nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Healing Murah ke Solo? Ini 8 Rekomendasi Destinasi Wisata Buat Kamu

https://www.mildaini.com


Melirik Solo sebagai kota tujuan wisata untuk liburan adalah pilihan yang sangat tepat. Ada banyak sekali suguhan menarik dari Solo, baik budaya, tempat wisata dan keramahan warganya. Jika kamu ingin liburan yang tak menguras kantong, Solo pun menyediakan banyak pilihan lokasi dan kuliner yang murah meriah. 

Apalagi bila kamu liburan ke Solo pakai kereta api, maka biaya transportasi pun terasa lebih ringan. Kamu bisa cek sendiri harga tiket kereta api dari dan menuju Solo di Traveloka App. Silahkan pesan tiket KA online di sini, dapatkan potongan diskon besar-besaran!

 

8 Tempat Healing Murah di Solo


1. Bukit Sekipan


Biar pikiran makin segar, tak ada salahnya melipir ke Bukit Sekipan yang terletak di Desa Kalisoro, Tawangmangu, Solo. Jika kamu turun di stasiun Solo Balapan, maka perlu menempuh 1 jam perjalanan hingga tiba di Bukit Sekipan. 

Siapkan uang Rp 7.500 saja untuk menikmati suasana dan view hutan di bukit ini. Nah, khusus kamu yang berkemah, tarif yang diberikan dipatok Rp 10 ribu permalam. 


https://www.mildaini.com


Keunikan Bukit Sekipan ada pada miniatur rumah rumbia yang ada di bawah pepohonan pinus. Kamu bisa gunakan miniatur tersebut untuk berfoto ria, nih!


2. Kebun Teh Kemuning


Sesuai namanya, Kebun Teh Kemuning berlokasi di desa Kemuning, Karanganyar, Solo. Sama seperti Bukit Sekipan, perlu sekitar 1 jam untuk sampai di hamparan teh yang asri ini. 

Ketika sampai di lokasi, pengunjung bisa merasakan hawa pegunungan Lawu di kejauhan. Beberapa pengunjung bahkan menggelar tikar piknik di kebun teh ini. Di hari Minggu, kebun teh ini sangat ramai. Jika ke sini, cukup bayar Rp 5 ribu saja untuk tiket masuk. 


3. Museum Lokananta


Dulunya Museum Lokananta terkenal sebagai perusahaan dapur musik untuk musisi merekam lagu. Seiring berjalannya waktu, tempat ini pun diubah fungsi sebagai Museum untuk menyimpan sejumlah karya. 

Buat kamu yang suka musik, tentu wajib berkunjung ke Museum ini yang buka mulai pukul 8 pagi hingga 4 sore. Healing dengan melihat koleksi rekamanan lawas dan piringan hitam bisa bikin kamu nostalgia akan kejayaan musik zaman dulu. 


4. Bendungan Tirtonadi


Mau liburan murah tanpa bikin kantong kempes? Silahkan datang ke Bendungan Tirtonadi yang lokasinya ada di Gilingan, Banjarsari. Hingga saat ini Solo semakin membenahi bendungan ini sebagai tempat wisata. 


https://www.mildaini.com


Mulai dari wisata budaya, kuliner dan air akan semakin dikembangkan di Bendungan Tirtonadi untuk menjaring sebanyak mungkin wisatawan. Nah, saat ini Bendungan Tirtonadi pun sudah ramai didatangi wisatawan untuk sekedar berfoto ria dan menikmati hembusan angin di sekitar bendungan yang sejuk. 


5. Taman Satwa Jurug


Taman Satwa Jurug sebenarnya sudah ada sejak zaman keraton. Taman satwa ini disebut juga sebagai Jurug Solo Zoo oleh masyarakat di sekitar Solo. Di dalamnya terdapat banyak sekali koleksi hewan mulai dari harimau, gajah dan beberapa jenis burung. 

Baru saja direvitalisasi hingga akhir Januari 2023 kemarin, Taman Satwa Jurug kini kembali dibuka untuk umum. Silahkan datang ke Jurug Solo Zoo yang berlokasi di Jalan Ir. Sutami, Nomor 109, Jebres. 


 6. Rumah Atsiri


Tertarik menjelajahi alam sekaligus belajar hal baru? Kamu bisa berkunjung ke Rumah Atsiri. Ini adalah kawasan edu rekreasi yang terkait dengan proses produksi minyak atsiri. 


https://www.mildaini.com


Di rumah Atsiri pengunjung bisa menyaksikan 80 jenis tanaman Atsiri, baik dari dalam dan luar negri. Jika ingin menikmati atraksi wisata, bisa membayar Rp 25 ribu per kepala. 


7. Candi Cetho


Sebagai Candi kebanggaan kota Solo, Candi Cetho berlokasi di Dusun Cetho, Karanganyar, Solo. Jika ingin bertandang ke sini bisa turun di stasiun Balapan dan berganti transportasi seperti ojek online selama 50 menit. 

Sesampainya di Candi Cetho, pengunjung bisa menyaksikan kemegahan candi beserta view langit yang menakjubkan. Saking indahnya, Candi Cetho dijuluki juga sebagai candi di atas awan. 

Tak perlu pusing mencari penginapan apabila kamu kemalaman. Ada banyak losmen di sekitar Candi Cetho dengan biaya hanya Rp 100 ribu permalam. 


8. Air Terjun Jumog


Air Terjun Jumog berlokasi di Jalan Gandu, Berjo, Kecamatan Ngargoyoso. Aliran airnya yang deras dengan tebing-tebing tinggi membuat tampilan air terjun ini sangat eksotik. Terlebih lagi, ada banyak tanaman lebat di sekitarnya. 

Di bawah air terjun tersebut terdapat kolam renang dan penjaja makanan. Pengunjung bisa menikmati kolam dengan tetap menjaga kebersihan. 

Solo menyimpan banyak sekali destinasi wisata murah yang fasilitasnya tidak murahan sama sekali. Meski harga tiketnya sangat terjangkau, bukan berarti wisata di Solo tidak dikelola dengan baik. Buktinya, seluruh tempat wisata Solo yang ada di daftar atas ini masih terjaga dengan baik. 

Ada banyak pilihan transportasi menuju Solo yang murah meriah, salah satunya adalah kereta api. Biar nggak kehabisan kursi, sebaiknya booking seat dari sekarang. Amankan tanggal liburan, pesan tiket kereta api via Traveloka.

Baca Juga

Related Posts

3 comment

  1. Solo selalu terdengar syahdu di telinga mengingat kenangan di Bengawan Solo, jadi pengin ke sana karena penasaran sama tempatnya. Kota ini masuk ke dalam list kita yang ingin dikunjungi, jadi ingin segara ke sana. Terima kasih rekomendasinya!

    BalasHapus
  2. Candi Cetho, kalau dalam bahasa Bengkulu ya cetho artinya pastinya.. banyak ternyata situs bersejarah yang belum ke publish ya mbak perlu banyak belajar dari tulisan-tulisan suhu ko... kunjung balik ke blog ku ya, komen dong di post terakhir. trimakasih

    BalasHapus
  3. Sayang banget dulu hampir seminggu aku ke Solo tepatnya di Surakarta mainnya malam ke Jogja. Kwkwkw. Padahal Solo juga punya wisata dan cerita. Sayangnya aku cuma berkunjung ke tempat yang dekat-dekat hotel aja, nah sekalinya jauh, malah ke Jogja terus keliling sekitar mallioboro aja. Next ah kalau agak lamaan di Solo lagi, bisa nih dijadikan referensi tempat-tempatnya.

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin