Menu

Selasa, 04 Februari 2020

/
Assalammualaikum.Wr.Wb

www.mildaini.com_ Waktu memutuskan ikut Famtrip Beyond Musi 2020 di kota Palembang. Yang digelar pada tanggal 5-8 Februari 2020. Dari kota Bengkulu, saya terbang satu hari sebelumnya. Jadi terpaksa menginap dulu di rumah ayuk ipar. 

Welcome kota Palembang
Sekitar jam delapan malam , hari selasa itu saya sampai di bandara Sultan Mahmud Badaruddin 2. Lalu dijemput oleh ayuk ipar menuju kediaman beliau di daerah maskarebet.

Kami sempat ngobrol dan berganti cerita soal keluarga di Bengkulu dan di Palembang. Ngobrol ngak berasa sudah sampai pukul setengah sepuluh malam. Sambil menikmati aneka makanan yang tersaji di meja makan. 

Saya membawa sedikit oleh-oleh yang saya pesan melalui Rumah Snack Bengkulu. Di Rumah Snack Bengkulu ini banyak aneka jenis oleh-oleh khas Bengkulu yang bisa kita order. Pemiliknya juga ramah dan bisa dikirim langsung ke alamat kita atau ke alamat tujuan oleh-olehnya. jadi praktis banget dan kekinian.Bisa diorder online.Dan siap kirim ke seluruh nusantara.

Cek Asam Urat Dulu

Usai sarapan pagi, saya minta tolong ama ayuk ipar buat chek kadar asam urat dulu. Kebetulan kakak ini seorang apoteker dan bekerja di salah satu puskesmas di kota Palembang. Di rumahnya pun ada alatnya. Jadi bisa chek sendiri di rumah.

Tapi kebetulan stripnya lagi habis. Jadi terpaksa saya nanti ke puskesmas saja. Oke deh, saya akan ke puskesmas naik ojol saja. Lokasinya pun tidak terlalu jauh.

Kalo ikut bareng sama beliau, masih kepagian banget. Nanti malah bisa ganggu aktivitas pagi orang puskesmas. Jam sembilan pagi deh, saya otw ke sana. kebetulan jadwal perdana kegiatan hari ini akan dimulai pada pukul 11.00 wib. Jadi masih banyak waktu buat bersiap.

Kadar Asam Urat Naik

Pemeriksaan tidak begitu lama, ternyata asam urat saya 6,9 mg/dL. Ternyata termasuk tinggi. Padahal  kadar asam urat  yang normal adalah di bawah 6 mg/dL untuk perempuan dan laki-laki di bawah 7 mg/dL.

Artinya aku harus mulai jaga-jaga asupan makanan dong. Padahal ini mau jelajah kuliner Pelembang yang enak, makyus dan mantap. Jadi kadar uric acid sedang naik.

Oleh kakak, diberikan obat untuk dimakan tiga kali sehari. Duh, ahay kebayang selama famtrip makan obat rutin pagi, siang dan malam supaya asam urat nggak nganggu aktivitas.

Okelah, kita minum obat dengan tertib yah sambil menjaga pantangan.

Saya usai cek asam urat di puskemas Sukarami, Palembang
Pantangan Untuk Penderita Asam Urat

Berikut adalah beberapa makanan pantangan yang harus dihindari jika Anda terkena asam urat.
  1. Jeroan. Jeroan hewan, misalnya ati (hati), jantung, ampela, otak, babat, limpa, usus, dan paru adalah makanan penyebab asam urat tinggi. ...
  2. Daging
  3. Makanan laut (seafood) 
  4. Minuman manis
  5. Alkohol.
  6. Makanan berlemak. 


Makanan tersebut perlu dihindari agar tidak muncul keluhan-keluhan asam urat seperti,

  • Nyeri sendi parah dan mendadak, yang sering pertama kali terjadi di pagi hari
  • Sendi bengkak dan lunak
  • Sendi kemerahan
  • Rasa panas di sekitar sendi
Demi kesehatan dan bisa beraktivitas dengan baik. Mari kita jaga lifestyle sehari-hari, apalagi kayak saya yang emang sudah ada keluhan asam urat. Maka perlu banget kita sering cek kadar asam urat apalagi jika ingin berjelajah kuliner.

Dibekali obat ini, saya siap jelajah kuliner Palembang, meski tetap harus kontrol juga asupan makanannya. Jangan sampai bablas. 


Diberdayakan oleh Blogger.