nav#menunav { border-bottom: 1px solid #e8e8e8; }

UMKM Naik Kelas dan Bangkit Bersama Sahabat UMi

 Assalammualaikum.Wr.Wb

Apa kabar sahabat Milda, semoga selalu sehat, berlimpah rejeki dan kebahagiaan yah. Kali ini Milda, mau berbagi informasi mengenai UMKM Naik Kelas dan Bangkit Bersama Sahabat UMi.

Pandemi memang memberikan banyak dampak, salah satunya adalah dampak kepada pelaku UMKM. Banyak usaha yang tutup dan karyawan yang dirumahkan. Sebagian beralih berjualan ke media sosial. Namun, bagi yang masih belum ‘gaptek’ dengan media sosial, mereka seolah mati langkah bagaimana untuk melanjutkan dan membuat usaha mereka tetap hidup.

Pandemi membuat sebagian besar para pelaku usaha mati gaya dan mati langkah. Namun, juga melahirkan banyak inovasi dari para pelaku usaha untuk berkreasi untuk membuat usaha mereka tetap ada, tetap laku dan memberikan pundi-pundi uang.  Berbagai upaya mereka lakukan, salah satunya dengan terus Bangkit Bersama Sahabat UMI.

https://www.mildaini.com


UMi Support UMKM Naik Kelas


Peran UMKM, termasuk usaha ultra mikro, mencapai 64,2 juta dengan kontribusi sebesar 61,07 persen terhadap PDB Indonesia. Selain itu, UMKM mampu menyerap 97 persen total tenaga kerja dan sekitar 60 persen dari total investasi di Indonesia. Pusat Investasi Pemerintah sebagai salah satu lembaga yang mendukung perkembangan usaha ultra mikro di Indonesia ikut membantu upaya menggerakkan ekonomi di sektor mikro dan ultra mikro agar bisa meningkat dan berkembang.

Pada akhir Agustus lalu, Pusat Investasi Pemerintah meluncurkan Kampanye “Bersama Sahabat – Umi Bangkit” yang terdiri dari beberapa program pendukung. Seluruh program ini dilakukan untuk membantu dan mendorong pelaku usaha kecil, menengah, dan mikro agar bisa tetap bertahan di masa pandemi. 

Melalui kampanye ini, kami telah membentuk Ekosistem UMi yang bertujuan untuk mendorong peningkatan dan pendampingan usaha khususnya di segmen usaha mikro dan Ultra Mikro (UMi).


Apa Itu Pusat Investasi Pemerintah


Pusat Investasi Pemerintah (PIP) merupakan unit organisasi non eselon di bidang pembiayaan usaha mikro, kecil, dan menengah yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Menteri Keuangan melalui Direktur Jenderal Perbendaharaan. Dalam menjalankan tugas dan fungsinya, Pusat Investasi.

Sebagai Badan Layanan Umum (BLU), Pusat Investasi Pemerintah melaksanakan koordinasi dana (coordinated fund) pembiayaan Ultra Mikro (UMi) dengan memberikan fasilitas maksimal Rp 20 juta kepada debitur yang selama ini tidak dapat mengakses pembiayaan perbankan dan program Kredit Usaha Rakyat (KUR). Untuk memudahkan dan mempercepat penyaluran, UMi disalurkan melalui Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) dengan pola langsung (one step) atau two step melalui linkage koperasi/lembaga keuangan mikro.


Lembaga yang Menyalurkan Pembiayaan UMi


Saat ini lembaga yang menyalurkan pembiayaan UMi antara lain: PT Pegadaian (Persero), PT Bahana Artha Ventura, serta PT Permodalan Nasional Madani (Persero). Sumber pendanaan berasal dari APBN, hibah serta kerjasama pendanaan dan investasi.


Syarat mendapatkan Pembiayaan UMi


1. Tidak sedang dibiayai oleh lembaga keuangan/koperasi.

2. Warga Negara Indonesia (WNI) dibuktikan dengan Nomor Induk Kependudukan Elektronik.

3. Memiliki ijin usaha/keterangan usaha dari instansi pemerintah dan/atau surat keterangan usaha dari penyalur.

Lembaga Penyalur

Kreasi UMi (PT Pegadaian)

Keuntungan :

1. Pengajuan Kredit sangat cepat dan mudah

2. Jangka waktu pinjaman Fleksibel

3. Pelunasan dapat dilakukan sewaktu-waktu

4. Jaminan BPKB


Mekaar (PT Permodalan Nasional Madani)

Keuntungan :

1. Mengadopsi Pola Grameen Bank

2. Wanita prasejahtera secara berkelompok

3. Pinjaman modal serta binaan untuk membuka usaha

4. Displin hadir dalam setiap pertemuan dengan kelompok dan mengangsur pinjaman


Koperasi (PT Bahana Artha Ventura)

Keuntungan :

1. Lembaga Linkage

2. Komida

3. AKR

4. Sidogiri

5. BMT BUS


Ekosistem UMi Dorong UMKM


Pusat Investasi Pemerintah membangun Ekosistem Umi, dalam bentuk

1. Wadah Usaha UMi , Wadah Usaha UMi adalah sarana promosi dan edukasi manajemen bagi pelaku usaha ultra mikro agar bisa naik kelas menjadi pengusaha UMKM.

2. Inkubasi Umi, Memberi pengertian dan bantuan tentang aspek legalitas seperti izin produk dll, untuk bisa naik kelas

3. Kampung UMi yang akan dilakukan tahun depan.

Ekosistem UMi ini dilakukan di beberapa daerah antara lain diTernate, Maluku Utara; di Majalengka dan Bandung Barat, Jawa Barat; serta di Malang, Jawa Timur,” ujar Direktur Utama Pusat Investasi Pemerintah (PIP), Ririn Kadariyah. 

Program ini dinilai terbukti memberikan hasil positif bagi para pelaku usaha ultra mikro di lokasi masing-masing. Di Ternate, Maluku Utara, program Wadah Usaha UMi memberikan lapak usaha dengan biaya sewa yang lebih murah kepada para pelaku usaha ultra mikro. 


Kisah Pelaku UMKM yang Bangkit Bersama UMi


Rahma Kharie, salah satu pelaku usaha ultra mikro diTernate, mengatakan usaha Tahu Tunanya bisa terus bertahan hingga saat ini berkat bantuan Pusat Investasi Pemerintah melalui Wadah Usaha UMi. Selain itu, ia juga mendapatkan beberapa masukan untuk membantunya mengembangkan usaha Tahu Tuna.

Ai Khodijah,Pelaku usaha warung Seblak Mak Ai di Majalengka, Jawa Barat, mengatakan bahwa program Inkubasi UMi membantunya mengembangkan usaha. Selain menjual Seblak, saat ini dirinya sudah mulai mempromosikan jualannya tidak hanya berjualan langsung namun juga online. Ai juga telah menambah variasi produk yang dijualnya, tidak hanya seblak, namun juga jajanan lain seperti basreng, kacang dan cemilan lainnya. Penambahan varian produk yang dijual didukung dengan perbaikan sanitasi warung yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Dan peningkatan omset yang meningkat hingga dua kali lipat setelah adanya pendampingan Inkubasi UMi.


https://www.mildaini.com


Nia Anriani, yang membantu suaminya dalam berjualan Siomay Sinar Rejeki. Awalnya, Nia dan suami hanya berjualan menggunakan gerobak motor yang digunakan berkeliling kampung, namun setelah adanya pendampingan mereka dapat membuat satu gerobak permanen dan menambah varian produk yang dijual yaitu batagor. 


https://www.mildaini.com


Nia mengakui bahwa adanya pendampingan ini membantu dirinya dan suami meningkatkan omset usaha. Sebelum mengikuti program Inkubasi UMi, omset usahanya perbulan adalah Rp 7.700.000. Dan setelah menjadi bagian dari program Inkubasi UMi, usaha mereka pun meningkat hingga meraih omset Rp 9.900.000 dalam sebulan.


Total Pembiayaan UMi yang Telah disalurkan


Sampai dengan akhir November 2021, Pusat Investasi Pemerintah telah menyalurkan Rp17,89 triliun pinjaman ultra mikro (UMi) kepada lebih dari 5,3 juta orang debitur. Sebaran pinjaman terbanyak berada di pulau Jawa dengan jumlah Rp 12,57 triliun dan 3,7 juta debitur, diikuti Sumatera, Bali – Nusa Tenggara dan Sulawesi masing-masing dengan jumlah pinjaman sebesar Rp

3,15 Triliun, Rp 764 miliar dan Rp 760 miliar,” ujar Muhammad Yusuf, Direktur Kerjasama Pembiayaan dan Pendanaan, Pusat Investasi Pemerintah. 

Menurut Direktur Utama Pusat Investasi Pemerintah (PIP), Ririn Kadariyah. Ia mengatakan untuk tahun depan, Pusat Investasi Pemerintah menargetkan dapat menyalurkan pinjaman sebesar Rp 7,2 Triliun dan debitur sebanyak 2 juta orang.


Lembaga Pendukung Kampanye Bersama Sahabat – UMi Bangkit


Untuk semakin memperluas penyaluran pinjaman UMi, Pusat Investasi Pemerintah juga menjalin kerjasama dengan beberapa Kementerian dan Lembaga (K/L) lain. Seperti contoh, pada awal kampanye “Bersama Sahabat – UMi Bangkit”, Pusat Investasi Pemerintah melaksanakan program lelang produk Umi berkolaborasi dengan lembaga di bawah Kementerian Keuangan seperti Koperasi Pegawai Kantor PusatPerbendaharaan (Koppbn) – Direktorat Jenderal Perbendaharaan dan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) – Direktorat Jendral Kekayaan Negara (DJKN).

Pada November lalu, Pusat Investasi Pemerintah juga melakukan kerjasama dengan Ditjen Pajak dan Kementerian Pertanian dalam kegiatan sosialisasi pinjaman ultra mikro (UMi) dan kredit usaha rakyat (KUR), serta edukasi perpajakan bagi Gabungan Petani Organik Sekarlangit, Grabag, Magelang. 

Selain itu, Pusat Investasi Pemerintah juga melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Badan Pelaksana Otorita Borobudur (BPOB). Penandatanganan MoU ini untuk mendukung pengembangan UMKM di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, khususnya pelaku industri kreatif Desa Penyangga Borobudur Highland melalui sosialisasi pinjaman ultra mikro (UMi) dan pelatihan usaha yang diharapkan mampu mendorong kemajuan usaha di era digitalisasi.

Seluruh kegiatan yang Pusat Investasi Pemerintah lakukan ini, baik melalui program kampanye “Bersama Sahabat – Umi Bangkit” atau program lain merupakan wujud dari komitmen Pusat Investasi Pemerintah untuk memajukan dan meningkatkan kualitas dan nilai usaha para pelaku usaha ultra mikro. Pusat Investasi Pemerintah  ingin mendorong mereka agar maju dan naik kelas sehingga bisa memberikan manfaat bagi lingkungan mereka.


Dukungan yang Bisa Kita Berikan


Jika ada keluarga, kerabat, teman yang sedang bergerak di berbagai usaha dan butuh bantuan untuk pembiayaan usaha mereka. Kita bisa memberikan informasi kepada mereka mengenai pembiayaan UMi ini agar mereka bisa tetap membangun usahanya. Apalagi di masa pandemi ini, agar saluran pembiayaan dan target Umi tepat sasaran. Kita dukung upaya Pusat investasi pemerintah untuk memberikan dukungan kepada pelaku UMKM dengan memberikan informasi yang benar dan valid. Agar, tujuan dan manfaat peluncuran kampanye “Bersama Sahabat – Umi Bangkit” bisa berjalan lancar dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas, khususnya para pelaku UMKM.


Baca Juga

Related Posts

38 comment

  1. Bagus ini programnya membantu masyarakat yang kesulitan dengan bisnis yang juga membantu meningkatkan UMKM.

    BalasHapus
  2. Membantu sekali program ini ya Mbak. Setidaknya sangat mengurangi pengangguran karena makin maju, tentu membutuhkan karyawan lebih banyak lagi. Semoga tersalurkan hingga kenpelosok.

    BalasHapus
  3. Keren sekali UMI membiayai dan membantu UMKM untuk tetap bertahan bahkan berkembang dengan usaha mereka. Pandemi menumbuhkan orang-orang baik seperti yang ada di balik UMI ini. Semoga menjadikan Indonesia makin kuat ya mbak..

    BalasHapus
  4. Yang bagus dari program ini tuh, UMKM-nya nggak cuma dikasih bantuan pinjaman modal tapi juga dikasih pembinana, pelatihan dan bantu pemasaran juga ya. semoga makin banyak UMKM yang berkembang dan terbantu dengan program ini

    BalasHapus
  5. nah iya, UMKM harus bangkit dan naik kelas dengan adanya bantuan dari pemerintah dan pembiayaan seperti ini

    BalasHapus
  6. Ternyata Kampanye "Bersama Sahabat - UMi Bangkit" udah digelar sejak Agustus ya ma.

    Semoga bisa konsisten, dan semakin banyak pelaku UMKM dan UMi yang terbantu dengan program-program yang dijalankan PIP.

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah ada program sahabat umi ya mba. Insya Allah bisa membantu pelaku usaha untuk makin berkembang. btw, itu tahu tuna ya, yang mirip siomay? menggoda sangat...

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah berkat program inkubasi UMI ini pelaku UMKM yang sudah menjadi sahabat UMI berhasil mendapatkan peningkatan omset ya. Insha Allah informasi yang bermanfaat ini akan saya share ke orang² yang tepat, terima kasih sudah berbagi ya mbak.

    BalasHapus
  9. Umkm terutama frozenfood di awal.pandemi melejit saya yg jd reseller ikut merasakan dampaknya pesanan frozenfood luberrr semoga umkm makin maju

    BalasHapus
  10. Pandemi udah mau 2 tahun aja. Kasihan juga kalau UMKM harus terus terdampak. Saatnya mulai bangkit pelan-pelan. Yuk UMKM bisa kembali bangkit!

    BalasHapus
  11. Mantap nih bantuan untuk UMKM kelas mikro, karena tentu saja mereka memerlukan tambahan modal. Semoga bisa sampai ya ke masyarakat yang memerlukan jadi UMKMnya juga bisa bertambah maju.

    BalasHapus
  12. Kisah pelaku usaha ternate yang dibantu hingga dapatkan biaya sewa murah, ini menunjukkan Umi ini emang pilihan karena penuh support

    BalasHapus
  13. Salut dengan ada program UMi, jadi UMKM bisa meminjam modal usaha sesuai jalurnya dan nggak minjam di pinjol palsu

    BalasHapus
  14. Pandemi ini program UMI memang sangat membantu UMKM.
    Aku juga dengar kabar ini dari suami, kak.
    Alhamdulillah, semakin banyak UMKM yang terbantu dan perekonomian Indonesia bisa kembali bangkit.

    BalasHapus
  15. Wah, pinjaman usaha mikro ini udah tersalurkan belasan triliun. Beneran bermanfaat banget nih untuk memajukan UMKM di negara kita. Semoga makin banyak yang mendapatkan manfaat dari UMi ini.

    BalasHapus
  16. Salut dengan program UMI ini
    Program yang sangat mebantu para pengusaha ukm untuk bisa naik kelas ya mbak

    BalasHapus
  17. Bermanfaat nih buat UMKM pembiayaan UMi, Wah itu siomaynya menggiurkan banget.

    BalasHapus
  18. Mbak, aku mau tanya, pinjaman dari UMi apakah berbunga? Kalau tidak lumayan banget ya bisa membantu umkm untuk makin berkembang dengan modal yang semakin besar

    BalasHapus
  19. baru tahu adanya UMI ini semoga bisa membantu buat UMKM yah mba untuk terus bertahan dalam usahanya

    BalasHapus
  20. Kalau pembiayaan dibantu pemerintah gini rasanya lebih tenang ya ketimbang UMKM pinjam2 ke pinjol apalagi yang ilegal.
    Sepertinya emang pandemi ini pemerintah fokus jg buat membantu bisnis UMKM ya mbak, salah satu caranya dengan pendanaan/ pembiayaan gini.

    BalasHapus
  21. bagus ya program umi ini, di sat pandemi ini memang bantuan modal usaha dengan syarat ringan sangat dibutuhkan agar ekonomi mikro terus berjalan

    BalasHapus
  22. Semoga programnya bukan hanya di daerah jawa saja yah, membantu UMKM sperti ini memang akan memberikan dampak positif

    BalasHapus
  23. Saya pun berminat sekali mengajukan permodalan untuk usaha kecil saya. Semoga dengan program investasi dari PIP semakin banyak pelaku usaha ultra mikro seperti kami yang dapat mengembangkan usahanya.

    BalasHapus
  24. ALhamdulillah ya mbak, aku sangat mendukung banget program Sahabat Umi ini. Karena dengan demikian akan menolong umkm sehingga mereka bisa bangkit lagi dan ekonomi kita pun akan semakin stabil

    BalasHapus
  25. Adanya program sahabat UMi bangkit ini membuat para pelaku usaha khususnya ultra mikro tidak merasa sendiri. Semoga program yang dijalankan mempercepat perbaikan ekonomi secara nasional..

    BalasHapus
  26. Semoga UMKM bisa naik kelas dengan dukungan modal dan skill dari PIP ini.

    BalasHapus
  27. Alhamdulillah UMKM bisa naik kelas, semoga makin semangat untuk terus meningkatkan produk UMKM

    BalasHapus
  28. Banyak juga ya total bantuan yang sudah disalurkan. Semoga benar benar bisa digunakan dengan baik oleh para pelaku usaha. Biar perekonomian negara bisa bangkit

    BalasHapus
  29. Lumayan banget total pembiayaan yang sudah disalurkan PIP untuk program UMi ini ya mbak. ALhamdulillah.. semoga terus berlanjut.

    BalasHapus
  30. MasyaAllah mudah2an yang disalurkan PIP ini jadi berkah dan beneran membantu para pelaku usaha bangkit yaa mba. Ga kalah pentingnya mudah2an UMi bisa merata kemana2 nih manfaatnya

    BalasHapus
  31. Alhamdulillah, sneng bgt tau kabar baik ini. Semoga semakin banyak umkm yg bisa dibantu shg bisa lebih maju.

    BalasHapus
  32. Yes, aspek legalitas dan perizinan produk ini sangat penting. banyak pelaku usaha kecil yang belum memahami bagainmana alur kerjanya. Dengana danya program dari pemerintah ini tentu akan memudahkan pelaku usaha memiliki perizinan untuk usahanya.

    BalasHapus
  33. Adanya ekosistem UMi akan membuat pelaku usaha makin mengembangkan usahanya. Sehingga perekonomian Indonesia juga bisa bangkit kembali.

    BalasHapus
  34. Waah.. infonya lengkap banget nih mba. Banyak yang kesulitan mengakses pinjaman ke bank terbantu lewat program UMi bangkit ini, saya juga mau membagikan informasi ini ke tetangga dan kerabat, semoga nantinya banyak yg terbantu dg program UMi ini yaa

    BalasHapus
  35. Alhamdulillah banyak UMKM terbantu dan naik kelas ya kak. Semoga program programnya bisa berlanjut, dan menyebar rata

    BalasHapus
  36. Dengan adanya pinjaman, UMKM bisa maksain berkembang ya Mak. Program yang bagus dan tentunya membantu sekali.

    BalasHapus
  37. Seneng banget Mak dengan banyaknya program yang bisa membantu perkembangan UMKM di Indonesia. Semoga makin banyak program serupa dan UMKM makin terbantu juga dengan adanya program-program tersebut :D

    BalasHapus
  38. Saya sudah lama sangat tertarik dengan program UMI ini. Pengen daftar juga dan sudah cari info sana-sini. Pendampingannya itu lho, selain dananya. Tapi sistem komunitas dan alama rumah sesuai KTP...

    BalasHapus

Terima kasih sudah mampir dan komen di blog saya. Mohon tidak komentar SARA, Link Hidup. Semoga makin kece, sehat dan banyak rejeki ya. Aamiin