nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

Tips Mudik untuk Kamu yang Berencana Pulang Kampung saat Lebaran

 Tips Mudik untuk Kamu yang Berencana Pulang Kampung saat Lebaran

 

Tak lama lagi, bulan Ramadan akan kembali hadir. Momen bulan puasa ini tentu sangat identik dengan lebaran. Artinya, masyarakat akan bersiap untuk pulang kampung dan bertemu dengan keluarga, kerabat, dan saudara yang sudah lama tidak dijumpainya. Pastinya, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan sebelum kamu melakukan perjalanan, apalagi kamu akan meninggalkan rumah untuk waktu yang cukup lama.


https://www.mildaini.com


Salah satunya adalah memesan tiket perjalanan. Sudah bukan berita baru bahwa tiket untuk lebaran selalu habis terjual meski harganya mengalami kenaikan, terlebih tiket kereta api. Oleh karena itu, kalau kamu berniat mudik dengan menggunakan kereta api, pastikan kamu sudah memesan tiketnya jauh-jauh hari. Kamu dapat cek tiket kereta lebaran secara berkala melalui aplikasi atau website Traveloka.


Tips Siap Mudik Sambut Lebaran


Selain memesan tiket perjalanan pulang dan pergi kalau kamu naik transportasi umum, masih ada lagi tips yang perlu kamu perhatikan sebelum melakukan perjalanan pulang kampung menyambut momen lebaran. Berikut di antaranya:


1. Pastikan Tubuh dalam Kondisi Sehat


Sayangnya, lebaran kali ini masih berada dalam situasi pandemi. Jadi, kamu harus memastikan bahwa tubuh dalam kondisi sehat sebelum melakukan perjalanan. Selain itu, kamu juga harus mendapatkan vaksin, setidaknya vaksin dosis pertama. Lalu, sebaiknya kamu juga melakukan pemeriksaan swab antigen maupun PCR untuk berjaga-jaga.

Ini karena pemerintah mewajibkan adanya bukti pemeriksaan swab negatif untuk semua pelaku perjalanan, baik untuk pengguna kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Apabila kamu memilih tes swab antigen, lakukan setidaknya 24 jam sebelum waktu keberangkatan. Sementara untuk tes PCR, kamu bisa melakukan pemeriksaan tiga hari sebelum hari keberangkatan. Tak ketinggalan, selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan di mana pun kamu berada, ya!


2. Pastikan Rumah dalam Kondisi Aman


Tingginya angka pemudik biasanya akan membuat angka kriminalitas pun meningkat. Tak heran jika banyak sekali pencurian maupun perampokan rumah saat momen mudik. Ini artinya, kamu harus memastikan bahwa rumah dalam kondisi aman sebelum bepergian. Apalagi kamu akan meninggalkan rumah dalam waktu yang tidak sebentar. Lalu, apa saja yang perlu diperhatikan?

Pertama, pastikan kamu mencabut semua sumber listrik yang tidak digunakan. Tentu saja ini dilakukan untuk mencegah terjadinya arus pendek yang berujung pada kebakaran. Kedua, pastikan kamu tidak meninggalkan barang berharga. Titipkan pada kerabat yang tidak mudik atau kamu bisa menyimpannya di tempat yang aman jika terpaksa harus ditinggal.

Lalu, pastikan pintu rumah, jendela, dan pagar sudah terkunci dengan baik. Jika memang diperlukan, kamu bisa membeli kamera pengawas supaya bisa memantau keadaan rumah meski dari jauh. Bisa juga meminta tetangga atau pihak keamanan ikut menjaga rumahmu selama kamu pergi.


3. Istirahat yang Cukup Sebelum Berangkat


Semakin dekat dengan hari keberangkatan, tentunya kamu akan semakin antusias dan tidak sabar. Namun, jangan lupa untuk tetap beristirahat yang cukup, apalagi menjelang waktu keberangkatan. Hindari begadang karena tubuh akan merasa kelelahan, sehingga kamu akan rentan mengalami mabuk perjalanan.

Jika memang dibutuhkan, jaga kekebalan tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi dan minum vitamin. Masa pandemi memang mengharuskan kamu menjaga kesehatan diri sendiri sebaik mungkin. Jangan sampai lalai yang mengakibatkan tubuh jadi kurang fit saat di perjalanan, ya!


4. Bawa Bekal


Jika jam keberangkatan mudik kamu dekat dengan waktu berbuka, pastikan kamu membawa bekal makanan dan minuman untuk di perjalanan. Tidak harus makanan berat, cukup camilan ringan dan air mineral untuk mengisi perut segera setelah berbuka. Jadi, kamu tidak merasa terlalu lapar dan perut tidak dibiarkan kosong dalam waktu yang lama karena bisa memicu naiknya asam lambung.


5. Tidak Perlu Membawa Uang Tunai Berlebihan


Uang tunai memang dibutuhkan dalam perjalanan, baik itu untuk membeli camilan atau makanan saat berangkat. Akan tetapi, sebaiknya kamu tidak membawa uang tunai dalam jumlah yang berlebihan. Tentunya ini untuk menghindari terjadinya tindakan pencurian, apalagi kamu akan bertemu dengan banyak orang.

Banyaknya mesin ATM seharusnya tidak akan membuat kamu kesulitan jika membutuhkan uang tunai. Namun, apabila kamu harus membawa sejumlah uang tunai, sebaiknya kamu membagi uang tersebut dalam beberapa tempat yang bisa dengan mudah kamu jangkau saat diperlukan. Misalnya, di saku jaket bagian dalam dan saku celana bagian samping.

Nah, itu tadi beberapa tips persiapan mudik yang perlu kamu perhatikan jika berencana untuk pulang kampung pada momen lebaran tahun ini. Apabila memang memungkinkan, sebaiknya kamu tidak memilih tanggal keberangkatan yang sangat mepet dengan waktu lebaran. Jadi, kamu bisa menikmati perjalanan lebih santai dan pastinya lebih nyaman. Bagaimana, apakah kamu sudah merencanakan untuk pulang kampung tahun ini?


Baca Juga

Related Posts

0 comment

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin