan sendiri

    BalasHapus
  11. wah sedih juga karena baru beberapa tahun lalu SIM ku expired gara gara lupa memperpanjang SIM. Kalau udah ada fasilitas perpanjangan SIM online gini kayanya enak banget ya, gak bakal telat memperpanjang SIM deh

    BalasHapus
  12. Perpanjangan SIM online ini lebih memudahkan dan praktis ya. Berarti nanti.hanya tinggal antri untuk foto saja ya. Lumayan juga prosesnya kalau perpanjangan SIM ini secara manual

    BalasHapus
  13. Sekarang enak ya perpanjangan SIM bisa online, zaman kami masih di Padang gak perpanjangan SIM di sana mesti balik ke Lampung heheh...

    BalasHapus
  14. Wah keren ini
    Ternyata melakukan perpanjangan sim secara online itu mudah ya mbak
    Asalkan dilakukan di website resmi

    BalasHapus
  15. Hadiah ultah tuh selaluuu nongki di Samsat buat ngurus perpanjangan SIM.
    Huhuu.. Mau gak diurus, da penting yaa.. Jadi perjuangan banget. Eh, kini ada perpanjangan via online. Auto kepo karena 2024 SIM ku kudu perpanjangan. Nuhun, kka Milda.

    BalasHapus
  16. Enak kalau bisa melalui online gini ya mbak meskipun tetap harus datang setidaknya enggak riweuh ketika di proses administrasinya, sehingga cukup efisien dan menghemat waktu.

    BalasHapus
  17. hihi aku baru tau ternyata bisa perpanjang sim online ya xD aku baru beberapa minggu lalu perpanjang sim tapi datang langsung. memang antri sih ya, tapi ga lama karena datangnya pagi hari, hehe..

    BalasHapus
  18. Lebih praktis ternyata ya mba .aku masih offline ini mau coba juga SIM suami ku sebentar lagi habis jadi hemat waktu juga hitungannya

    BalasHapus
  19. Saya juga sempat mau mencoba perpanjangan sim secara online... Tapi pas waktunya malah lupa, hiks... Jadinya offline deh bikin sim baru lagi...

    BalasHapus
  20. oh perpanjang SIM online ini tetap harus datang untuk foto ya. Ku pikir bisa langsung jepret dari HP tapi risiko juga kalau disalahgunakan. Waktu antre foto apa pakai diwawancara sama petugas?

    BalasHapus
  21. Ternyata perpanjangan SIM bisa dilakukan secara online, jadi nggak ada lagi alasan telat memperpanjang SIM karena sedang ada kesibukan ataupun posisi sedang diluar kota ya

    BalasHapus
  22. Asik banget perpanjang SIM jadi mudah gini. Tapi kalau udah habis masa berlaku nya ya mesti bikin lagi ya. Untungnya keduanya bisa pendaftaran online, jadi beneran memudahkan dan mempercepat proses

    BalasHapus
  23. Wah boleh dicoba nih selama ini tunggu sim keliling kalau perpanjang sim.

    BalasHapus
  24. Wah alhamdulillah kalo bisa perpanjang SIM online ya maaaak.. lebih hemat waktu, hemat ongkos, plus lebih praktis juga pastinya yaaaaa

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin